Rekaman Blackbox Adam Air Bocor ke Publik?

Apakah publik memang boleh mendengarkan isi rekaman Blackbox sebuah pesawat yang mengalami kecelakaan?

Adam Air

Kita semua pasti masih ingat dengan kecelakaan pesawat Adam Air di awal tahun 2007 yang lalu. Ya, pada 1 Januari – Adam Air Penerbangan 574 dari Jakarta – Manado via Surabaya jatuh di sekitar Selat Makassar. Tercatat ada 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas.

Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengetahui dimana pesawat itu jatuh. Penyebab jatuhnya pun baru diungkapkan oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) pada 25 Maret yang lalu.

Biasanya, kita tidak pernah mendengar bagaimana isi Blackbox pesawat yang celaka. Namun, entah bagaimana caranya, ternyata rekaman Blackbox pesawat Adam Air 574 itu ternyata bisa didengarkan. Adalah seorang anggota Kaskus.com dengan nickname exc@libur yang kemarin memposting sebuah tautan ke RapidShare yang berisi rekaman pembicaraan di cockpit pesawat yang naas itu.

Jika ingin mendengarkan rekaman itu, silakan download di pranala RapidShare ini.

Selain itu, exc@libur mendapat bantuan dari seseorang yang menamakan dirinya Black Angel yang bekerja sebagai ATC (Air Traffic Control) untuk melakukan transkripsi atas rekaman sepanjang 5 menit dan 38 detik itu. Black Angel juga menambahkan penjelasan tentang berbagai jargon dalam dunia penerbangan yang terasa asing bagi orang awam. Berbagai akronim dan singkatan dipaparkan oleh Black Angel di sana.

Kemungkinan besar rekaman itu asli. Pertanyaannya: bagaimana rekaman itu sampai muncul di publik? Mengapa kali ini rekaman itu bisa “bocor”? Apakah publik memang boleh mendengarkan isi rekaman Blackbox sebuah pesawat yang mengalami kecelakaan? Ternyata mengerikan juga ya mendengar detik-detik terakhir sebelum akhirnya Adam Air terjun ke laut. Speechless!

Bonus:
Penyebar Rekaman Blackbox Adam Air Melanggar Konvensi Chicago

234 thoughts on “Rekaman Blackbox Adam Air Bocor ke Publik?

  1. udah denger….masayallah, sedih banget….gw yakin ini asli….mudah2an arwah mereka diterima di sisiNya amin…

  2. @2. becak ter-ter
    nope, bukan berarti harus dirahasiakan. tapi ini masalah etika dan perasaan saja. cobalah tanyakan ke hati nurani kita: apa iya rekaman seperti itu wajar bisa beredar di masyarakat luas? bagaimana perasaan keluarga yang sanak familinya tewas dalam kejadian itu? saya saja yang tidak mempunyai rekan/sanak/kerabat yang meninggal dalam tragedi itu nyaris tidak kuat mendengarkan rekaman itu. mengerikan, bro!

  3. baru dengerin isi rekaman n text percakapannya..bener dh spechless mana punya pasangan kerja di airlines juga…bener2 ….no words that can describe my feeling deh…sedihhhhhhhh

  4. udah berhasilll buka.. wahhh..seremm.. sy jadi mengerti skrg, knp laporan soal blackbox itu harus di simpan oleh yang berwenang… Meski ini bisa jadi pelajaran jg utk airlines yg lainnya. Jangan gara-gara persingan harga tiket, fasilitas lain yang menyangkut nyawa diabaikan…

  5. Transkripnya sebagai berikut:

    (WARNING sound) : PULL…

    Voice on DHI 574 cockpit : ini —-

    ATC : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

    in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .

    TGN 161 : say again sir?

    ATC : trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?

    TGN 161 : affirmative, we are make holding

    ATC : roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…

    in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)

    Voice on DHI 574 cockpit : aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)

    TGN 161 : —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

    Voice on DHI 574 cockpit : loh, ini DMEnya nih yah…

    iya makanya juga ngaconya disitu

    nah, ini mike kilo sierra

    yah…

    ATC : adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?

    DHI 574 : affirm

    mach 74 maintaining 070…

    Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074

    anginnya dah mulai normal lagi

    iyah….

    ATC : Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)

    selamat tahun baru mas….

    DHI 574 : Gatu

    ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….

    Voice on DHI 574 cockpit : —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini

    iyah…

    ngaco dia tuh brarti

    dah ngaco dah emang …dah ngaco

    udah mulai gambar bambu ini

    udah, kita percaya ama ini aja deh…

    hehehe… iyalah….

    —- cewe-cewe

    makanya, terlalu jauh banget

    —-

    ___noise___

    salah lagi ini dia….

    —-

    iya nih

    coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

    (on the background, FO calling ATC)

    ATC : go ahead

    —- : —- —-

    DHI 574 : roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra

    Voice on DHI 574 cockpit : ok….. that’s confirm… that’s confirm

    affirm

    iya khan.. ngaco

    ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…

    FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…

    oi terbangnya melanglang buana eh….

    TGN 161 : trigana 161, maintain visibility now

    ATC : standby one

    Voice on DHI 574 cockpit : ini aja kep yah

    coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude

    yes

    yah ini aja

    TGN 161 : Trigana 161 request visibility now?

    ATC : standby one

    TGN 161 : standby

    Voice on DHI 574 cockpit : masuk ke….

    fail aja

    fail?

    yah, vault aja nih

    —-

    ntar attitude (or) altitude aja nih

    ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)

    attitude (or) altitude? nggak..

    yang laen…

    ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

    Voice on DHI 574 cockpit : (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)

    TGN 161 : copied, trigana 161

    Voice on DHI 574 cockpit : —- SELCAL dan altitude

    masukin ini

    heading brapa nih kep? (FO asking)

    zero… zero seven nine yah (captain)

    iya

    masukin ini keatas

    TGN 161 : trigana 161, request ILS.. visual at runway 13

    ATC : trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13

    Voice on DHI 574 cockpit : ini kep?

    taro NAV lagi….

    TGN 161 : trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

    (in the background, warning sound ….—-….)

    ATC : affirm

    Voice on DHI 574 cockpit : taro NAV lagi, taro NAV lagi….

    TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161

    Voice on DHI 574 cockpit : yes?

    taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)

    taro NAV lagi

    NAV!…… ok kep?

    JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–

    captain, captain, captain…

    (WARNING sign…. ticking….)

    aduh kep, kep, kep….

    ya, ya…

    Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..

    DHI 574 : Mayday…..

    Voice on DHI 574 cockpit : argh…

    Allahuakbar….

    DHI 574 : MAYDAY… MAYDAY…!!

    Voice on DHI 574 cockpit : Allahuakbar….

    allahuakbar….

    (…sounds like windshield kracking…)

    argh…

    allahuakbar….

    NB :

    – DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)

    – Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang

    – ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).

    – DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.

    – DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).

    – FO = First Officer…. Copilot.

    – FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

    – Rekaman ini Asli…. Gak usah nanya2 keasliannya…. Yang perlu dipertanyakan, TS dapat darimana? Apakah TS orang dalam (KNKT)?

    – Terima kasih dah mau share dengan kami…. Maap belum bisa kasi ijo2, thanks doang.

  6. Kalo cuman denger suaranya doang sih gag gitu serem.
    *karena gag ngerti*

    Tapi karena gw beberapa blog telah mengungkapkan artinya, jadi serem..

    Seharusnya hal ini tidak dipublish, karena akan mengundang…. Roy Suryo kegelisahan di tengah-tengah masyarakat.

  7. Parah, exploitasi kesedihan, kekejaman, tragedi, gambar mayat, darah, dan gosip….. ternyata jadi hobi orang indonesia.

    Ahem, no wonder way, “criminaltainment”, “sadtainement”
    laris bak kacang goreng disini, dan jangan tanya tentang “infotainment”

  8. keliatannya hanya beberapa detik saja kru pesawat menyadari bahwa pesawat sedang meluncur deras ke bawah.. agak aneh menurut saya sebagai orang awam.. apa yang gak kerasa pas miring?

    benar-benar situasi yang sulit apabila penerbangan dalam cuaca buruk.. ditambah lagi alat navigasinya error..

    semoga semakin baik penerbangan Indonesia.. safety first!

  9. hwaaaaaaaaaa serem dahhh!!!! apa lg baca transkripnya……..

    Jd takut naek pesawat… :((
    enak yahh yg ngerti percakapan pilotnya!!! bisa tau…. hahahaha

    [ ngaur ahh!!]

