Tahun Depan Liga Champions Hanya di Astro

Bersiaplah menangis lagi, hai pecinta tayangan sepakbola Eropa!

liga champions

Anda suka menonton sepakbola tapi ogah bayar iuran televisi berlangganan?

Tahun lalu Anda menangis gara-gara sepakbola Liga Inggris tidak tayang di televisi terestrial yang gratis. Astro mendapatkan hak siar itu secara eksklusif untuk wilayah Indonesia. Kemudian tangis Anda mereda ketika Lativi (kini namanya bersalin menjadi TVOne) mendapatkan hak untuk menayangkan pertandingan langsung dan pertandingan tunda.

Mulai hari ini nampaknya Anda harus menyiapkan air mata tangis lagi. Dikabarkan bahwa Astro sudah menjalin kerjasama dengan UEFA sebagai pemegang hak siar pertandingan Liga Champions, UEFA Cup dan Piala Super Eropa 2009-2012 untuk tidak hanya Indonesia saja tetapi juga Malaysia dan Brunei.

Artinya mulai tahun depan tidak akan lagi begadang di dini hari pada tengah pekan sambil melototin RCTI. Televisi bagian dari MNC yang juga menaungi Indovision itu tidak akan punya lagi hak menayangkan Liga Champions. Ugh… Kasihan.

Anda kaget? Nggak usah kaget. Ini memang aktivitas bisnis yang lumrah dimana yang punya uang lebih banyak bisa menguasai, dan yang uangnya cekak silakan minggir. Lalu, siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan? Jangan tanya saya yang kini jam menonton televisinya sedang dikuras habis oleh si mungil Anya.

Kini Astro bangkit lagi setelah kemarin dimatikan dengan paksa oleh Depkominfo. Taring bisnisnya semakin tajam, ya?

38 thoughts on “Tahun Depan Liga Champions Hanya di Astro

  1. Pingback: Soccer » Tahun Depan Liga Champions Hanya di Astro

  2. saya lihat di situs resminya,
    bukannya astro cuma mendapat hak siar untuk piala UEFA saja?

    tapi saya baca di detiksport.com, ada kemungkinan kalau nantinya Astro dapat hak siar untuk Liga Champions juga….

  3. Lho di situsnya UEFA kan hanya disebutkan bahwa pihak Astro hanya memperpanjang kontrak untuk UEFA Cup. Yang memang UEFA Cup sendiri tahun ini dan tahun yang lalu (tidak tahu kalau tahun sebelumnya lagi) sudah disiarkan di Astro.

    Sepertinya tidak ada kalimat yang menyebutkan bahwa Astro membeli hak siar UEFA Champions League juga.

  4. wah, brarti aq kudu ngliwatin skuad muda ac milan beraksi musim depan di liga champion yah? (itupun klo gak kalah poin ama fiorentina) :(

  5. Saat ini di Eropa kontrak hak siar siaran olahraga memang sudah menjadi bisnis dengan harga yang fanstastis.

    Nilai kontrak setiap tahun semakin tinggi, dan harga tender yang ditawarkan luar biasa mahal untuk kantong televisi nasional kita.

    Toh, terlepas dari tender dimenangkan ASTRO ataupun tidak, jangan lupa tahun 2006/2007 lalu hampir tidak ada stasiun teve nasional yang sanggup membeli hak siar Liga Inggris. Meskipun akhirnya pada detik-detik akhir TV7 berani maju setelah disokong dana oleh para sponsor (Djarum dkk).

    Kini keajaiban terulang lagi. Kontrak 2007/2008 yang harganya sudah merangkak naik lagi di atas harga kontrak 2006/2007, dan tidak disanggupi stasiun swasta nasional. ASTRO dengan modal besar maju dan membeli hak siar. Kemudian dilanjutkan TV One.

  6. bukannya liga inggris tahun ini bakal disiarin Aora tv? katanya sih bakal diumumkan dalam waktu dekat ini di aoratv.com aora.tv, berikut biaya tahunan plus biaya pasangnya. Kalo sekarang ini sih, gw nontonnya di indonewyork.com, kualitasnya juga gak mengecewakan sih. Jangan2 nanti piala dunia juga bayar? :D

  7. ADUH BINGUNG NEH, UDAH LANGGANAN INDOVISION PLUS TELKOM VISION, MALAH HARUS LANGGANAN ASTRO DAN AORA TV PULA, SUSAH BANGET SIH JD GIBUOL, APA GK ADA YA TV BERBAYAR YANG BISA NAYANGKAN SEMUA SIARAN SEPAKBOLA? TERMASUK ISL – LIGA INDONESIA DONK…

  8. Udah. Kt ga usah pikirin ASTRO ATAU AURAT TV. Kl ga ada yg pasang mereka bakal bangkrut kok.. Dan ujung2nya mereka bakal jual hak siar ke tv lokal.. Kita jadi bs nntn gratis lg..

  9. kalau g sih bodoh amat mau di astro kek.yang dapat hak siar.yg penting liga ITALIA masih di siarin DI TRANS 7.tapi sebenarnya sih sedih g.gak bisa nonton liga ingris&champions.

  10. astro bikin pusing…. mending iuran bulanan tv berbayarnya dikurangin aja biayanya biar semuanya bisa berlangganan semua operator jadi ga sikut-sikutan terus. ayo pemerintah atur biayanya. jangan ngatur harga minyak aja. dengan intervensi pemerintah kemaren2 tarif ponsel bisa turun. masa tarif beginian ga bisa?????

  11. biar ja g liat lg cmpion di astro, enakan liat liga indonesia, ad pencak silatnya lagi, pokoknya isl mantaplah

  12. astro gadul, ini bisnis yang menjajinkan lho. semakin banyak pecinta bola tanah air. Mbok Sponsor2 besar ndukung tv nasional kita

  13. banyak penonton akan melihat tayangan ini, terutama anak-anak di ben pripih, dibelain pada begadang, eee…….kalo dikuasai astro lagi ya payih, abror,subar,lik pri dan bang asrul (opik) gak bisa nonton lg dong!!!!!!!!!!!!

  14. saya sih udah ketipu ama astro. jadi infor kayak gitu jangan nyesatin konsumen Indonesia. Perusahaan Malaysia dan antek-anteknya di Indonesia jangan terlalu dipercaya. Janji epl sampe 2010 aja diingkari tanpa minta maaf.

  15. Bajingan kowe astro;karepmu ki piye atau bagaimana maksud panjenengan,kamu apa mau memonopoli….dulu liga inggris, sekarang liga champions,tahun depan pasti liga indonesia

  16. EMANG NYA MO NONTON LIGA CHAMPION …….TAHUN DEPAN ….TAHUN DEPAN GW G NONTON G NYESEL. TONTONAN YANG G MERAKYAT TONTONAN KELAS BORJU’ …..JADI G PATUT KITA NONTON !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s