Aquada, Moda Transportasi Terbaik Untuk Jakarta Selama Banjir

Mobil ini pun cocok di Ciliwung yang penuh sampah

Muara Baru, Jakarta (26/12) – Setiap tahun Jakarta pasti dilanda air bah. Selain sistem drainase yang buruk, banjir di wilayah ibukota negara ini juga biasanya diawali dengan hujan lebat yang berlangsung beberapa hari. Banyaknya volume air dari 13 sungai yang melintasi Jakarta yang berasal dari Bogor-Puncak-Cianjur, dan air laut yang sedang pasang menyebabkan nyaris 60% wilayah DKI Jakarta potensial terkena banjir dengan kedalaman mencapai hingga 5 meter di beberapa titik lokasi banjir. Bahkan jalan-jalan protokol seperti Jl MH Thamrin, Jl Jend Sudirman dan Jl Gatot Subroto pun tidak terhindar dari banjir. Dengan adanya fenomena global warming, diramalkan di tahun-tahun mendatang Jakarta akan dikepung banjir akibat air bah yang berasal dari Bogor dan air laut yang pasang naik di pantai utara Jakarta.

Mengantisapasi hal tersebut Gibbs Technologies akan memasok produk mereka yang bernama Aquada untuk Jakarta. Aquada adalah kendaraan yang dikembangkan oleh Gibbs Technologies ini menggunakan teknologi HSA atau High Speed Amphibian yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 yang lalu di Inggris. Gibbs Technologies berencana menjual lisensi teknologi HSA ini kepada pabrikan otomotif ternama di dunia. Namun, sebelumnya Gibbs Technologies bertekad untuk mendonasikan teknologi ini untuk Jakarta yang setiap tahun jalanannya selalu digenangi banjir.

“Kami yakin bahwa Aquada adalah moda transportasi yang paling cocok untuk Jakarta di kala musim hujan. Tatkala jalanan dipenuhi air, busway rancangan mantan Gubernur Sutiyoso pun pasti akan ngadat. Apalagi bajaj yang mempunyai mesin tidak tahan air. Namun, dengan Aquada semuanya jadi beres. Para eksekutif masih bisa keluar dari rumah mereka di Pantai Indah Kapuk yang terendam air menuju ke Bandara Cengkareng dengan mengendarai Aquada. Mereka tidak perlu khawatir meskipun jalan tol bandara terendam air,” kata Allan Gibbs, CEO Gibbs Technologies saat melihat banjir di jalanan Muara Baru, Jakarta Utara (28/12).

Aquada mampu menembus kecepatan 160km/jam di daratan dan 50km/jam saat berada di atas air. Daripada menambahkan roda di sebauh perahu atau menciptakan mobil yang bisa mengapung, Gibbs Technologies justru mendesain Aquada yang cocok baik untuk di darat maupun di air.

“Sejak awal kami memang merancang Aquada ini khusus untuk Indonesia. Nama Aquada itu sendiri memang berasal dari gabungan dua kata, yaitu AQUA (yang berarti air) dan DARAT (yang berarti bahwa kendaraan ini pun bisa berlari di DARATAN),” kata Gibbs sambil tersenyum setengah berkelakar.

Lebih lanjut Gibbs mengatakan bahwa kendaraan ini dapat dikendarai langsung menuju ke air dari daratan. “Hanya butuh sekitar lima detik agar roda-roda mobil masuk ke dalam dan kemudian tenaga mobil ini berpindah dari mesin empat silinder yang berkekuatan 175 tenaga kuda ke mesin jet propulsi. Sistem kami juga cocok diterapkan di kali Ciliwung yang sungainya penuh dengan sampah. Percayalah, mobil ini sangat cocok untuk kondisi Jakarta,” papar Gibbs tentang mobil ampibi seharga US$200,000 ini. Huahahahahaaaa….

Spesifikasi Teknis Aquada:

  • Transmisi: Empat kecepatan otomatis
  • Rem: Piringan bundar di empat roda
  • Tires: F215x65, R225x60
  • Pelek: F-16 X 6.5J; Alloy 6-spoke
  • Kapasitas BBM: 57 liter
  • Tipe BBM: 95 Ron Tanpa Timbal
  • Berat: 1,350 kg

Sumber Gambar

0

10 thoughts on “Aquada, Moda Transportasi Terbaik Untuk Jakarta Selama Banjir

  1. Aquada-nya itu ada kamar/toilet/dapur/ruang tamunya nggak? sekalian klo pas ada banjir, bisa bermanfaat jadi RUMAH APUNG sekalian! hehehe…

  2. boleh dhonk kirim buwat saya test drive (maksudnya sekalian belajar nyetir) sekalian keliling dunia :)

  3. Aduh, harganya bos, kalau lebih ekonomis lagi bisa jadi kendaraan favorit dan kalau bisa usul ke mereka aja dibuat masal gitu….supaya harga jual mereka bisa sekitar 100jt kayak mobil-mobil keluaran jepang….

    Dijamin deh….laku…dan akan jadi kendaraan favorit untuk kita-kita juga apalagi bisa di kredit, iya kan….
    bayar DP 10% cicil sampe 4th… mantab itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s