Alat Anti Nyamuk Bernama BlackHole itu

Konon alat ini tanpa asap, tanpa bau, tanpa bahan kimia, tanpa suara bising, dan hemat. Anda percaya?

Perang dengan nyamuk. Itu yang saya lakukan tiap malam untuk melindungi Anya dari gigitan serangga. Senjatanya ada dua macam. Pertama adalah senjata kimia berupa semprotan ForceMagic di dalam kamar. Kedua adalah raket bertegangan listrik yang akan membuat nyamuk pingsan jika terjaring ke dalamnya. Sampai sejauh ini paduan kedua alat ini sebenarnya cukup efektif untuk melindungi si cantik.

Tapi, saya yakin TukangObatBersahaja tidak akan merekomendasikan saya untuk terus menerus menggunakan bahan kimia seperti ForceMagic.

Bagaimana dengan raket anti nyamuk itu? Anya sering kaget ketika ada nyamuk yang berhasil terperangkap. Bunyinya yang seperti ledakan kebakaran itu sering membangunkannya. Saya sendiri bagaikan pemain bulutangkis yang sedang bertanding di ajang Olimpiade Beijing. Kekekekekkk…

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah iklan alat yang bisa membasmi nyamuk. Namanya BlackHole. Iklan itu mengatakan bahwa alat pembasmi nyamuk ini aman digunakan karena tidak mengeluarkan asap, tidak bau, tidak menggunakan bahan kimia, tidak mengeluarkan suara bising, tanpa sengatan listrik dan hemat.

Bentuk alat ini seperti lampu untuk berkemah. Dengan tinggi sekitar 35 cm BlackHole terdiri 3 (tiga) bagian.

Secara teoretis cara kerja BlackHole adalah sebagai berikut: pada bagian atas ada 2 buah lampu ultraviolet yang memancar cahaya mengenai Titanium Dioxide (Ti02) menghasilkan spektrum yang menyerupai suhu tubuh manusia sehingga serangga itu akan mendekat melalui kisi-kisi di bagian atas. Spektrum ini mampu menjangkau radius 30 m.

Pada bagian tengah terdapat kipas kecil dengan putaran yang kuat arah angin ke bawah. Setelah nyamuk masuk ke bagian atas karena tertipu suhu tubuh seperti suhu badan manusia tadi, kipas ini akan menyedot kuat nyamuk kebagian bawah. Kemudian di bagian bawah, ada ruang dikelilingi kasa tempat nyamuk yang terperangkap. Nyamuk tidak bisa terbang naik karena kipas berputar kuat ke bawah. Nyamuk mati di tempat ini karena DEHIDRASI. Sama sekali tanpa kimia.

Pertanyaan saya:

  • Benarkah BlackHole efektif memberantas nyamuk?
  • Apakah Anda pernah memakai alat ini? Bagaimana hasilnya?
  • Benarkah harganya sekitar Rp.500 ribu? Ada yang bisa dapat lebih murah?
  • Bagaimana cara Anda membasmi nyamuk di rumah?

64 thoughts on “Alat Anti Nyamuk Bernama BlackHole itu

  1. paduan kelambu dan raket cukup ampuh buat saya dan keluarga, agak ribet sedikit tapi cihuyyy

    @bos puji, raket listrik ga cuma bikin nyamuk pingsan, bisa juga buat nyamuk bakar setengah mateng ato nyamuk mutilasi bakar full gosong, mungkin tergantung isi batrenya masih full apa ga :D

  2. Alatnya ternyata tidak effektif menarik nyamuk. Walau nyamuk kalo udah masuk memang terperangkap dan mati kering.
    Alat ini sebenarnya tiruan murahan dari mosquito trap yg mahal yang biasanya dipasang buat outdoor di hotel atau club house. Alat aslinya menggunakan obor propane/methane yang berapi kecil dan membakar semacam pasta yg baunya bau ketek manusia. Dari bau manusia dan CO2 hasil pembakaran inilah nyamuk tertarik datang.

    Sedangkan black hole ini mengganti pembakaran tersebut dengan lampu UV, yang artinya sebetulnya sama dengan insect lamp yang lain, cuma alih alih menggunakan kawat listrik untuk membunuh, dia pakai kipas angin. Selain tidak effektif, yang sering terperangkap malah insect lain selain nyamuk, yg sama sama tertarik lampu UV.