  10. ad yg lupa….. turut berduka cita bagi anggota keluarga yg ikut serta menjadi korban…. semoga arwah2 nya d terima d sisi Tuhan Yang Maha Kuasa…. AMINN!!

  11. Freedom to receive information.

    Masalahnya mau diterima atau tidak ya itu pilihan. Mau dengerin atau tidak itu pilihan. Mau download atau tidak itu pilihan. Etis atau tidak etis terlepas dari unsur ini.

    Toh tidak ada yang memaksa kita untuk mendownloadnya. Tidak ada yang memaksa kita untuk mendengarkan. Kalau ada yang menyesal telah mendengarkan ya itu hasil dari pilihan sendiri. Efek penasaran memang penyesalannya selalu datang belakangan.

    Dewasa sedikit ah, dipublish kalau tidak didownload atau didengar juga tidak akan berarti apa-apa. Salahkan diri sendiri yang ‘penasaran’ lalu berefek jadi merinding atau malah tidak bisa tidur.

    Curiosity DOES kill the cat.

  12. Freedom to receive information.

    Mau diterima atau tidak itu pilihan. Mau didownload atau tidak itu pilihan. Mau didengarkan atau tidak itu pilihan. Etis atau tidak etis terlepas dari unsur ini.

    Toh tidak ada yang memaksa kita untuk mendownload. Tidak ada yang memaksa kita untuk mendengarkan. Penyesalan memang selalu datang terlambat setelah kita memilih.

    Dewasa sedikit ah. Jangan menembak sang penyebar pesan gara-gara pilihan kita sendiri untuk mendownloadnya. Jangan salahkan pesannya kalau bikin efek merinding atau tidak bisa tidur karena kita mendengarkannya. Menyesal karena pilihan sendiri adalah resiko yang harus bisa ditelan oleh orang dewasa.

    Curiosity DOES kill the cat.

  13. Soal kebenaran rekaman jangan dipermasalahkan lah karena meskipun tidak benar, saya yakin kondisinya pasti tidak jauh berbeda.

    Masalah etis atau tidak etis rekaman ini dipublish ke masyarakat luas harus dilihat dari niatnya. Saya sendiri tidak berniat mengeksploitasi kesedihan keluarga ketika mendowload dan mendengan… hanya rasa penasaran mengenai apa yang sebenarnya terjadi karena sulit mengharapkan pihak yang berotoritas/berwenang untuk mengungkapkan kebenaran. Memang walaupan menuruta saya pihak yang paling berhak menuntut mengetahui kebenaran sebab peristiwa tersebut adalah keluarga namun kita hidup dalam tatanan masyarakat dimana penerbangan adalah barang yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Jadi pada dasarnya masyarkat berhak untuk mengetahui kondisi penerbangan dinegara ini.

  14. Pingback: Rekaman Blackbox Adam Air Bocor ke Publik?

  15. Benar.. Freedom of Information..
    tetapi informasi2 sensitif yang mungkin membuat orang tidak kuat juga perlu diberi peringatan.

    Lagipula,
    transkrip dan penjelasan sudah cukup untuk orang awam. Biarkan yang mendownload adalah yang memang ngerti dan tahu resikonya.

  16. duh bikin bulu kuduk berdiri berkali2 niy..prihatin terharu sedih serem campur satu deh ngebayangin kalo diri ini berada dlm pesawat itu cuman bisa istighfar dan dzikir tuk mengingat kekuasaan Allah kalo Dia berkehendak maka terjadilah, tak seorang pun yg bisa mencegah. Manusia dihadapan Tuhan bagai debu di padang savana dan bagai setitik air di tengah lautan dan tidak ada pertolongan tanpa seizin Allah SWT. Semoga Arwah para syuhada (Alm.penumpang & awak pesawat) diterima di sisi-Nya. Amien

  17. mas bisa tolong kirimin G ke email saya,ary77.id86@yahoo.co.id. please mas saya pengen denger.. makasih ya sebelum n ya.

  18. gampang emang klo ngmng Freedom to receive information. tp otak di pake mas. lo bayangin klo kluarga lo yg ada di pesawat itu,bs bayangin? Freedom to receive information bukan brarti bebas se bebasnya.. susah jg yaa org indonesia. otaknya sempit..dan lagyn masalahnya bukan resiko atau apa..

  19. bro semua,kalo lo semua meragukan keaslian rekaman itu karena dari mana asal nya..???kenapa lo semua harus bertanya-tanya.Lo semua kan tahu inilah kebobrokan negeri kita.Makanya ADAM AIR seperti itu keadaan komputer penerbangan nya,jadi gak ada yang gak bisa melangkahi aturan.Walaupun aturanya rekaman asli gak bisa beredar bebas,tetapi karena ini Indonesia maka aturan itu bisa gugur karena kepentingan seseorang.Bisa aja ini adalah usaha untuk mengungkapan keburukan manajemen ADAM AIR.Kan di rekaman ketahuan bahwa kondisi pesawat yang sangat tidak layak.Bukan hanya tidak layak.Satu-satunya alat yang harusnya dipercaya malah membohongi dan gak tepat 100%.Jangan-jangan di komputer itu tertera pesawat terbang mundur lagi…..Ayolah jangan tutup mata.Buka mata,lihat buruknya sistem kita.Mari kita perbaiki.

  20. Kita memang mengenal istilah “freedom of information” tapi disamping itu hukum juga mengatur apa yang dinamakan “rahasia jabatan”. Misalnya informasi yang diperoleh dokter atas pasiennya, pengacara atas clientnya, penyidik atas masalah yang disidiknya, rahasia bank dsb. Hanya perintah pengadilan yang dapat membuka kerahasiaannya dan bisa juiga diatur tenggang waktu daluwarsanya. Saya ragu apakah black box memang dimaksudkan untuk konsumsi umum.

  21. polemik bocornya rekaman ini juga menjadi topik hangat di salah satu milis yang saya ikuti. saya pribadi setuju bahwa rekaman seperti ini tidak selayaknya di publish ke publik kecuali ke pihak-pihak yang berkepentingan (penyelidik atau peneliti). Ada banyak alasan. Secara teknis bisa menyulitkan pihak investigator karena cenderung pihak2 yang terlibat (maintener, airlines, etc) menyembunyikan atau tidak berani memberikan bukti-bukti atau hal-hal yang diketahuinya (mungkin merasa terancam atau diancam).

    Dengan hanya mendengar rekaman VCR pun masyarakat tidak bisa menilai “apa yang salah” dalam kecelakaan tersebut, analisis rekaman suara harus dihubungkan dengan analisis data lain seperti data di ACT, log2 instrumen di pesawat, maintenance record dan lain-lain yang kebanyakan tidak bisa dipahami orang awam. alih-alih mengusung keterbukaan, malah bisa jadi ada penafsiran bias yang bisa merugikan pihak lain.

    Alasan lain adalah masalah etis, seperti yang dikemukakan comment #5, ucapan atau teriakan pada “momen terakhir” adalah saat yang sangat privat bagi seseorang dan sangat mengganggu bagi keluarga yang ditinggalkan jika harus dipublish kemasyarakat.

  22. #23: Setuju,

    Informasi itu sifatnya netral, kita sebagai penerimanya yang menentukan etis atau tidak untuk kita untuk mendengarnya. Kalau menurut kita tidak etis, ya gak perlu download, apalagi ikut mendengarkan.

  23. duh gak ngerti harus ngomong apa??
    gw kayaknya gak jadi nikah ke pontianak nih.
    ngeri banget denger rekamannya jdi gak mau naik pesawat. btw kayaknya di indonesia gak ada yang aman transportasinya baik darat, laut maupun udara. TT_TT

  24. Pingback: Rekaman Black Box Adam Air Serem Banget « Kakaceria Blogs

  25. Saya sangat setuju dengan sodara ech, soalnya saya sendiri udah ngedengerin rekaman black boxnya dan bener-bener mengerikan saat detik-detik terakhir. Saya sungguh tidak bisa membayangkan betapa pedihnya perasaan keluarga korban jika mengetahui hal ini jika sampai didengarkan publik.

