Handphone Antisadap

Koruptor pasti ngebet beli handphone antisadap!

handphone antisadapArtalyta Suryani, Al Amin Nasution, Urip Tri Gunawan, Bulyan Royan, Azirwan dan Deddy Suwarsono pasti benar-benar tidak menduga bahwa pembicaraan mereka lewat telepon selular selama ini telah diintai oleh Komisi Pemberantas Korupsi. Semua cuap-cuap mereka ternyata direkam dengan detail oleh KPK. Kecanggihan KPK menyadap pembicaraan telepon dan juga lalu lintas SMS mereka berujung pada dicokoknya begundal-begundal koruptor itu. Kini sidang mereka sedang berlangsung dan bisa dipastikan mereka akan meringkuk di penjara.

Jika mereka tahu bahwa ada handphone antisadap, pasti mereka mau membeli meskipun harganya mahal. Tapi, benarkah ada handphone antisadap yang dijual di pasaran?

TokoBagus.com, misalnya, menawarkan sebuah handphone yang diklaim antisadap. Mereka mengatakan produk mereka adalah terobosan baru dari sebuah tim di bidang keamanan komunikasi. Handphone modifikasi dengan “voice encrypted” sehingga setiap SUARA yang terkirim dari handphone antisadap itu ke operator akan dienkripsi. Bukan hanya “suara” saja yang dienkripsi, karakter yang diketikkan ketika mengirim “SMS” pun juga disandikan. Yang dapat menerima pembicaraan maupun sms hanya relasi anda saja. Mereka mengatakan data voice yang terkirim ke operator berbeda dengan handphone normal.

Dengan handphone antisadap berbandrol Rp10 juta ini maka pembicaraan anda dengan relasi menjadi aman, tanpa ada satu pihak pun yang dapat “mendengarkan pembicaraan & membaca sms anda”. Bahkan “OPERATOR seluler” pun konon tidak bisa menyadapnya. Wah, hebat sekali ya produk dari TokoBagus.com ini.

TokoBagus.com juga menjual Ghost Handphone. Handphone khusus berharga Rp7.5 juta ini untuk mendengarkan keadaan di sekitar pemegang ghost handphone secara diam-diam tanpa diketahui pemegang ghost handphone tersebut. Jika dihubungi dari nomor khusus yang telah di SET sebelumnya oleh team mereka maka Handphone ini langsung menerimanya TANPA ada ringing, tanpa lampu, tanpa ada perubahan di layar depan, tanpa getar, seperti layaknya keadaan standby, nomor khusus tidak tercatat di log dan lain-lain.

aktivitas menyadapTokoFree.com juga menjual alat yang berfungsi untuk melindungi line telephone anda dari penyadap. Privacy akan sangat terjaga. Bila ada yang mencoba menyadap line anda maka pembicaraan langsung otomatis terputus. Mereka mengatakan pemasangan alat ini sangat mudah. Oh, berarti alat ini dipasang di telepon rumah, ya? Harga alat ini hanya Rp700.000 saja. Murah sekali bagi koruptor yang nguntit uang rakyat bermilyar-milyar.

Ada lagi HyperIntel yang juga menjual GSM dan CDMA Interceptor. Sayangnya situs mereka tidak dibuka untuk umum. Jadi penjelasan tentang produk ini pun tidak bisa dipaparkan.

Majalah TEMPO tanggal 22 Juni 2008 juga pernah menurunkan artikel tentang handphone antisadap yang bernama Celebes. Aplikasi selular bersandi seharga Rp100juta ini adalah hasil rekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara. Baik suara maupun SMS akan dienkripsi oleh Celebes. Jika disadap, suara akan berubah menjadi desingan di telepon dan SMS berubah menjadi deretan huruf tanpa makna. Handphone yang bisa dipasangi aplikasi ini antara lain adalah Nokia E90, N73, N82, dan N81. Celebes menggunakan algoritma kriptografi, bukan berdasarkan nomor seluler si pemakai sehingga tak bisa dideteksi oleh operator telekomunikasi.

