About

Blog ini adalah blog pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan perusahaan tempat saya mengabdi. Nggak ada hubungannya juga dengan milis Jalansutra di YahooGroups

Blog ini milik Pujiono, seorang pekerja media yang tinggal di Tangerang. Meskipun bekerja di perusahaan yang menerbitkan majalah, koran dan punya situs berita, saya bukanlah seorang wartawan. Beberapa orang pernah menyangka saya adalah seorang juruwarta. Oalah, bukan! Saya bukan wartawan. Jadi jangan heran jika saya juga bukanlah orang yang punya krenteging ati untuk secara teratur menuliskan pikiran dan ide lewat blog. Bagi Anda yang belum tahu apa itu krenteging ati, cobalah tanya teman yang bertutur-kata asli Jawa. Namun, seandainya dia juga tidak tahu apa itu krenteging ati, lebih sulit bagi saya untuk menerangkannya kepada Anda.

Well, krenteging ati itu menyangkut rasa cinta yang mendalam pada sesuatu, dalam hal ini blog. Krenteging ati juga berhubungan dengan keteguhan dalam ngeblog secara teratur, memeliharanya, mengurusinya dari hari ke hari. Orang Inggris bilang krenteging ati itu sebagai passion. Nah, passion itulah yang saya tidak punya dalam ngeblog. Maka, jangan berharap ada postingan yang berkualitas di blog ini. Tidak perlu menantikan ada entri yang bernas di sini. Tidak usah menunggu ada pencerahan yang hadir di blog ini. Semua yang bermutu tidak akan ada di sini. Lalu, ada apa di blog ini?

Di sini adalah tempat saya bersenang-senang. Lewat tulisan di blog ini saya bisa menulis semau saya semua. Di sini saya bisa memasang foto/gambar yang saya suka. Blog adalah tempat paling nyaman bagi saya di muka bumi ini. Asyik, khan?

Bagaimana jika Anda merasa kesasar telah masuk ke blog ini?

Pertama, tentu Anda akan merasa kecewa bahwa ternyata blog ini tidak lebih daripada blog abal-abal semata. Anda merasa tertipu, khan? Hihihi… Tenang saja. Bukan hanya Anda yang merasa tertipu. Sudah ada lusinan orang dari berbagai ujung bumi yang keblasuk masuk ke sini dan akhirnya misuh: “S**t, cuma gini aja! Saya juga bisa!”. Aha, saya senang jika Anda misuh seperti itu ketika masuk ke blog ini. Kalau Anda bisa membuat blog yang lebih bermutu, lebih berisi, lebih berkualitas daripada blog ini, saya tentu senang sekali. Saya dukung Anda seratus sembilan puluh persen, deh

Kedua, jika Anda salah masuk ke sini, silakan klik back di browser Anda. Tinggalkanlah segera blog ini sebelum Anda merasa menyesal seumur hidup. Jika Anda berharap blog ini berisi informasi kuliner seperti milik Bondan Winarno itu, Anda salah besar. Jika Anda mencari informasi jalan-jalan seperti di blog travel, Anda jelas kesasar. Anda mungkin akan bertanya: kok domainnya mirip dengan JalanSutra? Saya paling-paling dengan ringan akan berkata,”Ah, itu khan hanya mirip nama domain saja. Lagi pula mereka pakai kata Sutra sedangkan saya pakai kata Sutera.” Sampai detik ini saya belum mengecek Kamus Besar Bahasa Indonesia: sutra atau sutera yang benar.

Benar atau salah tentang bagian nama domain ini, biarlah itu menjadi bagian integral (ceileh… pakai kata-kata canggih, sok keminter) blog ini. Juga tentang isinya, benar atau salah tidak ada hubungannya dengan tempat saya bekerja. Blog ini adalah blog pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan perusahaan tempat saya mengabdi.

Blog ini seringkali berisi informasi personal tentang saya. Ah, narcis, ya? Biarlah toh ini blog pribadi saya. Jadi, apa salahnya saya menulis tentang si cantik Anya, atau tentang betapa manisnya Dharma. Well, Anda pasti tidak mengenal dua nama itu karena mereka adalah bagian nyata dari hidup saya, bukan bagian hidup Anda. Begitu.