  26. saya setuju ini tidak dijadikan konsumsi publik. apalagi beberapa stasiun tv telah menayangkannya lengkap dg visualisasinya. gak kebayang betapa sedihnya para keluarga. luka lama berdarah kembali.

    please, janganlah diteruskan. tidak ada gunanya. apapun alasannya, tetap tidak manusiawi menayangkan ini. janganlah meraup keuntungan materi dari kesedihan orang lain, kasian… :(

  27. kalau menurut apa yg sy dengar pertama tjd ggn pada instrumental navigasinya, pilot memindahkan IRS dari posisi sblmnya ke posisi attitude….saat d lakukan perubahan autopilot off lalu navigasi menyesuaikan dgn IRS yg td d rubah yaitu heading 096 derajat , pesawt langsung membelok dengan cepat terdengar suara”banking2…” yg mnjukkan sudut kemiringan pswt sudah terlalu extrim , lalu posisi miring pswt diikuti dgn menukiknya pesawat dgn cepat terdengar suara”klik..klik….”yg cepat (pswt overspeed) ,
    pilot terdengar tdk dpt mengembalikan posisi pswt k posisi aman..kmgkn d sebabkan kggln mekanis dari sayap2 pswt yg tidak merespon lg arahan dari pilot…pesawat terpuntir , menghujam k bumi dgn sgt cepat terdengar dr suara ledakan yg merupkan suara SONIC BOOM( suara ledakan p bila telah melampaui kec
    cptn suara >300m/s) dan pilot memasuki keadaan yg tidak mgkn d kendalikan lg sehingga kepanikan yg sangat terjadi….lalu pswt hilang kontak.
    saya rasa bagi temen2 yg suka memainkan Flight smltr mengerti dgn keadaan ini…

    yg perlu d pertanyakan :
    1.kenapa terjadi kegagalan instrmntl nvgsi yg tidak terdetek sblm pswt take off, atau mmg sdh tau mekanik tp d biarkan sj….
    2. kenapa bisa terjadi kegagalan mekanis dari controler syp2 pswt..tiba2, berarti sblmnya sudah ada gejala ggn tp d hiraukan shg pada saat mendapat tekanan besar tiba2 sayap2 pesawat gagal untuk d kendalikan..
    mohon d buka terang2an aja tentang buruknya ground maintanance pswt2 indonesia kan kasian yg jd korban manusia…

  28. ya tuhan…………
    ksian bgt…………
    aq ngerasa aq ikt berada d dlm pesawat itu
    pas ngucapin Allahhu akbar, y Allah..aq merasa merinding bgt
    Ksian para pilot/co-pilotnya
    & para penumpangnya
    coba tu kejadian aq alami
    Allah..
    Maha kuasanya engkau
    smg amal baik mereka diterima d si2-Nya & dosa2 mereka dhapus…
    pd pemerintah NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA..
    tlg dong kasus ini d usut..
    heran saya..
    koq bisa2nya gtw pnybb jatuhnya ni pesawat
    ntr takutnya hal ini terulang lg..
    kn malu dong
    sama bangsa sendiri & bngsa org lain!!!
    ok… trmksh.

  29. Waduh jadi ngeri nih naik pesawat

    Tapi yang namanya musibah semua terserah yang kuasa aja dech.. apapun yang dikehendaki-Nya apapun bisa terjadi…

    Buat seluruh penumpang yang menjadi korban mudah2-an dapat diterima disisi-Nya dan untuk keluarga yang ditinggalkan dapat berlapang dada dan ikhlas atas semua kehendak-Nya.

  30. barusan aq baru denger rekamannya…
    sedih bgt!!!
    kebayang klo aq ada didlm pesawatnya….
    ya alloh…mudah2an semuanya yg ada disana diterima disisimu………………
    dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan
    amin………………………………….

  31. perutku jadi mual. mau muntah. mengerikan. and most of all…tragis…

    takdir memang punya Allah, tapi manusia diberi kebebasan untuk punya andil besar. alat2 navigasi ngaco itu karena apa?karena siapa?. wallahua’am..dan semua ada balasannya. yang telah pergi mudah2an dihapus dosa2nya.dan dilapangkan akhiratnya…mereka telah menjadi korban ketidakberdayaan navigation tools yang “ngaco”…sekali lagi?….INI GARA2 SIAPA????. prihatin yang mendalam dari saya.

  32. saya baru liat tadi pagi di TV, tapi bahasanya tak terlalu bisa saya pahami, apa maksudnya.selain karena suaranya memang gak jelas juga karena istilah-istilah yang dipake adalah istilah penerbangan.
    yang jelas hanya pas menyebut asma Allahnya yang berelang kali.
    Allahuakbar…Allahuakbar….!!!

  33. Gak tega ah mo dengerin… baca transcriptnya aja udah bisa ngebayangin gimana kacaunya hiks..
    semoga arwah semua penumpang diterima dan dilapangkan jalan menuju sisi Allah SWT

  34. – Mengerikan memang itu adalah satu kata yang menggambarkan rekaman ini, tapi sekali lagi ini bentuk ketidakmampuan kita (Indonesia) umum nya dan Maskapai Penerbangan Indonesia (khususnya) dalam menjaga kualitas pelayanan, termasuk keselelamatan penerbangan.

    – Saya sudah mendengarkan rekaman ini berulang-ulang, dan terlepas dari asli atau tidaknya rekaman ini, kenyataannya pesawat tersebut memang jatuh, dan berapa banyak pesawat maskapai penerbangan di negara ini yang di maintance “asal sampe dulu”, tanpa memperdulikan bahkan awak cabin nya sendiri?

    – Sudah saat nya pemerintah kita mengelola ngara ini dengan profesional, jangankan untuk mengurusi lalulintas udara, lalulintas darat pun masih carut marut, dimana departemen perhubungan kita selama ini? korupsi tender?.. disaat rekan-rekan kita berjuang di atas sana mengedalikan burung besi rongsokan yang masih dianggap “layak”, para pejabat yang berwenang hanya bisa berkata “nanti kita teliti dulu blackbox nya”, atau “itu human eror”, human eror kok disalahin? selama yang mengendarainya masih manusia, selalu akan ada human eror!!..

    – Cukup sudah, perbaiki sistem audit engine pesawat, jangan gara-gara di selipkan amplop, lalu main hajar bahwa pesawat ini “masih layak untuk 3 tahun lagi!” .. ini cuma salah satu contoh, dan sekali lagi warning (peringatan yang memang terus diabaikan.Red) oleh maskapai-maskapai penerbangan Indonesia yang lainnya. Kematian memang bukan sesuatu yang perlu di takuti, tetapi kematian akibat kebodohan, kecurangan, dan kebohongan publik, tentu dapat di minimalisir. terus maju Maskapai Penerbangan Indonesia!!..

  35. itu kayaknya bukan rekaman black box, melainkan rekaman pembicaraan di kokpit. seingatku, blackbox tak merekam suara tapi data instrumen pesawat, ketinggian, dsb.

  36. SELAMA pihak KNKT profesional dalam memberikan penjelasan tentang penyebab kecelakaan (tanpa menyudutkan pihak2 tertentu – apalagi yang sdh meninggal), rekaman ini tidak perlu diperdengarkan.

  37. Gw gak suka ma orang yang nyebarin rekaman ini… Apa ga punya SIMPATI ma keluarga korban?

    Bagaimana perasaan anda jika anda salah satu keluarga korban Adam Air dan anda mendenger teriakan terakhir keluarga anda sebelum meninggal?

    Apa orang-orang Indonesia itu pada tidak punya simpati sampe mereka tega menyebarkan hal-hal seperti ini…

    Manfaat apa yang bisa kita dapat dari penyebaran rekaman ini? Itu hanya akan menambah kesedihan keluarga korban…

    *May they rest in peace… :( *

    KALIAN YANG MENYEBARKANNYA TIDAK PUNYA PERASAAN SIMPATI MA KELUARGA KORBAN! SADIS!

  38. blackbox merekam suara percakapan di cockpit.. di discovery channel (pernah juga ditayang antv kalo gak salah), blackbox jadi kunci investigasi meledaknya pesawat TWA tahun 1996 di AS.

    tambahan: kalau rekaman ini beredar bebas di publik, bisa juga dgn mudah dimanipulasi/diedit oleh siapapun.. bahkan yg muncul di TV pun sudah ditambahin suara ledakan, pdhl harusnya saat titik nol itu blackbox udah ga bisa rekam apa2 lagi.

  39. itu kayaknya bukan rekaman black box, melainkan rekaman pembicaraan di kokpit. seingatku, blackbox tak merekam suara tapi data instrumen pesawat, ketinggian, dsb.

    Ndoro, setahu saya black box pesawat itu ada dua: Satu yang merekam data (Flight Data Recorder) dan satu yang merekam percakapan kokpit (Cockpit Voice Recorder).