Majalah ini juga memaparkan adanya situs-situs web yang menawarkan peranti pengaman suara (http://www.cellcrypt.com) yang bermarkas di Inggris, lalu ada juga (http://www.god-lock.com) dari Israel, atau (http://www.securegsm) dari Australia. Adapun pengaman pesan pendek bisa diperoleh melalui situs (http://www.celltrust.com) dari Amrik atau (http://www.sms007.cz) dari Republik Cek. Silakan pilih sendiri jenis antisadap yang Anda inginkan. Semua tersedia dan semua ada harganya.

Hmmm, semua informasi kehebatan antisdap di atas adalah klaim dari penjual. Kalaupun handphone yang dijual itu memang tidak bisa disadap oleh orang awam seperti saya dan Anda, bukan berarti bahwa KPK tidak mempunyai alat untuk menembus blokade antisadap yang terpasang di handphone itu, khan?

Artalyta Suryani, Al Amin Nasution, Urip Tri Gunawan, Bulyan Royan, Azirwan dan Deddy Suwarsono pasti menyesal tidak menggunakan handphone antisadap ketika melakukan transaksi, ya? Kasihan deh elo…!

68 thoughts on “Handphone Antisadap

  1. Tenang saja boss, info yang pernah saya dengar dari YIM, alat penyadap yang dimiliki KPK itu termasuk powerful dan digunakan oleh dinas intelijen berbagai negara besar.

    Kalau harga HP anti sadap hanya 10 jutaan, saya yakin itu cuma gimmick, kecuali dihargai 100 jutaan itu baru masuk akal, soalnya alat sadapnya saja harganya milyaran.

  2. wah saya merencanakan roadshow antisadap kpd anggota dpr bulan ini, cuma sepertinya udah keduluan sama tokofree dan tokobagus :-(

  3. Kemaren Sore Om Hi Roy juga cuap cuap di tipi, kalo alat sadap KPK, canggih punya. Yang pake baru US, Israel, Aussie sama Indonesia :).

  4. Masalah antisadap menurut saya hanyalah sebuah teknik enkripsi yang memakai algoritma tertentu. Ada teknik enkripsi tentu juga ada teknik deskripsinya agar orang yang dituju oleh si pengirim bisa menangkap pesannya dengan baik.

    Menurut saya enkripsi yang dilakukan oleh alat anti sadap pada telpon atau hp tersebut hanyalah metode enkripsi sederhana dengan algoritma sederhana. Jadi, alat-alat penyadap abal-abal mungkin saja tidak bisa menyadapnya. Tapi dengan alat secanggih yang dimiliki KPK, saya fikir belum ada metode enkripsi umum yang belum bisa dipecahkan. Apalagi enkripsinya tidak dilakukan oleh komputer, hanya oleh sebuah alat sederhana yang dipasang di telpon antisadap tersebut. Tentu saja metode enkripsi sangat sederhana.

  5. Kita nantikan dalam paparan permintaan tambahan anggaran dewan tahun depan, sepertinya poin handphone anti sadap akan masuk dalam salah satu klausulnya :)

    Artikel yang bagus, Dab!

  6. Gara2 penyadapan oleh KPK, pendapatan operator telekomunikasi dari para anggota DPR pasti menurun drastis… ^o^

  7. mungkin hp jebakan…membaca iklan hp ini para koroptor pasti terpikat, padahal sebenernya masih bisa disadab jg, malah sampek desahan2 nya jg tersadab :lol:

  8. Saya pikir, hal ini sudah pasti diantisipasi oleh instansi pemerintahan yang mempunyai kewenangan untuk menyadap. Kalau yang di beredar pasaran berkualitas grade #1, #2 dan seterusnya pastinya nanti instansi tersebut akan menganggarkan pembelian alat yang lebih canggih dari alat yang beredar di pasaran. Masa negara kalah sama masyarakat….maju terus pemerintahku…salam kenal

  9. Secara teknis, tidak ada yang aneh2 dengan alat penyadap di operator.
    Pada dasarnya, voice & sms bisa disadap, karena … ya memang tidak dienkrip sama sekali di core network operator telco.
    Enkripsi hanya digunakan antara handphone dengan bts.
    Tanpa alat tambahan secara khusus, bisa saja orang dalam operator nguping pembicaraan orang. Kesulitannya, tidak semua pegawai operator memiliki akses pada perangkat yang dilewati voice/sms, dan channel yang terpakai orang yg mau disadap, harus ditelusuri.

