BlogDrive Tewas

BlogDrive tewas, saatnya beli domain dan hosting sendiri.

Sore ini Paman Tyo mengabarkan bahwa BlogDrive.com, penyedia layanan blog hosting gratis itu, sudah tidak bisa diakses lagi. Saya mencoba mencari tahu apa penyebabnya. Ternyata memang mereka nampaknya sudah mengakhiri layanan. Halaman depan situs BlogDrive pun sudah berubah seratus persen.

blogdrive

Kini yang muncul adalah template parking domain. Gambarnya pun berhubungan dengan keyword BlogDrive yaitu gambar seorang wanita yang sedang mengemudikan (driving) mobil. Puluhan link yang ada pun hanyalah iklan yang berhubungan dengan industri otomotif.

Saya sedih mendengar hal ini. Itu artinya blog Paman Tyo yang beralamat di gombal.blogdrive.com sudah tidak bisa diakses lagi. Padahal ada ratusan entry bagus yang ada di sana. Kehilangan sebuah blog, baik itu karena datanya hancur, layanannya bubar atau karena virus, bagaikan kehilangan barang berharga yang selama ini kita rawat dengan penuh perhatian.

Saya tidak tahu ada berapa banyak blogger dari Indonesia yang menggunakan blogdrive.com sebagai tempat mereka ngeblog. Yang pasti, sudah saatnya kini kita sebaiknya ngeblog dengan domain dan server sendiri. Harga domain sekarang sudah bisa dibilang murah. Hanya dengan Rp.80.000 per tahun kita bisa mendapatkan domain dotcom. Dengan uang yang nyaris sama kita bisa mendapatkan space hosting ukuran mini, juga untuk masa setahun.

Ya, sebaiknya mulai sekarang jangan lagi ngeblog di tempat gratisan. Ngeblog di server sendiri pasti lebih nyaman. Ibarat kata, rumah kontrakan sebagus apapun tetaplah bukan milik kita. Tapi, rumah sejelek apapun, kalau itu kita bangun sendiri pasti akan lebih membanggakan. Bukan begitu, Paman?

Update:
Menurut berita yang beredar di blogosfer, domain BlogDrive.com sudah expired dan pemiliknya kemungkinan lupa untuk memperpanjangnya. Wah, gara-gara 10 dollar saja, ribuan blogger tidak bisa mengakses blog mereka.

Update 2:
Pagi ini saya melihat BlogDrive sudah bangkit dari kuburnya. Halaman depan sudah bisa diakses dengan normal. Blog yang ngehost di sana pun sudah pulih kembali. Saatnya para blogdriver melakukan cut-and-paste kalau ingin melalukan backup. Konon tidak ada cara untuk mengimpor database dari BlogDrive ke layanan blog yang lain semacam WordPress atau BlogSpot.

27 thoughts on “BlogDrive Tewas

  1. Begini ceritanya. Saya dapat SMS tangis dari seorang blogdriver. Saya lihat memang begitulah adanya. Lantas saya mengontak Mas Pujiono. Bagaimana dengan blog lama saya, misalkan blogdrive betul-betul mati? Ya apa boleh bikin. Di sana kan cuma ada Kere Kemplu dengan potret yang ikonik itu. :D

    Moral ceritanya sih saya setuju. Pakai domain dan sewa hosting sendiri — termasuk host untuk gambar (tapi saya belum, karena pelit space dan bandwidth) :)

  2. Untungnya saya sudah pindah dari blogdrive ke hostingan sendiri. ^_^

    Well, selamat tinggal blogdrive, sayang sekali sebelum tutup tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu. Yah, namanya juga gretongan yah. :)

  3. Pagi ini saya mencoba akses blogdrive. Halaman depan masih bergambar cewek nyetir. Sementara itu blog yang ngehost di blogdrive juga tidak bisa diakses. Kemudian aku liat whois-nya, ternyata server yang dipakai adalah tempat server parking domain. Mungkin masih dalam proses propagasi ya?…

  4. eh, ada penawaran bagus nih. hanya dengan membayar 95 dollar Anda bisa mendapatkan hosting SEUMUR HIDUP. fasilitasnya:

    # For a one time fee of $ 95 US you get free setup – no hidden charges – and never pay for hosting again – ever!
    # 250 GB disk space, 3000 GB bandwidth
    # 1 FREE domain name registration included in your package
    # instant blogs – yes, we are talking about a blogger tailored solution!
    # unlimited MySQL databases that will allow you to create as many blogs as you want
    # host unlimited subdomains – you just need ideas to name them
    # host unlimited domains – and transfer all your other domains to your Rudolph lifetime hosting package.
    # instant backups – and nothing can go wrong: no data loss, no worries.
    # unlimited FTP accounts
    # web mail and unlimited email aliases

    lihat saja penawarannya di tophostingcenter.com/rudolf.html

  5. wah… gratis seumur hidup mah sekem atuh juragan..
    gimana biaya maitenancenya, gimana bayar karyawannya, gimana bayar servernya atuh..
    hi hi hi

  6. #16 Rendy
    ah, rendy. komentar tapi nggak baca secara lengkap komentar sebelumnya. saya khan nulis kalau itu harus bayar 95 dollar. info selanjutnya, ya silakan liat di situsnya dong. belum tentu ini scam, khan? jangan apriori dulu lah dengan informasi yang diberikan orang lain..

  7. Pingback: Hilangnya BlogDrive. « Muzem’s Metamorphosis

  8. #19 – jalansutera

    Mungkin dari tempat saya saja? Tapi Error-nya 404. kalo halaman pertama bisa, hanya setelah Next gak bisa.
    Gpp mas, saya juga hanya coba-coba. Thanks.

  9. Wah gimana rasa.Na ya l0w ntu nimpa q. Pdahal blog.Q kan cma t4 backup aplikasi yg ku miliki, bakalan nangis getih(darah) now. Tp get spirit buat smua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s