Gaya Blogger Mengomentari Komentar

Blogger punya aneka ragam gaya mengomentari komentar

Apa sih asyiknya ngeblog? Salah satunya tentu saja adalah fasilitas komentar yang ada pada aplikasi blog. Tidak ada satu pun blog engine yang tidak menyertakan fitur komentar. Bahkan, ketika dulu BlogSpot tidak mempunyai fasilitas komentar, orang mencari layanan di luar Blogspot untuk menambahkan fitur ini, misalnya adalah layanan dari HaloScan. Karena adanya fitur komentar inilah blog digolongkan sebagai aplikasi Web2.0 yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara blogger dengan pembacanya. Bahkan, sekarang antarpembaca pun sering berdialog juga di blog milik orang lain.

Nah, bagaimana gaya para blogger mengomentari komentar itu? Saya lihat gayanya bermacam-macam. Mari kita tilik beberapa gaya blogger dalam mengomentari komentar.

Priyadi, misalnya, selalu mengutip komentar yang ingin dikomentarinya. Sebelum itu, dia menyematkan tanda # diikuti nomor urutan komentar. Tidak ada penambahan huruf tebal atau huruf miring pada tanda # dan nomor urutan komentar itu. Nah, mengikuti kutipan itu, dia kemudian menempatkan komentarnya atas komentar itu. Priyadi juga seringkali mengomentari komentar secara rombongan. Yah, kita khan tahu kalau dia selalu panen komentar setiap kali ada entri yang baru.

Anjar Priandoyo lain lagi gayanya. Blogger yang sekarang sedang menantikan kelahiran anaknya ini mempunyai gaya tersendiri. Komentarnya atas komentar selalu ditempatkan tepat di bawah komentar. Konsekwensinya dia harus mengedit setiap komentar yang akan dikomentarinya. Cara ini nampaknya lebih repot sih, tapi rasanya perhatian yang diberikan pemilik blog terhadap komentar yang masuk sangat besar. Nah, untuk membedakan jawaban atas komentarnya dengan komentar itu sendiri, Anjar meletakkan namanya diikuti dengan komentarnya atas komentar itu. Hurufnya pun dibedakan, dia menggunakan huruf italics atawa huruf miring. Mendapat komentar atas komentar di situsnya Anjar serasa mendapat konsultasi gratis yang diberikan secara personal. Coba saja deh komentar di blognya…

Tika yang kebangetan ituh punya cara yang beda pula. Komentarnya atas komentar diberikan secara rombongan. Masing-masing komentar yang dikomentarinya tidak ada yang dikutip seperti halnya yang dilakukan Priyadi. Dia cukup meletakkan tanda @ diikuti nickname komentator dan kemudian dia menuliskan komentar atas komentar. Cara ini lebih mudah dilakukan karena dia juga sering panen komentar. Meski dengan gaya yang sedikit berbeda, cara seperti ini juga dilakukan Didats, blogger yang sekarang sedang menjadi juragan minyak di Kuwait. Cuma, Didats tidak menggunakan tanda @, tapi dia memakai tanda #

Yah, begitulah cara blogger mengomentari komentar yang masuk. Masing-masing blogger mempunyai cara dan ciri tersendiri untuk mengomentari komentar. Semua gaya itu keren, nggak ada yang wellek. Nah, bagaimana cara sampeyan mengomentari komentar yang masuk?

24 thoughts on “Gaya Blogger Mengomentari Komentar

  1. pake angka, soalnya satu orang bisa jadi bikin komentar beberapa kali. dan jadinya stuck pake angka, gak bisa pake template yang komentarnya gak ada angkanya :(.

    mau pindah pake sistem threading, tapi kayanya ribet ya.

  2. #1 kunderemp an-narkaulipsiy
    forum itu memang ada lebih dahulu dibanding blog, ya. jadi, kebiasaan berforum ria kebawa juga saat ngeblog

    #2 Priyadi
    Lebih aman pake angka dan pake nickname. kalo pake sistem threading jadi nggak rapi. lagian terbatas pada 3 level (atau 2 level?) saja.

    #3 galih
    cara saya ya begini ini. maklumlah, saya jarang panen komen.

  3. memang komentar itu harus dikomentarin ya Mas?? hehe baru tau deh.. kalau sy sih jarang dikomentarin, kecuali yg bener2 perlu jawaban.. secara jmlh komentarnya juga adem-adem aja kok…hehehe..:-)

  4. #7 Freddy
    Sebenarnya sistem thread ini bagus. sayangnya kok tampilan blog jadi kurang rapi ya? well, ini hanya masalah pilihan saja kok. kebetulan saja saya kurang suka.

    #8 Susan
    Tidak ada kewajiban bagi pemilik blog untuk selalu membalas setiap komentar yang masuk ke blognya. Cuma, karena ini adalah salah layanan yang mempunyai sifat interaktif, saya rasa tidak ada salahnya membalas komentar yang perlu dikomentari.

  5. IMHO, formula terbaik adalah pake format :
    @ Nama Nomor

    Karena “@” itu berarti “at” atau bisa diartikan menjadi “pada”. Kalo “#” kan ngga ada artinya.

    Kemudian “nama” karena biasanya nama lebih diperhatikan dan lebih personal. barulah ketika si-“nama” itu comment lebih dari satu kali, maka parameter “nomor” terasa perlu. Alasan kedua, tidak semua template comment menggunakan ordered list (pake nomor). Ada juga yang tanpa nomor.

    Untuk mengantisipasi ini (mengantisipasi satu saat nanti jadi blog seleb), maka siapkan lah template dimana comment disusun pake nomor (ordered list).

  6. :( itu gara-gara blogspot ituh fitur komennya ndak bisa diapa-apain lagi..
    eh, tapi momon beda lagi itu ngomentarin postingannya..
    CSS komen diutak atik ama dia..
    *pengen..*

  7. Ga ada metode yang baku, mas…seenak dan senyaman saya aja. Kalo waktunya agak banyak, saya lewat edit comment, kalo enggak ya langsung aja.

  8. brubung saya mah jarang panen replies, jadi tiap ada yang komen, langsung sayah jawab. ato kalo lagi borongan, nama komentator di-bold, trus langsung komentar sayah. males deh kalo ribet2…hehehe (sok ngartis banget!)

  9. sama kek nomor satu, pake @, soalna sebelum ngeblog udah getol morum duluan jadi dah terbiasa pake @. lebih asoy aja dan cepet pula,,hehe

    *alasan lain = karena gagal mulu pasang plugin Bryan’s Threaded Comments* hikz…

  10. emang tambah seru lo, mengomentari komentar. seperti menambah kecap pada mie bakso, trus ditambah bakso, abis itu, minta es cendol juga, udah itu masih minta gorengan, nah lo…gak abis-abis kan….?begitulah nge-blog, seru coy..! eh, gmn caranya ya…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s