Tipu Menipu Gaya Cina

Ada lip-sync dan kembang api palesu di Olimpiade

Jumat kemarin saya tidak nonton televisi. Acara pembukaan Olimpiade di Beijing konon sangat spektakuler. Perhelatan yang dimulai pada pukul 08.08 malam pada tanggal 8 bulan 8 tahun 08 itu memukau milyaran penonton layar kaca. Apalagi ketika Lin Miaoke (9 tahun) tampil menyanyikan lagu “Ode to the Motherland”. Semua mata tersihir oleh penampilan ciamik anak kecil manis itu. Suaranya yang merdu, kembang api yang berseliweran di langit, anak yang cantik… sungguh sebuah paduan sempurna untuk memeriahkan pesta olahraga dunia empat tahunan itu.

Tapi, tahukah Anda ada kebohongan di balik performa sempurna upacara pembukaan di Beijing itu?

Lin Hui, ayah Miaoke, ternyata merasakan adanya perbedaan. “Suara itu agak berbeda dengan suara anak saya,” katanya dalam sebuah wawancara dengan NY Times. “Mungkin karena tata suaranya.”

Lin Hui ternyata harus lebih peka lagi. Suara dari atas panggung itu memang bukan suara Lin Miaoke. Itu adalah suara Yang Peiyi (7 tahun). Panitia mengakui bahwa suara Peiyi bagus, tapi wajahnya kurang cantik. Yang punya wajah cantik adalah Miaoke, tapi suaranya tidak bagus. Jadilah akhirnya Miaoke naik panggung tanpa bersuara. Lip-sync terpaksa dilakukan. Inilah salah satu kebohongan Cina dalam Olimpiade Beijing.

Ze Zhao, yang tinggal di Beijing kepada BBC mengatakan,”Jika cerita ini benar, ini benar-benar merendahkan dan saya malu seebagai warga negara Cina.”

Ada lagi kebohongan lain. Menurut MSNBC, kembang api yang nampak di layar kaca memenuhi langit kota Beijing itu juga ada yang palsu. Hah, palsu bagaimana? Ya, itu adalah hasil kreasi grafis komputer tiga dimensi. Maklumlah, langit di Beijing tidak begitu cerah malam itu. Jadi, hanya penonton televisi saja yang melihat kembang api itu.

Woooooh, palesu, to? Duh, negara Cina memang jago dalam “tipu menipu”, ya?

127 thoughts on “Tipu Menipu Gaya Cina

  1. wah ga usah jauh2 melihat ke cina utk melihat siapa yg suka nipu, mas puji. Sinetron indonesia itu juga ga kalah jauh.meski ga dalam skala global, spt cina tadi atau amrik dgn industri hiburannya

  2. ga tau apa cina kan paling mahir dalam urusan tipu menipu, palsu memalsu,mirip memiripkan, nyama menyamakan, kalo ada wktu mampir ke sketsaku ya chowzn.wordpress.com

  3. Mulai dari kembang api, umur pesenam, lalu ini. Hmm… tuan rumah sih, sudah menyediakan semua fasilitas mau nyolot juga rada-rada gimana gitu :)

  4. Weleh.. Palsu tow.. Penonton kecewa mas. Hahahahahaha.

    Tapi masuk akal juga, soalnya efeknya terlalu wah rasanya.

    Coba kalo ada siaran ulang di tonton di HD-TV dilihat pake kaca mata perbesar. Hehehehehehe. Salam Kenal :mrgreen:

  5. Mengenai kembang api palsu khan sudah dikatakan bahwa selain alasan kondisi kota yang tidak memungkinkan, ini juga demi alasan keamanan bagi helikopter yang meliput acaranya. Jangan sampai meliput acara kembang api, malah jadi kembang api betulan :)

    Btw, Cina adalah produsen kembang api terbesar di dunia, jadi yang palesu cuma saat pesta kembang api di kota-kota itu, tapi di stadion kayaknya asli, karena bagi mereka pesta semacam ini gak “mahal” dan gak “susah” mendapatkan materialnya.

    Kalo masalah lip-sync, ini memang agak aneh, tapi kalo lihat video aslinya (saya punya), hampir2 gak kelihatan karena pas banget. Ini memang “cacat” dibalik kesempurnaan Cina dalam membuka pesta empat tahunan yang bisa dikatakan “best ever performance”.