Tentang instalasi blog ini
Blog ini dibangun menggunakan WordPress.com. Dulunya blog ini ngendon di peladen (ini bahasa Indonesianya SERVER) milik Dreamhost. Tapi, karena hosting impian itu sirik sama saya, maka blog saya ini sempat mampus beberapa kali. Kemudian saya memutuskan untuk hengkang saja ke WordPress.com. Tentu saja saya tidak install apapun di server ini. Aplikasi WP terbaru selalu disediakan oleh Automattic. Plugin yang keren pun sudah tersedia. Saya tinggal pakai saja. Pasti akan ada yang komentar,”Yah, cuma gitu saja juga saya bisa!” Nah, memang begitulah saya adanya. Sepanjang ada jalan yang lebih mudah, buat apa menempuh jalan terjal berliku penuh onak dan duri? Kalau WordPress.com menyediakan segalanya dengan instan, cepat, keren dan bermanfaat, lalu buat apa saya harus setup file wp-config.php dan kemudian mengupload file WordPress satu per satu? Cap cay deh….

Saya memang memilih WordPress.com daripada membangun blog sendiri di server yang saya sewa. Mengapa? Jawabannya ada dua. Pertama adalah karena saya tidak mahir dalam urusan HTML, PHP, CSS dan MySQL. Duh, lebih baik tanya ke para blogger yang ahli saja deh mengenai mahluk bernama HTML, PHP, CSS dan MySQL itu. Saya sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman yang rumit bin ruwet itu. “Ah, bilang saja kalau malas!” Yup, itu sebenarnya adalah jawaban to the point yang ingin saya ungkapkan. Syukurlah kalau Anda tahu bahwa saya adalah seorang pemalas. Hihihi…

Kedua, adalah karena WordPress sering sekali memperbaharui aplikasinya. Biasanya dalam waktu kurang dari dua bulan pasti sudah ada versi baru WordPress. Bayangkan jika tiap 60 hari saya harus menghapus file WordPress di server, kemudian mengupload file yang baru dan melakukan upgrading. Oh my God…! Nggak deh! Nah, dengan adanya installer itu, saya cukup mengarahkan mouse ke DreamHost dan klik upgrade. Ya, semudah itu saja, kok. Ngapain repot? Dasar pemalas! Klik!

Theme blog ini saya pilih karena bagi saya ini yang paling cocok. Makanya saya menganggap inilah yang paling keren buat saya. Inilah enaknya pake WP.com, theme sudah disediakan. Saya tinggal klik sana dan sini saja untuk memilih. Makanya, ayo pake WP.com dong!

Gambar unta yang ada di header blog ini saya comot dari situs National Geographic. Ini adalah foto karya Gordon Gahan yang muncul di Exploring Your World: The Adventure of Geography, 1989Pakai ijin atau tidak? Terus terang saya tidak meminta ijin kepada mereka. Kenapa nggak minta ijin? Khan Anda sendiri sudah tahu kalau saya pemalas. Kalau mereka menuntut agar foto itu tidak digunakan sebagai header blog abal-abal ini, bagaimana? Ya langsung akan saya copot begitu perintah itu ada. Ngapain repot.

Jika ada yang membaca about ini sampai kalimat ini, saya harus mengucapkan terima kasih. Anda pasti sudah berjuang sekuat tenaga untuk mencerna informasi narcis yang tidak ada gunanya ini. Anda hebat! Sebagai penulis halaman ini, saya bahkan tidak membaca ulang apa yang sudah saya ketik. Saya benar-benar terharu jika Anda mempunyai tekad membaja untuk membacanya sampai sejauh ini.

Saya akan lebih terharu lagi jika ada orang yang meninggalkan komentar usai membaca bagian yang paling tidak penting dalam blog saya ini. Oh, saya pasti tidak bisa menahan air mata karena saking tersentuhnya.

Huhuhuhu…

137 thoughts on “About

  1. #1 – nonadita
    mual? duh baru mual doang, khan? jangan sampe muntah ya? hihihii….