  40. rasanya sih cuma nyebarin ngga bakal mengganggu simpati kita ke keluarga. kehilangan anggota keluarga sudah merupakan duka yang ada di titik terendah. menyebarkan ini tidak akan bisa membuat lebih rendah lagi.
    lagian, ada yang janggal. di flight level 31000 feet kok mereka stand by radionya di frek approach control. dengerin aja APP lagi commanding trigana yang sedang approach.harusnya di frek ATC. jadi, belum tentu ini asli.
    tapi kalo merindingnya, itu yang luar biasa.

  41. BENAR ATAU TIDAKNYA REKAMAN INI, INI BUKTI KEBOBROKAN MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA PESAWAT RUSAK DISURUH TERBANG NYAWA TIDAK ADA HARGANYA, WAJAR UNI EROPA MELARANG MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA TERBANG KESANA

  42. REKAMAN INI JELAS MANFAATNYA YAITU MENJADI BUKTI KEBOBROKAN MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA, DEPARTEMEN PERHUBUNGAN. KARENA DARI SINI KETAHUAN BAWHWA PESAWAT RUSAK KOK DI IJINKAN TERBANG

  43. Saya sedih, marah dan prihatin mendengar rekaman Voice Cockpit Recorder. Semoga arwah pilot, co pilot, crew serta penumpang Adam Air di terima disisi Yang Maha Kuasa dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

    Dan ini sebagai peringatan kepada pemerintah cq. Departemen Perhubungan agar menjalankan pengawasan yang lebih ketat pada maskapai penerbangan. Jangan lantaran sogok menyogok, pesawat yang sudah rongsokan masih diperkenankan terbang. Uji kelaikan perlu dijalankan dengan benar. Belakangan masih terdengar pesawat landing, bannya meletus. Yang kita pertaruhkan adalah nyawa manusia. Yang kemungkinan juga saudara kita sendiri. Kalau departemen Perhubungan gak bisa kerja dengan benar, mending kasihkan aja pengawasannya pada swasta asing. Gak usah malu2 daripada nyawa manusia jadi taruhan.

  44. Asli sumpah… Sedih, Ngeri, & Kesel (Pada pihak2 yang menyebarkan rekaman ini)… Pas dengerin detik2 terakhirnya deh, asli pure bnrn bulu kuduk merinding. Coba kita dengarkan seakan2 kita juga bayangin seakan2 kita berada disana, “na ujubila minjalik…” jangan sampe ya ALLAAAAAH. Asli tega bener deh nih orang yang sebarin, maksudnya apa sih. Seakan2 uda hebat apa sebarin rekaman ini, supaya terkenal kali ya. Aduh masalahnya si, gw cuma kasian aja sapa pihak yang terkait klo smp mendengarkan berita ini. Banyak pihak yang dirugikan nanti, bisa lagi berita ini nanti. Waduh brabe dah…

  45. kata pak menteri perhubungan “Rekaman asli di KNKT, tersimpan dalam boks tertutup, bersifat rahasia dan dalam bentuk pita. Yang beredar itu tidak asli dan tidak original,” kata Jusman. hehe pak menteri keliatan gapteknya, kan kopi digitalnya pasti ada.

  46. Pingback: Rekaman Blackbox Adam Air Tidak Mungkin Bocor ke Publik | lepasmalam.com - Saatnya lepaskan beban!

  47. ‘Agar mengingatkan kita semua jodoh ,rezeki, mati sudah diatur Al khalik ‘ kalau perlu moment seperti ini diuplod yg byk ..biar semua pada inget besok bakal mati…..

  48. kenapa perantinya cuman dibuat utk ngerekam voice doank ya,coba kalo ada videonya,jd pengen liat gmn wajah org yg lg tatap muka ama malaikat maut,,

  49. Pingback: Pilot Adam Air, Takbir..? « Pak AR guru Fisika

  50. Berdasarkan arsip2 berita yang saya baca, laporan final kecelakaan Adam Air ini keluar pada tanggal 25 Maret 2008. Setelah itu, saya duga, barang-barang buktinya masuk gudang arsip yang nggak dijaga terlalu ketat (karena kasusnya dah kelar). Rasanya gampang saja dari situ untuk nyelusup ke dalam (ato memang sejak semula orang dalam) dan mengkopi kaset rekamannya..

  51. sebenarnya black box nya kapan ditemukan? dan kenapa baru perdengarkan/diperlihatkan ke publik? atau emang ga boleh ya… diketahiu publik? kenapa?

  52. Bocornya rekaman blackbox Adam Air, lepas dari kontoversi keasliannya menunjukkan satu hal; “lemahnya kemampuan pemerintah menjaga rahasia”.
    Tapi ada hikmahnya juga kasus kebocoran ini, bahwa di era yang serba transparan seperti ini hendaknya pemerintah mulai “jujur” kepada publik dalam menangani masalah-masalah yang menarik perhatian khalayak. Gak usah ditutup-tutupi dan bersikap profesional, transparan dan accountable…
    Setuju gak ?!

  53. pertanyaannya, kalo memang tidak boleh, mengapa beberapa media bahkan TV yang memberitakan peristiwa ini tidak mendapat proses hukum?atau minimal dari dewan pers yang mengerti kode etik jurnailstik?

    terkait dengan nilai berita sangat tergantung sudut pandang audiens yang menkonsumsi berita tersebut, apakah sajian itu bermanfaat atau tidak, dan menurut saya setidaknya belum muncul gejolak sosial negatif dari bocornya rekaman ini. bahkan sebuah milis yang saya ikuti dengn mendengar rekaman ini banyak memberi pesan moral

  54. Pokoknya kita semua mesti hati2, dan selalu berdoa! jika mau naik pesawat. karena aku pernah liat tayangan TV yang mengulas tentang komponen2 pesawat kita””” mengerikan!!!! ada yang kabel Tuas pesawat copot bahkan ada yang di ikat dengan tali Rapia! Semua kembali Kepada Allah….! makanya kalau habis berzinah dan Korupsi jangan naik pesawat, bisa bawa sial bagi yg lain, dan Pilot juga harus bersih dari Hal itu!!!!!

  55. kayanya perlu bantuan Roy Suryo deh utk ngebuktiin ini asli apa ngga?
    tapi kayanya sih asli…
    kalo emang sebenarnya cuma org dari pabrikan pesawatnya aja yg bisa tau rekaman blackbox ini, mungkin ada seseorang yg sengaja nyebarluasin rekaman ini…
    yaaah… you know lah… Indonesia kan lagi rame2nya protes karena UE ga ngasih ijin pesawat kita terbang ke Eropa…
    mungkin aja kan, rekaman ini disebarluaskan utk ngasih tau bahwa maskapai penerbangan kita emang masih rada2 ga bener…

  56. Andaikan ini menimpa keluargaku maka info ini akan aku terima dengan baik meskipun pahit. Menunggu info resmi sampai kapan nggak bakalan ada. Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan dan membuat tanda tanya besar.

  57. merinding euy…

    kalo hati kecil mengatakan kayaknya ini rekaman aseli..
    tapi menhub bilang, gak mungkin…(baca:palsu?)
    terlepas dari benar atau salah, memang manusia hanya bisa berusaha, namun Tuhan yang menentukan.

  58. nga bisa buka rapidshare, norak ya tpi tadi sempet denger di tv. ih iya serem dengernya gimana ya kalo kel kita termasuk juga, sedihnya setengah mati pasti….gimana nga kita dengerin suara korban2 yang akan dijemput ajalnya. tapi atas semua itu sangat berduka cita sekali. untuk kel korban semoga diberi ketabahan dan kakuatan u diedarkannya suara rekaman tsb. may rest in peace….

  59. ga bisa ngomong ni asli tw bkan tpi makasih bnyak wat rekan2 yang udah posting biar qta smua bsa tw bhwa mreka berjuang ampe akhir…
    turur berduka cita…

  60. Memang serem denger kayak begitu, dengar suara orang yang disaat terakhir dijemput maut yang tidak bisa dielakkan.

  61. wlopun 50% percaya,tp ak bner2 lemes bgt saat dngerny…..ak cm org bodoh broo…pakarny aj nympe bingungkn……ap lg aku…..kasian keluarga korban…aplagi capt n cokpil…..pasti sangat syok wkt dengerinnya…..

  62. @5: Lho apa hubungannya dengan hati nurani? Justru dengan rekaman seperti itu kita tahu kan bobroknya sebagian dari low cost carrier di negeri ini? Dan juga menurut saya justru membersihkan nama pilot dan copilot pesawat yang bersangkutan bahwa mereka sudah melakukan apa yg mereka mampu untuk menyelamatkan penerbangan itu. Itu juga kalo rekamannya ga hoax ya, butuh analisis donks dari yang pakarnya (non-Roy please)

  63. @5 lagi: you do realized that the pilot is the one that is blamed for the accident by KNKT? Padahal sistem navigasi pesawat tersebut sudah 154 kali dilaporkan bermasalah? So yeah, kalau rekaman ini benar adanya, that should clear both pilot and co-pilot’s name.