    Dibalik itu semua, kita juga harus memuji bagaimana mereka mempersiapkan ini semua. Hampir 4,5 jam pertunjukan tanpa henti dan melibatkan lebih dari 15000 orang serta menampilkan sejarah Cina dalam 1 malam (sebagian besar dilakukan oleh manusia) tentu bukan pekerjaan yang bisa dilakukan sembarang negara. Bahkan mungkin pembukaan di London 2012 belum tentu akan semegah sekarang :)

    Dan saya kurang setuju kalo digeneralisasi Cina jago dalam tipu menipu. Kita lihat bangsa kita sendiri banyak yang jago tipu menipu kok :)

    bercermin dulu dech…..

  6. sedikti tiupuan kagak palah,
    daripada banyak tipuan.

    Indonesia mah bukannya banyak yang jago menipu,
    tetapi memang banyak, terutama dalam menipu rakyatnya sendiri.

    banyak pejabat negeri tercinta ini yang jago menipu rakyatnya sendiri.

  7. @28. Willy Sudiarto Raharjo
    saya paham maksud Anda. Negara Cina memang hebat dalam penyelenggaraan olimpiade ini. Prestasi mereka juga hebat.

    Tapi saya tidak sependapat dengan Anda tentang generalisasi itu. Saya tidak melakukan generalisasi. Kalo harus bercermin dahulu, rasanya nanti kita nggak bisa mengritik orang. Indonesia juga gudangnya hal-hal yang buruk kok, meskipun di negeri kita ini juga banyak hal yang baik dan prestasi yang oke.

    Thanks atas komentarnya.

  8. palsu?…untuk menyenangkan orang yang menonton kok dibilang palsu……aneh…ni..orang…..kalau u beli barang ngak asli itu namanya palsu…..hehe………

  9. Lipsync mah bukan menipu atuh…
    dari Britney Spears sampai Agnes Monica melakukan.

    Keseluruhan pertunjukan menurut saya memukau, Sydney 2000 dan Athena 2004 gak ada yg membekas di kepala

  10. hmm…. asik juga gaya panitia olimpiade cina, mungkin mbesog di endonesa perlu dikembangkan trik-trik dalam upacara pembukaan sebuah perhelatan… lumayanlah ngurangi risiko, terutama yang bagian kembang apinya 8-)

  11. @31 Pujiono
    Maksud saya penggunaan kata-kata ini “Woooooh, palesu, to? Duh, negara Cina memang jago dalam “tipu menipu”, ya?”

    Disini Anda menggunakan nama negara, padahal yang bertanggung jawab untuk penyelenggaraan olimpiade ada panitianya sendiri (Komite Olimpiade atau apa itu) dan mungkin pemerintahnya gak tahu acaranya bakalan seperti apa :)

    Jadi mungkin kurang tepat kalo kita mengasumsikan negaranya yang menipu. Hanya meluruskan saja. Mungkin akan lebih tepat kalo panitia, dalam hal ini semacam sutradaranya (di sumber artikel yang dikutip ada namanya bahkan). Saya sendiri juga kurang setuju dengan ide lip-sync seperti yang Anda kemukakan.

    Thanks atas tanggapannya :)

  12. @39. Willy Sudiarto Raharjo
    Ada keterlibatan orang politbiro (orang pemerintahan) pada kasus lip-sync. Lagipula alasan lip-sync itu juga “demi kepentingan nasional.” Saya tidak akan meneruskan debat ini.

    Thanks atas komentar Anda.

  13. ehm….. mustinya nyari seorang gadis kecil yang mendekati sempurna-lah (spt wajah Lin Miaoke dan suara Yang Peiyi). Bukannya menggunakan jurus tipu-menipu. Apapun alasan untuk membela gaya bohoong ini…… tetap merupakan pelajaran yang buruk bagi moralitas umat manusia. Lebih baik jujur namun tidak sempurna, daripada sempurna tapi tidakjujur.

    Gicu aja akh…

  14. Apakah tipu-menipu semacam sebuah BUDAYA ?

    Seperti orang yang meninggal, kalau di jaman dulu dibawain harta asli… tapi sekarang sudah diganti dengan perhiasan palsu, demikian pula dengan uang uangan palsu dsb ?

