Malaysia yang Enggan Minta Maaf itu

Malaysia ogah minta maaf. Pelaku cuma diskors dan potong gaji separo.

malaysia
Seperti sudah diduga sebelumnya, Malaysia enggan meminta maaf atas terjadinya pengeroyokan terhadap wasit karateka asal Indonesia bernama Donald Pieter Luther Kolopita yang diundang di kejuaraan karate internasional di Negeri Sembilan. Seperti sudah ditulis oleh banyak blog dan media, wasit asal Indonesia itu dikeroyok oleh empat polisi Malaysia tanpa alasan yang jelas.

Luhut B Panjaitan, Ketua Kontingen Karateka Indonesia memutuskan untuk menarik seluruh kontingen Indonesia dari arena pertandingan sebagai bentuk protes kepada pemerintah Malaysia. Sementara itu menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault mengatakan bahwa pendatang haram atau binatang pun tidak boleh diperlakukan dengan kasar dan dia berjanji akan melakukan protes keras.

“Malaysia menunjukkan arogansi berlebihan,” kata ketua DPR kita.

Protes keras juga disampaikan oleh para pengunjung blog ini. Banyak yang mengecam. Namun, apa jawaban pemerintah Malaysia sendiri? Menteri Luar Negeri Datuk Syed Hamid Albar enggan meminta maaf. “Saya pikir yang paling penting ialah sikap Kerajaan Malaysia terhadap kejadian. Sikap kami, kejadian ini perlu diberikan pengadilan secukupnya.” katanya seperti disiarkan oleh KORAN TEMPO.

Well, diberi pengadilan secukupnya? Apakah bentuk hukumannya? Ternyata pelakunya hanya diskors dan separuh gajinya tidak dibayar. Ya, hanya itu saja. Tidak lebih, tidak kurang. Astaga! Memukuli orang sampai babak belur hanya diskors dan dipotong gajinya separo? Sama seperti di sini kalau ada aparat yang salah, paling-paling akan disebut sebagai kesalahan oknum saja, ya…

Gimana nih…? Protes lagi yuk, yang lebih kenceng…

41 thoughts on “Malaysia yang Enggan Minta Maaf itu

  1. waduh kang. kalo baca di koran seh proses pengadilan masih akan terus berjalan. begitu janji pemerintah malaysia. soal skors plus pemotongan gaji itu sanksi dari Dep Kepolisiannya, bukan sanksi akhir. moga aja proses peradilannya jujur, ndak kayak di Indonesia. :D

    i hope

    CMIIW

  2. #1
    oh, masih jalan ya. coba kita pantau terus jalannya pengadilan di sono… jangan-2 nanti hasilnya adalah adanya kesalahan prosedur… hahahaha… kek di indonesie saja ya…

  3. percaya deh mas puji,
    bakalan sama kaya di indonesia…

    kan negara kita sama malaysia serumpun…
    serumpun dalam segala hal.. :D

  4. Apa perlu bikin program GAMAL (1) lagi seperti jaman bung Karno ? :D

    (1) GAMAL : GAnyang MALaysia :D dan salah satu kawan saya namanya Gamal karena lahirnya sewaktu sedang heboh-hebohnya soal ini, ha ha.

  5. Wah berbahaya sekali menyudutkan suatu negara hanya karena ada segelintir penduduknya yang tidak beres.

    Di Indones, orang tebas kepala orang diarak keliling kampung. Kampung satu berantem dengan kampung lain. Perang adat yang bunuh2an berhari didiamkan saja. Di Jakarta, meleng sedikit, diteriakin copet, lantas dibakar, sementara si copet lari dan ikutan teriak copet.

    Apa Malaysia lebih parah dari itu?

  6. #7:ini bukan cuma masalah gebuk2annya.tp ini masalah harga diri bangsa.mungkin kasusnya ‘hanya’ masalah pemukulan itu biasa,bnyk koq kasus serupa.tp ini menyangkut kontingen Indonesia (tolong tulis dengan lengkap) yg brarti menyangkut wibawa bangsa.

  7. Kalau mau razia warga malaysia yang di sini, bukankah sodara-sodara kita yang disana juga ndak kalah banyak? Kalau ganti di razia gimana jal?

  8. malay mah emang gt dr dulu2, sombong banget pemerintahannya. Mungkin karena sudah merasa lebih maju dari kita. Tp memang daerah tempat pak Donald dianiaya (Nilai, Negeri Sembilan) tempatnya sepi kalo malem, taksi susah dicari, apalagi ojek (??), n kadang ada aja preman2 “iseng” malak n ga segan2 melukai sapa aja yg sedang lewat (ada temen yang pernah dikeroyok disana sampe koma). Hmm jgn2 pulisi2 disana dah ketularan jadi preman juga kali ya he he :P

  9. Loh, dinegara kita kalo ada yang berbuat seperti itu hukumannya apa ya? kalo tidak lebih berat berarti memang begitulah hehehehehe…

    Pemerintah kita aja yang tidak tegas (seperti biasanya)

    Seorang kolega asing berkata: Indonesia adalah raksasa yang tidur dan negara lain lebih suka begitu agar bisa mengambil hartanya dengan tenang.