  64. Inilah hidup. Setiap orang punya pandangan masing-masing. Tanpa perbedaan pandangan mungkin tidak ada kehidupan. Bayangkan saja kalau kita semua punya pikiran, perasaan, keinginan dan cita-cita yang sama. Kita ambil hikmahnya saja. Minimal kita mengetahui bahwa kita memang berbeda. Marilah kita menghargai perbedaan itu.

  65. Pingback: Top Posts « WordPress.com

  66. Saya mengajak teman-teman yg telah maupun belum mendengar rekaman Black Box Adam air tsb…mari kita berdo’a bagi para pilot,co pilot pramugari awak kapal atau siapapun yg berada d pesawat adam air tsb…5 detik saja kita luangkan waktu sejenak dan berharap Semoga…mereka d alam sana diampuni semua dosa-dosanya dan mendapat tempat yg layak di sisiNya…Amin…

  67. Ini asli, siapa yang sudi malsu-malsu ginian…
    Kurang kerjaan aja deh …
    Hanya ini memang harusnya tidak boleh dipublish. Tahu sendirilah Indonesia sekarang negeri kayak apa. Negeri bunuh-bunuhan, saling membunuh demi materi, baik pembunuhan fisik atau non fisik. Kasus Adam Air inilah contohnya. Kalau sampaian tahu di Adam Air dulu itu, meskipun pesawat rusak, harus terbang. Kalau Pilot nggak mau nerbangin bisa dipecat tuh pilot, jadi mereka under pressure banget. Kalau mau tahu siapa sinkeknya di sana, kejar tuh mamanya Adam Suherman. Dia sebenarnya mbahnya dari semua malapetaka ini. Dia sengaja manfaatin Adam Air untuk menarik rupiah demi ambisi berbisnis tambang timah, dia sama sekali tidak peduli dengan Adam Air. Adam Suherman itu cuma boneka !!

  68. ini beneran bro.. karena transkip rekamannya sama persis dengan yang keluar di koran TEMPO beberapa bulan lalu.
    Sebenarnya masyarakat udah tau gimana rekaman ini, tapi sekarang dalam bentuk aslinya (rekaman)..

    jadi saya agak gak mudeng sama orang2 yang keberatan rekaman ini ke publik… lha orang yang pertama kali keluar aja ada di media massa msekipun dalam bentuk transkip (tapi percakapannya sama persis)

  69. yang udah ya udah…
    udah gak sengaja ngedengerin (di TV) padahal ogah donlot,
    udah dengan sengaja baca transkripnya
    yang penting, mau diambil hikmahnya atau gak.
    pertama, harus diusut bocornya dimana. Eh salah, kudu cek dulu peraturannya apakah data ini bersifat rahasia atau tidak dulu ding.
    lalu, bagaimana pihak otoritas penerbangan di Indonesia bisa membeberkan CAP (Corrective Action Plan). Nah yang ini kudunya dibocorin, jangan diumpetin.

  70. @5 lagi: you do realized that the pilot is the one that is blamed for the accident by KNKT? Padahal sistem navigasi pesawat tersebut sudah 154 kali dilaporkan bermasalah? So yeah, kalau rekaman ini benar adanya, that should clear both pilot and co-pilot’s name.

    Dengan mengasumsikan keaslian rekaman ini,

    Anda sendiri juga sadar kan, kalau rekaman ini adalah rekaman yang sama yang didengarkan KNKT dan digunakan sebagai salah satu dasar pembuatan laporan akhirnya? Dan dengan telah keluarnya laporan akhir itu bulan Maret kemarin (dus, menutup investigasi kasus ini), saya ragu mereka akan mengubah kesimpulannya meski rekaman itu bocor ke luar.

    Btw, saya sebagai orang yang awam terhadap masalah aviasi tidak bisa mengetahui dari mana anda mengambil kesimpulan (berdasarkan rekaman ini) kalau kru pesawat tidak melakukan kesalahan (berlawanan dengan kesimpulan KNKT) dan sudah maksimal melakukan apa yang bisa mereka perbuat. Ada yang bisa menerangkannya dengan bahasa sederhana?

  71. kirain nieh masalah gak di bicara2in lagi….!!! apalagi di publikasikan kayak gini, but tHanK’Z ats informasinya
    kami dah pasrah-in kepada ALLAH SWT
    kami dah dengar…???smuanya…………………….!!!

    ……………………………………………………………………………
    SMUA yg ada peswat, tuh ‘ari juga uda ada d’sisi Allah Taala…
    cuman kejadiannya aja yg beda-beda..

    wassalam

  72. Halo Mas puji salam kenal,

    Sebagai anak flight engineer Garuda dan kebetulan dari bayi udah biasa terbang (tiket gratis Oom hehe…) mendengar pembicaraan itu sungguh mengerikan krn rekaman itu ORIGINAL! Sebetulnya…menurut hasil diskusi dengan bokap…ada prosedurnya dalam menghadapi situasi seperti itu :
    1. Pesawat itu sudah melenceng dari jalurnya dan diketahui pula.
    2. Seharusnya saat itu, Captain Pilot mengambil alih komando dan segera memberi signal kepada penumpang, cabin crew dan dia sendiri, untuk menggunakan seat bealt.
    3. Captain segera mengambil posisi seperti kondisi take off dan memerintahkan pada FO (Co-pilot) untuk membuka buku panduan yang selalu mereka bawa (standar operasinal dlm dunia penerbangan), krn di buku segala hal sdh diatur termasuk kondisi yg dihadapi tsb.
    4.Namun demikian, perbuatan itu tidak “pernah” mereka lakukan sama sekali sejak diketahui bahwa jalur penerbangan itu melenceng dari semestinya.
    Kesimpulan : dari sisi aviation akumulasi kesalahan sdh terlalu buuuaaaanyakkkk…..(istilahnya UPSET)…ditambah lagi keliatannya para Pilot Adam Air jarang masuk training flight simulator, hal ini sungguh tergambarkan dalam rekaman pembicaraan itu (krn tidak prosedural sama sekali)…sampai akhirnya Allahu Akbar yg menjadi “Check List” terakhirnya bukan buku panduan yang ada, hal lainnya kapal itu bukan kapal terbang tapi kapal bambu (sesuai rekaman) Can U imagene That? (oh…my God)……Regards

  73. Saya memang belum dengar, hanya sepintas melalui TV. Tapi rupanya memang bangsa ini suka hal2 yang kek gitu..Klenik,hantu-hantuan, Sex dan eksploitasi. Yah, berarti memang harus menunggu beberada dekade lagi untuk melihat Indonesia yang lebih arif…
    Karena sayah memang termasuk manusia didalamnya, dan dengan terpaksa ikut menikmatinya…

  74. everybody….pls stand up..pls stan up…kita boleh prihatin n sedih dgn beredarnya rekaman tsb, tp bgs juga jd kita bs aware u menghadapi pahanggilan tuhan. tapi ada juga berita lain spt ryan the killer dan bahayanya penggunaan botol plastik/daur ulang.nga usah nyalahin orang yg udah nga ada tp para executive yg harusnya disalahin

  75. Dear All,

    Saya bukan pemuja dewa bernama “kebebasan memperoleh informasi”, dan saya sangat menyesalkan — jika ini rekaman benar-benar asli — dapat beredar di masyarakat. Rekaman ini, apapun alasannya, sangat tidak pantas untuk didengar oleh masyarakat umum. Terlebih jika hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu, tanpa ada kompetensi atau urgensi apapun.

    Kita tahu airline Indonesia sangat buruk kinerjanya. Kita juga tahu bahwa Uni Eropa melarang airline dari Indonesia terbang di udaranya, karena perkara buruknya kinerja juga. Kalau mau ikut mengoreksi, tak perlu mendengarkan rekaman itu. Cukup dengan meninggalkan airline abal-abal dan berani membayar mahal untuk airline yang menyediakan layanan jauh lebih baik.

    Salam,
    ayah bellashanika

  76. Saya ngeri, saya sedikit bisa membayangkan apa yg telah terjadi. baru seminggu lalu saya menempuh perjalanan gorontalo-jogja pesawat yg saya tumpangi benar2 seperti akrobat saja. cuaca di atas daratan sulawesi benar2 tidak bersahabat dg pesawat2 tua.
    2 maskapai yg pernah saya tumpangi kondisi fisiknya juga nggak jauh beda, lion/sriwijaya keduanya memiliki jog/tempat duduk yg hampir sama, mirip metro mini.. hiii..