    Mungkin pertimbangannya kalau dibawain uang / perhiasan beneran takut kuburannya digali, atau karena si jenasah tidak bisa protes kalau yang dibawain ternyata uang / perhiasan palsu ?

    He he he …….

    Kalau lilin palsu masih masuk di akal karena mencegah resiko kebakaran.

  15. Waduh, pertaruhan yang besar buat RRC kalo mereka melakukan kebohongan…seluruh dunia yang liat, apalagi ada sekitar 80 Kepala negara dan pemerintahan dunia yang hadir. Kalo memang benar, berarti nila setitik rusak susu sebelanga dong.

  16. Walah walah, yg nulis blog kya’a rasis amat m org cina.. :)

    Well, what can we say?
    Sebagai manusia biasa, qta tentu lebih senang melihat penampilan luar yg menarik drpd kualitas dalam yg menarik tho? (jujur aj x)
    Bukan berarti semua org bgitu lho, saya lebih suka melihat org2 negro d Indonesian Idol yg bernyanyi dgn suara cemerlang drpd lihat org2 kulit putih yg berpenampilan cemerlang tp suara nada ‘do’ smua..
    Tp yah, scara umum..

    Ttg kembang api itu jg jd topik seru di Yahoo News ko..
    Yah, nama’a jg org usaha bikin pesta’a jd (kliatan’a) tambah megah..
    Paling ngga itu lebih baik drpd bayar org2 ikut kampanye..
    And I think it’s far much more difficult to make that computer trick than paying people to scream “XXX-XX is the best!!”.. :)

    Don’t be naive, brother..
    Negara qta jg udh terkenal sbg negara penipu rakyat nomor 1 dgn ulah para koruptor qta yg luarrr biasa..
    Klo negara qta lebih baik, knp bukan Indonesia yg terpilih?
    Drpd blg “tuh ada semut di Cina”, mending qta urusin dlu “gajah di Indonesia”, betul? :)

  17. wasapadalah – wasapadalah karena nda usah jauh disekitar kita banyak yg akan menipu,tinggal ada kesempatan,contoh DPR seharusnya memperjuangkan rakyat malah menipu rakyat,ikut-ikutan ngembat uang rakyat.

  18. jangan2 negara barat cm iri aja liat china bs bikin event semegah itu…:D
    tp salut jg lho china bs bikin event olimpiade semegah ini, liat aja kompleks olimpiadenya mulai stadionnya (bird nest), gelanggang renangnya dll..waaah keren2 desainnya..
    jangan2 saya jg dihinggapi virus iri ya.. mg2 ke-iri-an ini bs kita ubah jd motivasi utk Indonesia..

  19. Uda pada nonton The Dark Knight belum?
    Jujur aja, saya senang banget ditipu oleh sutradara, pemain-pemainnya, dan seluruh kru pendukungnya. Filmnya bener-bener bagus (bagi saya).. Udah tahu itu tipuan masih mau antri dan bayar tiketnya lagi.. bodoh kan ! :D
    Yah paling tidak bisa dibilang yg namanya pertunjukkan memang ditujukan untuk memuaskan yang menonton.
    Coba pikir kalo bikin film tidak ada tipuannya.. gratispun mungkin ga ada yang mau nonton :D

    “asal ngoceh nih”

  20. Saya benci Cina. Cina elek. Suka menipu. Suka tiru tiru. Teman saya juga ada yang benci Cina. Olimpiadenya ada di bjg. BJG. BJGN sekalian

  21. Menipunya Cina masih lebih bagus dibanding di Negara kita.
    Di Cina lebih kreatif …

    Soal Lyp-sinc, kasian juga kalau lantaran yang punya suara bagus tapi wajah yang kurang/tidak cantik tidak ditampilkan karena soal demikian.
    Kasihan kan tuh anak…

  22. kalo masalah tipu menipu sih dimana mana ada, nggak cuma china, Amerika juga jago lho orang sedunia di tipu mentah mentah, mana ada manusia ke bulan tuh neil amstrong nggak pernah di bulan, mana bisa bendera Amerika berkibar di bulan wong nggak ada udara/ angin lihat aja di foto, malah sedunia mengakui penipuan ini. belum lagi film rambo yg selalu menang walau kenyataan di vietman kalah. Semua bangsa bisa saja menipu tergantung orangnya….

