Niche Market

A niche market may be thought of as a narrowly defined group of potential customers

niche market

Tiga orang gelandangan yang tidur-(tiduran) di depan sebuah mesin ATM entah di mana ini tahu benar apa itu niche market. Siapa sih orang yang datang ke ATM? Kemungkinan besar orang datang ke mesin itu karena punya uang. Entah itu untuk mengambil uang tunai beberapa lembar miliknya yang disimpan di bank, atau sekedar membeli voucher telepon seluler. Atau orang datang ke anjungan tunai mandiri untuk mentransfer uang ke rekening orang lain.

Ya, ketiga kere itu paham benar bahwa mereka tidak perlu ngemis di jalanan, berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Itu cuma menghabiskan energi saja. Lagipula belum tentu setiap pintu yang diketuk mau memberikan sedekah. Ah, inilah Indonesia.

Untunglah mereka punya akal yang brilian. Cukuplah mereka tiduran di emperan ATM dan menunggu dermawan memberikan limpahan rejeki pasca menarik uang kontan di mesin pintar itu. Hmmmmm, saya yakin ketiga orang yang “lesehan” di lantai itu tidak paham dengan berbagai istilah ekonomi masa kini yang canggih macam niche market, blue ocean, economy of scale, marketing effectiveness, market dominance, point of sale dan seterusnya. Namun secara insting mereka paham bahwa tempat terbaik untuk mencari dermawan adalah di depan mesin ATM.

Hohoho… inilah lokasi paling strategis. Bahkan ketiga orang itu tidak perlu membuka mata untuk mendapatkan “penghasilan”. Inikah yang oleh banyak marketer kelas dunia disebut sebagai “passive income”? Silakan Anda jawab saja pertanyaan saya ini.

Foto: Lukas B. Wijanarko/Borneo Tribune

22 thoughts on “Niche Market

  1. eh tapi kan kalo orang narik duit tunai di ATM itu pecahan gede, 50/100 ribuan. lha kalo ngemis disitu berharap dapet recehan kira2 peluangnya seberapa gede ya? tapi mungkin lokasi di sekitar ATM itu lebih teduh nggak kepanasan seperti di perempatan jalan, bahkan mungkin ber-AC, jadi enak buat tiduran :D

  2. kalo di deket rumah ada gerai atm yang ditungguin orang minta sumbangan, jadi sambil ngantri si orang ini ngasih amplop minta sumbangan dari pantia asuhan mana gitu, pertama-tama sih kepikiran juga kalo ga ngasih karena dah bawa-bawa amplop dia trus dia ngasihnya sambil senyum pula, lama-lama sebodo teuing :D

  3. Dijamin, kalau ngasihnya gocap-ceng atau cepe-ceng, pasti ada kembalian !
    Kalau dibilang passive income, kayaknya nggak deh, di mana posisi uang yang bergerak untuk anda ? tapi rasa kasihan yang bergerak untuk anda !
    Apakah ini salah satu teori terbaru Oom TDW kah ?

  4. Pada suatu hari di perempatan lampu merah terdapat beberapa pengemis sedang bersantai menunggu mobil yang berhenti. Ga lama kemudian berhentilah sebuah mobil mercy biru. Sipengemis langsung menjalankan aksinya.

    Pengemis:”ommm… Minta sedekah omm, kasihanilah saya om”

    Om: (membuka kaca, sambil berkata) “Kasihan ya kamu. Kamu mau uang, ok akan saya berikan, tapi saya kasih kamu 3 pertanyaan dulu. Kamu suka judi ??”

    Pengemis:”Bangaimana mungkin pak buat makan sehari-hari saja susah”

    Om:”Kalo main perempuan kamu suka??”

    Pengemis:”Saya ga punya uang om buat hal seperti itu”

    Om:”Kalo minum-minum suka?”

    Pengemis:”Ga om saya ga suka minum2″

    Om:”Kk kalo gitu kamu saya kasih uang 100 ribu, tapi kamu ikut saya”

    Pengemis:”Banyak amat om, saya harus apa ?”

    Om: Oh ga, saya hanya mau nunjukin keistri saaya, kalo laki 2 yang ga suka judi, main perempuan atau mabuk-mabukan hasilnya akan seperti kamu…

  5. kasian pak .. :)

    apa orang DInsos nggak tahu yah kayak gini .. ??

    kalo minta dari orang yang ngambil di ATM yah alhamdulillah kalo bisa dikasih 50 rb .. tapi kadang susah juga ngeluarin uang 50 rb ..

    terus paling2x dapetnya 500 perak atau seribu .. :D

  6. ide sang hipies tadi memang pintar.. tapi bodoh juga. saat krisis spt ini apakah banyak orang kaya yang darmawan????
    lagi pula kalo kita jadi sang hipy itu bukan pasive income karena bekerja keras untuk menunggu serta berharap bersusah payah nongkrong di depan atm. apalagi kali satpam setempat galak?!!

  7. niche market tidak akan membentuk keberpihakan..dia cuma lapangan yang berusaha kita jaga keberadaannya dan menjadikan kita eksis disana..jadi sasaran strategis tidak bisa didapat juga tanpa rencana strategis dan pemahaman tentang kondisi saat itu…ya gitu deh..

  8. lucu…tulisan dan photonya menggelitik. tadinya saya googling pake keyword niche eh…yg keluar blog ini. Salam kenal pak…sy jadi tertarik baca postingan anda..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s