Penyebar Rekaman Blackbox Adam Air Melanggar Konvensi Chicago

Heboh

rekaman

Heboh. Begitu kurang lebih suasana ketika publik mengetahui adanya rekaman sebagian isi percakapan pilot dan kopilot Boeing 737-400 Adam Air di berbagai situs internet sejak pekan lalu. Meskipun Menteri Perhubungan menyatakan bahwa rekaman percakapan dari kotak hitam Adam Air itu tidak orisinil, publik tetap saja memberikan perhatian yang besar.

Padahal, bocornya rekaman itu sebenarnya melanggar Konvensi Chicago yaitu sebuah konvensi tentang penerbangan sipil internasional yang pertama kali ditandatangani pada 7 Desember 1944 di Illinois, Chicago.

Pasal yang dilanggar oleh orang yang membocorkan data itu adalah Annex 13, Bab 5.12 butir D, yaitu

5.12 The State conducting the investigation of an accident or incident shall not make the following records available for purposes other than accident or incident investigation, unless the appropriate authority for the administration of justice in that State determines that their disclosure outweighs the adverse domestic and international impact such action may have on that or any future investigations:

d) cockpit voice recordings and transcripts from such recordings; ….

Tersebarnya file itu di internet sebenarnya adalah kerugian besar bagi dunia penerbangan Indonesia. Di saat maskapai kita dicekal di Uni Eropa karena berbagai kesalahan yang tidak perlu: dari baut roda yang kendur hingga salah membaca navigasi, pelanggaran Konvensi Chicago semakin memperpuruk perusahaan burung besi Indonesia.

Jadi, siapa yang harus bertanggung jawab atas menyebarnya file MP3 berdurasi 5 menit dan 38 detik itu? Adakah oknum dari KNKT yang menyebarkannya?

78 thoughts on “Penyebar Rekaman Blackbox Adam Air Melanggar Konvensi Chicago

  1. Aku menyerah!!
    ngaku kalah debat kalau udah ada aturan yang bisa dikutip…

    Masalah diratifikasi jadi hukum nasional atau tidak, itu belakangan. Tetapi yang jelas bisa jadi acuan etika yang berlaku.

  2. soal etika saya setuju pak klo hal tsb tidak etis.

    tp yg saya tanyakan apakah jerat hukum internasional bisa mencapai wni yg membocorkan rekaman itu.

    kalo buat saya sampai kapan keselamatan penumpang menjadi hal yg minor? kalo memang blm mampu terbang ya biarkan pesawat itu ada di darat, jgn pertaruhkan nyawa manusia.

    kepanikan publik?well buat saya harusnya itu direspon dgn perbaikan kualitas penerbangan indonesia, jgn hanya mencari salah dari sesuatu yg bukan penyebab kecelakaan naas tsb.

    CMIIW

  3. Hanya ada di Indonesia, Blackbox yang mestinya TOP SECRET malah diumbar…terbuka boleh aja tapi mbok ya ngerti tata krama, kalau kena sanksi baru nyesel!

  4. jangan memencing di air keruh donk..
    kasian keluarga yang ditinggalkan,…
    jadi jangan sampai di publikasikan masalah percakapan Black Boxnya…
    buat para pemalsu…
    anggapa aja anda sebagai keluarga korbannya…
    apakah anda bisa mendengar parcakapan yang mengerikan itu?

    NB: benar pa gak..kita serahkan ma yang benar-benar mengerti hal tersebut.

  5. Tambahan, menarik nih – kutipan:

    “Tersebarnya file itu di internet sebenarnya adalah kerugian besar bagi dunia penerbangan Indonesia. Di saat maskapai kita dicekal di Uni Eropa karena berbagai kesalahan yang tidak perlu: dari baut roda yang kendur hingga salah membaca navigasi, pelanggaran Konvensi Chicago semakin memperpuruk perusahaan burung besi Indonesia.”

    Hum, bukankah ini berarti saatnya memperbaiki kondisinya? Pencekalan di Uni Eropa ditanggapi dengan marah-marah hingga tuduhan ada konspirasi segala (seru deh kalau sudah bicara teori konspirasi) tetapi pada kenyataannya memang industri penerbangan Indonesia sudah sangat buruk, kenapa tidak diperbaiki dulu, kalau sudah benar-benar baik – konspirasi sedalam apapun tidak bisa mengalahkan fakta yang ada.