  23. Dalam sejarah memang banyak kejadian yang disembunyikan dari muka publik, seperti juga di Indonesia banyak yang masih misteri dari G30S PKI dll, tapi harus kita akui kesuksesan China dalam penyelenggaraan Olimpiade ini. Great Wall !!!

  24. Pingback: Top Posts Bahasa Indonesia « ابرلینک

  25. yah kalo kawan2 semua inget dengan tianshi, jialing, n produk2 makanan full formalin dari cina… hal ini menjadi tidak aneh lagi..
    hidup penipu…..

    -becks-

  26. Pingback: Bahasa Indonesia « my weblog

  27. itulah yang namanya kemajuan jaman, segala sesuatu menjadi bisa, akan tetapi mundurlah yang namaya moral.
    enggak usah kaget lah, itu semuanya dimiliki oleh manusia, bukan hanya china kok.

  28. wakakakakakakakakkakakakak!!!

    gokil tuh negara!!..

    saya pikir, enggak di glodok sama di ITC doank mereka maen curang aliaz tipu menipuu…

    padahal udah diclaim sebagai pembukaan olimpiade terMEGAH dan Ter MAHAL sepanjang abad…!!

  29. kembang api hasil olah grafis? wah hebat juga tuh, ga aneh, persis, hebat juga kan ? kita lom tentu bisa bikin yang kayak gt hehehe…. apa kita udh bisa bikin spt itu, kata “tipu” spertinya jg terlalu memojokkan.

  30. biar nipu TAPI PEMERINTAH CHINA GAK NIPU RAKYATNYA SOAL KORUPSI!!!! mau liat gimana China memperlakukan para koruptor dan pengedar narkoba lihat aja di fotopage, he he he he.

    PARA KORUPTORTOR…..YANG KEBETULAN KTPnya “ISLAM” TOLONG GAK USAH SHOLAT DULU PERCUMA LU LU LU NIPU RAKYAT…GAK USAH.

  31. Pingback: Bahasa Indonesia « Top Posts

  32. yah…kalau sudah bicara televisi…

    mo bilang apa???

    mereka juga pasti alasannya… “agar penonton puas dan iklan gede”…hmmm…

  33. klo masalah kembang api menurut saya mungkin saja itu kembang api yang beneran, bukan palsu, krn ada juga penonton di dalam sarang burung menyaksikan kembang api yang paing spektakuler itu, klo pun itu tidak asli, pastinya udah di protes setelah besok hari nya oleh warga cina sendiri, masalah penyanyi palsu cilik itu tanggapan saya tidak ada komentar, wakakak

    salam kenal ya

  34. sampe segitunya ya….he..he..eeh…. ho.ooo. kamu ketahuan……tapi gitu-gitu juga mereka dah hebat bisa ngadain acara olimpiade sehebat itu…. sedangkan kita disini cuma bisa kritik-kritik doang…wang…wang…

  35. Al Amin Nasution:
    Begitu nikmatnya menikmati tubuh para wanita PSK …. Begitu nikmatnya menipu istri sendiri. Begitu nikmatnya menipu pemerintah…

    Amrozi, Mukhlas dan Imam Samudra:
    Saya akan hidup di surga …. Alangkah bodohnya mereka yang akan mengeksekusi mati saya, karena mereka akan mengirimkan saya lebih cepat ke surga.

    Allaahhhuuuu Akbarrrr …..

    Lihat betapa bodohnya orang-orang ini …. Agama Islam memang tidak mengajarkan menipu, tetapi mengajarkan perselingkuhan, poligami, korupsi dan jihad. Allaahhhuuuu Akbarrrr …..

  36. Apa sih yang ga bsa di palsuin sma china . . . zaman skrng apa aja mungkin ga china a/ siapa aja . . . .

  37. itu kekejaman sang sutradara,
    membunuh bibit ketulusan bocah kecil,
    kedua anak itu cantik dan masih polos……
    yang tua aja keder……..

  38. komen ke 100………..wihihihi………benerannyaa….sekarang malah lbh kasian ke anak ……yg diberitain kalo anak itu cuman lipsync ajee……namanya anak22……..pasti ga ngerti apa22 ….apalagi politik tipu22 org dewasa…….dohhh…..kejam nian sehh!!

