Situs ini Diblok di China

Nggak penting sih, nggak ada yang baca kok di sana

blok
Barusan baca sebuah berita di TechCrunch yang mengutip ArsTechnica.com mengatakan bahwa pemerintah China memblok semua RSS feed. Ya, semua RSS feed dari situs manapun tidak bisa digunakan jika Anda mengaksesnya dari Republik Rakyat China. Kita selama ini memang tahu bahwa China adalah salah satu negara yang paling tertutup di dunia. Ada ratusan situs yang tidak bisa diakses dari sana, salah satunya adalah JalanSutera.com (halah, nggak penting banged).

Berdasarkan ujicoba menggunakan layanan dari GreatFirewallOfChina didapatkan hasil bahwa memang benar bahwa blog saya ini tidak bisa diakses dari China. Mereka memang punya teknologi yang canggih untuk memblok situs-situs/blog yang mereka inginkan.

Kemarin kita mengetahui bahwa para blogger sangat dibenci oleh junta militer Burma dan sekarang kita tahu bahwa pemerintah China memblok semua jenis RSS. Hmm, kebebasan berpendapat dan mendapatkan informasi nampaknya menjadi barang yang mahal di Burma dan China.

Beruntunglah kita di Indonesia yang kini tidak mengalami hambatan apapun dalam memperoleh informasi dan mengutarakan pendapat. Hidup demokrasi…

Apakah blogmu bisa diakses dari China? Coba lakukan pengetesan sekarang.

33 thoughts on “Situs ini Diblok di China

  1. Begitulah cara pemerintah China mengelola negaranya. Tapi mengapa ekonomi mereka naik sangat cepat.. Mengapa perekonomian mereka sangat berhasil. Buktinya rakyat China makin sejahtera. Suatu lompatan besar. Waktu tahun 1990 saya pelesir kesana ikut bapak, wah nggak betah saya disana. Sekarang, kalau saya ke Sanghai.. kadang saya bingung, apa saya di Seatle..

  2. Hush, ada yang pernah bilang kalau demokrasi tidak membawa kesejahteraan.

    Kalau dilihat dari perbandingan Cina dan Indonesia, mungkin ada benarnya ya? Mungkin memang Indonesia perlu presiden yang diktator? Udah ada tuh calonnya ;).

  3. Usia demokrasi dan kebebasan pers Indonesia ‘kan masih muda. Amerika saja sempat perang saudara dulu kok. Demokrasi dan kebebasan pers merupakan modal yang luar biasa besar (lebih terasa bagi yang pernah mengalami jaman Pak Harto dulu).

    Kalau masalah maju, lihat Uni Soviet yang dulu kelihatan maju lalu kemudian jatuh. Beberapa artikel juga mulai membahas kelemahan Cina yang berpotensi membuat pertumbuhan ekonominya terhenti. Tanpa demokrasi dan kebebasan pers, kemampuan untuk mengkoreksi diri sendiri menjadi lemah.

  4. kekeke… its damn funny, really euy… masa mycute lovely blog juga ikut diblok…hiyyy gak penting banged dehh.. Btw mas, yg tertutup-tutup gitu tuh biasanya banyak belatungnya loh di dalamnya….hiyyyy seremm…hiyyy jadi males buka dehhh… yakssss

  5. Bagian ininya sudah di baca?

    This version, 1.0 may report sites as being “blocked”, while there are only technical reasons for their unavailability. Read the about page for more info.

    Kalo saya nyoba blog saya, hasilnya can’t open URL

  6. Mas, he he he, ini hasil test web yang lain:

    Kementrian pedagangan China: di block
    Kementrian luar negri China : di block
    Perwakilan China di PBB : di block

    oooh coba yang ini

    Kementrian Pendidikan China : di block juga
    Partai Komunis China : di blog juga

    Sembarang di block ki :D

  7. Pingback: #direktif

  8. Pingback: China: Block, Patrol, and Spam — Blogging

  9. Pingback: Apa Gunanya Ngeblok Blog Ini « aJOe の blog

  10. #10 @pujiono:

    Ah, itu sih cuma masalah kecil. Masih banyak yang patut dipertanyaan soal hubungan antara ‘diktatorial’ dan ‘kesejahteraan’ ;).

  11. RRCina tidak setertutup RDRKorea (Korut) atao Myanmar.

    RRC biarpun politiknya masih tertutup tapi ekonominya terbuka lebar mas. mangkanya negara-negara barat pada khawatir dan sekarang yg terjadi adalah perang informasi buat menghambat kemajuan RRCina.

    Untuk perang informasi negara2 Barat masih unggul. Negara barat ini selain yg memang berada di belahan Barat juga yg secara geografis di ada di Timur, macam Australia, Jepang dan Korsel.

    Lah… satelit paling hebat dimiliki, jaringan berita yang bisa memutar balik opini dunia juga punya.

    Indonesia ? kayaknya perlu menggandeng RRCina biar “Barat” agak segan. termasuk si malaisiah.

  12. Ah lambat laun Pemerintah Tiongkok pasti akan membuka lebar2 pintu informasi atawa kebebasan pers di negara doski. Ibarat sayur tanpa garam, kemajuan ekonomi tanpa kebebasan pers. Hambar…!
    Wah ternyata lebih enak di Negeri sendiri…! Hidup Indonesia, go to the H_ll with Msia.

  13. Jangankan bahasa Indonesia.. bahasa Baduy mereka juga ngerti nge blok nya. Pemerintah China memang jago nge blok situs… supaya barang2 tetap murah.. (orang; dianggap barang nggak yah?? )..

  14. Sedikit nimbrung.. disebut bahwa “bahagianya kita di Indonesia diberi kebebasan lebih…” itu saya masih bingung. Indonesianya yg baik, atau… enggak ngerti.. hehehhe

  15. #27 Tiwi
    ya ini artinya kita lebih baik. bayangkan seandainya kita gak bisa ngeblog gara-gara wordpress.com diblok, blogspot.com diblok, semua blog diblok, email diendus ama intel… wah sengsara. untungnya di sini gak kek gitu…

  16. saya baru tau situs web bisa di blok sbb saya masih inget orde baru sempat ingin memblok situs internet yg katanya suka menjelek2an pemerintah, tapi si harmoko bilang ‘menurut petunjuk bpk presiden’ situs internet ndak bisa dicegah. gitu kata si penjilat tsb.

  17. aneh jg ya RRC itukan musuhnya demokrasi tp ekonomi maju sbb USA+sekutunya(jepang) investasi gede2an disana. giliran Indonesia jd negara demokrasi no.3 dunia, malah gak didukung ekonominya malah dicuekin. waktu Indo dipimpin diktator orde baru dulu justru didukung abis2an ekonominya malah dipinjemin duit padahal mereka tau itu duit 30% dikorupsi. aneh bin ajaib

  18. Sebenarnya China sudah terbuka. Ideologi komunis tinggal bajunya saja. Hak kepemilikan (property) kok sudah diberikan secara legal. Hanya saja untuk mengatur milliar orang mesti hati2. Rusia juga mengalami kemajuan luar biasa karena Putin melakukan tahapan demokrasi yg bertahap dan ketegasan penegakan hukum. Kalau ditanya mengapa banyak investor mau ke China, karena yang pertama adalah komitment pemimpinnya. Penegakkan hukumnya okay dan Investasi dari investor di jamin, dan pasti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s