    #2 – sidomulyo
    yang bisa mengatakan excellent cuma orang yang bingung. itu pasti!!

  2. mas puj, isi nya lumayan bikin saya ketawa… kikikikikiki…..

    saya baru buat blog di wordpress 1 mingguan. tolongin donk,
    1. gmn carane ngubah domain kyk mas gitu?
    2. gmn blog kita bisa ada embel dari google ato
    apa ajalah (yang laen2 gitu).
    3. gmn kita bisa sisipkan gambar di blog kita ??

    intinya : tolong ajarin aku ttg semuanya mas..
    udah 1 minggu ini, aku arungi dunia blog serta cara2ne, tetep aja bingung….

    pliss…. ^_^

  3. #4 – arya

    1. beli domain dong
    2. pertanyaan elo gak jelas
    3. sisipin gambar? belajar html dikit lah.

    itinya: elo kesasar dua kali. pertama kesasar telah masuk ke blog ini. kedua kesasar saat nanya ke orang yang gak ahli.

  4. #6 – langitjiwa
    salam kenal juga. nickname anda keren, ya? langit yang punya jiwa, gitu maksudnya?

    #7 – winawang
    tersesat di jalan yang benar? ah, itu khan istilah anda sendiri, orang yang “tersesat” di blog ini

    #8 – Yehia
    kuning golkar? ih amit-amit. sebenarnya ini kungingnya News.com.

  5. #11 – Menik
    ini nih contoh ibu yang kalo komentar nggak baca postingannya dulu. yang penting komentar. baca postingan belakangan. nggak heran kalo kesasar. mak nyuzzzz! hihihihi… :P

  6. sungguh sial aku kesasar,
    yg lebih sial aku suka sampeyan punya gaya bahasa
    tapi yo wis kadong nyasar tur kepenak
    ya nikmati saja

  7. Duh. Pak bondaann… dimana dirimuh..
    Eh, mo nanya om, tempat makan yang paling enak di bandung dimana yak? (tadi mo nanya itu sama pak bondan, berhubung udah nyasar kesini, om wajib jawab)

  8. #15 – kardjo
    kalo abot, ya digotong rame-rame. hahahaha…

    #16 – Ojrat
    kesasar membawa nikmat nih namanya.

    #17 – Ari
    duh, pak bondan kemana, ye? tempat makan di manapun yang paling enak adalah di rumah masing-masing. nenek bilang: jangan suka jajan!

  9. Nggak sengaja saya ke sasar di sini…
    Orang yang punya blog bilang kalau salah masuk silahkan klik back atau menyesal..
    Entah kenapa ketika membacanya, eeeh malah keterusan sampai akhir kata..
    Malah kebablasan, sehingga saya harus membaca ucapan terima kasih dari yang punya blog..

    Ya, yang punya Jalan Sutera harus ngucapin TERIMA KASIH kepada saya, karena saya sudah berjuang sekuat tenaga untuk mencerna tulisan dengan gaya bahasa yang lugas..
    Salam kenal…

  10. 22. iway
    hahaha… blog baru, tapi jeroan sudah bangkotan. nggak ada fitur anti spam karena ini sudah menyatu dengan WP.com. biarkan atomattic dengan akismetnya yang ngurusin.

  11. Yeah… saya berhasil membaca sampai kebawah… hehehe… menarik kok, Mas. Justru itu yang dicari dari sebuah blog pribadi. Kejujuran dan ucapan spontan tentang diri pribadi sang blogger. jadi lebih kebayang gimana blog ini dalamnya. Siap melanjutkan masuk kedalam-dalamnya… doakan saya. :) hehehe… Salam kenal -japs-

    nb: blog saya 999 kali lebih gak penting lagi, kayanya harus pikir100kali sebelum klik link ke homepage saya… :D

  12. @29. eno siregar
    wah, saya dikunjungi seleb blog dari Velbak. Thanks for your visit Mba Eno.