  39. Pingback: Nganu222 di atas mesin cuci?…..wihihihi HIGHLY RECCOMENDED! « ME, My self and My 2 cents!!

  40. yang bilang nipu, lihat negara kita dulu, jangan hanya kritik, negara kita masih belum becus ngurusi para pejabat yang masih nipu demi uang, budaya krupsi masih belum menghilang di Indonesia, dan di negara kita masih banyak tipu-menipu salah satunya didalam dunia politik.
    kalo bilang nipu amerika,inggris,german,dan negara lainnya pasti pernah nipu? apakah ada negara yang 100 % sempurna dan bebas dari cacat ? Dan lagi apakah kita tahu dan bener-bener bisa mengerti betul usaha keras cina untuk membuat senang hati semua para penoton dari seluruh dunia ? Seperti halnya orang yang sedang stres dalam cobaan sangat berat, lalu mengeluh kepada Tuhan dan tidak mensyukuri-Nya, bahkan ada yang mencaci-maki, tapi apakah kita mengerti betul niat baik Tuhan yang Tuhan sudah lakukan untuk kita ? Apakah ada yang dari kita semua seperti itu ?

  41. OOT

    engga, saya cuma bingung aja. klo komen yg queenlea kmarin bisa diakomodir supaya boleh dihapus, saya juga boleh ngasih opini khan?

    menurut saya, komen #93 jelas lebih pantas dihapus karena sudah mengandung SARA, ketimbang komen queenlea kemarin yang sepertinya memang hanya urusan pribadi.

    trims

  42. gak di barat gak di timur,
    yang namanya penipuan pasti ada,
    yang namanya kejahatan pasti ada,

    yang hebat tu, yang mo ngebukanya

  43. Belajarlah menipu sampe ke negeri china, hhee… hee.. hebat juga tuh. Gak usah heran, yang bawa sabu2 selundupan 960 kg juga dari sono, yang bawa sabu2 500,000 butir juga dari sono, yang bawa mainan anak2 bertimbal juga dari sono, makanan beracun juga dari sono. So, di negeri ini juga katanya banyak pejabat yang nipu rakyatnya, lah kan kerjasamanya juga dengan imigran dari sono… seperti edy tanzil gitu loh. Jago selundupan, jago nyogok, jago kolusi, jagoan mafia, jago miras, judi, prostitusi, jual manusia, wah best ever performance deh, jelas London gak akan mampu nyaingi. Oya. pesawat soyuz buatan rusia juga diaku buatan china kan? dikasih nama china zhengzhou kalo gak salah, padahal pesawat model kapsul yang sudah kuno, desain soviet dibeli china, sementara para kacung china di indonesia sibuk muji2 dan bangga banget juragannya bisa ke angkasa, lalu bikin isu katanya amrik gak pernah ke bulan. Tahu gak, 10 tahun lalu astronom china klaim nemuin bintang yang beredar dengan kecepatan 6 kali kecepatan cahaya. Maksudnya mau bikin sensasi, mau jungkirkan teori relativitas Einstein (spy nanti ada yang bilang : Nabi aja nyuruh belajar ke China, nih buktinya, hebat khan?). Begitu diminta buktiin, eh ngumpet, sampe sekarang gak muncul lagi. Jago nipu mah udah terbukti dari jaman jenderal Shenzhu (ah susah nulisnya, bener gak nih). Jenderal tukang korup ini memerintahkan perwira logistiknya untuk mengurangi ransum prajurit. Si perwira protes, nanti prajurit ribut. Lalu si jenderal ngotot, dia akan tanggungjawab. Ternyata bener, pasukan protes. Apa yang dilakukan kemudian? Mengejutkan, si jenderal memancung perwira logistiknya, kepalanya di pajang di tengah lapangan, lalu diumumkan, kesusahan prajurit kekurangan logistik ini akibat si perwira logistik ini korupsi. Hebatkan? Cerita ini sudah amat populer di China, segala kecurangan, pengkhianatan, kekejian, kekejaman, sudah jadi menu keseharian sejak ribuan tahun lalu. Gak heran, watak dan budaya begini jadi menurun sampe sekarang. Coba tengok tahun 1991, Lee Kwan Yew yang sudah jadi Perdana Menteri Singapore aja masih tetap jadi WNC, dia tetap bekerja untuk kepentingan RRC, lha apa ini gak nipu rakyat singapore yang non-chineese? Nah, bagaimana para taipan overseas chinese sedunia yang dia kumpulkan untuk bangun RRC, apa bukan ancaman bagi rakyat negeri itu, bisa bangkrut sebuah negara yang banyak memiliki taipan keturunan RRC, akan terjadi pelarian modal besar2an ke RRC, kurus kering deh, apalagi negeri yang menerapkan devisa bebas, amat liberal, langsung bangkrut. Lius Sungkarisma bilang, etnis keturunan china bertahun2 diperlakukan diskriminatif, digencet, padahal penguasa 90% hajat hidup orang banyak adalah mereka. Kalo mereka mau buat rakyat susah gampang, hilangin aja beras, minyak goreng, tepung, dll, wong jalur sembako dari hulu sampe hilir dikuasai mereka, apa susahnya sih. Nah, bisa gak orang pribumi yang hidupnya ditangan mereka, melakukan diskriminasi, menindas, menggencet sang penguasa hidup mereka? Yang gampang dilihat aja mereka berusaha nipu. Lihat aja TV, seluruh program berusaha menampilkan mereka dari segala sisi, budaya, sosial, ekonomi, education, hiburan, imlek sepanjang tahun. Yang gini kok merasa tertindas. Nipu choyy.