    Tentang teknologi penyadapan, di situs ETSI (badan pembuat standar GSM) banyak kok dokumen yang menjelaskan arsitektur/protokol penyadapan di jaringan GSM.
    Pada umumnya, operator tidak mengimplementasikan perangkat penyadap, bukan karena tidak mampu, tetapi lebih karena buang2 uang tentu saja, kecuali regulator (pemerintah) mengharuskannya.
    Yang pake baru US, Israel, dan Aussie???? Operator negara lain males masang mungkin, karena tidak diwajibkan pemerintahnya :D.

    Kalau harga sistem penyadap yang sampai bermilyar-milyar, sebenarnya masih wajar untuk perangkat kelas operator. Sepertinya perangkat untuk core network yang harganya kurang dari 1 milyar sangat jarang.

  10. biasanye maling itu lebih pinter dari pulisine,
    mungkin saja si urip, si ayin dan si lainnye lagi ketiban apes.
    jika tidak paling ketawa-ketiwi tuh orang, sambil ongkang-ongkang di kursi santai sembari nyeruput teh anget
    buatannye si bini muda.

  11. Pingback: Handphone Antisadap

  12. HP Canggih? kl ga salah canggih kan artinya “Cangkeme Nggah Nggih” … jadi ya tetep aja bisa disadap

  13. Saya pernah mengikuti implementasi sistem penyadap di operator x, jadi memang secara teori voice-data setelah BTS – MSC tidak di enkrip, jadi dapat disadap atau di duplikasi ke tujuan lain.
    Untuk handphone dengan sandi enkripsi tentunya lawan bicara kita haru s memiliki handphone sejenis klo ngga ya bisa g nyambung.

  14. Gak usah repot repot pakai teknologi enkripsi, wong mekanisme penyampaian key-nya aja belum beres.

    Mending pakai sandi aja… Kucing dua beli tikus tiga… Kijang menunggu……..

  15. koruptor tuh harusnya dihukum mati aja! Atau kalau enggak ya harus disetrika hidup-hidup! Ini ide saya sendiri lho! Salam kenal aja :) !

  16. @29/30.

    Kalau pake Pidgin, ada plugin Pidgin-Encryption dan OTR, harus digunakan kedua pihak.
    Tetep bisa disadap sih, tapi setidaknya yang nyadap harus “berusaha keras” untuk membongkar pesan terenkripsi. Itu kalau pemerintah/penyadap mau “nguping” lewat jaringan. Tapi kalau memang niat, bisa saja pemerintah menggunakan cara yang lebih mudah daripada membongkar enkripsi, misalnya nyari2 log YM nya di komputer para teroris dkk.

  17. Waduh kesian KPK donk.. udah Invest peralatan milyaran rupiah.. sebentar lagi ga bisa dipake… Indonesia bangsaku kapan kau bisa bangkit… :c

  18. saya sependapat dengan Vavat (#3). Beberapa lama sebelum rekaman percakapan Ayin dipublikasikan, saya pernah baca iklan tlp anti sadap dgn harga sekitar Rp 100 juta persis spt yg dimuat di Tempo.

    lagi pula hrs two-way spt yg dibilang #27. jd akan semakin mahal saja (atau menarik?) bisnis ini :wink:

    menurut logika sederhana saya, jika proses enkripsinya (apapun algoritmanya) menggunakan teknologi ‘selalu ada celah’ utk membongkarnya (misalnya melalui proses reverse). masalah tinggal ditingkat kesulitannya saja. spt yg disampaikan oleh #18,#27,#33.

    mungkin benar #23, teknik tradisional masih lebih ampuh… :mrgreen:

  19. Pingback: Telah Dipasarkan Handphone Antisadap Khusus Untuk Koruptor « K-SEMAR Sumatera Utara

  20. kalo koruptor pake hp antisadap,
    kpk nyadapnya jg pake hp antisadap….. :)

    (tentunya setelah bekerjasama dng operator).

