Automattic Mengakuisisi IntenseDebate.com

Komentar di Blog WordPress bakal semakin mengasyikkan

Salah satu hal yang mengasyikkan dari aktivitas blogging adalah fitur komentar. Dan komen-mengkomen akan semakin mengasyikkan karena Atomattic, perusahaan pemilik WordPress.com dan Akismet, baru saja mengakuisi IntenseDebate, sebuah kumpeni yang berbasis di Boulder, Colorado, Amrik sono.

IntenseDebate menyediakan banyak fitur baru yang memungkinkan diskusi lewat fitur komentar semakin gayeng dan mudah diikuti. Supaya diskusi bisa lebih terorganisasi, mereka mengimplementasikan komentar bertingkat (comment threading) sehingga pengguna bisa langsung menimpali komentar yang sudah ada.

Disamping itu, IntenseDebate juga mempunyai fitur nilai reputasi yang didasarkan pada jumlah dan kualitas komentar yang dibuat oleh pengguna. Kualitas ini ditentukan oleh pengguna-pengguna lain lewat sistem voting. Komentar terbaik bisa nongol di tempat teratas. Komentar “pertamax” doang pasti akan tertimbun di urutan paling buncit. No more pertamax!

Fitur utama IntenseDebate yang lain adalah kemampuannya untuk langsung mereply komentar via email. Saya sering mereply komentar langsung via email. Tanpa IntenseDebate, kegiatan mereply ini cukup merepotkan. Duh, nggak sabar nih nunggu IntenseDebate diimplementasikan di WordPress.com dan WordPress versi 2.7 yang akan dirilis pada November 2008 mendatang.

Masih banyak fitur IntenseDebate yang lain, silakan simak di situs mereka saja.

Pokoknya, saya tidak menyesal menjadi pengguna WordPress.com. Automattic memang oke!

24 thoughts on “Automattic Mengakuisisi IntenseDebate.com

  1. saya sudah dengar kabar akuisisi ini sejak lama, namun baru tahu fitur commenting intenseDebate itu yang seperti itu. Kalau threaded comment sih kan ada plugin Brian’s threaded Comment, namun posisi komentar melalui kualitas comment?

    Wow, sounds interesting :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s