  44. @105

    kata siapa kita org cina ditindas di indo? sadar ga ras kau itu mayoritas dah jadi “pembantu” di medan? apalagi di jawa ! kau gak liat tanah yang kalian klaim milik ras kau semua itu dah dibeli org cina ( silakan liat perusahaan properti di jakarta 95% milik cina )? sejak 1998, org cina dah gak bodoh, mana mau lagi perusahaan2 besar milik cina di indo mau menerima ras bumiputera dengan gampangnya? sadar gak kau bahwa org bumiputra yang miskin di indo makin hari makin banyak, dan org cina di indo yang miskin di indo makin hari makin sedikit??!!! Makanya jgn asal cakap aja kau, sekali2 kau ke medan, jgn marga kau aja yg batak tp otak kau picik dan maenannya selalu generalisasi, DASAR GOBLOK

  45. sambungan untuk @105

    Ingat sejarah, pemerintah cina pernah bilang ” Sejauh apapun rakyat cina dari negara RRC, dia tetap diakui dan bagian dari RRC “, Statement itulah yang membuat dulu ada SKBRI untuk WNI-KA

    KITA HARUS BELAJAR DARI ORG CINA KARENA MEREKA MEMANG BUKAN BANGSA PEMALAS, APALAGI KORUPTOR LSG DIHUKUM MATI !

    BUAT YANG SUKA MENJELEK2AN/GENERALISASI RAS ORG, AKU SARANKAN KAU DIAM2 AJA, NGACA DULU JGN CUMA BISA “KOMENTAR”, TP OTAK KAU ISINYA SAMPAH SEMUA DAN MEMPROVOKASI ORANG UNTUK RASIS DENGAN PERNYATA2AN GOBLOK YG GK JELAS ! BELAJAR DONG DARI SEJARAH, DULU JEPANG MEMBANTAI CINA DAN MERENDAHKAN MARTABAT MRK, SKRG???!! DALAM KURANG DARI 1 ABAD, KEKUATAN CINA SUDAH BERLIPAT2 DARI JEPANG BAIK DARI EKONOMI MAUPUN MILITER.

    @105

    SOYUZ DIAKUI?? SEJAK KAPAN?? KAU ITU JANGAN MEMPROVOKASI ORANG DENGAN FITNAH2, PESAWAT ZZ CINA ITU SUDAH JELAS BEDA DENGAN SOYUZ

    MEMBELI DESAIN SOVIET?? KAU IRI? BANGSAT KAU ITU CUMA BISA MENJADI SAKSI ATAS KESUKSESAN CINA DAN CEMBURU, LALU MENYEBARKAN GOSIP2 TAK BENAR, SEPERTI KAU SEKARANG !
    JADI KENAPA KALAU MRK BISA BELI? EMANG KAU BISA MATI YA KALAU MRK BELI DESAIN SOVIET? KOMPLAIN AJA KERJAMU GOBLOK

    ASTRONOM CINA KE ANGKASA? KOK LO YANG SEWOT?? BELUM TENTU BANGSA KAU BISA KE ANGKASA 50 TAHUN LAGI ! MALAH PAKE NGEJEK2 CINA INDO KACUNG?? KAU PIKIR KAU BISA LEBIH BAIK DARI MRK?? JGN2 KAU AJA MAKAN DARI MEREKA, TERMASUK KELUARGA KAU !

