Peta Mudik 2008, eh Peta Resmi Jalur Lebaran 2008 (1429h)

Selamat mudik, ya…Untuk download peta mudik 2008, silakan lihat di bagian akhir artikel ini.

Sepulang dari pabrik kemarin sore, di gerbang tol Karang Tengah tidak seperti biasa lalu lintas agak tersendat. Biasanya pada jam-jam buka puasa jalur ini lancar sekali. Usut punya usut ternyata ada pembagian Peta Mudik 2008. Eh, maaf, judul lembaran lebar ini bukan peta mudik, tapi Peta Resmi Jalur Lebaran 2008 (1429h). Oalah, jadi namanya kok malah aneh gitu ya?

Peta mudik edisi ke-15 kali ini makin sesak dengan iklan. Di halaman depan paling tidak ada dua logo komersial, yaitu Mudik Punya Indosat dan logo Radio Sonora. Di bagian atas dan bawah halaman awal ini masih ada logo-logo Polri, Dephub, DepPU, Depkominfo, Jasa Raharja dan Jasa Marga.

Halaman utama peta mudik ini, yang menampilkan peta Sumatera Bagian Selatan, Jawa, Madura dan Bali ini, paling tidak memuat enambelas iklan. Ada iklan dari Kecap Cap Bango yang mengklaim peta ini sebagai peta Wisata Kuliner, dan iklan Honda Revo. Peta pulau-pulau itu sesak dengan berbagai legenda tambahan seperti logo ATM BCA, logo kecap Bango, icon tempat wisata, dan nomor telepon polisi di tiap kota jalur utama mudik. Sumpek banget…

Di halaman belakang ada peta jaringan jalan tol dari Merak sampai Bandung, peta jalur alternatif di seputar semburan lumpur Lapindo, dan beberapa peta lainnya. Orang Jawa pasti akan mengatakan peta gratis ini benar-benar ‘pepak’. Di bagian bawah halaman ini masih ada juga tabel dari Kecap Cap Bango berisi daftar restoran dari Banten sampai Malang lengkap dengan nomor teleponnya.

Peta mudik yang kemarin disebarkan di gerbang tol mungkin bisa disebut sebagai pioner keberadaan peta mudik. Dengan dukungan sponsor yang bejibun, tidak mengherankan jika dari tahun ke tahun peta ini bisa tetap hadir, gratis lagi!. Padahal biaya cetak dan harga kertas sedang melambung.

Jika Anda belum mendapatkan peta ini, tidak usah khawatir. Semakin mendekati lebaran nanti simaklah koran nasional. Di sana pasti ada iklan berbentuk peta mudik yang disponsori oleh perusahaan obat, operator telekomunikasi, bank, atau redaksi sendiri yang membuatnya.

Selamat mudik, hati-hati di jalan. Tahun ini, seperti tahun-tahun yang lalu, saya tidak mudik. Akan saya nikmati betapa indahnya Jakarta tatkala separuh penghuninya lenyap. Betapa merdekanya jalan-jalan di ibutkota ini tatkala Anda tidak ada. Cihuy…!

Mudik kemana Anda tahun ini?

Bonus:
Download Peta Mudik 2008 dari TempoInteraktif.com

94 thoughts on “Peta Mudik 2008, eh Peta Resmi Jalur Lebaran 2008 (1429h)

  1. wah, ketipu saya… kirain ada gambarnya gituuu… gak taunya cuma review doang.. hehehe.. kapan” diisi pake gambarnya ya… :D

    gw mudik ke Jombang.. moga gak ketemu sama Ryan…

  2. Allhamdulillah, mudik …tp mudik ke rmh Ortu di Jogja :d, hari pertama di Balikpapan … dan hari ke duanya Mudik ke rmh Ortu di Jogja plus sekalian melepas rindu di Kota tmpt kuliah dulu ..he3x.

  3. kl gw sih blm jls bisa mudik ato gak,mslhnya blm ada pengumuman libur ato kgak.sebenarnya sih gak pernah libur.gw nlaksanain tugas sbgi pelayan,pelindung dan pengayom masyarakat.udah resiko gw.buat yg mudik ya hati2 di jln ya!semoga selamat sampe tujuan.salam gw buat sodara2 yg di kampung.

  4. @32. tukangobatbersahaja

    Mudik gratis?

    Banyak tuh. Hari ini Bank BRI memberangkatkan puluhan bis untuk mudik gratis bagi nasabahnya dari Parkir Timur Senayan.
    AQUA dari tahun ke tahun sudah mengadakan acara mudik gratis bagi penjaja aqua eceran
    Indofood juga biasanya demikian
    Jamu Jago dan Sidomuncul juga nampaknya demikian….
    Pabrik obat kok nggak ada yang nyelenggarain mudik gratis, ya?

