StickyPost di WordPress.com

Nempel terus kek prangko

Saya sering heran dengan blog milik Om Benny Chandra. Blog arek Suroboyo itu aneh. Postingan yang lama bisa tetap muncul di posisi paling atas. Padahal seharusnya tulisan jadul itu sudah turun terdesak oleh tulisan-tulisan (dan iklan pay-per-post, hihihi…) yang ditulis lebih mutakhir. Hmmm, Benny pasti menggunakan sebuah plugin khusus untuk melakukan itu semua? Bener, khan?

Saya sebenarnya ingin juga melakukan hal yang sama di blog saya. Apa daya, blog saya ngendon di WordPress.com. Saya tidak mempunyai kuasa untuk menambahkan sebiji pun plugins di sana. Saya ingin ada plugin WP-Sticky.

Tapi… untunglah hari ini semua itu terwujud. Saya sekarang bisa menempatkan sebuah postingan tetap berada di posisi teratas dengan cara yang mudah. Bagaimana caranya?

Saat kita menulis postingan baru, di bagian kanan ada sebuah panel bernama Publish Status. Nah, Automattic baru saja menambahkan sebuah fitur baru di bagian itu berdasarkan plugin WP-Sticky. Centrang saja pilihan Stick this post to the front page. Lalu klik Publish jika Anda sudah siap untuk menerbitkannya.

Hasilnya adalah sebuah postingan dengan warna latar yang berbeda dibandingkan dengan yang lainnya. Dan yang penting adalah bahwa postingan itu tetap nempel di posisi paling atas. Keren, khan? Automattic memang mantap!

Lalu, bagaimana jika kita ingin menempatkan entri yang lain di posisi itu? Mudah saja. Edit saja entri yang lama dan lepaskan centrangannya, lalu simpanlah. Semudah itu.

Jadi, sekarang kita nggak perlu iri dengan Om Benny. Kekekekek…

27 thoughts on “StickyPost di WordPress.com

  1. Beruntunglah yang pake layanan domain mapping wordpress.com .. huhuhuh..

    Untuk yang install sendiri, fitur Sticky Post katanya baru akan ada di WP 2.7, dan tidak perlu plugin… :D

  2. yup, td pas baca komen2nya liat komenmu jd ngikik sendiri, ngartiin dalam kata lain (jadi bukan seneng sama “apa” tapi sama “siapa”) malah yg ada jd bikin komen off-topic

  3. @Cyberkidal WP 2.7 masih lama, beberapa bulan lagi. Kalau mau dapat fitur ini sekarang di WP yang di install sendiri, seperti yang sudah disebutkan Mas Puji saja, pakai plugin WP-Sticky :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s