    ASTRONOM CINA MENGKLAIM BINTANG? LO ADA BUKTI GA??? MINIMAL SUMBER YANG TERPERCAYA SEPERTI NASA ! DASAR PENYEBAR HOAX DAN FITNAH

    SUN TZU TUKANG KORUP ??? DARI SINI AKU TAU KAU ITU TUKANG FITNAH, PROVOKATOR, KARENA KAU LEBIH PINTAR DARI PROFESSOR SEJARAH MANAPUN BISA TAU SUN TZU TUKANG KORUP !

    KESIMPULAN :
    Suryanti Hutapea HANYA SEORANG PENYEBAR FITNAH, HOAX, PROVOKATOR YANG CEMBURU DAN IRI DENGAN KESUKSESAN ORG CINA !

    MALU2IN BATAK AJA KAU, DASAR BORU HUTAPEA KARBITAN

  46. buat boy siregar..
    kenapa kau sewot, namanya juga komentar bebas aja.
    yakinlah pembaca blog ini orang pintar semua jadi apakah provokasi atau tidak itu serahkan ke pembaca.

    -benarkah etnis cina dinegeri ini orang sukses atau mereka hanya sebagai alat saja bagi pejabat melayu di negeri mu itu..? jadi sebenarnya yang kaya siapa regarrrr..?

    -coba survey dikit, mayoritas etnis cina pasti pilih indonesia daripada RRC, karena mereka lahir,besar,mati dan makan disini jd disinilah tanah airnya, jadi jgn dengar provokasi pemerintah cinamu itu

    -pejabat RRC sendiri mengakui bahwa mereka hanya sebagai “workshop dunia” bukan “pabrik dunia” bahkan cenderung jadi “penampung limbah dunia” (jepang ekspor sampah ke cina ..tonton NHK word regarrrr)

    -boleh cina sampai ke bulan, buat pesawat, atau yang canggih lainya.pertanyaanya adalah ada order ngak atau kau mau bikin order sendiri..?

    -semua proyek cina di dunia adanya di negara2 miskin yang bayarnya ngak jelas kapan dan banyak yang gantung (investor mundur),kau mau invest ngak..?

    -katanya devisa cina terbesar di dunia, tau ngak kau kalau devisanya nyangkut di usa (ngak gampang ditarik), kau mau bantu cina nariknya..?

    -ekonomi cina sekarang sudah jatuh ke jurang dan meninggalkan penderitaan buat rakyatnya..(tonton cnn ya..jgn tvri doang)

    -apa hebatnya cina medan kau itu, kau sendiri sdh pernah ke negeri cina?

    lalu apa lagi yang kau banggakan regarrrrr…

    (posisiku di overseas)

  47. Halah post-an kayak gini ni yang sengaja bikin orang berantem… Jangan mau terprovokasi klen semua…

    Kenapa klen mesti sewot gara-gara entry bodoh… Malu lah lae…

    Tentang penipu itu gak ada hubungannya dengan SARA atau stereotype ras tertentu, karena itu semua gak menjamin…
    Hari gene maseh nge-judge orang pake SARA… Gak usah didengerin lah.

  48. YTH: Mas Pujiono dan teman2 blogger semua,

    Saya Handry WNI keturunan, saya ketik di google kata “cina” karena sedang dalam kondisi yang bimbang karena selama ini mencoba selalu netral dan memperlakukan semua orang secara objektif, tetapi tidak sedikit yang membalasnya dengan sifat yang rasis.

    Pernah satu teman bertanya pada saya, Dri lu merasa bangsa Indonesia bukan? saya jawab: gua akan merasa sebagai pribumi (cina salah satu suku dari bangsa Indonesia) atau cina (WNI keturunan dengan berbagai citra negatifnya) tergantung dari sudut pandang orang yang melihat gua…

    Jadi semua itu tergantung dari orang memandang dan memperlakukan kami (orang WNI keturunan).

