PON yang Dimulai pada Minggu Kliwon

Halah, bikin nama saja nggak becus!

Setelah berhura-hura dengan pertandingan Piala Eropa yang berlangsung di Swiss dan Austria pada pekan lalu, kini pecinta olahraga akan disuguhi kompetisi multicabang PON ke 17 yang dilangsungkan di Samarinda, Kalimantan Timur mulai 6 Juli 2008 – 17 Juli 2008. Inilah untuk pertama kalinya event multicabang tingkat nasional diadakan di pulau Kalimantan. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya kota-kota di Jawa, Sulawesi dan Sumatera saja yang diberi kepercayaan menyelenggarakan PON. Medan, Makasar dan Palembang adalah tiga kota pertama di luar Jawa yang dijadikan tuan rumah PON.

Ada yang aneh dengan nama kompetisi olaharaga yang diikuti 33 propinsi bernama PON ini. Menurut situs resmi PON XVII, PON itu adalah kependekan dari Pekan Olahraga Nasional. Padahal kalau dihitung-hitung, jangka waktu antara 6 Juli sampai 17 Juli itu adalah 11 hari, bukan satu pekan atau satu minggu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring menerangkan arti kata “pekan” sebagai berikut:

pe·kan n 1 pasar: mereka pergi ke — membeli sayuran; 2 minggu (7 hari): harapanku dia datang — ini;
— budaya pameran kegiatan kebudayaan selama sepekan; — raya pasar malam besar dan bermacam-macam pameran (baik dr dl negeri maupun luar negeri) dan pertunjukan: pd setiap peringatan hari ulang tahun Jakarta diadakan — raya Jakarta; — seni pameran kegiatan kesenian selama sepekan.

Atau apakah yang dimaksud dengan “pekan” dalam PON itu adalah “pasar“? Saya pikir tidak. Berbeda dengan Piala Eropa yang dijadikan pasar pemain oleh klub-klub sepakbola dunia, PON tidak pernah bersangkut-paut dengan jual beli pemain dari satu propinsi ke propinsi lain pascapertandingan. PON bukanlah event olagraga profesional seperti itu.

Jadi, menurut saya PON itu bukan Pekan Olahraga Nasional. PON lebih tepat disebut sebagai Pesta Olahraga Nasional. Kamus yang sama menerangkan arti “pesta olahraga” sebagai “perayaan olahraga dng mengadakan pertandingan berbagai cabang olahraga;”.

Ngemeng-ngemeng, tahukah Anda bahwa PON XVII besok yang mepertandingkan 43 cabang olahraga dan diikuti 10.000 orang atlet ini dimulai pada hari Minggu Kliwon, bukan Minggu Pon menurut hitungan kalendar Jawa? Anda sendiri lahirnya pada hari apa? Jumat kliwon, Sabtu pahing atau Senin Wage seperti saya?.

Foto: Cipzy

18 thoughts on “PON yang Dimulai pada Minggu Kliwon

  1. Yang bikin ironis soal PON adalah, dalam penyelenggaraannya nanti, aliran listrik di beberapa daerah di Kalimantan akan diputus selama 15 jam setiap harinya. Tujuannya untuk mengamankan suplai listrik selama PON.

  2. Katanya dana yang dihabiskan sampai ber “T” bukan ber “M” lagi…

    Aku jadi semakin berpikir, benar juga kata Yusuf Kalla, di salah satu media dia bilang kalau di Indo ini luar jawa isinya banyak orang2 kaya, nggak kayak di Jawa :)

    Migrasi ke sana, KangMas?

  3. Pesta Olahraga Nasional.. itu yang tepat. PEkan sepertinya sdh tidak berlaku lagi… gak ada editor tu kayaknya mas… (ehmm..).. Saya lahir Kamis Pahing.. termasuk orang beruntungkah??

  4. @7. kucingkeren
    Mba susan, hampir semua media massa mengatakan bahwa PON adalah pekan olahraga nasional. Silakan lihat di koran Anda hari ini di halaman olahraga.

    @8. fisto
    PRJ = Pekan Raya Jakarta. Pekan di sini artinya pasar. Pekan di sini artinya bukan minggu (7 hari). Karena di sana terjadi jual beli barang yang diperdagangkan. Lihat penjelasan tentang arti kata pekan di KBBI di atas.

  5. Jangan salah mas, PON juga hampir sama dengan EURO soal jual beli pemain. Bedanya, kalo Euro, jual beli pemainnya setelah event Euro selesai, baru ada jual beli. Misalnya pemain dari Chelsea di jual ke AC Milan.

    Transaksi di PON berlangsung sebelum event PON. Contohnya Pemain (olahragawan/wati) dari DKI dibeli oleh daerah propinsi lain untuk memperkuat timnya, supaya dapat medali emas. Selesai PON, ya terserah. Mau balik ke Jakarta lagi atau mau menetap di propinsi yang beli. Cuma transaksinya enggak jelas… itu perbedaaan yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s