Vladimir Odoevsky

Dua abad yang lalu dia sudah meramalkan adanya blog!

Nama lengkapnya adalah Vladimir Fyodorovich Odoevsky. Dia adalah seorang pangeran dari Rusia. Lahir ada 13 Agustus 1803, Odoevsky dikenal sebagai seorang pemikir, penulis, kritikus musik, filantropis, dan ahli pendidikan dari Rusia. Dia juga pernah menjadi wartawan pada suatu saat dalam hidupnya pada sekitar tahun 1824.

Ada yang menarik dari orang yang lahir lebih dari dua abad yang lalu ini. Odoevsky dalam sebuah novel yang ditulisnya menyebutkan aktivitas yang kini kita kenal sebagai blogging. Dalam novel itu dia juga “meramalkan” adanya internet. Wah, dia benar-benar seorang visioner, seorang yang “ngerti sakdurunge winarah“.

Novel yang berjudul “Year 4338: Letter from Petersburg” atau dalam bahasa Rusia “4338-i god: Peterburgskie pis’ma” ini sebenarnya adalah novel yang tidak sempurna. Dia meninggal pada 1869 ketika novel itu belum utuh.

Dalam novel itu, antara lain, dia mengatakan:

“Akhirnya, hari ini kita menerima jurnal rumah tangga dari perdana menteri, dimana kita, dan juga beberapa orang lain, diundang ke sebuah pesta malam. Anda perlu tahu bahwa di banyak rumah, terutama yang sudah terhubung dengan baik, jurnal seperti itu diterbitkan, menggantikan korespondensi biasa. …. Jurnal itu biasanya memuat informasi tentang baik buruknya keadaan kesehatan pemiliknya, berita keluarga, berbagai pemikiran dan komentar, penemuan kecil, dan juga undangan; jika itu undangan makan malam, juga dicantumkan menunya. Selain itu, untuk komunikasi darurat, rumah teman-teman juga dihubungkan dengan telegrap magnetik yang memungkinkan orang yang tinggal berjauhan untuk berbicara satu sama lain.”

Diterjemahkan dengan amat bebas dari kutipan di Wikipedia.

Hey, itu adalah tulisan orang DUA ABAD YANG LALU, bukan tulisan anak kemarin sore. Odoevsky benar-benar seorang yang jenius. Dia sudah meramalkan bahwa kita akan berbagi informasi lewat jurnal yang kini kita sebut sebagai blog. Bahwa kita sering secara narcis menuliskan status kita: sehat atau sakit. Bahwa kita akan menulis cerita dan berita tentang keluarga kita. Bahwa kita mengomentari jurnal orang lain dan sering menulis tentang penemuan kecil di jurnal kita sendiri. Dan, bukankah kini kita dihubungkan dengan kabel untuk mengakses internet dan ngobrol dengan sanak famili via telepon dan messenger? Ah, ternyata semua itu sudah diramalkan DUA ABAD YANG LALU.

Menurut Slobodan Sucur dari University of Alberta, selain meramalkan adanya blog dan internet, Odoevsky juga memprediksikan tentang perjalanan dengan pesawat, media penyimpanan permanen, dan gelas yang elastik (plastik). Wah, bener-bener ciamik nih.

Nah, mari kita meramalkan dua abad mendatang cucu-cicit kita ngapain aja, ya? Apakah mereka masih ngeblog seperti kita ini? Kelihatannya sih nggak, ya? Blog pasti sudah menjadi teknologi kuno pada dua abad mendatang. Ayo, apa prediksi Anda untuk masa dua ratus tahun di depan?

19 thoughts on “Vladimir Odoevsky

  1. hebat nian…jadi ragu nih apa blog model “seperti ini” akan terus bertahan atau digantikan dengan sesuatu yang di luar imajinasi kita?

  2. Kalo aku membayangkan :rool:
    Kedepan semua “gadget” itu akan menyatu dengan badan manusia sehingga kita menjadi 1/2 mesin atau 1/2 manusia, yah mungkin hanya dengan sebuah “susuk” atau berupa “chip multifungsi” yang ditancepi pada bagian tubuh kita…
    ~ ngkaleee aja……., who knows… bibeh…? ~

  3. 2 abad lagi… kita akan kembali ke alam… back to nature… saya lebih setuju dengan filmnya “The Day After Tomorrow”…. akibat panas global lalu hilang semuanya… mulai dari awal lagi.
    bisa-bisa ke jaman purba cing… :P
    ini menurut gua lho…

  4. Prediksi gw …
    yach, seperti mama lauren bilang, kita emang ga bisa mengubah takdir, apaan seh?
    Mungkin blog udah ga lagi lewat internet tetapi chip yang terhubung dengan otak kita. Trus…, buat mengaksesnya tinggal ditanam dan bisa dipertontonkan di sebuah layar seperti proyektor. wuih, kereen kali ya

  5. “Otak-atik asal mathuk” begitu pepatah jawa mengatakan. mengutak-atik kejadian lama kemudian disamakan dengan kejadian yang sekarang/dipas-paskan.

    “imajinasi tinggi dibutuhkan untuk dapat berinovasi”
    berkhayalah untuk meneropong masa depan. film Science fiction merupakan hasil dari daya khayal seseorang.

    Transporter dengan memecah molekul tubuh punya star trex bakal ada. monitor hologram bakal ada. Semua kegiatan kita bakal terdeteksi dengan adanya penguasa baru (bukan Tuhan tapi teknologi/perusahaan siapa itu sekarang masih tahap data collect ) mirip film Matrix. ada pod untuk media komunikasi sehingga tidak jelas perbedaan antara reality live dengan virtual live, juga mirip film matrix. intinya sang pencipta benar-benar menunjukkan kepada umatnya bahwa dunia emang bener-bener fana ….. hahahahaha
    Terlalu tinggi khayalnya yaaaa jadi takut sendiri ….udah ahh ganti kalian yang berkhayal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s