The New Yorker WP Premium Theme

Canggih, tapi super mirip dengan desain koran ternama

Terus terang saya suka sekali memandang theme WordPress yang bernama The New Yorker ini. Demonya bisa dilihat di sini. Jika Anda adalah pemilik koran yang ingin cepat mengonlinekan konten Anda, theme ini bisa menjadi pilihan. Ya, memang tampilannya mirip sekali dengan situs koran terkenal di Amerika sono. Anda pasti tahu, khan?

Saya heran sekali dengan desainer WordPress theme dari StyleWP.com itu. Bayangkan saja, theme ini mempunyai panel kendali untuk mengatur 136 komponen blog, mempunyai sistem menu drop-down, 37 area berwidget, manajemen banner yang terpadu dan blok video yang dinamis. Kok bisa ya dia bikin yang rumit kek gitu?

Pada intinya theme ini dibagi menjadi tiga bagian: atas, tengah dan bawah. Tiap bagian, kecuali bagian atas, bisa dihidup-matikan lewat panel kendali. Lewat panel kendali ini juga kita bisa mengatur 10 banner mini yang berada di sisi kiri blog, tanpa perlu menyunting kode apapun. Canggih, ya?

Yah begitulah kecanggihan StyleWP dalam memanfaatkan WordPress sebagai sebuah blog engine yang fleksibel, mudah digunakan dan penuh daya.

Lalu, bagaimana dengan masalah kemiripan theme ini dengan desain koran yang terkenal itu? Duh, komentar saya nggak ada di sini. Di blognya Daus saya sudah memberikan komentar. Silakan longok di sana saja.

41 thoughts on “The New Yorker WP Premium Theme

  1. Penjiplakan atau ndaknya kan tergantung gimana NY Times meng-hakcipta/merkdagang-kan lay-out mereka. Ya mungkin nanti bisa dituntut kalau ada disclaimernya (saya cari2 di situs NY Times nggak nemu). Btw, dulu Tempo juga dituntut Time gara2 kesamaan lay-out sampul depannya (plus judul yang ‘senada’) kan?

  2. @JalanSutera:

    Nah, saya sudah nemu itu halaman sebelumnya, tapi kok nggak ada yang membahas penggunaan layout situsnya ya? Apa Mas menemukan laman yang semacam itu? :? Kebanyakan ya membicarakan penggunaan/duplikasi artikel/konten lainnya… hal2 standar lah.

  3. @12 Catshade

    Coba baca bagian paling atas. Tertulis begini:

    Do I need permission to use News York Times content?
    Yes. All use of New York Times content (text, photographs, graphics, etc.) requires the permission of The New York Times.

    Sudah jelas sekali di situ tertulis: teks, foto, grafis, dan lain-lain. Perhatikanlah kata etc atau dan lain-lain itu. Dalam bahasa hukum, saya pikir, itu termasuk segala hal yang ada di situs NYtimes.com, misalnya desain, css…

    Jelas, khan?

  4. Wow !! Keren sekali thema tersebut. Tapi masalah desain itu memang agak sulit kalo benar-benar orisinal. Misalkan untuk website Tempointeraktif yang secara layout agak miripmirip dengan Guardian. Pernah juga yang bilang Okezone mirip Kompas.Com, Vivanews mirip BBC dsb.

    *sambil cari-cari The New Yorker yang geratisan di Gugel belum ketemu, cuman untuk dipelajari saja* :D

  5. Ah… kirain gratisan… Tadinya mau dikoleksi.
    Kayanya dia bisa bikin yang rumit karena emang dibayar mas. Kalo gretongan juga, males dia. Enak di elu ga enak di gue katanya gitu….

  6. mas bisa download theme ini grtais di mana?

    lumayan buat di oprek, buat belajar

    kalo ada yang tahu link buat download gratis bagi2 ma semua, biar orang indonesia tambah pinter bareng

  7. Solusi boss! Tunggu aja 3-4 bulan lagi, tar kan ada versi ‘freemium’nya, hehe… Kayak theme di blogku juga gitu, aku tungguin mpe ada yg mau share… Piracy? Oh, white-collar kaleee… :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s