Google Mengakuisisi TextCube yang Konon Lebih Canggih daripada WordPress

Inilah gabungan antara blog dan social networking

Hari ini Google mengakuisisi TextCube, sebuah platform blog yang dimiliki oleh TNC (Tatter and Company), sebuah perusahaan yang berasal dari Korea. CEO TNC, Chang Kim menggambarkan perusahaannya seperti Automattic yang memiliki WordPress.com dan mengelola WordPress.org. TextCube di Korea dipakai oleh blogger-blogger top dan TNC juga bekerjasama dengan komunitas open source dalam mengembangkan TextCube.org sama seperti Automattic dalam mengembangkan aplikasi WordPress.

Joyce Kim, seorang blogger, mengatakan bahwa TextCube mempunyai dashboard yang lebih bersih. Di TextCube kita juga lebih mudah mengintegrasikan video, foto dan podcast dalam postingan. Konon ada fitur drag-and-drop yang mempermudah untuk memasukkan foto, memformat text di seputar gambar, menciptakan slideshow, resize gambar dan lain-lain. Kim menyebut bahwa kecantikan TextCube terletak pada kesederhanaannya.

TextCube juga mempunyai sistem lacak komentar yang intiutif, terstruktur seperti dalam kotak email. Kim membayangkan fitur ini akan memudahkan orang yang baru belajar ngeblog merasa nyaman saat berinteraksi dengan pembaca dan blogger lain lewat komentar.

Jadi TextCube adalah gabungan antara layanan blog dan social networking dalam satu paket. Saya memperkirakan Google nantinya akan mengintegrasikan TextCube dengan Blogger. Jika tidak, TextCube akan bersaing dengan BuddyPress milik Automattic yang telah mempunyai WordPress.com.

Bakalan semakin ramai nih….

48 thoughts on “Google Mengakuisisi TextCube yang Konon Lebih Canggih daripada WordPress

  1. Wuahh.. baru tahu ada yang namanya Textcube. Memang sih, harus bisa punya produk yang original kalo mau maju.. Apes – apesnya ya dibeli Google.. :P (apes kok enak.. ).

    Kalau ngandalin blogspot sih kayaknya susah buat memenangi persaingan di jagad blog (saya masih pegang WP deh..). Tapi dengan adanya Textcube ini… Hmm.. let’s see.. ;)

  2. iya, bener Blogspot mau dikemanain ya??
    Akhir2 ini Google makin sering aja mbuat inovasi… kemarin Knol, Chrome, sekarang textcube… lalu apa lagi ya??

  3. Pingback: Google kembali mengakuisi! kali ini TNC, automattic-nya korea | Bloggingly

  4. Gue udah buka tuh textcube, tapi kok malah tambah ngebingungin”* apalagi buat para pemula di dunia maya bisa bikin pusing.. Buat gue masih bagusan wordpress deh… Soalnya gak susah amat menelusurinya…

  5. Trus ntar namanya apa ya? Blogcube gitu? Ato Text-spot?

    Jujur aja buat aku ga penting namanya asal bisa loading lebih cepet hehehe, mudah2an pelayanan baru bisa lebih cepet load aja deh (Amiiiin)

  6. kayanya seh bakalan diambul teknologinya deh, kaya drag-drop, integrasi video dengan mudah, untuk dicangkok ke blogspot, supaya blogspot bisa diadu lagi sama wordpress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s