  77. Pingback: Kontroversi Download Rekaman Pembicaraan Pilot Blackbox (Kotak Hitam, CVR) Kecelakaan Pesawat Adam Air Surabaya-Makassar-Manado 2007 « bedah urologi

  78. Di berita sekarang informasi tentang keaslian rekaman ini juga masih simpang siur… Ada yang bilang asli, ada juga yang bilang palsu…
    Terlepas dari masalah rekaman ini, semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali di masa yang akan datang..

  79. Kita jangan percaya rekaman tsb asli. karena isi rekaman black Box suatu pesawat yg kecelakaan adalah sangat confidential. jadi sangat tidak mungkin bisa beredar ke publik. Bisa saja ada orang asing yg sengaja membuat rekaman palsu dengan maksud mencemarkan nama Islam, agar terjadi konflik beragama terjadi di Manado. atau para keluarga korban yang non Islam membenci para Pilot-Copilot yg beragama Islam. Karena pada rekaman tsb kita dengar dengan Jelas ucapan Allahu Akbar disebutkan berkali-kali seakan-akan Pilot sengaja menjatuhkan pesawat kelaut. Jadi kita di Republik ini jangan termakan isu sara seperti itu. Mari tetap kita jalin kerukunan hidup beragama di negeri tercinta ini jangan sampai dengan beredarnya rekaman tersebut, antara umat Kristen & Islam saling mencurigai sehingga timbul kekacauan yg dengan sendirinya akan merugikan diri kita sendiri.

  80. saya baru tau dari blog ini malah.. jarang maen ke lounge si :hammer: ,,saya hanya bisa mendoakan bagi yg kehilangan.. turut bersimpati..

  81. aku denger kemaren rasanya hatiku seperti tersayat abis.kita ga bakal tau kapan maut datang menjemput kita.di saat seperti ini hari2 panjang yang kita lalui jangan pernah melupan Tuhan.Taat dan beribadah hanya kepadaNya

  82. MmG CUaca BrUK D mASALembu, Sgt MeNGERIkan. Aq n Kel dLm Penerbangan k Mks, 5 mnt d dpn AdamAir, Aq d Btvia Air. Alhamdulillah Nda Jd Naik AdaM sAAt Itu. Klu mMg itU reK iSi BlackBoX asLi, aQ bS simpan UtK doK HdpkU sekeL. Aq nyarIS ikuT d dLmnya.

  83. Sepertinya rekaman ini asli, namun back sound di detik akhir, 5:36 pesawat sudah jatuh (0 feet) kok masih terdengar suara radio ATC yah. Seharusnya kan ATC itu bisa terdeteksi jika pesawat berada 4000 feet dr permukaan laut. Apa mungkin pesawatnya jatuh di atas gunung yg tingginya 4000feet, atau juga pesawat sebelum nyium 0 feet terbakar dahulu yak.. wah, ini bs jd pertanyaan juga nih buat KNKT.

  84. Pingback: Penyebaran Rekaman Blackbox Adamair « surauinyiak

  85. satu bukti lagi., teroris masih ada dan bisa menyusup ke mana saja, bisa di petugas bandara, knkt, maskapai, dll..
    Ngeri..!!

  86. BLACK BOX TUCH:

    BLACK ADALAH TEMPAT KRUPUK

    AND
    BOXNYA ADALAH BOSOK

    JADI BLACK BOX ADALAH TEMPAT YANG UDAH RUSAK\BOSOK

    JD YG KTA DENGER DR INTERNET ADLH BO,ONG
    KLO KM PERCAYA TRMSK KM JG GILA

    KTA HRS PERCAYA AMA TIM KNKT INDONESIA
    JD TOLNG BANTU DYA
    JNGAN TAMBAH MEMPERSULIT TIM

    BETATU SELALU MENDUKUNG MU

    GOOD BLEESS YOU 4EVER

  87. MASYARAKAT PERLU TAU APA YANG TERJADI SEBENARNYA, INI KAN JAMAN TRANSPARANSI, INONESIA SELALU MENUTUP NUTUPI APA YANG SEBENARNYA TERJADI.
    BELAJARLAH DARI KEBENARAN………

  88. Sumpah…
    terlepas ini rekaman aseli ato bukan…
    setelah mereka mengucap Allahuakbar untuk terakhir nya…. dengkul ku gemetaran…..

  89. Wahai negara-negara di Eropa, pertahankan terus larangan terbangnya untuk seluruh maskapai penerbangan di Indonesia, sampai mereka sadar dan tau betul apa arti keselamatan dalam penerbangan. Ya Allah, terimalah mereka disisimu.

  90. Pingback: Save Our Nation! Hentikan Penyebaran Rekaman Black Box Adam Air! « Zee214@SteKpAdz

  91. ini lah potret maskapai penerbangan kita!ASLI GA AMAN!!dan ADAMA AIr walaupun dah ancur2an management dan pesawatnya masih aja dibelain.wajar dong klw sanak keluarga yg meninggal dalam pesawat sangat marah pada managment adam air??!
    terkait etis ga etis terserah lah..ini berarti membuka mata kita akan management penerbangan di indonesia

  92. ………..kan udah ada brita yang nyatakan suara ini asli………..
    seperti berita yang di lansir ternyata suara ini hilang bersama komputer yang dicuri 1 bulan lalu dari kantor pusat KNKT.
    berarti asli………………..

  93. kalo gw seh ngeliat siaran tv YG Nyebutin kalo rekaman it t rekayasa..gw nanggepinx ada benerx jg,soalx black box it ada 2 ..dan yg kt liat skrg cm 1..lagian ngapaen seh,kok ampe bocor gt..t malah mbuka luka lama bwt keluarga korban..yah apa slhx seh kt ngejaga perasaan dkit bwt mreka..gw trut brduka cita n mg mslh ini cpt ada langkah terbaek n kbijakan pemerintah bwt mengatasi hal tsb.thx

  94. buat aku..bagus juga tuh black box di bocorin ke publik..biar orang2 pada tau..bahwa mati tuh gk bisa ditawar-tawar lagi..biar kita semua pada tobat..minta ampun pada Yang Kuasa..
    manusia tuh gak da apa2nya…
    pasti semua pada mrinding wktu dengerin rekaman itu..palagi waktu pilot ma co pilot menyebut ” Allah Akbar..Allah Akbar..”..
    klo mrinding..brarti..hati kita masih terbuka untuk menyadari kesalahan yg sudah2..tpi klo gk mrinding..brarti..di tubuhnya tuh dah tllu byk jin ma setan yg mempengaruhi..jdi harus di rukhiyah..

  95. yang gw sayangkan dari kejadian ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan gak bisa terlepaskan seperti ticket adam air yang murah pasti mempengaruhi semuanya,(maaf) pilot kita yang nggak tanggap tentang apa yang terjadi padahal dia tahu ap yang terjadi(udah tau sistemnya ada yang rusak kok nekat terbang) yang paling jelek menurut gw sikap manusia yang membocorkan rahasia flight data recorder yang nggak penting banget untuk kita ketahui karena emang kita nggak ngerti apa yang sebenarnya terjadi.

  96. jujur gw ga setuju bgt ma org yg nyebarin isi blackbox adam air, terlepas tu asli atw ga biarin aja lah org2 yg berkepentingan n Tuhan yg tau, media juga jgn bkn tmbh parah keadaaan donk, pake di visualisasikan lg tu rekaman, kita orang awam aja uda miris denger kejadian adam air apalagi keluarga korban. jangan ngorek2 luka lama lah, stop la buat semua untuk besar2in masalah ini, biarin semua jadi rahasia umum dan rahasia Tuhan

  97. untuk yang marah marah karena merasa ngga pantas mendengarkan rekamannya, ya sudah ngga usah di dengerin. gitu aja kok repot. lagian gak salah kok berbagi informasi, jangan munafik lah. anda sampe bisa ngisi comment berarti kan juga iseng iseng untuk googling dan akhirnya ketemu website ini. sok sok an banget sih. buat yang share info, thanks ya….. karena dengan membaca dan mendengar rekaman ini, saya bisa berhati hati dalam memilih maskapai, bahkan mungkin mengurangi frekuensi nya :)

  98. waktu denger di tv..saya sampai merinding…Ya Allah…Innalillahi

    Mungkin karena itu di USA ama Eropa memperbolehkan memperdengarkan isi Black Box itu 30 tahun setelah kecelakaan….