    Sedankan kalo CO2 dan bau ketek manusia, cuman nyamuk yg tertarik

  3. Kasihan, Mas.
    Nyamuk kok sampai kena dehidrasi segala… lha wong Amrozi dkk aja sekarang lagi ngajuin judical review tentang tata cara hukuman mati karena menurut mereka cara yang sekarang ini masih mengandung unsur penyiksaan sebelum mati jhe :)

    Pake raket aja, sapa tahu nanti Anda dipek mantu pejabat kayak si Taufik itu… :))

  4. Gimana kabarnya si imut Anya?
    urusan pernyamukan memang sangat menjengkelkan, namun tidak selalu pake yang obat kimiawi untuk membunuh nyamuk :)

    Setahu saya blackhole sangat baik jika kita mengunakannya untuk outdoor (saat berkemah, di tengah lapangan, dicamp tempat pengungsian sementara, dll). Nyamuk tidak akan mendekat.

    untuk indoor apalagi di kamar nyamuknya paling hanya 5-15 ekor hehehe *tepok nyamuk nakal*. sayang beli mahal 500 ribu cuma untuk bunuh nyamuk di kamar.

    Sebelum tidur usir nyamuk di tempat yang biasa di hinggapi nyamuk seperti belakang lemari, benda warna hitam,kolong tempat tidur, dll.

  5. Di rumah pake klambu, tapi kalo sikut nempel di klambu nyamuk yg di luar klambu masih bisa gigit. jadinya ngumpul di sikut gigitan nyamuknya

  6. 500 ribu? mahal, di carrefour ciledug sekitar 300 ribuan (lagi promosi, harga pasnya lupa). Kalau baca brosurnya sih..katanya udah lolos FDA.

  7. kelambu lebih asyik, tapi kalau gak suka saya sarankan diusapin pakai minyak sereh. Nyamuk takut, kuliit haluus lus. lebih baik dari pada yg kimiawi. memang murah tapi kena plastik aja “lonyot”,bagaimana masa depan kulit nantinya? apa gak kena mutasi.

  8. ada yg lebih keren lagi nich….pakai tutup panci trus diolesi minyak kelapa…
    cara kerjanya seperti raket listrik nyamuk…kl nyamuk datang…tinggal ditepok…pasti tuh nyamuk nempel di tutup panci…hehe…
    dijamin tidak menimbulkan suara nyamuk kesetrum…

  9. wah teman nek aku milih sing tradisionil ae, nganggo kelambu, tapi …. iku nek nggo turu, yok opo nek gak turu, jagongan misalnya, nonton TV bersama, masak pakai yang tradisionil juga ceblek sana ceblek sini, pkak plek ngono tah

  10. pake raket nyamuk dilantai jd banyak semut ngerumunin nyamuk mati, pake tutup panci lantai jd licin kena minyak.
    yg enak pk kelambu, tidur jd hangat nga digigit nyamuk, dan sehat badan dan dompet sekali beli untuk selamanya.

  11. Ada tanaman yg cukup cantik untuk dijadikan hiasan interior dalam rumah. Konon tanaman itu mampu mengusir nyamuk. Bunga lavender, kata tetangga saya. Konon kata tetangga saya yg selama ini memiliki, aman2 saja dari nyamuk. Saya sendiri masih ragu untuk mengoleksiny dalam rumah, sebab tanaman di luar rumah saja habis sama tangan-tangan kecil kreatif anak-anak saya :D

  12. Wah sekarang Anya gmana kabarnya? Boleh dong share fotonya, dulu pertama kali saya liat matanya belo, sekarang gmana pasti lebih kelihatan cantik yah? ayo dong aku mau liat Mas Puji…..

  13. raket nyamuk mah bukan bikin pinsan aja tapi juga gosong hehehe tapi efektif ah…sy biasa pake dari buat nyamuk sampe kucing sy yg selalu tertarik melompat ke atas keyboard laptop dan mencakar monitor hohohoh tapi tetep ngak pake tegangan krn kucingkan bukan nyamuk :)

  14. sebenernya nyamuk lebih takut sama batu batere…….
    kalau lihat batu batere di sekitar tempat tidur, dia pasti minggir…..
    takut dilempar…., katanya …… :)

  15. ah…umur nyamuk kan cuma 3 hari, jangan dzalimi mereka, ambil tindakan preventif saja, banyak cara lain nampaknya daripada 500 rebu buat alat itu, hehehe…. :)

  16. pake sinar UV? awas loh.. salah2 malah manusia yang mati karena kena kanker.. kalo pake propane or methane mungkin masih bisa dipertimbangkan.. bukannya soktau ato mo nakut-nakutin ya.. :p