    Apakah kita bisa memilih suku ketika dilahirkan didunia?

    Apakah kita bisa memilih tempat kita dilahirkan didunia?

    Apakah kita bisa memilih nasib ketika dilahirkan didunia?

    Siapakah yang menentukan semua itu?

    Patutkah kita menghujat yang menciptakan kita?

    Benarkah kita bila kita menghina salah satu dari ciptaan-Nya?

    Apakah Yang Kuasa dan Maha Esa salah dalam mengatur kelahiran, nasib dan etnis didunia?

    Setiap negara punya Penjara, dan setiap penjara penuh dengan suku mayoritas dinegara Tersebut,…so????

    Jangan menilai sesuatu dari kemasannya, bukalah, dan lihat isinya dengan hati bersih.

    Semua yang ada didunia terkait dan tidak dapat dipisahkan dari hukum sebab akibat, dimana ada sebab sebelum ada akibat.
    Karenanya, marilah kita tidak saling berbalas hujatan, menyalahkan dan akibatnya akan memutar roda kebencian semakin kencang…..

    Jangan Berbuat Jahat
    Tambahlah Kebajikan
    Sucikan Hati dan Pikiran
    Ini adalah Jalan Kehidupan…

  49. Hahaha, emang benar bangsa china memang sangat pandai dalam bersiasat itu sudah menjadi bagian dari budaya mereka namun perlu diketahui bahwa dari 1 milyar penduduk mungkin kata yang “ter-” akan lebih banyak terlontarkan untuk bangsa china…coba dicek aja…

    buat COSMAR bisa bisanya anda berpikir kalau orang kebulan itu tidak penting ingat alam semesta itu luas dan dengan kemampuan manusia untuk mempelajarinya.

    buat pesawat tak ada yang order kalau setau gw telah banyak dipesan Pakistan, Thailand, bahkan maskapai Merpati airlines.

    “Menampung sampah dunia” kamu belum tahu China telah dapat menghidupkan Mesin dengan sampah maupun ban bekas (hasilkan gas) dan sampah plastik didaur-ulang dengan cara kuno dan modern untuk industri elektronik menengah, pabrik besi pengolahan besi baja skrap terbesar didunia, dan kamu belum tahu berapa banyak sampah dari indonesia masuk ke Cina (sampah plastik, besi, tembaga, stainless, dll) ini hanya sebagian kecil yang saya tahu tentang negri China jadi jika anda ingin komentar tolong cek diinternet dulu ya…….wkwkwkwk peace…

  50. dan yang penting lagi Banga China juga adalah bangsa yang keras coba aja telusuri peradaban china dari kuno yang banyak peperangan , ditindas kaisar , hingga kejaman modern digigit (bukan dijajah) inggris, jerman, rusia, AS, jepang hingga babak belur, hingga sesudah jaman komunis banyak menimbulkan bencana sosial (kelaparan, kerja keras) hingga pembantaian mahasiswa ditiananmen, dan sekarang mereka mulai keluar dari kesengsaraan itu walaupun belum sepenuhnya dan juga tidak akan pernah…jadilah mereka itu kuat coba bercerminlah apa yang telah kita lakukan…..

    SEKALI LAGI XIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIXIIXIXI………..pikiran luh sempit

  51. Ya…jangan berbohong, jangan bergosib, jangan mengadu domba…
    Semua itu menjadi pelajaran yang sangan berguna bagi kita semua, semuanya sudah terjadi, marilah kita tarik satu pelajaran yang sangat mahal atas semua itu.

    bs

  52. Ayo..itu pelajaran yang berharga bagi kita semua….dengan adanya kejadian seperti itu di cina mari kita belajar dari sana..bukan saling menghujat, menjeleki dan saling memaki…itu semua sangat berharga untuk kita supaya lebih baik.

    bs

  53. drpd kita ngurusin urusan bangsa lain yg g terlalu penting mending urusin dulu bangsa kita yg masih blm bener ni. inilah mentalitas org pada umumnya. sukanya cari kesalahan tanpa intropeksi diri terlebih dahulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s