    Contoh deh, Qantas Airlines tidak pernah mengalami kecelakan berefek fatal SATU KALI pun – itu fakta, kecelakaan-kecelakaan Qantas tidak pernah merengut nyawa satu orang pun. Ada yang mau memperdebatkan hal faktual seperti ini?

  6. salam kenal.

    Dari sebuah media cetak hari ini ( 5-08-08 ) disebutin kalo rekaman itu palsu..
    klo memang palsu,,, pelaku benar2 nda bermoral,,, lembar lembing sembunyi tangan,,,

    pengen semakin menghancurkan wajah indonesia,,,
    ckk..ckk

    konspirasi kah..??

  7. Pingback: Rekaman Blackbox Adam Air Bocor ke Publik? « JalanSutera.com™

  8. Hal yang jelas: Melanggar konvensi.

    Hal yang tidak jelas: Hukumannya adalah?

    Ada yang mau bantu jawab?

    Setahu saya, pada level konvensi yang dikenai sanksi adalah level negara atau institusi negara yang bertanggung jawab dalam bidang itu. Jadi dalam kasus ini, yang kena hukum dari ICAO adalah pemerintah Indonesia, atau spesifiknya adalah Dephub dan KNKT. Hukumannya bisa berupa denda, atau paling tidak menurunkan peringkat/nambah skor negatif yang membuat kita makin sulit keluar dari embargo penerbangan. Masalah hukuman terhadap individu pembocor dan penyebar itu, IMHO, tergantung kebijakan dan hukum pidana negara masing-masing.

  9. yang mbahas ini di blognya dengan menydiakan link ke rekaman itu, apa tidak berarti ikut menyebarkan rekaman tsb?
    aku udah denger di tipi, enough. merinding.

  10. wah, namanya juga endonesa,latah… heboh satu berita, semua media massa membicarakannya, setelah itu ada berita baru yang sedikit sensasional, nanti juga akan diangkat dengan nggak kalah hebohnya dengan sensasi-sensasi yang telah lalu… kita tunggu aja apa sensasi yang baru itu… ya bos? :D

  11. “Jadi, siapa yang harus bertanggung jawab atas menyebarnya file MP3 berdurasi 5 menit dan 38 detik itu?”

    Bukan. bukan saya pak. sumpah lah pak…

  12. Yang harus bertanggungjawab adalah pendidikan di Indonesia yang tidak memfasilitasi kemungkinan masa depan yang rentan dengan penyogokan, korupsi, dan bentuk lainnya yang sejenis…..

  13. Terus anda mau apa?….

    Ini negara demokrasi bung, bukan Amerika ataupun Rusia….

    Membungkam pendapat berarti pelanggaran HAM…

    Pelanggaran HAM itu antek2nya SOEHARTO….
    Soeharto kini sudah Mati,,
    Atau jangan2 anda antek2nya Soeharto….???

    Oiya, dapat salam dari Soegarto…

  14. Klo rekaman tersebut palsu, berarti pelaku memang berniat menyampaikan sesuatu ke masyarakat dengan alasan yang kita tidak tahu, tapi dampak yang di hasilkan luar biasa sekali seperi efek domino, karena rekaman tersebut di buat dengan profesional, orang awam yang mendengar percakapan antara pilot dan co-pilot seperti di hipnotis ikut merasakan bagai di antara mereka, dramatic dan realistis.
    sesuai seperti yang di realse KNKT pada saat press con pada waktu itu.

    Yang jelas susuatu yang negatif bisa kita ubah menjadi positif tergantung dari kita baga mana menanggapi persoalan tersebut.

  15. yang bertanggung jawab tentunya semua orang yang menyebarkanya…. dah tau melanggar hukum internasional masih ja di sebarkan.
    tapi memang salah satu kesalahan orang indonesia yang terbesar adalah suka yang heboh-heboh.
    tapi intinya ini tanggung jawab kita bersama agar tidak mengeulangi kesalahan yang sama lagi. kalo lagi-lagi dalam kesalahan yang sama nanti apa kata dunia???

  16. laaah dirimu kok malah menyediakan tautannya Mas? ikut menyebarkan dooong… :P
    *inget kemaren dapet kiriman email isinya blackbox Adam Air itu*

  17. Menurut instruksi bapak Presiden,

    Bahwa, dgn menyebarkan informasi yg tidak dilengkapi bukti otentik, dan hanya berpatokan kepada info yg belum diyakinkan kebenarannya.

