Kecanduan Internet itu Namanya Discomgoogolation

Teman blogger saya sudah ada yang terjangkit Discomgoogolation

Pernahkah Anda mengalami hal ini: koneksi internet yang Anda andalkan terputus, koneksi cadangan juga tidak bisa terhubung sementara Anda tidak bisa mendapatkan warnet secepatnya? Ketika itu Anda merasa amat sangat tertekan, otak terasa buntu, tekanan darah naik, keringat dingin mengucur dan nafas tersengal-sengal? Apakah Anda pernah mengalaminya?

Jika Anda pernah merasa amat sangat tertekan karena putusnya koneksi internet sama dengan ketika Anda terlambat untuk mengikuti meeting yang sangat penting, itu artinya Anda telah menderita kecanduan internet.

Para psikolog telah menamai tingkat stres yang tinggi disebabkan karena ketergantungan pada internet sebagai ‘discomgoogolation‘.

Syahdan, para peneliti di Inggris melakukan survey terhadap 2,100 kepala. Hasilnya ternyata cukup mencengangkan!

Di negerinya Pangeran Charles, sekitar 76 persen orang mengakui bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa sambungan internet karena dari hari ke hari mereka menghabiskan banyak waktu untuk kirim email, bermain games online dan melihat gambar porno. Sebanyak 87 persen orang Inggris mengatakan bahwa mereka kini menggantungkan diri pada internet sebagai sumber informasi utama. Sementara itu 1 diantara lima orang bahkan menghabiskan lebih banyak waktu di internet daripada bercengkerama bersama keluarga. Oh my God!

Lebih dari setengah orang Inggris (53 persen) nge-net lebih dari empat jam sehari dan nyaris setengahnya (44 persen) mengatakan mereka merasa frustrasi dan bingung jika sambungan terputus.

Angka-angka dari tanah Inggris itu pasti tidak sama dengan angka di Jakarta, apalagi di Indonesia. Tapi, saya yakin ada diantara blogger teman saya yang sudah menderita ‘discomgoogolation’. Apakah itu Anda?

Bonus:
82 tanda-tanda kecanduan internet

41 thoughts on “Kecanduan Internet itu Namanya Discomgoogolation

  1. Jadi merasa bersalah nih. Mendakwahi Internet ke mana2, aku sendiri malah belum kecanduan kayak gitu. Internet mati, happy2 aja, kecuali kalau memang ada hal mendesak (yang amat jarang).
    Unplug sejenak yuk!

  2. @19. Yeni Setiawan
    saya tidak tahu kepada orang seperti apa survey itu dilakukan. tapi, berdasarkan data dari Nielsen, 64% orang Inggris adalah pengguna internet. Jumlah itu adalah sebanyak 38.5 juta. Populasi orang Inggris adalah 60.3 juta. Hmmm…

  3. saya termasuk klo gitu..
    kerja jam 7.30-16.30 diselinging-net..
    pulang sampe kost masih sempet2nya baca email & ym..
    ow..

  4. Saya pernah jadi pengguna email dan internet selama 10 tahun dengan email dari berbagai milis rata – rata 500 per hari koneksi, lalu unplugged selama 5 tahun, sekarang sudah nyambung lagi. Ternyata bisa tuh.

    Jadi, kesimpulannya, saya tidak kecanduan :-)

  5. kecanduan internet, iya.
    untungnya gak sampe otak terasa buntu, tekanan darah naik, keringat dingin mengucur dan nafas tersengal-sengal :mrgreen:

  6. saya sih ke internet cuman buat download film or drama or anime or manga. Biasanya sih normalnya jam 10 malem sampe jam 3 pagi. Kira-kira udah kecanduan belum yah?

  7. Itulah mengapa sekarang Google dijadikan kata kerja (verb) menjadi Googling bahkan udah menjadi vocab baru dalam bahasa Inggris, seperti “Wait a minute, I’m googling!

    Contohnya saya ini gak ada internet gak ada kehidupan! :D

    Slm kenal pak! :D

  8. Aku juga orang yang menderia masalah tersebut,dengan tidak adanya internet itu membuatku stres,sekali udah di depan monitor dengan berselancar internet,lupa semuanya dan bahkan melupakan janji dengan rekan,klo saya bisa sampai kurang tidur…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s