Easy Gravatar

Namanya juga Easy Gravatar. Installnya tentu saja mudah.

gravatar

Selama ini saya suka dengan produk dan layanan dari Automattic-nya Matt Mullenweg. Sejak awal saya adalah pennguna WordPress yang setia meskipun tidak paham bahasa pemrograman PHP dan sejenisnya. Saya juga senang dengan layanan Akismet yang telah melindungi blog ini dari serbuan spam. Nah, beberapa hari yang lalu saya mendengar bahwa Gravatar, penyedia layanan tampilan avatar di blog, sudah diakuisisi oleh Automattic. Makanya kemarin saya punya keinginan untuk menginstal plugin Gravatar di blog ini. Tapi, sayangnya tidak berhasil. Ini pasti karena saya yang tidak benar dalam menginstallnya.

Hari ini saya menemukan Easy Gravatar, sebuah plugin yang bisa menampilkan avatar komentator di blog ini. Cara menginstal plugin buatan Dougal Campbell ini benar-benar mudah. Cukup buat sebuah folder baru di dalam folder plugin, upload filenya ke sana, aktifkan, dan avatar sudah muncul di bagian komentar. Nah, jika ingin melakukan kustomisasi, silakan masuk saja ke menu Easy Gravatar. Di sana kita bisa mengubah ukuran avatar, mengubah default avatar bagi komentator yang belum mempunyai avatar, dan mengubah posisi avatar. Anak kecil pasti juga bisa melakukannya tanpa perlu nanya ke orang tuanya. Saya sendiri sebenarnya belum benar-benar puas dengan kustomisasi yang telah saya lakukan. Saya pikir posisi avatar sebaiknya dinaikkan sedikit. Sayangnya saya tidak tahu CSS. Ada yang mau bantu?

Secara default avatar yang akan tampil bagi komentator yang alamat emailnya belum terdaftar di Gravatar adalah sebuah smiley. Tadinya saya pasang gambar kartun monyet hihihi… Akhirnya saya ubah biar gak ada yang protes.

Kalau ada yang belum daftar di Gravatar, silakan lakukan segera. Anda cuma butuh alamat email dan foto kecil saja.

Sampai ketemu besok di Pesta Blogger.

43 thoughts on “Easy Gravatar

  1. mas puji,
    kalo iseng dicobain css-nya nih, mas – kali aja jodoh :D

    float:right;margin:-15px 0 0 30px;display:block;width:50px;border:1px solid #ccc;background:#fff;padding:4px

    besok saya mau poto bareng mas puji ya – sampai jumpa :D

  2. Pingback: Pecas Ndahe by Ndoro Kakung

  3. Wah … ada maenan baru, perlu di coba neh :D
    Saya sebelumnya make plugin dari gravatarnya langsung. Bribet, kustomisasinya dari hard coding.
    Cobain yang ini ah … :P

  4. #9: pasti bisa, mas – barusan saya coba di localhost saya, bisa nih :D
    tinggal tiban aja code css span style yang ada di plugin option sama code css yang di komentar saya sebelumnya.

    good luck dengan coba-cobanya :D

  5. #4 Deny Sri Supriyono
    Thanks, Denny. Sdh saya coba dan hasilnya memang bagus. Anda memang jagoan CSS. Nggak heran kalo banyak yg pengin foto bareng dg Anda di Pesta Blogger kemarin. Hehehehe…

  6. #16 Deny Sri Supriyono
    waduh, gravatarnya keren abis. bener apa kataku. cewek-2 blogger pada berebut utk foto bareng deny di Pesta Blogger 2007. Liat ajah tampangnya tuh. Saingan sama Tom Cruise lah.. Hahaha… Peace…

  7. kalo gravatar,dari theme yang aku pake udah gravatar enabled jadinya ndak usah utak-atik lagi, eniwei saya binunnya tuh malah pasang plugin smileys untuk di tampilin di komentar, gagal total mulu pak,,hiks.. ;p

  8. Hebat banget matt mullenweg..

    bisa mengakuisisi Gravatar..
    mau berkomentar kemanapun pasti komentar kita ada photonya, asyik….

    yang kudengar wikipedia juga milik matt mullenweg, bener kagak yah??

    Salam ngeTop…!

Leave a Reply

