Tunjangan Hari Raya atawa THR

Sssst… ada rahasia nih

Hari-hari pada pekan mendatang adalah saat yang dinantikan oleh para buruh. Apa pasal? Karena pada pekan mendatang beberapa perusahaan mulai membagikan THR atawa Tunjangan Hari Raya. Bagi yang merayakan lebaran, pasti ada begitu banyak rencana setelah uang THR masuk ke kantong. Ada yang ingin secepatnya mudik lebaran ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak kerabat. Ada yang ingin membelikan baju baru untuk anak-anak. Ada yang ingin berwisata bersama keluarga. Pokoknya ada 1001 satu keinginan yang ingin dipenuhi setelah THR diterima.

Namun, ada juga perusahaan yang mangkir dari kewajiban membayar THR. Duh, kasihan para buruh. Ada yang harus demo menuntut pembagian THR yang menjadi hak buruh.

Tapi, tahukah Anda bagaimana sebenarnya perhitungan THR itu? Mari, saya beri satu rahasia hanya untuk Anda.

Katakanlah gaji Anda Rp.3.000.000 per bulan. Ini artinya gaji Anda sama dengan Rp.750.000 per minggu. Bukankah dalam satu bulan ada empat minggu dan Anda menerima 4 x Rp. 750.000 = Rp.3.000.000?

Nah, dalam satu tahun itu ada 52 minggu. Maka gaji Anda dalam satu tahun yang terdiri dari 12 bulan adalah 12 x Rp.3.000.000 = Rp.36.000.000.

Tapi, jika kita menghitung pembayaran gaji Anda per minggu maka perhitungannya menjadi 52 x Rp.750.000 = Rp. 39.000.000

Lho, kok ada selisih Rp.3.000.000 antara pembayaran per bulan dibandingkan pembayaran per minggu? Nah, itulah yang kemudian dibayarkan oleh perusahaan sebagai Tunjangan Hari Raya. Anda paham? Hahahahaha…

28 thoughts on “Tunjangan Hari Raya atawa THR

  1. :shock:

    ternyata cuma trik korporat aja ya…..heuheuheu….berarti sebenernya dana THR emang ada kan…kenapa masi ada aja ya yang lebaran gak dikasih THR….perusahaan gedhe lagi :(

    btw sahoooor sahoor :P

  2. Kupikir bukan perusahaan ngapusi karyawan yah, tapi tergantung kesepakatan ajah besar kecilnya berapa…

    Perusahaan ngapusi kalau ia mangkir dari komitmennya.

    THR mu untuk apa, wahai Mas Pujiono ?

  3. ga stuju deh … hasil googling …

    1 month = 4.34 weeks (jgn dibulatin keatas dong hehehe)
    jadi
    gaji perminggu = 3.000.000 / 4.34 = 691244.24

    1 year = 52.08 weeks
    jadi
    gaji perminggu * 52.08 = 36.000.000

    sama aja tuh :D
    jadi sama aja kan :D

  4. Apakah ini termasuk pembodohan oleh korporat kepada karyawannya ?, apakah seluruh pemimpin perusahaan di Indonesia mengetahui dan menyetujui perhitungan ini ?. Hal ini boleh kita sebarkan kepada para karyawan di Indonesia, agar dapat menjadi suatu kajian di dalam kegiatan Industrial Relation perusahaan yang biasanya dilakukan 1 x setahun “employee day”. Mohon ijin Mas untuk dapat mengutip posting ini ke dalam blog saya.

    Salam

  5. Mind Games!!!

    Lhah.. khan ada yang 1 bulan terdiri dari 5 minggu. Berarti ndak semua 3jt dibagi 4 donk harusnya…
    katakanlah ada 4 bulan yang terdiri dari 5 minggu.
    berarti harusnya khan:
    8*(4×750.000) + 4*(5×600.000) = 36.000.000

    Kalau THR (CMIIW) khan jika yg diberikan ke kita 3.000.000 sebenarnya gaji asli kita adalah lebih dari itu. Misalnya 3.250.000. Nah yang 250.000 itu disimpen sama pabrik untuk diberikan di hari raya.
    Semacam ditabungin sama perush. trus ntar dikasihkan sebagai THR… (padahal uang kita-kita juga…)

    tul gak?

  6. sy senang juga sama anda bisa berbagi ilmu sedikit ,,,,,nuhun kenalkan sy dari bandung aslinya bugis riau…..he he he

  7. Tanya dong ????

    Menurud yang dikutip dari Webside http://www.vhrmedia.com/vhr-corner/panduan,Menghitung-THR-Anda-19.html

    disebutkan bahwa : Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 04/Men/1994. Menurut Peraturan Menteri (Permen) 04/1994, yang dimaksud THR adalah pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan yang berupa uang atau bentuk lain. Mungkin karena THR merupakan pendapatan tambahan, orang menyebutnya dengan istilah “gaji ke-13”.

    Hari raya keagamaan, jadi : hari Waisak, Lebaran, Natal, Nyepi, Galungan, Kuningan, Tahun Baru cina. THR wajib diberikan dong.

    MOHON PENCERAHAN dari kakak – kakak sekalian !!!!!!!!!!!
    kalau bisa di emailkan jawabannya ke adithya.yonathan@gmail.com

    Terima kasih

  8. Aneh aneh aja cara hitung kaya gitu. Di tempat saya perhitungan gaji selalu mengacu pada gaji pokok di bagi 20 hari. Nah gaji per hari ini kemudian di kalikan dengan jumlah hari kerja setiap bulan. Jadi ga ada tuh cara perhitungan thr yang nyolong dari gaji begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s