    Akan ditindak dgn TEGAS..!!! :P

  18. Indahnya hidup di zaman ini,.. bisa denger yang katanya ngak boleh didenger,.. (hukum tahun 1944,.., sah2 aja lantaran kita tahu, kalo pemerintah kita sering ngeboong,.!!) Mdh2an selain diterima amal ibadahnya (buat yang meninggal), ahli waris juga minimal dapet Rp. 400.000.000 untuk tiap korban (kompensasi asuransi kecelakaan diri)

  19. ..Sudah tidak penting apakah kita melanggar konvensi atau tidak, emang negara kita indonesia ini sudah bobrok… semua perusahaan penerbangan nasional sanggupnya cuman beli pesawat second tidak ada yang memikirkan resiko nya !!!

    TIDAK ADA YG PERLU DI BELA BANGSA INI, BAIK ITU KNKT, PERUSAHAAN PENERBANGAN….!!

    Menurut saya dari rekaman itu ada pure murni kesalahan tecnical, karena terjadi kondisi abmormal dari salah satu control panel di cokpit pesawat.

    Pesawat hilang kendali hingga menjunam ke bawah laut, dan terjadi ledakan seperti patahan (klo simak dari suara panik setelah crash pertama) dan kemudian kita lihat semakin panik itu menunjukan secara psikologis bawah pilot merasakan tekanan beberapa G dan tau akan jatuh secara menukit dan yg dilhatnya adalah laut.. (pilot ada coba beruasaha menaikan pesawat tapi sudah tidak ada daya angkat )…

    Isu beredar bahwa rekaman black box palsu , menurut gw ini konspirasi KNKT krn sebenarnya pesawat ini sudah kadarluarsa dan jenis pesawat ini banyak dipake oleh perusahaan penerbangan indonesia … jadi faktor bisa ditutup nya peruasahaan penerbangan indonesia menjadi pertimbangan KNKT untuk menyelamatkan pemilik peruasahaan penerbangan indonesia..???!!!

    Menyeramkan!!

  20. Pingback: Top Posts « WordPress.com

  21. jangan saling menyalahkan lah,,,,,
    toh bagaimanapun rekamannya sudh beredar…….

    tapi katanya itu rekaman benr asli….
    hal ini diperkuat dengan keterangan orang tua pilot yoga yang membernakan kalo suara yang muncul dari rekaman adalah suara anaknya co pilot yoga….

    hayo asli atau ga rekaman ini…!!!

  22. Pingback: Fakta Dibalik Rekaman Blackbox Adam Air | Apa Dong (dot) Com

  23. Kalo saya liat di tipi tadi harusnya rekaman blekboks di negara2 maju baru boleh dipulikasikan 30 tahun setelah kejadian. Di Indonesia gimana ya ?

    oia, katanya keluarga pilotnya udah mengkonfirmasi kalo itu bener2 suara pilotnya lho. Lagian masak ada orang yang kober2e mbuat gituan.

  24. ah… harusnya pemerintah koreksi diri, kenapa bisa bocor ke publik.. Kenapa tidak dijaga dengan benar, bukannya cari kesalahan sama yg nyebarin.. namanya ada kesempatan, semua orang pasti melakukannya. Rahasia gitu kok bisa bocor ! halahhhh.. malu aku kalu jadi pejabatnya… Kalau di negeri matahari terbit pasti perutnya udh robek deh..

  25. uuntuuung nya aku beleum dengarin
    masing2 omongnya sudah terlalu jauh
    semuanya emang sudah mengacokan dirinya sendiri
    ngomongnya sudah melalang buana…

  26. hihihi,.. (baca diatas) lucu..
    Kalo saya boleh sok tahu sih.. terlepas dari asli atau palsu. Ini strategi penerbangan internasional .. mungkin yang nyebarin Uni Eropa, biar pemerintah indonesia ‘ditegur’ ama masyarakatnya sendiri. supaya meperbaiki maskapainya. Udah dikasih kesempatan memperbaiki masih ngoyo…

  27. wow..padahal rekaman itu dijadikan sumber data untuk skripsi teman sayah..entah bagaimana nasib teman sayah yang akan sidang dalam waktu dekat ini…

  28. tapi katanya itu rekaman benr asli….
    hal ini diperkuat dengan keterangan orang tua pilot yoga yang membernakan kalo suara yang muncul dari rekaman adalah suara anaknya co pilot yoga….