  21. Yo wes pake merpati pos aja lah,,, :d

    Mangkanya jadi orang gak usah banyak rahasia. Jadi gak akan takut walaupun tiap omongannya disadap… Hiduplah dengan cara yang aman, damai, dan tenteram.

    Kalau masalah teknologi itu sendiri, saya sangat setuju dengan pengembangan teknologi tersebut. Setiap teknologi harus dikembangkan secanggih mungkin, masalah manfaat atau madharat-nya itu diatur oleh lembaga lain yang berwenang.

  22. Kalo hp kayak gitu memang benar2 diproduksi, pasti konsumennya para pejabat dan anggota dpr. Ssstt…, disini ada gak ya yg jadi pejabat atau anggota dpr?

  23. Pake MIG33 aja..he5x..koruptor yg hi tech pake VOIP aja gmn?via SKYPE or YM…ntar deh mbuat JURUSAN TEKNIK KORUPSI di FAKULTAS ILMU SUAP INTRIK & PENIPUAN..bobot 5SKS mata kuliah E-KKN *glodaks?!????!!!!@*

  24. wah makin ke depan teknologi makin canggih aja…

    tapi makin jelek aja efek sampingnya…
    bener nich,,
    korupsi makin terbungkus rapi
    dan rakyat kecil makin terpuruk akibat teknologi ini

    hemmm….
    kabar buruk

  25. wuah….
    giliran yg nyesatin ja maju jalan
    eh, giliran yg membangun bangsa dan buat anak cucu qta malah jalan di tempat
    ck…ck…ck….
    salut dah buat para penemu yg menyesatkan bangsanya sendiri!!!!!

  26. Ini tips dari saya agar handphone anda tidak bisa disadap :

    * Jangan mau menerima hadiah berupa handphone, karena handphonenya bisa aja sudah disuntik program untuk agar bisa disadap oleh pemberi HP.
    * Jangan menggunakan Nomor HP anda jika ingin membicarakan hal penting dan rahasia, sebagai gantinya gunakan nomor perdana baru yg nomornya hanya rekan bicara anda yang tahu, begitu jg lawan bicara anda harus gunakan nomor HP yg baru beli dan hanya anda yg tahu.
    * Hindari penggunaan HP canggih, karena HP canggih terdapat fitur bluetooth, WiFi, JAVA, dll, sebagai ganti gunakan HP jadul (jaman dulu), ini lebih aman karena gak bisa dihack bluetoothnya dan gak ada virusnya. sampe saat ini saya masih mempunyai HP Nokia 3310 :)

    Tulisan ini saya buat karena barusan denger berita di TV, percakapan via HP oleh Artalita Suryani bisa disadap padahal udah pake nomor singapura. Ceroboh banget sih.
    Tapi saya setuju aja sih kalo koruptor dilacak pembicaraannya, yang saya sesalkan kalo penyadapan HP untuk tujuan bisnis atau untuk mengetahui pembicaraan lawan politik.

  27. Bahwa pemerintah Indonesia sekarang sedang mencoba memerangi korupsi, itu sudah diketahui umum meski masih diakui dalam tataran wacana belaka. Diakui atau tidak, ada budaya-budaya tertentu yang berlaku secara nasional maupun domestik di Indonesia yang ‘mendukung’ praktek KKN (Korupsi, Kerja Nyanda’). Believe it or not, budaya-budaya yang mendukung korupsi itu juga ada di Gorontalo. Celakanya, berbagai alasan agama (Islam) dipakai pula untuk melakukan pembenaran terhadap korupsi.