  17. * Benarkah BlackHole efektif memberantas nyamuk?
    Mungkin saja bisa, asalkan namanya jangan Big Bang… karena nati yang terbasmi bukan cuma nyamuk, tapi juga yang digigitnya ;)
    * Apakah Anda pernah memakai alat ini? Bagaimana hasilnya?
    belum sih…. seperti perangkap tikus ya?
    * Benarkah harganya sekitar Rp.500 ribu? Ada yang bisa dapat lebih murah?
    lima ratus ribu, bisa dipakai beli domain…. digigit nyamuk ya jadi alesan buat gak tidur dan ngeblog kali ya? :D
    * Bagaimana cara Anda membasmi nyamuk di rumah?
    Tinggallah di daerah dingin…. hehe… nyamuknya nggak kuuuuaaaaatttt…. ;) asal nyamuknya jangan dikasih viagra, atau kopi ABC… Ups, iklan terselubung…

  18. buat savio sih obat nyamuk semprot, tapi ngga sering-sering… abis nempel di sprei ma sarung bantal.. jadi lebih sering manual alias klo nemu nyamuknya ada deket-deket savio…langsung ditepok! hihihihi

    saya jago loooh tepok menepok nyamuk… :P

  19. memang nyamuk itu memaaaanngg!
    saya juga paling kuesel sama yang namanya nyamuk.
    apalagi rumah kami letaknya di komplek baru sehingga banyak rumah masih kosong sehingga banyak rumput gak terawat sehingga banyak nyamuk di rumahku.. kuesel..

    saya juga suka maen raket2an mas, punya 2 malah. satu buat suami satu buat saya.. tinggal beli kok sama pasang net deh heheheh

    ah kalo blackhole 500rb kemahalan ah.. kembali ke raket aja :mrgreen:

    salam kenaaall

  20. barutau saya yang namanya black hole ini. biasanya saya pake anti nyamuk oles aja meskiun katanya kalo kena plastik bisa meleleh tapi gimana lagi…soalnya obat semprot gak kuat baunya. dulu sempet kepikiran miara kodok beberapa ekor trus dilepas di dalem rumah tapi pasti berisiknya minta ampun kroek….kroek…kroek…

  21. Huhuhu, iya nih lagi memerangi nyamuk. Heran juga dirumah, ternyata ada satu kamar yang sering dikunjungi nyamuk dibandingkan kamar-kamar yang lain.

    Ditunggu nih sharing-sharing yang lain. Saya pakai raket nyamuk, kayaknya mulai kesulitan juga, soalnya suaranya itu lho, kenceng banget. Azkia bisa kagetan terus denger raket nyamuk beraksi

  22. Wah… kayaknya yang rekomendasi pake kelambu paling banyak deh… ga nyangka jaman gini banyak yang masih pake kelambu.

    Nih ada info kelambu anti nyamuk, namanya Interceptor, buatan BASF Germany, bisa dibeli di apotek (Melawai, Makaham, Kimia Farma, Medicare, Roxy) atau Home Cientro Megastore Kemayoran. Kelambu ini punya kelebihan kalo nyamuknya nempel nyamuk jadi inaktif menggigit dan akan mati kemudian, jadi selain tidur jadi nyenyak juga menurunkan populasi nyamuk di dalam rumah. Tetap efektif 100% meskipun sudah dicuci 20x (masa pakai 3-5 tahun)dan sudah dapat rekomendasi dari WHO. Kelambunya bisa dipake untuk berdua…cocok buat yang lagi honeymoon..

  23. wahh serius tuh???

    kalo kita dirumah masih tradisionil,,pake sapu lidi..jadi berasa kayak pendekar main pedang-pedangan,kekekekek…

  24. Hmm… blackhole mahal, kurang efektif, kalo listrik nyala mati pas kena giliran pemadaman listrik, nyamuk yang udah terperangkap bebas lagi … belum lagi listrik untuk motornya itu semalem berapa KWh yach? Ada yang pernah denger ngga kalo TiO2 bisa jadi pemicu kanker?

    Raket listrik, kadang memang bisa bikin nyamuk dari setengah mateng sampe welldone (mateng beneran), tapi sering juga cuma pingsan, ntar habis bangun hunting kita lagi. Hal ini karena listriknya cuma sekitar 600 V.

