Situs Web2.0 untuk Pelajar Malas tapi Kaya

Semoga tulisan ini tidak dibaca oleh Rendra, keponakan saya yang malas mengerjakan PR.

Ehm, tersebutlah sebuah situs bernama StudentOfFortune.com. Situs ini tidak berbeda jauh dengan Yahoo! Answers. Ada orang yang bertanya, ada orang yang menjawab. Tapi, ada bedanya antara StudentOfFortune.com dan Yahoo! Answers. Situs milik Yahoo! tidak mengenakan biaya untuk jawaban yang diberikan oleh pengunjung yang lain. Semua orang boleh melemparkan pertanyaan dan mempersilakan orang lain menjawabnya.

Sementara itu StudentOfFortune.com justru memberikan uang untuk jawaban atas pekerjaan rumah (PR) yang dilemparkan oleh pelajar. Lho, gimana cara kerjanya?

Begini. Jantung dari layanan StudentOfFortune.com adalah formulir pertanyaan. Di sinilah orang seperti Rendra bisa menanyakan jawaban atas PR yang diberikan guru. Tentu saja tidak gratis. Saat mengirimkan pertanyaan, si pemalas ini juga harus menyebutkan berapa besarnya uang yang ditawarkan kepada orang yang memberikan jawaban. Jika ada orang yang bisa menjawab PR itu, transaksi bisa dijalankan. Si pemalas mendapatkan jawaban atas PR-nya. Si pintar mendapat uang atas kecerdikannya. Dan StudentOfFortune.com mendapatkan fee karena dia berperan sebagai calo. Halah!

Apakah ini layanan yang bagus? Well, saya tidak bisa menjawabnya secara hitam dan putih. StudentOfFortune.com bisa berguna bagi siswa yang memang sedang buntu otaknya ketika mengerjakan PR. Alih-alih bertanya ke manusia yang lain, dia bisa melemparkan pertanyaan (dan juga dollarnya) ke orang lain lewat layanan Web2.0.

Tapi, bagi si pemalas seperti Rendra, StudentOfFortune.com bisa menjadi candu yang menyebabkannya semakin malas belajar. Jika punya uang, ngapain repot-repot mengerjakan PR. Suruh saja orang lain mengerjakannya dan bayar saja. Beres, khan? Begitu pikir si pemalas.

Duh, moga-moga Rendra tidak bisa mengendus keberadaan StudentOfFortune.com. Awas kalau ada yang memberitahu dia!

40 thoughts on “Situs Web2.0 untuk Pelajar Malas tapi Kaya

  1. Mas, bukankah kalau ada orang yang rela mbayar demi jawaban seperti itu adalah juga makna pendidikan itu sendiri meski terselubung?

    Maksudku, ketika kita belajar untuk “menyuap” orang untuk membantu kita, itu sudah lebih dari cukup untuk kita hidup di dunia yang nyata meski ya… tak terlalu baik dan barangkali berdosa :)

  2. Dari segi bisnis ini menarik, karena banyak orang mendapatkan manfaat dari kepintaran-nya.
    Soal malas, kalau memang sudah malas, walaupun nggak ada layanan ini, kan bisa saja nyuruh orang lain untuk ngerjain PR-nya.
    Just IMHO :-)

  3. yang kaya makin kaya karena sekolah dapet nilai bagus terus, dapet pekerjaan bagus, dan hidup bahagia, yang miskin tetep miskin karena income cuma dari ngerjain PR anak-anak kaya :P

  4. Yang pertama kali kepikiran sama saya kok malah sisi positifnya ya: Yang malas bakal makin malas karena tinggal membayar untuk penyelesaian PR-nya (dan kalau begini terus kemungkinan besar nantinya ia gagal dalam hidup), sementara yang pintar bakal makin rajin karena ia termotivasi untuk mengerjakan lebih banyak soal demi duit. Plus, ia makin pintar karena otaknya lebih sering diasah.

    Kalau dipikir-pikir lagi dari sisi ‘penjawab dapet duit’-nya, ini satu cara (meski belum tentu etis) untuk mendorong anak-anak kita supaya belajar lebih rajin. Lebih baik mendapatkan uang dari mengerjakan PR daripada mengeluarkan uang agar PR dikerjakan, bukan? :P

    yang kaya makin kaya karena sekolah dapet nilai bagus terus,…

    Tetep aja kalau lagi ujian nggak bisa pakai fasilitas ini kan… justru karena gak terlatih mengerjakan soal-soal di PRnya, nilai ujiannya bisa jadi malah makin ancur-ancuran. :lol:

  5. Saya fikir semua pihak sama2 dapat untung koq. Jawaban yg didapat mudah2an bisa membuat si penanya jadi lebih ngerti. Cz, jawaban itu cuma bisa dilihat saat diluar kelas. Masa’ pas lagi ulangan / ujian di kelas boleh akses internet juga?

  6. yang harus dikatakan dengan penekanan kepada si pemalas adalah :
    HAL ATAU CARA TERSEBUT TIDAK AKAN BERGUNA jika pada saatnya nanti si pemalas MENGHADAPAI WAWANCARA KERJA……

  7. Fasilitas tsb hanya untuk menjawab PR…karena guru yang pintar akan bisa memberikan PR bermacam-macam, dikombinasikan…..saya jadi ingat, berlangganan internet sejak si bungsu SMA dan sering mendapat PR macam2 yang harus dicari melalui internet.

  8. Hi, I found your blog on this new directory of WordPress Blogs at blackhatbootcamp.com/listofwordpressblogs. I dont know how your blog came up, must have been a typo, i duno. Anyways, I just clicked it and here I am. Your blog looks good. Have a nice day. James.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s