    Karena ini rekamannya palsu, berarti itu orangtuanya juga palsu! :D

    *disambit*

  29. MAS,apa yang dengerin ikutan kena?
    kenapa harus di publikasikan?khan kasihan keluarga pilot/crew dan penumpang adam air!
    membangkitkan luka lama!

  30. biarkan saja Bocor,dari dulu KNKT kalau ada kecelakaan bilangnya HUMAN ERROR,HUMAN ERROR,coba liat tragedi Silk air,katanya Pilotnya Bunuh diri,nyatanya menurut Singapura Boeing 737 milik Silk air rudder,coba liat kasus TAMBOLAKA,kemudian Kasus MANDALA AIR di Medan,katanya HUMAN ERROR,itu mah bukan Human Error,melainkan MANAGEMENT ERROR

  31. apapun alasan dan apapun hukum yang berbunyi… penyebar rekaman ini …sudah melakukan JIHAD….. untuk mengungkapkan segala kebenaran yang ditutup tutupi.

    Meski terkesan tidak etis dan traumatis buat yang mendengarkan sekalipun.. tapi ini fakta…. dan yang bertanggung jawab atas kecelakaan karena pesawat tidak laik dipaksa operasi… mesti dihukum. Baik dari operator..sampai regulator yang memberikan permit atas operasinya pesawat bobrok ini.

    Allahu akbar

    Tony

  32. Black Box asli pa gak? itu gak penting yang penting aku pingin dengerin dulu. Penasaran bro…. kalo yang ngeposting aja gak percaya. truss emangnya informasi ini di daur dari mana sih?

  33. Pingback: Rekaman Blackbox Adam Air Bocor ke Publik? « Ratu31’s Weblog

  34. asli ataw palsu, gue jg bingung dan pastinya lu semua jg kan. mari kita semua sm2 bingung..!

    jgnlah kita menggali lobang lalu tutup lobang. tdk ush mencari kambing hitam, kambing coklat pak rt bisa jg kq d sate. san..tai.. meski itu sungguh ter..la..lu..

  35. benarkah ini indonesia punya ????
    dimana untuk membuat SKCK (Surat Keterangan Cukup Kelakuan DULUNYA SURAT BERKELAKUAN BAIK)? harus membayar dengan tulisan yang jelas dan besar berwarna merah GRATISSSS

  36. lebih illegal mana?
    a.menyebarkan rekaman black box
    b.mengurangi anggaran training pilot Adam Air sehingga para pilot itu tidak trampil mengatasi keadaan abnormal
    c.alat IRS (peralatan navigasi di pesawat itu )yang jelas rusak bukannya diperbaiki (sokur2 diganti baru ),ini malah diputar pindahkan ke sesama pesawat Adam yang lain utk menghindari audit
    d.memaksa pilotnya utk tetap terbang dng ancaman dipecat kalo tdk mau terbang (dng pesawat rusak compang camping )
    e.tidak meng’updated’ buku petunjuk prosedur darurat dari pabrik Boeing,tapi malah men’download’ sendiri2 dari internet
    f.apakah teman2 ingat dng pesawat Adam yang ‘nyasar’ ke Tambolaka krn IRSnya rusak? itu adalah IRS yang sama dengan yang dipasang di pesawat maut ini

    HAYO …ILLEGAL YANG MANA…

    kita tidak perlu nyalahin yang nyebar rekaman itu…carilah orang2 Departemen Perhubungan yang dulu mulutnya disumpal uang oleh manajemen Adam Air sehingga selalu lulus uji audit…setuju?

    kalo ada berita seorang pejabat ternyata melakukan korupsi,maka si pembuat berita hrs diberi penghargaan,bukannya dicari2…

    yang harus dicari dan diusut ya ….si pejabat tadi yang ternyata koruptor…LERES MBOTEN SEDHEREK SEDHEREK….

  37. Kabar gembira,Saat Ini Indonesia Sudah ada Tenaga ahli untuk poles window&winshield Pesawat(allType)Foker Up To AIRBUS.(by Standart FAA-DGCA)
    sudah di test skilled at Hanggar MMF Merpati Surabaya(Boeing 737 manila Air & foker 100 Merpati,dec 2008)
    Jika ada yang berminat Bisa Contact:08811205787(Iman),Menerima Panggilan Se ASIA.
    My Office:Jl.Palem Timur Blok CC19/3-4.Pondok Pekayon Indah Bekasi Selatan 17148
    Telp:02182409873, Fax: 02182426939

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s