    Kelambu menurut saya sama aja ama penjara, masih mending kalo lubang seluruh rumah diberi kawat anti nyamuk (cuma invest-nya mahal) … :(

    Sebenernya kalo lingkungan sekitar kita bersih ‘n sehat, jumlah populasi nyamuk pasti berkurang, apalagi jika ada tanaman yang bikin nyamuk mabok (menurut saya cuma bawa pengaruh dikit, karena yang tanam cuma beberapa rumah ato malah cuma 1 rumah aja, yang lain ngga tanam).

    Saya pribadi mah cukup pake bug zapper (approx 2000 V) <– nyamuk udah ngga sempet menjerit, CO2-nya dapet dari bahan alami ngga pake gas metana (refill tiap 2 minggu) … alhamdulilah, ngga perlu repot berurusan dengan nyamuk all night long … :)

  25. Kalo saya selama ini cuma pakai jurus 2B, alias bersih-bersih, kalo rumah bersih selalu, bebas sampah, bebas dari tumpukan barang, bebas dari tumpukan baju, tidak ada pakaian yang menggantung, pakai barang secukupnya, semua sudut rumah bersih dan kering, di jamin gak ada nyamuk mas, nyamuknya kabur ketetangga sebelah he…he…he…

    Gak perlu lagi kelambu dan segala macam alat/obat pembunuh nyamuk. Terimakasih.

  26. saya pernah pergi ke salah satu restoran di surabaya, dan melihat black hole di “gudangkan” alias nga di pake lagi di salah satu pojokan ruangan. setelah saya tanyakan mengapa nga dipakai lagi, mereka bilang ” percuma nga mempan, nyamuknya tetap banyak, malah ngabisin listrik”

  27. Saya termasuk pemakai alat tersebut, bahkan waktu saya beli harganya 600rb. Pertimbangan saya sama dengan mas, mengurangi bahan kimia yg masuk kedalam tubuh. Setelah memakai beberapa bulan dirasa cukup efektif, banyak nyamuk dan serangga lain yang terperangkap. Tapi……, nyamuknya jadi banyak yang datang, mungkin saya salah meletakkannya sejajar posisi tubuh yang harusnya digantung.

  28. Nimbrung ngomongin blackhole, saya udah beli satu karena di rumah baru, baru pindah nih, nyamuknya banyak bener. Surprisingly memang efektif sampai akhirnya beli satu lagi buat kamar sebelah. Nyamuk kesedot dan karena bentuk perangkapnya corong , kalaupun dimatikan kipasnya nyamuk tidak bisa keluar. TAPI, nah ini dia, efektifnya ternyata ada masanya, cuma kurang lebih dua bulan! Abis itu nyamuk yang masuk makin sedikit, paling banyak 1-2 aja yang masuk padahal di kamar bisa ada 10 nyamuk.
    Jadi nyesel juga beli, mana mahal lagi. Jadi buat Alice mudah-mudahan masa efektifnya lebih lama ya!

  29. Pingback: Tips Membasmi Nyamuk | www.serpong.org

  30. tangkep nyamuknya satu, terus bisikin, suruh dia sama kawan-kawannya pergi, kalo gak nanti dibantai atawa masukin penjara…he..he…he…..!! becanda mas! saya juga sudah coba semua alat….nyamuk ya tetep aja nyamuk….barangkali Tuhan emang ciptain dia buat kita kalee…. jadi setelah di fikir-fikir…redho aja tuh, alhamdulillah, sejak redhoin ati…naymuknya gak ada lagi yang berasa kalo gigit kita…udah saling ikhlasin sih…!!

  31. emang paling efektif pake kelambu.

    alat ini di superhome harganya 200rb, hanya efektif kalo lagi ngak ada orang di ruangan, tiada rotan akarpun jadi. kalo ada orang, lebih tertarik ke orangnya.

  32. pake kelambu juga bagus asalkan gak kepanasan . selama ini saya jpake raket nyamuk ckp efektif juga sich dan murah, cuma .. ya itu mesti 1 jam an dulu kejar-2an sama tuch nyamuk , krn suka sembunyi kalo lampu lg dinyalain. Kalo lampu dimatiin …ngiung-2 lagi. Sebel banget dach !! Teman saya 17 Agustusan lalu udh beli di careffour pas lagi promo (370 ribu an ), katanya sich lebih bgs dr yg dipasaran (merk lain, harga jauh lebih murah), katanya sich ni alat yg ini bgs. Cuma skr lg gak promo. Saya waktu jalan ke Tangerang bln lalu sich pernah liat bulan , toko yg jual Black hole ini ( Nama tokonya saya lupa…….,) .Saya tanya hrgnya 400 rb. Saya tawar lg gak mau , katanya sich ini yg paling murah …. soalnya saya tawar katanya udah sampai berbusa .. (he-..he maklum pegawaian , gaji rendahan pula ) . Cuma waktu dia mau ambilin alatnya saya bilang ntar saya bilang tunggu 3 bulan dulu . Loh ??! yg jual kaget , saya jelasin … Iya kan mesti nabung dulu he…he. kan pegawai , kalo gak pinjem sama temen kan mesti nabung. . Nah saya milih nabung aja, musim hujan khan masih bulan des, masih sempat nabung 3 x utk beli …… orang yg jaga toko sich manggut-2 aza !!

