Pro & Kontra Ngeblog dengan Domain Mapping di WP.com

Ada enaknya, ada juga nggak enaknya. Tapi sekarang saya suka.

domain mappingIni memang bukan langkah yang populer bagi kebanyakan blogger. Setahu saya, blogger dari Indonesia jarang yang menggunakan domain sendiri untuk ngeblog di WP.com. Layanan seharga cuma US$10 per tahun ini memang tidak jamak dilakukan oleh teman-teman blogger. Pasti ada yang suka dan ada pula yang tidak suka. Dari sekitar 3,4 juta blog yang ada di WP.com, kurang lebih ada 20,000 yang menggunakan domain sendiri. Hmmm, sebuah persentase yang kecil, ya?

Yang suka:
Ini adalah suara saya sendiri. Jadi, klaim bahwa item-item berikut ini disuka adalah semata-mata pernyataan dari saya yang baru kemarin sore berhasil menyelesaikan domain mapping di WP.com. Kenapa sih harus melakukan domain mapping?

  • Stabil, belum pernah denger WP.com tewas untuk waktu yang lama. Seingat saya sih WP.com jarang sekali down. Moga-moga ini juga untuk seterusnya. Sampai siang ini ada 3,451,877 blog yang ngendon di WP.com dan moga-moga server mereka kuat.
  • Murah, cuma 10 dollar per tahun jika kita sudah mempunyai domain. Jika Anda belum mempunyai domain, silakan pesan di WP.com dan lakukan domain mapping sekaligus. Kalo ini biayanya total US15 dollar per tahun. Lho, bukankah ngeblog di WP.com gratis? Ini malah lebih murah lagi, khan?
  • Space legaaaaa, 3 Giga untuk menempatkan file gambar untuk ilustrasi blog. Space yang lebih lega tersedia juga asal mau bayar
  • Selalu menggunakan WP versi terbaru tanpa repot install theme (dan juga plugin). Sebagai seorang pemalas, ini adakah fitur yang paling saya suka.
  • Mendapat dukungan dari Automattic: akismet, gravatar tidak saya pikirkan sama sekali. Biarkan mereka yang pusing.
  • Less spam tanpa perlu mikir plugin ini dan itu. Nyaman tanpa gangguan, moga-moga
  • Terintegrasi dengan WordPress.com, sehingga komentator nggak perlu repot ngetik nama dan alamat email jika sudah login di WP.com
  • Apa lagi ya…

Yang Tidak suka:

  • Nggak leluasa pakai themes dan plugin sendiri
  • Nggak leluasa edit css (sebenarnya bisa sih, tapi harus bayar 15 dollar per tahun)
  • Ada lagi?

Kedua item di atas ini bisa saya patahkan: halah, blog kek gini sih nggak perlu themes dan plugins khusus. Asal sudah live saja sudah untung. Lagi pula, saya juga lebih sering pusing ngurusin CSS dan akhirnya ngrepotin orang lain yang saya tanya. Mulai sekarang, selamat tinggal kepusingan ngurusin CSS.

Oh, ya transaksi domain mapping di WP.com ini dibantu oleh Mas Eko yang dengan sigap memberikan saya 10 kredit senilai US$10. Terima kasih Mas Eko.

29 thoughts on “Pro & Kontra Ngeblog dengan Domain Mapping di WP.com

  1. Hal yang sama juga saya lakukan dengn blog saya, Mas. Beralih ke WordPress.Com setelah sekian lama ngeblog dari hosting web sendiri. Memang itulah trade-off dari semua kemudahan dan kenyamanan ngeblog di WP.Com. Tapi, karena saya merasa sekarang lebih baik fokus pada content, akhirnya saya serahkan urusan infrastruktur kepada WP.Com. :)

  2. Kemas Antonius
    wah, syukurlah. kalo anda khan alasanya karena ingin fokus ke konten. kalo saya alasannya karena malas. hihihi… wong konten saya nggak jelas…

  3. hmm…ini dia yg saya cari..kenapa gak kepikiran dari dulu ya…
    tapi gak bisa pilih theme dan plugin sesuka hati ya…wah, kalo semacam blog saya yg sudah terbiasa pake asides gimana ya… ?

  4. afterall sih, WP memang paling ergonomis, penuh kemudahan, ceria tapi tetap “dewasa”. hehe..

  5. Pingback: setelah pindahan, istirahat sejenak « fistonista

  6. Pingback: Hosting Pecas Ndahe « Ndoro Kakung

  7. @ bangsari : blogspot pindah ke wp (kayak momon)
    abis itu baru domain mapping :P

    @ puji : tak kirain ada bagi2 kredit wp.com :)

  8. sering backup datanya aja mas. Sapa tau si Matt iri dengan blog ini, terus mensuspended dengan berbagai alasan :).. semoga saja tidak sih.. tapi saya sudah pernah disuspended, beberapa teman juga pernah.. hiks

  9. Pingback: Menggunakan Custom Domain untuk Blog WordPress.com « Insun Medal

  10. Maaf saya ingin menayakan di artikel Anda:
    “Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menyiapkan adanya 10 kredit dalam account WordPress.com. Jika Anda mempunyai account PayPal atau kartu kredit, Anda dapat melakukannya nanti pada saat melakukan langkah di WordPress.com. Jika”.

    Saya kan sudah beli domain sendiri di salah satu perusahaan hosting berarti saya tinggal mengarahkan NS nya saja yah dan setting di wp nya. Apakah saya mesti bayar 10 kredi itu juga.(maksudnya bagaimana bisa dijelaskan).

  11. Maaf saya ingin menayakan di artikel Anda:
    “Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menyiapkan adanya 10 kredit dalam account WordPress.com. Jika Anda mempunyai account PayPal atau kartu kredit, Anda dapat melakukannya nanti pada saat melakukan langkah di WordPress.com. Jika”.

    Maksudnya jika memliki domain dan hosting sendiri berarti haruskah tetap membayar 10 dollar per tahun ke wordpress atau hanya tinggal mengarahkan NS nya saja.

Leave a Reply