    @32. Arif Rakhman
    JalanSutera.com nggak ada hubungannya sama sekali dengan milis kuliner dan jalan-jalan yang bernama JalanSutra. Cuma ada kemiripan nama saja. Ada yang mau nawar domain saya?

  13. Saya nggak meragukan mas Puji ini memang pekerja media. Meski bukan wartawan, tulisan mas khas gaya pekerja media, narcis spt mas Puji bilang. Anggap aja sebagai pujian, karena saya memang sedang memuji anda.

    Salam kenal …

  14. Dulunya aku paling males baca blog yang isinya ngaler ngidul tapi begitu baca blog ini aku jadi ngiller baru baca About saja sudah bikin aku muter-muter kayak bajay keluar masuk gang di Jakarta nggak salah dech namanya mas Puji bisa dapet pujian, aku juga punya blog di mojok-net.blogspot.com isinya juga bisnis nggak jelas yang sekarang lagi anget-anget tapi cukup buat ngumpulin recehan dollar, ntar kalau celengannya tak pecahin cukup buat beli domain kaya’ awewe dot com.

  15. he..he… aku baca “about” ny smp kelar. kelihatan bgt, bener2 org yg ga’ mau repot. tp blog-nya ok bgt koq :-)

  16. Sory Mas! Kasi komentar lagi. Tadinya tersesat, terus udah kasih komentar dan tanya tanya. Tapi setelah menyesatkan diri lebih jauh eh ada pula jawaban pertanyaan saya yang tadi! Word Press jawabanya. Jadi apa aku harus pindah dari ke Word press, dan belajar lagi ya? Terus jika tadinya kita pake blogger pindah ke Word Press apa ngga susah ya?

  17. yang penting klarifikasinya pak, jangan cuma dengerin roy suryo, benar tidaknya bukan dia yang nentuin tapi bapak SO sendiri dan Tuhan.

  18. salam kenal mas…blog nya keren juga…lumayan buat nambah-nambahin pikiran…hehehe…kapan2 (klo g malas ya…) maen2 ke blog saya ya….tengkyu…

  19. Tak usah sampe meneteskan air mata begitu…lagipula saya ini tipe org yg klo kesasar gak mau tanggung-tanggung. Its not about what you say…its how you make people feel.

    And i feel good right now…nice blog, nice content, nice to meet you

  20. Saya gak kesasar,tapi saya memang cari jalansutera.com, sebab rasanya dulu di kompas online ada jalan sutera yang isinya sangat menyenangkan, tentang jalan-jalan dan makan-makan, asuhan Pak Bondan Winarno. Apakah ini lanjutan dari itu atau…

  21. hmm… msl berhak tidaknya penyebaran gbr onta tanpa ijin, aku ga brani komen, biar ntar yg berwajib ato melek hukum yg komen deh

    trims, baru tau bhs lokalnya passion adalah krenteg’ing ati. Hueh heh… dpt contekan kuerren nih, ijin menyebarkannya ya bos buat bumbu ndobos sana-sini gityu lhoo

    oh ya, fyi aku udah ceklak-ceklik di blog yg slalu always topnya wp ini, tp berhubung laper blom baca2 (baru liat2 doang) so sori ya.. blom bisa bilang keren ato excellent, takutnya malah jd konklusi prematur :lol:
    dah ya, aku mo ma’em dulu (pas 12:00 WIB)

    ~JM

  22. menurutku ya nge-blog yg bener itu ya seperti blog ini.. hehe.. ora keminter tur guyon… istilahe pinter ora kudu keminter.. alamiah saja.. saya senang isi dan terutama sampeyan mas yg nggawangi blog ini.. salam kenal..

  23. @66. Adhi Saputra
    Anda minta ijin dari saya untuk copy artikel saya? Wah, kalo Anda ingin melakukan copy paste dari blog ini ke blog milik Anda, lebih baik jangan Anda lakukan. Copy paste artikel tidak akan memperkaya blogosphere. Sebaiknya tidak anda lakukan meskipun Anda mencantumkan sumber tulisan itu dari blog saya.

    Kalo dikopi untuk dibaca sendiri secara offline sih silakan saja.