    Jenis korupsi yang dibahas dalam artikel ini tergolong ‘korupsi halus’, yaitu ketika seorang pejabat negara menerima pemberian dari orang lain. Sementara jenis ‘korupsi kasar’ adalah penyalahgunaan anggaran negara, penyelewengan dana, mark up, manipulasi data, dan lain-lain. ‘Korupsi kasar’ tidak dibicarakan dalam essay ini karena umumnya pelakunya memang berniat menilep uang negara tanpa bersandar pada ajaran agama.

    Seorang muslim/muslimah pelaku ‘korupsi halus’ biasanya melakukan pembenaran terhadap perilaku korupsinya berdasarkan pada alasan-alasan budaya dan agama (Islam). Contoh yang pertama adalah budaya Sadaqah. Soal ini sudah pernah ditulis oleh Herdiyanto Yusuf dalam artikelnya yang berjudul “Sadaqah dan Filosofi Bakincing Ulang” tiga tahun yang lalu. Seorang pejabat di Gorontalo (lurah, kades, camat, bupati, walikota, gubernur, bahkan kepala dinas, anggota DPR/DPRD dan rektor), menurut budaya kita, tidak dibenarkan menolak pemberian sadaqah ketika menghadiri upacara adat yang digelar rakyat semisal peminangan (tolobalango), perkawinan, dan lain-lain.

    Masalah sadaqah ini sebetulnya hanya berlaku dalam upacara adat saja. Tetapi kemudian, ada pejabat yang memaknai pemberian dari seorang kontraktor penerima proyek sebagai sadaqah yang tentu saja tidak boleh ditolak. Konteks sadaqah menjadi jauh berbeda dari yang semestinya. Jelas sudah, sadaqah menjadi salah satu alasan pembenaran praktek korupsi.

  28. Sebaiknya belajar kriptografi saja, dan kalau perlu menggunakan algoritma enkripsi yang sederhana tetapi cukup sulit untuk dipecahkan.

    Khusus untuk sms yang hanya sekitar 160 karakter bisa menggunakan metode enkripsi One Time Pad (OTP), atau juga bisa dengan teknik lokasi angka dengan teks smsnya diambil dari harian surat kabar umum.

    Untuk bertukar kunci sebaiknya ngomong langsung di tempat yang dapat dijamin keamanannya dari penyadapan. Kunci enkripsi juga harus diganti-ganti. Hati-hati, karena agen intelejen ada di mana-mana, bahkan tukang sapu dan sopir juga bisa jadi agen. Mereka mempunyai alat untuk mendengar pembicaraan dari jarak jauh, bahkan dari luar tembok. Sebaiknya berbicara menggunakan tulisan di atas kertas saja, setelah selesai langsung dibakar.

    Saya yakin metode ini sudah cukup susah untuk dipecahkan.
    Sebagai tambahan, bisa juga digunakan metode enkripsi Book Cipher dan Garbo’s Cipher.

  29. Oh ya lupa, ada tambahan…
    Jangan pernah sekali-kali sms, telpon atau ngomong/ngobrol langsung dengan hal-hal yang berkaitan dengan metode enkripsi yang digunakan. Sekali ceroboh, bisa fatal akibatnya…

    Karena yang menyadap tidak hanya dari pihak dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Kau lihat di langit sana, ada satelit asing yang 24 jam sehari, 7 kali seminggu mengawasi dan menyadap semua lalu lintas data komunikasi, baik itu sms, telepon, email, chatting, dan semuanya yang memanfaatkan pihak ketiga pada saat kita berkomunikasi.

