Semangka Kotak

Bentuk kotak lebih gampang ditumpuk dan didistribusikan

Sejak jaman kita kecil dulu, bentuk buah semangka itu ya bulat. Ya, memang tidak sebulat bola voley, sih. Tapi, paling enggak bentuknya mendekati bulat. Memang ada juga buah semangka yang bentuknya agak lonjong juga, sih. Oh, ya di samping ada buah semangka yang warna isinya merah, sekarang juga ada buah semangka yang isinya berwarna kuning. Terus, ada buah semangka yang tanpa biji juga. Nggak tahu bijinya dibuang kemana oleh para ahli genetika. Sejauh ini, jenis-jenis buah semangka seperti itulah yang kita tahu.

Buah semangka, yang bulat maupun yang lonjong, agak rumit untuk didistribusikan karena bentuknya itu. Sisi-sisinya yang melengkung itu menyebabkannya tidak mungkin untuk menumpuknya dengan efisien. Itu dulu…

Sekarang ada buah semangka yang bentuknya kotak, ya kotak. Lihat saja foto yang diambil di Wuhan, China itu. Nah, dengan bentuknya yang kotak itu sekarang petani bisa menumpuk buah semangka dengan lebih efektif, tidak ada ruang antara buah yang satu dengan yang lain yang terbuang percuma. Inilah kemajuan teknologi genetika. Saya tidak tahu apakah kemajuan teknologi yang mengubah bentuk semangka dari bulat ke kotak ini berguna atau tidak bagi kita. Tapi, saya kok jadi merasa betapa pongahnya manusia dengan kepandaiannya itu, ya?

Wah, jangan-jangan nantinya juga ada buah semangka berdaun sirih, nih seperti lagunya Broery Marantika itu.

28 thoughts on “Semangka Kotak

  1. kalau menurutku (dari liat bentuk semangkanya), sepertinya itu bukan karena genetika. tetapi karena buah semangka diletakkan dalam wadah yang yang bersgi. sehingga dalam perkembangannya bsia berbentuk demikian. yah miriplah kayak bonsai (dibentuk bentuk gt).
    btw saya pertama kah ..?

  2. Kalo nggak salah sih, ini nggak ada hubungannya dengan genetika.
    Jadi pas semangka-nya masih kecil, petani-petani itu memasang ‘baju’ berbentuk wadah kotak pada bakal buah semangka itu.
    Semakin semangkanya besar, nanti semangka itu akan ‘mengisi’ baju yang dipasang tadi. Kalau sudah cukup umur, dan tinggal dipetik, wadah kotak tadi dilepas.

  3. Wah, inovasi ini sudah saya dengar dari dulu pak. Dulu di jepang juga pernah dibuat seperti ini, salah satu alasannya biar kulkasnya bisa memuat lebih banyak kalo pake semangka kotak dibandingkan semangka konvensional

  4. Wah .. ada yah buah semangka yang bentuknya kotak.
    Baru tau sayah :P . Ada – ada aja kerjaan manusia. Semua yang tidak sesuai dengan keinginan pasti akan dicari solusinya :D

  5. setuju. seingat saya, itu memang bukan rekayasa genetika. sekedar memberi kotak pada semangka yang kecil, sehingga waktu membesar tidak bisa lebih besar dari kotak.

    Seperti rahasia kelapa di dalam botol aqua galon, kelapanya dimasukkan botol aqua galon saat masih kecil. :D

  6. wew…seumur hidup baru kali ini gw ngeliat smangka kotak..iya bener..kayanya waktu dari kecil udah diletakkan di wadah berbentuk kotak deh jadinya kaya gitu ntar kalo dah besar…duh jadi inget gw pernah baca di cina yg manusia dibentuk seperti porselen..waktu kecilnya tuh org dipaksa masuk ke porselen sampe dia dewasa…uuhh..menyeramkan

  7. mau bulet mau kotak, semangka itu banyak manfaatnya. APalagi di saat panas mencubit kulit, ini karena 92persen daging buahnya terdiri dari air. Beberapa orang malah pernah merasakan manfaat semangka ini saat tubuhnya diserang demam. Konon antioksidannya mampu meredam peradangan dalam tubuh. Ada 80 jenis nutrisi yang berguna utk tubuh dalam buah ini. teruss.. halah kok jd bikin literatur ya. :-) salam kenal mas..

  8. Kalau dilihat dari tekstur di kulitnya (seperti ada garis-garis) maka sudah pasti ini rekayasa kotak, tempat menampung semangka ini dari kecil…

    Salam kenal!

  9. btw, diIndonesia uda ada yang nyoba produksi semangka kotak pa belom ya…?
    kalo belom, kenapa gak ada yang nyoba produksi skala besar ya…!
    kan bagus tuh bikin terobosan baru tentang semangka yang selama ini terlihat biasa2 aja.
    yauda deh tar gw coba ja aplikasi ini untuk beberapa varietas.
    tunggu aja ya…..!

  10. Bole juga ini ide. cuman beda di bentuk doang. Rasa mah tetep sama. ya gitu-2 aja wajarnya rasa semangka. Tapi ini cantik jika disajikan utuh. Begitu dipajang terkupas, apalagi terpotong-potong kayak biasanya di meja buah, hilang deh uniknya.

    Kasus ginian yang dilakukan pada ketimun malah lebih tahan lama. Timun kan biasanya dipotong tipis-2 sekaligus buat hiasan (http://pingmag.jp/2007/07/12/strange-watermelon/). Waw, cantik!!

  11. mas admin, tolong kalo kasih informasi tu yang bener……semangka kotak tu bukan perkembangan rekayasa genetik, melainkan rekayasa biasa. karna cara pembuatanya hanya dengan memberi kotak kaca pada pangkal dahan semangka, sedangkan yang namanya rekayas genetik itu dengan cara merubah susunan gen dan DNA yang ada pada semangka tersebut,,,

    terima kasih,,,cuma sekedar informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s