  99. saya jadi bisa ikuti detik-detik terakhir suatu bencana yang amat tragis. Pihak keluarga menerimanya sebagai hal yang baik dapat mendengarnya. Syukurlah. Saya ikut prihatin dengan kondisi penerbangan di Indonesia pada umumnya. Sediiih. (anggap aja asli)
    Makasih untuk yang sudah membuat ini available untuk saya ikuti.

  100. YANG SEHARUSNYA BERTANGGUNG JAWAB BAIK SECARA MORIL MAUPUN MATERIL YA YANG PUNYA ADAM AIR DOOONNNGGG……KALO DAH GINI PD NGUMPET DECH MANA ADA BATANG HIDUNGNYA YG DILIATIN UN PERTANGGUNG JAWABANNYA….BTW PERLU DI INGAT LOH ADAM AIR PRNH DPT PENGHARGAAN LOW COST CARIER TP SAFETY CARIER…WAH PERLU DI PERTANYAKAN TUCH…..YA ADA HARGA ADA BARANG LAH….SEMAKIN BAGUS PERAWATAN AIRCRAFTNYA TENTUNYA HARGA TICKET NYA TDK TERLALU MURAH…..MASIH BNYK KOQ AIRLINES YG MENJAGA KUALITAS PELAYANAN N SAFETY NYA……..SO DONT WORRY GUYS TUK TERBANG PAKE PESWAT……

  101. q mse krng p”caya!!!

    tp kt bOkap q mnkn jah tu bnr,,,!!!

    mdhan2 jah tu bnr…!!!
    n bsa terunkap cmua na,,,,!!!!!

    q b”doa mDh2n cMua yg mnjdi korban bs tenang di si2 yg kuasa…!!!

  102. ASS. W.W.W. Semoga mereka yang berada di pesawat adam air tersebut, di ampuni segala dosanya oleh ALLAH dan di berikan tempat yang layak di sisi ALLAH yang MAHA KUASA AMIEN serta memberikan pelajaran kepada kita semua yang masih hidup untuk selalu ingat kepada kebesaran & kekuasaan ALLAH AMIEN..AMIEN..YA ROBBAL ‘ALAMIEN.WASS. W.W.W.

  103. ah masa sih harus di rahasiakan itu kan harus di ketahui orang banyak biar semua orang tau klo ada kecelakaan seperti itu lagi gimana..???

  104. ya, mudah-mudahan dengan bocornya Black Boxnya adam air sebagai pertanda kalau para koruptor nanti namanya juga dibocorkan.

  105. @siapapun yang pertama kali ngedarin dan yang ikut2an ngedarin rekaman ini :

    utk alasan apapun kalian edarkan rekaman ini (terlepas palsu ato tidak rekaman ini) aku cman pengen tau :

    “gimana perasaan kalian, kalo posisi kalian sebagai keluarga dekat almarhum ketika denger rekaman ini????”

  106. soal kecelakaan ga perlu di bahas lg, karna udah terjd,yg paling penting jgn terulang kembali kesalahan yg pernah di buat,harus lebih baik lagi,dan untuk org yg iseng nyebarin ni rekaman..bo yaa pikir2 panjang efek buruknya, negara udah susah jgn di buat pusing,kalo smua warga seperti anda kpn negara ini akan baik dlm segala hal,jd please…buat masyarakat INA bantu dg org2 y akan bangun negeri ini dg tdk bertindak BODOH dan MENYESATKAN…nuhun sateuacanna…

  107. LUKA LAMA TERGORES LAGI.

    Itulah kira-kira yg bisa gw katakan untuk para keluarga, teman, sahabat atau kerabat para korban kecelakaan Adam Air. Kebetulan semalam gw menyaksikan ditelevisi pernyataan dari salah satu keluarga korban (istri dan anak Co-Pilot) tentang perasaannya terhadap penyebaran rekaman black box yg mana sang istri mengatakan bahwa suara percakapan tersebut adalah benar suara suaminya. Sang istri-pun meminta untuk tidak membesar-besarkan masalah ini lagi karena hal ini membuatnya teringat kembali saat-saat dia kehilangan suaminya.

    Please…..deh…..

  108. sungguh… gw nyesel buanget dengerinnya.. bener2 speechless!!
    gw jadi ngerti kenapa isi blck box itu ngak boleh disebar luas..

  109. Pingback: 3 Jenis Plastik Berbahaya « T h e H e r m a w a n o v

  110. sekarang jamannya keterbukaan :p
    Btw, jgn bawa nama kaskus,.. ntar jelek lagi dah anggepan org ke kaskus. palagi si bang suryo yg ngaku2 pakar itu, kok g berkoar yah..?:p

  111. sebenere kalo informasi yang diterima masyarakat itu lebih transparan dan masuk akal ( seperti misalnya : kalo memang yang problem pesawat, ya diinformasikan aja pesawatnya problem ), maka rekaman seperti ini tidak begitu membuat heboh…

    sesuatu menjadi heboh ya karena , prediksi dan asumsi orang berbeda dengan kondisi aktual.

    misal nih.. ada pesawat jatuh, trus knkt atau apalah ngumumin bahwa itu karena kesalahan pilot atau cuaca ( padahal aktualnya mungkin faktor pesawat ) , pastilah bakalan heboh…

    keluarga korban pasti akan sedih kehilangan anggota keluarganya, tapi lebih sedih lagi kalo ternyata hilangnya itu karena faktor pwsawat yang tidak layak dan instansi terkait tidak melakukan tindakan meng grounded-kan armada yang tidak layak itu….

    so, terlepas benar tidaknya rekaman itu, ya semua harus berpikir dewasa. tidak usahlah roy suryo pakai ngomong dimedia massa yang ngirim si A atau si B, toh sebelum itu dia ngomong, kaskuser juga dah pada tau… ^^…
    Kita ambil nilai positifnya aja, semoga kedepan pemerintah, knkt dalam hal ini lebih transparan, dan masyarakat juga tidak bisa dibohongi…. jadi kalau mau melakukan gugatan secara hukum juga bisa… coba misalkan kalo diinformasi jatuh karena cuaca atau pillot, padahal aktualnya bukan, emg masyarakat bisa menggugat?

    ikut berduka buat keluarga korban, dan salut buat yang sudah menyebarkan ini, meski Anda melanggar hukum dan etika, tpi saya yakin Anda punya niat yang baik… setidaknya ada langkah positif Anda dalam ikut membenahi negara dan bangsa ini…

  112. Kalau saya sih Black BOX adam Air kudu dibocorkan,karena kinerja KNKT adalah tukang Bohong,daftarnya udah banyak kok,katanya HUMAN ERROR,mana Human ERRORnya,kalau pesawat tanpa NAVIGASI masih diterbangkan,kenapa ketika kasus TAMBOLAKA ADAM AIR tidak dibubarkan saja,eeeh ini nunggu kasus di HANG NADIM.di catatannya saja nuduh PILOT DAN COPILOT,padahal itu MANAGEMENT ERROR (dari badan sertifikasi kelayakan pesawat udara juga menyatakan itu masih layak dipakai,atau management top ADAM AIR).sama halnya dengan kasus MARWOTO,jangan-jangan karena disuapi sama uang

  113. saya sudah ke2 kalinya dengerin rekaman kotak hitam pesawat. rekaman kotak hitam dari pesawat 1 tdk bgt menyeramkan tapi u/ yg ini…
    benar2…
    (sulit u/ mengucapkannya)

  114. rekaman ni….bisa membuat kita sadar….bahwa maut bisa dateng kapan aja bahkan ketika kita tertawa…..tapi menurut gw ni rekaman sebaikna jangan di sebar luaskan cukup kalangan keluarga ..ma yang berkewajiban…thanks

  115. wahhh….
    sumpah….ibarat akan menerima kematian di depan mata…
    waduuhhh…
    sumpah gw stress denger rekaman ini….
    serem….

    kasian si pilot dan para kru nya…
    moga mreka smua di trima di sisi NYA…
    AMIN……

  116. Sungguh biadab bagi orang yang telah menyebarkan rekaman black box adam air ini. Telah menjadi pembicaraan dimana-mana akan hal ini… Luka lama mencuat kembali setelah kejadian ini… Tidakkah bagi orang yang menyebarkan rekaman ini telah membuat para keluarga, kerabat, berikut juga seluruh masyarakat kembali menangis setelah kejadian ini..??

