Cuti Libur Lebaran Bersama

Cuti bersama bikin produktivitas menurun, khan?

libur

Menurut kalendar yang ada di meja, lebaran kali ini jatuh pada hari Sabtu dan Minggu. Terus terang ini membuat banyak karyawan “kecewa”. Sebabnya tentu saja adalah karena lebaran itu jatuh pada hari libur. Tanpa ada lebaran pun, tiap Sabtu dan Minggu kita sudah libur. Tentu saja dengan demikian banyak orang yang harus mengatur strategi dalam mengambil cuti.

Teman saya ada yang cuti sejak hari Kamis sebelum lebaran dan balik lagi ke kantor pada hari Selasa setelah lebaran. Artinya dia mengambil cuti untuk hari Kamis, Jumat dan Senin.

Untunglah kemudian ada pengumuman dari bagian sumber daya manusia bahwa libur lebaran kali ini dimulai sejak hari Sabtu sebelum lebaran sampai hari Rabu setelah lebaran. Artinya, hari Senin sampai Rabu semua karyawan diliburkan, kecuali karyawan yang mempunyai tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

Nah, tiga hari cuti pasca lebaran itu dianggap sebagai cuti bersama. Ada yang senang dengan keputusan ini, ada pula yang kecewa. Senang, karena mereka bisa libur pulang kampung tanpa beban pekerjaan. Ada pula yang kecewa karena merasa hak cuti mereka “dirampok” karena dipaksa cuti meskipun mereka tidak menginginkannya.

Well, lain lagi keputusan pemerintah. SKB Menteri Agama, Menaker dan Menneg PAN No 481/2006 Nomor Kep 281/Men/VII/200 dan No SKB/03/M.PAN/2006 tentang Hari-hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2007 menyatakan bahwa libur lebaran dimulai pada Jumat, 12 Oktober sampai dengan Jumat, 19 Oktober 2007. Wah, benar-benar panjang.

Apakah libur lebaran sepanjang itu tidak menurunkan produktivitas? Nggak tahu lah, tanya saja sama ketiga menteri itu…

Sampeyan sendiri kapan liburnya?

16 thoughts on “Cuti Libur Lebaran Bersama

  1. kalo diterapkan seperti ini, cuti itu bukan lagi hak pegawai, tapi sudah menjadi kewajiban.
    masa cuti kok dipaksakan waktunya :(

  2. #1 dan #2
    iya, ya… cuti kok wajib. gemana, seeecchhh?

    Tapi kalo mau kerja sendirian di kantor juga nggak bisa karena kita gak bisa melakukan koordinasi dengan bagian lain yang juga cuti. parah…

  3. halah udah dikasih cuti lebaran seminggu, ada lagi nanti cuti bersama natal lanjut lagi cuti bersama untuk taon baru, dikasih libur salah ngga dikasih libur makin salah lagi, maunye ape seh lu pade…? nikmatin ajew deh, dikasih libur banyak juga pade bingung lu mau jalan kemane.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s