  5. abunadzir: Asalamulaikum MAS kirain ada peta atau jalur mudik yang JITU gitu , ya wis lah silahkan mampir ke aqu aja “LEBARAN DIPERSIMPANGAN JALAN” abunadzir.wordpress.com”

  6. hiks hiks.. udah 2 tahun ini aku ga mudik ke kampungku.. pengen rasanya pulang ketemu dengan handai taulan, teman teman lama dan terutama orang tua dan keluarga besarku..
    namun semua berkata lain, aku kayaknya tidak bisa pulang lagi..
    jadi selamat aja buat teman2 yang mudik.. gunakan kesempatan ini sebagai nostalgia atau melepas kangen kangenan..

  7. Pingback: Top Posts « WordPress.com

  8. Di Jaman Yg Serba Sulit Ini Daku Ndak Mudik Ke Jogja, Tapi Mudikk Ke Mertoku KRawang, Mudikk Irit Gitu Itu Semboyan Untuk Mudikk Th Ini, Trimakasih Honda

  9. Mas Arief, selamat berbuka puasa krn sy tdk pulang sekalian kuucapkan selamat lebaran, samp[e nanti kita ketemu internetan di sekolah…

  10. Siswa susfungpers, selamat berlibur, hatis di jalan smg selamat sampe di tujuan. Salam unt keluarga. Jangan lupa kembali ke pusdik….
    LP menunggu & menumpuk n juga taskap…

  11. bagi yang mau mudik ke purworejo tepatnya ke bagelen kediren rt 01 rw 07 salam buat pak boandi ya …. he he he untuk lebaran ini saya gak mudik hu ..hu ..hu.. sedih banget gw.. jangan lupa juga mitain oleh oleh ama mamakku peyek kacang …

    arif / uwik

  12. barangkali ada yang tahu di jalur alternatif ke arah prupuk atau apa ana lupa, yang jalannya sejajar dengan irigasi besar ana denger ada yang longsor apa dah bisa dilewatin belom ya, ana mo mudik ke sokaraja, pingin mangan sroto karo gethuk goreng.heee hee hee

  13. Bagi yang mo mudik… jangan lupa berdoa…tetep jaga kondisi… selalu hati-ti… buat happy

  14. Mudi tidak hanya sekedar keinginan tetapi sudah menjadi kebutuhan tiap-tiap hari raya Idul-Fitir, karena apa ? kita sebagai umat Muslim yang pada bulan Romadhon melaksanakan ibadah Puasa pada sian hari selama sebulan penuh dan malamnya menjalankan ibdaha Sholat Tarwih, Witir dan amala-amalan ibadah yang lainnya.Pada 1 Syawal kita diwajibkan untuk tidak berpuasa, terus pada bulan ini kita disunahkan berpuasa 6 hari meskipun tidak berturut-turut asalakan pada bulan Syawal Insya Allah pahalanya = Puasa 1tahun banyak kan. Rugi besar kalau kita tidak dapat melaksanakannya.

  15. mudik betul2 dimanfaatin untuk bersimpuh dikaki Ortu kita dan mengharapkan tetes air matanya jatuh di kepala kita,Insya Allah dosa2 kita terhapus dan mohon Doa restu untuk perjalanan merantau kembali.Ngecharge gitu.Bagi Ortu yg sdh meninggal,Tidak ada istilah meninggal hanya pindah tempat,mereka tetap melihat kita.Ajak bicara dan mohon maaf dlm hati seolah2 beliau masih hidup.Ingat !!yang mati raganya,jiwanya tetap Abadi.Rasakan dlm hati kehadirannya.Amin semoga Sukses

  16. Selain Peta untuk Rute Mudik lebaran, saya sangat membutuhkan Peta Rute Jalan dan jarak tempuh antar kota karena untuk pedoman saya dalam alur distribusi untuk penjualan saya. Tks

  17. tolong dunk dikirim denah jalan jalur dari jakarta ke bandung (ciwideuy,kawah putih).soalna msh bingung nee kalo bwa boil sendiri…
    thx.

  18. saya ada rencana tahun baru ini mau kepalembang bareng teman teman. Talongkirimkan saya peta lampung s/d palembang via motor

  19. Boleh minta peta mudik naik motor tahun 2009 ini, lewat mana aja ya biar cepet nyampe dengan aman sentosa ke kota ku tercinta Jogjakarta.
    Boleh yak. Urgen!!!!!!

  20. kami mo mudik nich dari kalteng – madiun – banyuwangi kira-kira nganjuk banyuwangi brp km ya? kalo tahu apa pernah ukur?

  21. bagus cuma saya pingin arah dari tol cikampek keluar mana arah mana lalu ke mana belum tau presis tolong
    kalau bisa diberi keterangan tolong yang terdekat untuk menuju Purworejo Contoh dari cikampe keluar kerawang terus kenan cari arah subang dstrusnya trims

  22. Mohon bantuan rekan karena liburan saya mau coba pulang jalan darat ke Jakarta dari Padang,mohon rekan2 yang memiliki pengalaman dan petanya memberikan ke email saya, makasih yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s