Blog Belum Mati

I’m back…

Jika dihitung sejak tulisan terakhir saya pada 5 November 2008 tentang reaksi kemenangan Obama atas McCain, berarti saya sudah genap enam bulan tidak menuliskan lema di blog ini. Ini bisa dibilang adalah rentang waktu terlama bagi saya untuk tidak menorehkan sesuatu di blog yang sudah online sejak tahun 2005 yang lalu.

Ada beberapa komentar menanyakan mengapa saya berhenti ngeblog. Ah, cuma saya yang hiatus masa’ masih juga diamati juga, sih? Kecuekan saya terhadap blog ini nampak semakin menjadi ketika pada 28 April kemarin mendadak blog ini hilang dari ‘peredaran’ sama sekali. Saya benar-benar alpa untuk memperpanjang masa aktif domain ini. Ups… khilaf!

Jadi, apa penyebab dari tidak aktifnya blog saya ini? Well, tidak perlulah ini dibahas. Intinya memang adalah kemalasan saya semata. Itu saja. Tidak kurang, tidak lebih. Kalau kemudian ada pertanyaan lanjutan: jadi, benarkah blog itu tren semata? Duh, please jangan lemparkan pertanyaan itu ke saya. Rentetan kata-kata yang diakhiri dengan tanda tanya itu terlalu kuno untuk kita bahas. Toh selama saya hiatus, saya masih berkomunikasi dengan teman-teman blogger yang lain menggunakan Facebook dan Twitter. Sesekali saya juga masih menuliskan komentar di beberapa blog yang saya jumpai.

Hmmm, apakah artinya saya mau bilang bahwa Facebook dan Twitter juga adalah bentuk blog yang lain? Aha, Anda tahu juga jawabannya, khan?

Begitulah. Hari ini saya beranikan diri untuk menulis sebuah entri lagi, di blog ini.

59 thoughts on “Blog Belum Mati

  1. Selamat datang kembali.

    Saya juga sempat malas nge-blog, walau akhirnya ternyata berlanjut hingga hari ini (sudah 4 tahun). Entahlah, apakah blog itu hanya trend semata… tapi kalaupun memang blog sudah ditinggalkan mungkin saya akan tetap meneruskan. sama seperti di bidang lain, selera saya mungkin terbilang “jadul”. menikmati sesuatu setelah masa lewat :)

  2. yo wis mas sing wis lewat yo wis
    siki ning ngarepe diusahakan lebih baik lagi,

    apa perlu refreshing dulu lihat ikan besar di purbalingga sana….

  3. Waduh, lama juga yah baru update lagi… :lol: Ganbatte mas Puji.
    btw, gambar di atas mantabzzz bgt….

    Blog Belum Mati *kapan hidupnya*

    ckckckckckck :p

  4. Bagaiman pula dengan aku yang masih belajar menulis di blog yah? Wah harus semangat neh.. Thanks mas, buat aku tambah semangat lagi neh :)

  5. Dugaan sementara, kehadiaran fesbuk atau situs jejaring sosial lainnya sedikit mengurangi minat menjadi blogger. Ini baru hipotresis lho. Di komunitas saya sendiri menunjukkan bahwa pengguna fesbuk ternyata lebih banyak dibandingkan penggiat blogger, yang kadang konsistensi pemutakhiran blognya pun beragam. Yang jelas, update blog jauh tertinggak dibandingkan update fesbuk. Katanya sih, nulis di blog pake mikir, sedangkan di fesbuk gak perlu mikir. Benar gak sih?

  6. ternyata bukan hanya aktifis blogger yang banyak hiatus…yang baru seperti saya pun ikutan seniornya…dari beberapa blog yang saya nyamperi banyak yang ndak mengupdatenya terlebih semenjak fb menggurita ..tapi ad yang menarik blog tetap menarik walupun terkadang ndak se agresif fb…

  7. blogger indonesia memang semangat-semangat..dan memang hubungan yang sudah terjadi dari dunia blogger biasanya ga akan berhenti begitu saja walaupun kita hiatus dari dunia blogging tapi untuk menjalin komunikasi masih lancar dan kopdar mungkin masih bisa juga :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s