  117. sebenernya semuanya tu jgn diributin…kasian kan yang udah mati msh diributin…..
    lebih baik kita doain moga mereka semua di beri tempat yang indah di sisi ALLAH SWT….itu baru bener!!!!!

  118. skarang…
    yang harus kita ributkan bkan rekaman itu…
    tapi…
    gmana caranya… agar tidak ada lagi pesawat yang jatuh…
    udah la…
    yang sudah – sudah..
    kedepannya.. kita perbaiki.
    agar lebih baik.
    tidak ada yang tidak mungkin di Dunia ini bila Allah S.W.T sudah berkehendak.
    tidak ada yg harus di salahkan bila sudah terjadi.
    Allahu Akbar…

  119. kenapa mesti dirahasiakan, kan buat pelajaran kita dan kita dapat mengambil hikmahnya, smoga jasadnya bisa ditemukan dan arwahnya bisa diterima disisi Nya. Amin………………………………..

  120. saya adalah penerbang dari maskapai Garuda.Kalo membaca final report dari KNKT maka kesalahan dimulai dari Pemerintah sendiri.Bagaimana itu bisa terjadi? Departemen Perhubungan yang berisi anjing2 haus darah yang senang memakan uang haram dengan ‘MUDAH” memberi ijin operasi Adam Air.Kemudian manajemen Adam sendiri memangkas biaya operasinya dengan mengurangi biaya training para Pilotnya.Uji kompetensi tiap 1 tahun sekali aja mereka pangkas.Di Garuda uji kompetensi 6 bulan aja msh ada yg kedodoran Gimana kalo dikurangi seperti Adam Air?

    Sehingga pilot2 Adam jadi tidak terlatih bila menghadapi situasi abnormal tsb.Disitu ada 3 aspek yang mereka tidak pahami:
    1.Follow Standard Operating Procedure ( SOP ).Mereka tidak terampil memahami falure,shg tdk tahu pula mencari solusinya.Ini akibat dari uji kompetensi yang dipangkas manajemen tadi.
    2.Upset (Unusual Position) recovery.Para pilot itu tidak mengerti bagaimana me”NYETIR” pesawat kembali ke posisi normal,bila ada di posisi terbalik2 gak karuan kayak gitu.Suara Autopilot yang “njeplak” (copot karena sang pilot mengutak atik tombol IRS yang b erakibat Autopilot lepas) pun tidak mereka sadari.Padahal suaranya cukup keras.Tau gak Adam Air tempo hari yang nyasar ke Tambolaka?Pesawat itu memakai IRS yang sama dengan yang jatuh ini.IRS adalah alat navigasi yang penting.Bayangkan,alat yang rusak ini hanya diputar pindah antar pesawat di Adam Air,bukanya diperbaiki.ANJING gak tuh namanya?
    3.CRM ( Cockpit crew Resource Management )training.Para pilot Adam ini seperti tidak punya standard kerjasama di kokpit yang memang direkomendasikan oleh Flight Safety.

    Demikian pendapat saya,anda semua bisa menyimpulkan sendiri persoalannya.Memang betul membocorkan is illegal.Tapi Manajemen Adam Air bertindak JAUH LEBIH ILLEGAL lagi.Apalagi Departemen Perhubungan…HUH…susah ngomongnya.Semoga orang2 DepHub itu ada di barisan pertama yang MASUK NERAKA DULUAN….AMIN..

  121. PERTAMA,denger beritanya di tv ktnya yg beredar tu palsu walopun cumaaa beda dkt sm yang asli..
    KEDUA, setelah denger rekaman yg katanya “palsu” tu palagi detik2 mo jatuh,,,iiiiiiiii……..!!!!!

  122. Boing dah pernah sarankan ke seluruh maskapai yang pakai produknya agar fadder ekor belakang pesawat jenis boing 737-400 tersebut harusnya sudah di ganti, karena mmg ada kesalahan produksi, saat itu posisi pesawat menurut saya terbang normal.memang radar mati dikarenakan peremajaan pesawat yang kurang, namun komunikasi melalui koordinat tetap ada dengan ATC, jadi g ada alasan untuk jatuh sebenarnya. tapi apa sebabnya? ya fadder tersebut yang membuat tiba2 pesawat berbelok ke kanan dan celakanya menukik kebawah, jenis pesawat komersil seberat boing bukan diciptakan untuk manuver layaknya jet tempur, jadi kata angkat…angkat….yang di utarakan di rekaman tersebut sudah tidak berguna lagi karena pesawat sudah berbalik arah dan dalam keadaan menukik kebawah,disamping itu fadder tidak bisa diarahkan kembali pada posisi center karena telah ke lock.Nyawa kita jika di pesawat tergantung dengan fadder di ekor belakang pesawat apapun, jika fadder tersebut macet maka seperti inilah kejadiannya.saya mungkin bukan pilot atau orang yang paham penerbangan namun saat mendengar rekaman tersebut, sangatlah bodoh badan sebesar KNKT bilang itu palsu, KNKT hanya bisa nunggu hasil black box, yang bisa baca cuma perusahaan yang bikin boing.saya yakin itu asli.jadi jangan lebih membodohi rakyat. dengan kebohongan lagi. karena rekaman dan ivestigasi awal yang bakal tau adalah boing sendiri sebagai pembuat pesawat tersebut.bukan KNKT.jadi kemungkinan bocor sangatlah mungkin terjadi.bocornya dari mana? ya dari KNKT sendiri sebagai badan yang pertama menerima hasil pembacaan black box tersebut. terima kasih

  123. ya allah ih seremnya
    takut ah naik pesawat lagi…..
    gimana ya rasanya tau bakal mati dalam beberapa detik……… smoga ini smua jadi pengalaman berharga untuk pemerbangan di indonesia supaya lebih diperhatikan lagi keselamatan penumpangnya

  124. ada yang bilang “ngeri dah dengerin”,,,,trus kemudian mengutuk yang menyebarkannya….kalo emang ambil sikap menolak penyebarannya dengan anggapan eksploitasi penderitaan/kesediahan…kenapa didengerin juga??kita musti bertanya pada hati nurani kita sendiri…pantaskah kita mendengarkan hal-hal yang seperti itu,,

    sebelum menyalahkan penyebar rekaman itu kita juga harus berkaca pada apa yang kitta lakukan…karena kita juga salah karena penasaran pengen mendengarkan rekaman tersebut… ..semua balik ke diri kita masing2…

    buatku yang terpenting adalah mengambil hikmah dan pelajaran dari semua peristiwa..

    hikmah apa yang bisa diambil bagi pemerintah, maskapai, keluarga korban dan tentunya kita sendiri…

    karena sesungguhnya dibalik sebuah peristiwa pasti ada peringatan dariNya…

  125. Pingback: Cerpen Nista! « Andra & my Backbone

  126. daripada ngeributin kaya gini… mending perbaikin kualitas diri kita masing2… lakukan yang terbaik mulai dari diri kita.. jgn cm bisa protes nyalahin orang lain tapi ga ngaca….

  127. ini peringatan bro saatnya lelembut sejagat mengambil jatahnya ( orang – orang yang tidak selamat kembali kepada tuhan ). coba semua yang masih hidup… bencana pasti akan terus ada entah bagaimana itu modelnya. ya termasuk anda dan saya yang selalu merasa benar. saya malah menyukurin …. orang dapat musibah ko gak mau. maunya enak melulu. itu kan jelas-jelas bawaan nafsu. bro nafsu itu maunya yang enak. klo seandainya anda ditanya mau masuk neraka ato surga neh ? pasti jwabannya ” masuk surga to ” tapi gak pernah mau beribadah dan yang terutama gak kenal ma yang punya surga. sekarang tinggal semuanya yang masih hidup bagaimana mencari sebuah kebenaran yang haqiqi dan sedia mati walaupun bagaimana itu caranya. jangan bisanya cuma meyalahkan. instropeksi diri anda sendiri. yang jago opini neh.

  128. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh….
    saya yakin negeri ini masih ada orang bisa mengambil Hikmah dari kejadian Adam Air Maut tsb….tapi masalahnya apakah ada orang yang mau belajar dari kesalahan tsb, baik itu pemerintah maupun pihak Maskapai2 Penerbangan lainnya….tolong di perhatikan, dicamkan, dicermati, dipahami, mulailah merenung…DOSA apa yang telah dilakukan NEGERI ini ? sehingga rentetan2 Musibah saling berganti, HANYA TANGISAN ANAK BANGSA INI YG KITA DENGAR, kapan kita dengar bahwa negeri ini mendapatkan CUCURAN RAHMAT DAN KEBAHAGIAAN DARI ILLAHI RABBI. Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s