    Perhatikan juga, untuk sms gunakan nomor yang baru, dan pastikan lokasi tempat anda selalu berubah-ubah dan jauh dari tempat Anda biasa berada. Karena walaupun nomor sudah ganti, tetapi lokasi pengiriman tetap sama. Jadi, bisa dipastikan bahwa no hp yg baru itu adalah milik Anda. Ingat, bahwa Perusahaan seluler bisa mengetahui posisi Anda dengan tepat selama Anda membawa hp… Ingat juga bahwa suara Anda itu unik, dan dapat mudah dikenali dengan komputer…

    Tulisan ini bukan untuk menciptakan phobia, tapi faktanya memang seperti itu…

    “pe gd sy dk fn” (dekrip dg metode Playfair kunci=’kunci’)

    • saya bukan koruptor..
      bukan buronan..
      tp lg butuh hp anti sadap lokasi..
      mungkin kalo sms bisa di acak sendiri hurufnya..
      kalo telp mungkin bisa pake bahasa sandi…
      mungkin ga sih penyadap bisa tau no IMEi hp trus kalo kita ganti simcart masi bisa di lacak.. berarti kita harus ganti hp sama simcart, ato tiap telp pake hape temen.. geratis ga’ kelacak.
      masih ada saran ga’

  30. orang indonesia itu punya keinginan yang kuat dan pintar pada umumnya,..
    rasa keingin tahuan kita besar dan kita bisa melakukan apa saja..
    kenapa tidak KITA yang MAJU!!!..

    ayo bangkitkan INDONESIA………..
    minimal internet kita pegang..

    berfirkir bukan memanfatkan yang ada!!!

    tapi bagaimana CARA KITA MENJADI OWNER…!!!!

  31. Kyanya ga mungkin dech KPK brdiam dri dgr ky gtuan?lw KPK tau ya pst mrk pny alat yg lbh canggih dunk,bwt nge obok2 alat yg dianggap menghalangi krj KPK….

  32. hyyyyyyyyyyyyyyyyyyy skrg marak bgt y korpsi,pa enkx sich korupsi tuccchhhh……………………………………….. dari paDA ngorupsi duitx rakyat mendingan liat mka guev ja po”o kan lbh enk d pndangx!!!!!!!!!!!!! y kannnnnnnnnn……. dzach dlu yawwww byyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  33. Pingback: Catatan Dari Hati » Blog Archive » MALAIKAT JUGA TAHU, SIAPA YANG JADI JUARANYAA..

  34. Pingback: Catatan ATG » MALAIKAT JUGA TAHU, SIAPA YANG JADI JUARANYAA..

  35. enkripsi itu keamanannya tergantung besar key nya. makin besar keynya makin bagus keamanannya. kalau pake key yang kecil, misal hanya 56 bit..dalam hitungan jam atau hari isi pesan bisa dipecahkan dengan mudah. sehingga sia-sialah enkripsi tersebut. untuk yang aman harus memakai key yang 1024 bit. Enkripsi jenis ini bisa membutuhkan miliyaran tahun untuk memecahkan sandi tersebut tanpa menggunakan key.

    masalah nya ketika menggunakan key yang besar, proses membutuhkan calculation proces yang besar. yang berakibat waktu pemprosesan menjadi lebih lama. Terlebih HP tidak memiliki processor yang powerfull kaya komputer rumah. jadi walau hanya sebuah sms, hpe butuh beberapa menit untuk mengenkripsinya. terlebih pada data voice yang lumawan besar. tidak terhitung lama pemprosesannya, bisa berjam-jam untuk mengenkripsi sepuluh menit percakapan telepon.

    kesimpulannya..
    Pasti para koruptor tidak akan sabaran menggunakan enkripsi super ini untuk percakapan sehari-harinya.
    kalaupun oleh koruptor pake enkripsi tingkat rendah. KPK hanya butuh beberapa jam untuk mengetahui isi dari pesan tersebut.

    Ayoo berantas korupsi….

  36. Pingback: Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Malaikat Juga Tahu, Siapa Yang Jadi Juaranyaa..

  37. ONLY THE PARANOID SURVIVE IN THIS CRAZY WORLD !!! Pokoknya kembangin ajah pola pikir PARNO, pasti aman! Heheh. Ato kalo mau lebih aman lg, belajar ajah gmn caranya pake TELEPATI. Ditulis di kertaspun, masih bisa was2 kalo kalo ntar ketangkep oleh zoom nya cctv hehehe. Aduh makin ngelantur ajah nih saia nulisnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s