Kumpulin Kentut Sapi untuk Cegah Hambat Global Warming

Kentut sapi adalah penyebab global warming

Kentut sapi dikumpulin

Kentut sapi dikumpulin

Eh, tahukah Anda apa yang ada di punggung sapi itu? Aha, Anda pasti tidak mengira bahwa yang ada di dalam tangki plastik itu adalah kentut binatang yang dikumpulin. Ah, bercanda, ya? Tidak, saya sama sekali tidak sedang mencoba membuat Anda tersenyum.

Pagi ini saya membaca situs Telegraph tentang efek rumah kaca yang disebabkan oleh kentut sapi. Ah, bagaimana mungkin?

Nah, para ahli mengatakan bahwa sistem pencernaan sapi yang lambat ternyata menjadi jawaban atas pertanyaan mengapa binatang itu menghasilkan banyak gas metana. Asal Anda tahu, gas metana itu juga banyak terkandung dalam kentut. Nah, ternyata gas metana juga potensial menghasilkan efek rumah kaca, sama seperti korbon dioksida.

Dalam upaya memahami dampak dari “angin surga” yang dihasilkan oleh sapi-sapi terhadap pemanasan global, para ahli kemudian mengumpulkan gas yang berasal dari dalam perut sapi. Gas itu dimasukkan ke dalam tanki plastik yang diletakkan di atas punggung binatang memamah biak ini.

Peneliti dari Argentina menemukan fakta bahwa gas metana dari sapi menyumbang lebih dari 30% total emisi yang menyebabkan efekrumah kaca negara itu. Sebagai salah satu negara penghasil daging sapi terbesar di dunia, Argentina mempunyai lebih dari 55 juta ekor sapi yang merumput di Pampas.

Guillermo Berr, seorang peneliti dari Institut Nasional Teknologi Agrikultur mengatakan bahwa setiap sapi memproduksi 8000 sampai 1,000 liter emisi setiap hari. Metana, yang juga dihasilkan oleh tempat pembuangan sampah, tambang batubara dan pipa gas yang bocor, ternyata 23 kali lebih efektif dalam menjerat panas di atmosfer daripada karbon dioksida.

Para peneliti di Argentina sekarang sedang melakukan percobaan diet untuk sapi-sapi itu untuk memperbaiki sistem pencernaan dan diharapkan menurunkan suhu di bumi.

Ah, gara-gara global warming, kentut sapi pun dimasukkan ke dalam tanki plastik. Ada-ada saja!

Foto: Reuters

37 thoughts on “Kumpulin Kentut Sapi untuk Cegah Hambat Global Warming

  1. Lama-lama kentut manusia dikumpulin juga nih hehe.. Tapi bukan untuk mengurangi global warming, tapi untuk membuat WMD (Weapon of Mass Destruction) hahaha..

  2. semakin membuktikan kalo segala apapun yang menghasilkan gas sebenarnya bisa dijadikan bahan bakar. :D

    Daripada blue energy, mari kita gunakan, fart energy!

  3. kentut, kalau dikumpulin, akan mebentuk senyawa padat, setelah itu, untuk mengembalikan ke senyawa gas, dipecahkan, maka akan tercium kembali bau khas dari kentut itu ….. :)

    ketika kita menangis, tak seorang pun peduli dengan air mata kita
    ketika kita bersedih, tak seorang pun peduli dengan kesedihan kita
    tapi….ketika anda kentut, semua orang menoleh kepada anda :)

  4. #4. gagahput3ra, maksudnya bahan bakar apaan ya? Kok saya nggak ngerti.

    Lama-lama nanti kentut manusia sepertinya bakalan di pajak biar kentutnya nggak keseringan dan duit pajaknya bisa dipakai untuk mencegah global warming. ha….ha…ha

  5. Isu… isu!
    Kadang aku berpikir jgn2 global warming itu hanya isu yang disetir oleh kapitalis untuk mbikin laku produknya dan dimanfaatkan politisi untuk memperpanjang kariernya.

    Yiuk mari!

  6. @Rafki RS
    Maksudnya Fart Energy itu “Tenaga Kentut”. Fart kan bhs Ingg.nya Kentut. :P coba bayangin kalo kentut semua orang dikumpulin disatu tempat sebagai bahan bakar. wakakakaka

  7. skalian bikinin rumah khusus buat sapi… bikin saluran udara buat ngalirin kentut ny ke tangki plastik… wkekek

  8. PLTK=Pembangkit Listrik Tenaga Kentut.

    hayo siapa mau ikut teken kontrak?ntar tender dikorup aja..klo terjadi kebocoran paling bau aja he5x..lebih aman ketimbang bocornya PLTN CHERNOBYL..

  9. Pingback: Global Warming Bikin Bumi Semakin Panas! | DuniaAnda.com

  10. Pingback: » Global Warming Bikin Bumi Semakin Panas!

  11. G BISA BAYANGIN DAH PARA ORANG2 HEBAT YANG NGUMPULIN KENTUT SAPI ENTU……”APA KATA DUNIA”…..DIBAYAR BERAPA SIH MAS!!!!!……lo boleh berpartisisapi, lebih dari 50x aku kentut tiap hari…100% ak ikhlas memberikan kentutku demi global warming….heeee

  12. kalo begitu mari sodara2 sekalian kita giatkan makan gulai sapi,byar persediaan sapi d bumi gantian yang menipis……………
    wekekekeke…..

  13. Pingback: Salah siapa??? « NeNg NtiEh’s Blog

  14. ada ada aja nih !!

    but, that’s our world, weird but true .

    kapan yaa kentut kita juga di kumpulin ??

    kalau plastiknya pecah, pasti bau banget tuh !!

    hah haha

    kunjung juga dong blog daddy ku di cafestudi061.wordpress.com

    okeee ???

    ditunggu tulisan-tulisan nya yg baru, up to date, aneh tapi nyata

  15. memang lucu sekali dan ngak masuk akal tapi ini sudah diteliti dan dibuktikan, kalau tak percaya coba deh lakukan penelitian sendiri. Ini menyangkut bumi kita tercinta keselamatan seluruh mahluk bumi.setelah tertawa coba renungkan apa makna yang sebenarnya

  16. Kentut babi juga dikumpulin????????????
    Atau cuma kentut sapi aja??????
    sekalian dikasih tips cara buat tabung “kentut”!!!!!!!!!!!11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s