PayPal

Kita cukup kreatif menghadapi PayPal yang agak tertutup.

paypal
Sedikit demi sedikit PayPal nampaknya mulai membuka diri terhadap Indonesia. Pada awalnya, orang Indonesia sama sekali tidak bisa menggunakan fasilitas pengiriman dan penerimaan menggunakan PayPal. Lalu pada sekitar awal Oktober 2006 lalu orang Indonesia bisa mendaftar sebagai pengguna PayPal. Sayang, fasilitas yang tersedia belum sempurna. Kita hanya bisa menggunakannya untuk mengirimkan uang saja. Lalu, bagaimana dengan menerima uang? Maaf, PayPal saat itu nampaknya belum percaya terhadap Indonesia.

Berbagai ebook dijual sebagai panduan agar orang Indonesia bisa mendaftar PayPal dan menerima pembayaran juga. Ebook ini ada yang berharga Rp.180.000 meski isinya juga sebenarnya bisa didapatkan dengan menyimak berbagai pengalaman dari orang lain yang sudah membuka account PayPal. Ada juga yang menawarkan jasa membukakan account PayPal sampai bisa menerima pembayaran. Untuk jasa komplet ini Anda akan dikenai biaya sebesar Rp.2.500.000. Weleh… mahal!

Dasar orang kita memang kreatif, berbagai cara ditempuh agar kita bisa menerima uang lewat PayPal. Ada yang menyewa alamat virtual di Singapura, New Zealand atau Amerika Serikat agar seolah-olah kita berasal dari negara itu. Lalu, bagaimana dengan kartu kredit/kartu debitnya? Orang Indonesia, sama seperti banyak juga dilakukan oleh orang Malaysia, ada yang membuka rekening bank di Singapura dan menggunakan kartu ini untuk menarik dana dari PayPal. Ada juga yang seolah-olah berlaku sebagai investor dengan membuka rekening lewat E*Trade. Dengan menggunakan kartu dari E*Trade inilah kemudian dana PayPal ditarik via ATM.

Ada pula yang membeli kartu debit AccentVisa yang harganya nyaris satu juta rupiah itu. Mereka menggunakan kartu debit itu untuk menarik dana dari PayPal. Ya, ini memang kartu debit Visa, bukan kartu kredit.

Semua cara itu bisa dilakukan namun membutuhkan dana yang cukup besar bagi sebagian orang. Menyewa alamat virtual di Amerika, misalnya, dikenai fee sebesar US$23. Ini memang hanya biaya sekali saja. Namun, untuk tiap kali ada surat atau cek yang masuk ke alamat kita, mereka akan mengenakan fee lagi jika surat atau cek itu dikirim ke Indonesia. Walah, repot bener.

Untunglah semua itu sudah berakhir. Pada September 2007 ini PayPal kembali berbaik hati. Orang Indonesia tidak hanya bisa mengirimkan uang lewat PayPal, menerima pun sekarang sudah bisa. Wah, lengkaplah sudah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan milik raksasa lelang Ebay ini. Kita bisa mengirimkan dan bisa pula menerima uang lewat PayPal.

Kini ebook panduan menggunakan PayPal untuk orang Indonesia pasti sudah kedaluwarsa. Kita tidak membutuhkan informasi itu lagi. Yang kita butuhkan sekarang adalah informasi kartu kredit mana saja yang bisa menerima transferan dana lewat PayPal? Ada yang pernah mencoba dan berhasil? Silakan berbagi di sini.

Baca juga:

15 thoughts on “PayPal

  1. Mantap, bro… Gw memang uda denger2 dari dulu. Tapi belum tau kapan launching-nya. Ternyata bulan ini, sudah bisa toch. Bagus dh… Salut untuk bro Pujiono yang telah memberitakan ini. Eh, bro ada jalanin internet marketing?

  2. Ada lagi jasa pencairan Paypal karena perna punya account waktu tinggal di luar negeri sono. Well, kayaknya model gini yang ngetop.

    Apakah setelah ini usaha kayak gini bakal mati?

  3. #2 dan #3
    beberapa usaha yang kemungkinan besar tidak akan laku adalah:
    1. jualan ebook panduan PayPal utk Indonesia
    2. Virtual Office
    3. Jasa Pencairan PayPal
    4. Debit Card Virtual
    5. ….. (apalagi, ya?)

  4. Cuma penasaran aja dengan banner di sebelah.., itu affiliate dengan HostMonster ya? Soalnya di bawah jelas tertulis “Powered by WordPress and DreamHost”. He..he

    Hubungannya sama PayPal? Mbuh.., kulo boten ngertos om..
    :D

  5. #5 Okto Silaban
    Ya, banner di sebelah kanan ini adalah affiliate dari HostMonster sedangkan saya menggunakan hosting Dreamhost. Tidak ada larangan pasang banner itu, khan? Apa hubungannya dengan PayPal? ya nggak ada karena saya menerima affiliate payment-nya menggunakan check, bukan paypal.

  6. Pingback: ebook » PayPal

  7. Yah itulah hebatnya orang Indonesia, kreatif dan bisa survive dalam kondisi apapun :-)

    Sayangnya banyak orang yang mengekspose sisi negatifnya saja seperti ucapan “ini bangsamu”, “endonesia” dst. Makasih mas untuk menampilkan sisi yang lain :-)

  8. Banyak jalan ke Roma..
    Paypal memang sangat bagus. Tapi banyak yang sukses (IM) loh tanpa paypal. Yang penting Mindset kita dulu. Kawan aku di Iran sudah fulltime bisnis online, goal nya sudah tercapai, yaitu berpenghasilan puluhan ribu dolar AS setiap bulannya. Orangnya cewek, tidak punya latar belakang IT. Bahasa Inggris kurang bagus. Juga diisolir. Artinya, dia
    tidak pernah pakai paypal….
    Yang penting Mindset… Traffic..Traffic

  9. Memang dengan adanya paypal yg mau transaksi online bertambah pesat.
    Tp jangan sampai kita manfaatkan sebagai ajang penipuan lg. Soalnya sudah bagus paypal menaruh kepercayaannya sedikit demi sedikit jangan sampai mereka ga mau masuk Indonesia lg seperti waktu itu.
    Mudah2an citra Indonesia sedikit demi sedikit jg menjadi lebih baik lg.

    Maju Indonesia!!

  10. aku ngga punya kartu kredit. ada cara lain ngga untuk mencairkan uang selain kartu kredit..?? kios pay??? denger2 pelayanannya buruk, banyak yg merasa ngga puas, gimana nih..?? mohon petunjuknya. Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s