Mukesh Ambani

Dhuit emang gak pernah ngomong

orang kaya

Anda kenal dengan foto di atas itu? Apakah dia bintang film dari India temannya Sanjay Dutt dan Amitabh Bachan? Apakah dia produsen sinetron Indonesia yang keturunan India seperti halnya Rakhee Punjabi dan Gobind Punjabi? Atau jangan-jangan dia penjual kain sari di Pasar Baru, Jakarta yang bernama Vijay atau Anil?

Wah, tebakan Anda salah semua. Foto yang ada di atas itu memang orang India. Wajah keindiannya jelas kentara sekali: rambutnya hitam lebat, alis matanya tebal, matanya besar, bibirnya tebal.

Perkenalkan, inilah Mukesh Ambani, atau nama lengkapnya Shri Mukesh D. Ambani, yang sekarang dikatakan sebagai orang terkaya di dunia. Ya, dialah pengusaha kelahiran Yaman yang sekarang bermukim di India. Dialah pemimpin kelompok industri yang bernama Reliance. Pada 29 Oktober yang lalu, akibat dari menguatnya harga saham perusahaannya, Ambani dinobatkan sebagai orang paling kaya dengan total kekayaan sebesar $63.2 milyar. Berapa rupiahkah itu? Silakan hitung sendiri.

Lho, katanya orang paling kaya di dunia itu Bill Gates. Nggak, ada yang bilang Gates sekarang cuma orang terkaya nomor tiga. Yang pertama itu ya Mukesh Ambani ($63.2 milyar), yang kedua Carlos Slim Helu ($62.2993 milyar) dari Meksiko, dan yang ketiga baru William (Bill) Gates ($62.29 milyar) yang bosnya Microsoft itu.

Kenapa ya dua orang terkaya itu, Ambani dan Slim Helu, nggak setenar Bill Gates..? Duit emang gak pernah teriak-teriak, ya?

16 thoughts on “Mukesh Ambani

  1. 2 orang itu (Ambhani + Carlos) baru beberapa tahun ini saja jadi orang terkaya di dunia (bahkan Ambhani baruuuuuu bgt) jadi jelas dong ga setenar Gates atau Buffet yg sudah menempati posisi itu hampir 1 dekade :)

  2. selamat buat yang jadi orang terkaya di jagad ini. walau ane kagak ngerasain langsung apa sing untungnya ngomongin orang kaya kayak bgn?? masih bingung euy….

  3. Menurut saya sih, bukan masalah uang teriak atau tidak lho. Sebenarnya ini karena filosofi di belakang masing2 pengusaha tersebut berbeda. Bill Gates kini lebih memfokuskan diri sebagai philantropist (ehm, kemungkinan besar, dia juga dapat tax deduction berkat kegiatan dananya). Sementara Carlos Slim udah menyatakan diri tidak peduli dengan kegiatan donasi atau dana pendidikan seperti yang dilakukan Bill. Menurutnya, dia akan tetap fokus ke dunia bisnis dan memperkaya diri sendiri. Kalau disimak, gara2 dia, tarif telpon di Mexico area jauh lebih mahal dari negara2 lain. Dengan bertambah kaya, dia bisa memberikan lapangan kerja yang semakin banyak. Secara tidak langsung, ini membantu warga untuk menaikkan taraf hidupnya. Setuju yang mana, hayo?

  4. oh…
    lha gosip yg aku dengar… Lhaksmi Mithal je… wah… wah… India saiki sugih-sugih… tapi kok gajiku gak naik2 yakkk
    *curhat colongan buruh di persh india*

  5. Nah,..Mukesh Ambani ndak pernah teriak,..tiba2 muncul dari INDIA,..jangan2 nanti ada muncul banyak yang juga ndak pernah teriak dari INDIANESIA,..ehhh INDONESIA

  6. Kalau bisa Mukes Ambani ditarik ke Indonesia biar makur, yang jelas kalau dia orang asli YEMEN emang murah hati

  7. shri Mukes Abani jika dia lahir di YEMEN emang murah hati.Kalau begitu shri Mukes D. Ambani ditarik di Indonesia saja , biar makur ;Makmur dan bersyukur

  8. Semua orang terkaya tidak masalah, yang penting mereka bisa baik dan memberi suri tauladan yang baik buat semuanya, seperti tetap ingat kepada orang-orang yang membutuhkan, sperti Warrent Buffet yang berusaha dari usia 11 th, dan menyumbahngan ratusan triliun rupiah untuk membantu orang lain. Semoga di negara kita juga demikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s