Zazzle

Ekornya puanjang banged

Alangkah pintarnya orang yang mempunyai bisnis seperti Zazzle.com. Ini adalah sebuah toko online dengan jumlah produk yang tak terhingga. Ya, bener. Jumlah produk yang mereka jual jumlahnya unlimited. Jenis barangnya memang mulai dari kaos cowok dan cewek, mugs, stiker, mousepad sampai kartu ucapan. Tapi, desain yang ditawarkan jumlahnya benar-benar tak terbatas. Kok bisa? Ya bisa karena mereka menyerahkan kepada customer untuk mendesain sendiri produk yang mereka inginkan. Coba saja desain sebuah mug seperti punya saya itu. Caranya sangat mudah, semudah drag and drop, geser kanan dan kiri, klik ini dan klik itu. Bener-bener gampang banget.

Saya jadi ingat buku yang beberapa bulan lalu saya baca yang berjudul Long Tail tulisan Chris Andersen. Saya sih mengambil kesimpulan bahwa dengan semakin majunya teknologi informasi sekarang ini, kita bisa menawarkan barang dengan jumlah tak terbatas kepada pelanggan kita. Semua pelanggan dapat dilayani meskipun kebutuhan mereka sangat aneh seperti apapun. Contohnya ya Zazzle itu.

Di Zazzle orang senarcis apapun bisa membuat kaos bergambar dirinya sendiri, menambahkan kalimat seenak udelnya, memesan kaos itu meskipun jumlahnya cuma sebiji doang dan minta kaos itu diantarkan ke rumahnya di Cilebeut. Ini semua dimungkinkan karena adanya internet.

Ngemeng-ngemeng, mug yang saya desain itu keren juga, ya? *narcis mode on*

10 thoughts on “Zazzle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s