  33. temen saya ada yg pernah beli Black hole di carefour wkt promo 17 agustusan lalu, katanya hrgnya sich 370 ribu, katanya sich ckp efektif, paginya dia liat nyamuknya banyak ketangkep. Saya sich pake raket aja, cuma kalo lagi ngantuk suka males. kalo lg gak ngantuk saya uberin dach .. mau kemana juga kau kukejar. cuma kalo lampunya dimatiin , nyamuknya ngiung-2 lg. saya sih waktu jalan ke Tgr bulan lalu, pernah liat juga nawar-2 di tokonya (nama tokonya saya lupa …), harganya blach hole itu 400 ribu .

    Gak mau kurang lagi…katanya sich itu udh plg murah , karena saya nawarnya sampai berbusa … he..he maklum pegawaian. tp waktu dia mau ambilin alatnya, saya bilang …ntar tunggu 3 bulan dulu . Loh ?!! kata yg jual kaget . Kirain mau skr …saya bilang saya mesti kumpulin duit dulu, kalo pegawai rendahan gini , kalo gak ckp gimana, …kalo gak minjem temen (belum tentu jg temen mau uang segitu gedenya), alternatif ke 2 yg mesti nabung …. (kan msh sempat sampai bulan des musim banyaknya nyamuk) … he ..he . yang jual akhirnya manggut-2 aza gak jadi marah ….

  34. minggu kemarin Sya baru saja beli di carefour Rp.599.000 saat di coba dikamar dg ukuran 3×3, sy letakkan di pojok dan di pasang 24jam non stop, sangat disayangkan di nyalakan sampai sekarang nyamuk yg tertangkap tidak sesuai harapan.

    Masih banyak nyamuk yg bertebrangan dan menghisap darah. padahal lampu kamar sudah dimatikan. ;( jd nyesel beli tuh alat black hole.

  35. yg paling ampuh pake raket nyamuk…derrrr mati deh nyamuk. klo ga mati tinggal pencet aja beressss n pke kelambu,.

  36. @Mas Andrew (nomor 15): boleh tahu merk & tipe bug zapper yg dipakai ? (yg pakai CO2 alami).
    Saya searching bug zapper, ketemunya yg pakai lampu.
    Trims.

  37. hueehhehehe lucu bener komentar2nya. saya sendiri juga lagi berjuang melawan nyamuk nih.. udah diperiksa seisi rumah apa ada lubang untuk nyamuk keluar masuk, tapi ga ada kok, padahal tiap hari selaluuu aja banyak nyamuk walaupun udah dibantai massal… T_T

  38. makasih mas joko atas masukannya
    kayaknya bagus juga buat perangkap nyamus sendiri….murah meriah lagi…..gak perlu kluarin uang banyak.trima kasih…

  39. PT.PIRAMID MAS
    Komp.Mutiara Taman Palem
    Blok A6/18
    Cengkareng
    Jakarta Barat
    Ph : 021-9447-4680 Fax : 021-543-90884
    Direct : 021-95616288
    http://www.indonetwork.co.id/piramid-maspt
    Email : piramid_mas@yahoo.com

    Produknya Meliputi :

    – Aneka Model & Bentuk Lampu Meja & Lampu Emergensi

    – Aneka Model Senter & Senter Kepala

    – Raket Nyamuk

    – Berbagai Ukuran Lampu Bergaransi

    – Kabel Audio

    – Lampu Tidur

    – Stabilizer & Pompa Air

    – Fitting – Fitting Lampu & Multi Socket

    – TV, DVD, Setrika & Kompor

    – Berbagai Model Antena

    – Kipas Angin & Filter Air

    – Aneka Model & Ukuran Kalkulator

    >>>> Kami sedang mencari : Agen / Grosir / Freelance/Mitra-Usaha Perorangan / Koperasi untuk Bekerjasama >>>>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s