Virus

Kenapa virus sukar dibasmi?

Seorang teman dari bagian teknologi berkeluh kesah kepada saya pada suatu ketika. Dia bilang bahwa rekan-rekannya dengan ceroboh mendownload file dari internet sehingga komputernya terjangkiti virus.

“Saya heran dengan aktivitas teman-teman,” katanya pada suatu pagi yang masih sepi. “Ada saja file yang didownload tiap hari. Dari mulai video lucu, file PDF, lagu berformat MP3, file presentasi, template dan lain-lain. Parahnya lagi, mereka tidak pernah melakukan scanning setelah download selesai,” kata sang insiyur informatika ini, nyerocos.

“Herannya lagi, mereka kemudian saling bertukar file-file itu lewat jaringan komputer milik pabrik. Ini yang membuat virus nyaris tidak pernah bisa dibasmi sampai tuntas. Ada juga yang mengirimkan file-fle itu lewat milis pabrik,” ujarnya tanpa saya komentari lagi. Saya biarkan dia ngoceh terus.


Dari sinilah virus itu berasal

“Kopi-mengkopi file itu berbahaya. Bisa-bisa virus komputer menyebar dari satu komputer ke komputer lain, dari satu media simpan ke media simpan yang lain atau dari satu media simpan ke jaringan komputer,” katanya serius. Saya masih membiarkannya ngomong.

Tiba-tiba handphone si insiyur itu berdering. Dia menjawab,”Ya, saya segera ke situ. Nanti saya hapus virusnya,” katanya sambil ngeloyor pergi meninggalkan saya.

7 thoughts on “Virus

  1. Sudah hampir 2 tahun ini saya tidak bersentuhan dengan virus, jijai :-D

    Tepatnya, semenjak konsentrasi dan full memakai Linux OpenSUSE.

    Dalam beberapa kasus, Linux bisa menjadi penolong untuk membasmi virus di Windows tanpa harus khawatir tertular.

    Kalaupun kurang familiar pada Linux, tersedia Linux LiveCD yang bisa dijalankan tanpa harus khawatir ada apa-apa dengan sistem Windows.

    Kalau mas Puji mau, saya paketkan deh. OpenSUSE dengan KDE4 LiveCD :-)

  2. kde4 kayanya masih trouble bgt deh..
    kan blom final release tuh..
    masih versi beta..
    kalo gw saranin mending pake ubuntu aja..
    repositorinya bnyak ko..
    dan yg paling enak lg, anti-virus bgt..
    hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s