  24. ternyata oakeh tenan wong sing seneng nyasar, aq termasuk yang sering nyasar karena males juga ngapalin jalan. Mas Puji males, aq luwih males lagi, pengen bisa punya blog tapi males mikir mau nulis apa, jadi blognya cuma satu halaman , eh setengah halaman, trus ditinggal gak pernah dibuka apalagi dilihat. cuma seneng baca2 blog yang pas ketemu aja, bacanya juga asal baca selesai ya udah, lupa apa ya tadi yang dibaca. Ups sory ya ketelepasan ngomong. Tapi ya udah deh besok juga udah lupa kok.
    Salam dari Budhe

  25. coba nnt translate kalimat ini : “ah lo gak gaul sih, ga seru kan jadinya. cupu lo.. gak suka gue ama lo, ada urusan apa gue ma lo, lo kan makhluk gak penting” ntar anda bakal ngeliat kalimat2 yg cocok..

  26. Terbukti… saya memang hebat. :D
    Salam kenal mas. Minta ijinnya (biarpun gak harus) buat nambahin umpan (feed) blog ini ke tukang baca (reader) saya.

  27. Wow…panjang bener nih, Mas.
    Salut, meskipun mengaku buka juruwarta setidaknya gaya penulisan Mas cukup sistematis. Saya tidak merasa menyesal berkunjung ke blog ini. Lagipula ini kan blogsphere yg tidak mempunyai kode etik khusus seperti jurnalisme. Jadi, apapun yg ada di benak, tampilkan lah senarsis mungkin di dalam blog. Makanya, meskipun saya seorang juruwarta, untuk urusan ngeblog saya tidak jauh beda dgn blogger lainnya. Saya tidak memberikan pakem penulisan yg sama antara blog dan media tempat saya bekerja. Kalo disamakan waduh, malah ngeblog itu bukan urusan yg mengasyikan. Jadi yuk terusin ngeblog. Jangan lupa tambahkan kadar narsisnya biar tambah sip hehehehe….

    Salam kenal,

    Chandra
    http://planetmiring.wordpress.com

  28. mas puji, saya kira anda bagian dari pak bondan gitu.. ternyata enggak banget. tapi gak papa koq . . silakan tebarkan kebaikan bagi sesama mas… salam sukses

  29. salam kenal mas
    seru bacanya
    unik sekaligus menginspirasi,g nyesel baca deh mas
    g’luck y mas buat tulisan2nya
    ganbate

  30. Sampai saat ini saya masih berencana untuk punya blog, tapi setelah mampir diblog inilangsung keinginan itu tumbuh lagi, orang malas aja bisa punya blog, masak saya gak bisa….

    suwun

  31. Eh mas nyebelin tapi ngangenni kata orang jawa, thats its okay karena kemurnian itu perlu dikemukakan, alias moggokerso, aku ya kebelasuk, tapi koq gumunake yo ! Salam sukses untuk anda.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

  32. Mas…sampeyan ibarat pendekar dengan jurus mabok. Keliatan sempoyongan padahal lagi ngeluarin jurus maut. Saya termasuk yang terkena pukulan maut anda sehingga ‘terpaksa’ membaca halaman About ini sampai akhir tulisan dan diakhiri dengan ngasih komen…beeuuh… Top. What a writer you are…

    Mau liat tulisan tentang ekonomi yang ngasal buah karya penulis ‘abal-abal’…pls visit: http://www.soyjoy76.wordpress.com

  33. Salam,

    Kami selaku mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia akan mengadakan acara COMPFEST 2009 yang bertempat di Balairung UI pada tanggal 7 Februari 2009.

    Acara ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin belajar dengan memanfaatkan tools teknologi informasi dengan cara yang menyenangkan seperti e-learning.

    Oleh karena itu dalam rangka mempromosikan acara kami, kami berharap acara ini dapat dipromosikan oleh Blog Bapak.

    berikut kami lampirkan, link banner dari acara kami :

    Kami yakin bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak muda yang ingin mengetahui lebih jauh cara belajar yang unik dengan e-learning, belajar tentang teknologi broadband dalam dunia pendidikan, mengeksplorasi komunitas IT dan dunia maya.

