AngkotWay

AngkotWay meniru busway

Angkot
Bagi yang sudah pernah pergi ke Depok pasti sudah pernah merasakan “neraka” sepanjang jalan raya Margonda. Angkutan kota yang jumlahnya bejibun dan seenaknya sendiri berhenti, mobil pribadi yang jumlahnya seabrek-abrek, motor yang sliwar-sliwer, dan jalanan yang sempit menjadikan jalan raya dari arah Kampus UI menuju kota Depok sampai Sawangan selalu macet. Kini polisi di kota satelit Jakarta itu mempunyai solusinya. Namanya AngkotWay, sama dengan solusi yang diberikan oleh Sutiyoso untuk mengatasi kemacetan di Jakarta: Busway.

Rencananya AngkotWay di Depok itu akan diberlakukan di jalan raya Margonda dari pukul 06 hingga pukul 22.

Hmmm, sebelum Tangerang dan Bandung mempunyai Busway, kelihatannya Depok sudah mendahuluinya. Bahkan AngkotWay pun akan dibangun juga di Jalan Raya Bogor, mulai dari Jatijajar sampai Pal Cimanggis bulan depan.

Selama ini memang angkot menjadi (salah satu) biang kemacetan. Sopir angkot adalah mahluk yang aneh. Tatkala sedang mengejar setoran, mereka menjadi orang yang paling tidak sabaran. Mobil dikebut secepat jet darat F1. Namun, ketika sedang menunggu penumpang, sopir angkot menjadi mahluk yang paling sabar: setiap gang ditengok satu per satu, orang yang berjalan di ujung gang ditunggui meskipun mereka belum tentu akan naik angkot. Sopir benar-benar sebuah mahluk yang paradoksal. Hahaha…

Apakah solusi kemacetan dalam bentuk kanalisasi jalur angkot bernama AngkotWay ini akan sukses? Kita lihat nanti…

12 thoughts on “AngkotWay

  1. Sukses? walah pesimis abis dah, wong ide murninya “bagaimana caranya bisa dapet anggaran (yang di-mark up). Kebijakan di sini rata2 ya begitu itu…mark up :(

  2. #2 Hedi
    wah, kalo mereka tahu bahwa penyebab kemacetan adalah pejalan kaki yang menyebrang, jangan-2 nanti mrk juga bikin proyek kanalisasi penyebrang jalan atau PenyebrangWay. huahahaha … …

  3. salut kalau ada upaya menanggulangi kemacetan. masalah di mark-up ato ngga, sebenernya udah jadi rahasia umum. tapi kan ga ada salahnya untuk kasih kepercayaan dulu.

    ciledug kayaknya butuh juga deh solusi2 seperti ini. secara ciledug rawan maced (pake d, gag pake t)

    :D

  4. Sebagai warga depok yang tiap hari melewati jalan Margonda saya agak pesimis dengan langkah ini, karena ini belum menyentuh akar permasalahan kemacetan di depok yang sebenarnya.Dari pengamatan dan pengalamana saya selama seminggu ini,program yang nama aslinya adalah kanalisasi angkot belum terlalu efektif.

    Bulan Juni lalu polres Depok juga sudah ada program yang diberi nama Greenway,spanduknya tersebar sepanjang jalan Margonda.Cuma seperti kebanyakan kebijakan di Indonesia program tersebut juga cuma bertahan sebentar.Sekarang hampir gak keliatan lagi.

  5. #7 Goslink
    wah, warga depok sendiri pesimis. kalaupun “proyek” angkotway ini gagal, tidak sulit utk membongkar pembatasnya. cukup pindahkan cone plasti dan talinya saja. coba bayangkan seandainya proyek buswae dianggap gagal dan jalur yang sudah dibeton itu harus dibongkar. keluar biaya lagi deh…

    kebayang repotnya, ya…

  6. semoga suksess, kalo penumpangnya ga turun naik sembarangan juga ga bakal macet.. ya toh. instropeksi aja, daripada nyalahin orang

  7. ehm sebenarnya hasilnya lumayan kok, gw tinggal di depok dua..kerasa yang dulunya klo pulang dari kampus bisa 1 jam naik angkot dari kober sekarang lebih cepet. tapi semuanya kembali ke aparat pelaksana, sampe berapa lama tuh polisi nerapin perarturan. jangan kayak perarturan motor harus nyalain lampu, sekarang kayaknya udah males tuh polisi merhatiin. btw sekarang ada perarturan baru lagi lho, klo ada yg suka main ke detoz atau margo city, sekarang ada polisi atau petugas yang jagain klo kita mau nyebrang. dan ada tenda khusus buat nunggu giliran juga lhoo..hahaha my opinion is, waste time waste money waste zebra cross..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s