    Detail selengkapnya dapat diunduh proposal kami di http://www.mediafire.com/?b4t0dnrdsmz (15 mb, pdf). Kami berharap Bapak berminat untuk melihat dan membaca proposal kami. Bapak juga dapat melihat website kami di compfest@cs.ui.ac.id

    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards,

    Panitia COMPFEST 2009
    Computer Science
    University of Indonesia

  34. Saya sudah bikin blog di blogdetik,blogspot,vox,im2,tapi nggak pernah saya isi,kosong melompong seperti otaku.Ibaratnya seperti para pejabat yang beli lahan tapi nggak pernah ditempati.Suwer aku kesasar ke blog ini sampai 4 kali (nyasar kok nambah xexexexexe……………..dst.).Kesasarnya pas lagi googling.Ini namanya sesat dijalan yang terang . Salam hangat (kompor kaleee) dari Komandan Pasukan Berani Kesasar

  35. Numpang baca puisi #——————————————————–Pantaskah aku yang sangat hina ini mengaku sebagai pengikut Rasulullah yang mulia,pantaskah aku menyebut nama ALLAH dalam setiap doa sementara langkahku selalu mengikuti langkah langkah syaitan yang dilaknatiNYA.Pantaskah aku hidup kalau nuraniku telah mati.Pantaskah aku tertawa dan bercanda sementara di GAZA bayi bayi muslim dicabik rudal meregang nyawa .Pantaskah diriku mengaku sebagai muslim sementara tingkahku seperti orang kafir.Ya ALLAH berilah aku hidayahMU dan jadikanlah sorga rindu akan kematianku #.———————————————————————————–terimakasih atas tumpanngannya

  36. saya sudah baca semuanya dan saya capek, skg anda harus pijetin saya sebagai balas budi anda untuk saya, hahahaha

    *just kidding

    salam kenal

    great blog

  37. katanya dari puralingga ya pak,?

    salam kenal.,.,
    saya juga cah braling
    kunjungi saya di blagagoblog.wordpress.com

  38. kodok kecele yaaaaa…………………….. hehehehehe
    keatif juga..
    aku wong purbalingga kulon

  39. hwahh awalnya tertarik baca tulisan mas puji tentang dubbing,
    eh pnasaran baca bio nya,, hmhh lumayan panjang yah
    bener tuhh, dah baca panjang-panjang skalian deh isi comment

  40. Wis.. mantap banget. Bener wong bralink apa? pada karo Nyong, aq jg asline bocari ngetan.
    Siip salam kenal ya

    Sorry ya postingan reply nya salah tempat di tempatnya Mas Purwanto

  41. Wah…, aku udah berjuang tuk baca. Sing nulis kepinteren sih…! Mbok wingi pakai gambar rusa aja, jangan unta, malah izin-ne gampang… ke aku aja. Hahaha….!

  42. hhahahahhaha,,yg punya blog ini hebat..
    bayangkan mz,,gr awal qm blg blog ini ‘g penting,g jls atw g,g,g,g,g lainny’ tapi yang mau ikutan coment d blog mu mpe ratusann..

    salam kenal ya..
    aq mw belajar mengenai blog,,tp msh belum bs memanfaatkan blog dg baik,,mungkin blogger mania ada yg bs bantu aq??
    thanks all..

  43. Lah aku baru pertama nyasar ke sini, jane aku ora ngandel kalo Mas ini bukan kelas wartawan apalgi orang males. Ini si bukan males, kerjanya efisien, begitu. Lha aku nyasar ke sini pake ngetik wp autoblog, sedikit-banyak dalam rangka kepengin punya blog sambil ‘males2’, malah trus nyasar ke sini. Masa si blognya orang males bisa muncul halaman pertama? Aku mau, punya blog yang minimal macam ini, lebih-lebih pengunjungnya melebihi banyaknya, tapi ya itu tadi, …. Kalo kebetulan mau kesasar ke t4 aku, coba bandingkan, palingan Mas kalah males sama aku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s