  10. Ini gue share yah, soalnya gue sering ke Malaysia. Yg diculik dan digebukin polisi sana tuh gak cuman kasus orang Indo aja. Ada 2 Indian orang IT sekitar 2 bulan lalu juga diculik dari dekat hotelnya dan digebukin polisi rame rame. Gobloknya si polisi polisi itu interogasi orang India kok pakai bahasa Malayshit. Mana tahulah orang India itu ditanya gitu? Eh bukannya cari penerjemah, malah digebukin. Kalo gak percaya cari deh New Straits Times 2 bulan lalu. Lalu baca juga koran Straits Times Singapore, dalam setahun ini, sudah banyak orang Singapore yg ke Johor, ditodong, ditusuk bahkan ada yang diperkosa. Tanya orang orang Singapore dah kalo kagak percaya. Orang ngisi bensin, langsung ditembak. Pokoknya Malayshit itu negara kriminal deh, banyak preman, dan polisinya pun preman sok belagu. Setiap gue dikirim ke Malaysia buat dinas aja kalo passport dan ticket gue dicheck, pakai nyinyir segala, lalu koper gue disuruh check X ray extra, padahal orang lain kagak. Pokoknya Indon langsung kena deh. Udah gitu, kalo elo elo pada ke Kedah, Kelantan, Perlis, banyak tuh orang orang brewokan yang jadi guru gurunya terrorist di Indonesia. Banyak juga orang Indo yg sekolah (sok) agamis di Indonesia. Check aja terrorist Indonesia, pasti adaaaaaaa aja hubungannya ama Malaysia, terutama 3 negara bagian di atas. Dasar negara export terrorist. Itu orang orang sok pakai baju hitam hitam tapi doyan duit dan punya bini banyak itu kan juga paham dari Malaysia… bejat dah. Sok agamis tapi buktinya banyak pornografi dan sana juga.

  11. Barusan liat berita, ternyata sudah banyak kasus brutalisme polisi malaysia terhadap WNI. Mulai dari TKI sampe pelancong. Sebenarnya kekerasan tidak hanya terjadi pada WNI saja, tapi juga pada warga negara lain, masih ingat video wisatawan Cina di Malaysia yang di paksa bugil di Kantor Polisi dan di suruh Squad-Jump?

  12. What a shame, pemerintah malaysia blagu, songong, sok hebat bgt dibanding indonesia, padahal anak2 mudanya mandang kita sbg role model mereka, secara selera fashion/musik/seni in any sorts kita jauh diatas mrk. This i know for sure, gw bnyk kenal ama anak sana. Tp dgn kondisi pemerintah mrk yg angkuh ga punya hati dan pemerintah kita yg klamar klemer ga ada harga diri, bukan ga mungkin suatu hr nanti beneran pecah perang antara indo-malay! Malu gw knp pemerintah indonesia slalu nerima diinjek2 bgs laen?! Kapan kita mau maju dan dihargai di mata internasional?

  13. Lah, dulu katanya Singapore yang arogan.
    Lah, dulu katanya Australia yang arogan.
    Cian deh Indonesia, dikelilingi tetangga arogan semuah. Karma kali ye sama Aceh, sama Papua, sama Timor, sama perilaku kita ke saudara-saudara kita sebangsa sendiri. Kita orang Indonesia sama persis dengan so called Malayshit itu: sama-sama suka membiadabi bangsa Indon.
    Puji, galang teman-teman kamu membunuh nomor XL mereka, dan menutup rekening Bank Niaga. “Boikot Perusahaan Malayshit Itu” :)

  14. Gimana gak di injek2 negara tetangga…
    lahh negara kita Indonesia yang luasnya
    sebrata’an… dan orangnya yang katanya PEMBERANI – PEMBERANI… Pemerintahnya cuma bisa inggeh – inggeh aja…
    Presiden juga yang katanya dari MILITER
    cuma slalu bilang “yang sabar… yang iklas…” Coba kalo Pak Harto dulu… Mahathir aja kedeer…!!”

  15. saya mengusulkan kepada pemerintah untuk bertindak nyata dengan memboikot pengiriman TKI ke Malayshit itu, masih banyak alternatif di negara lain yg mau menampung, kita cuman dijadikan sapi perahan mereka saja, coba aja lihat beritanya yg selalu memojokkan Indonesia melulu, belum lagi penangkapan thd tki kita yg sangat tidak manusiawi

  16. Mungkin dari pihak Indonesia harus ada “good will” dulu. Hampir setiap tahun Indonesia meng-export asap pembakaran (smoke haze) ke Singapur dan Malaysia.
    http://www.planetark.com/dailynewsstory.cfm/newsid/38366/story.htm
    http://www.abc.net.au/news/stories/2005/08/11/1434939.htm
    Pemerintah Malaysia dan Singapur sudah berkali-kali memohon pemerintah RI untuk turun-tangan mengontrol pembakaran hutan di Singapur.
    No wonder orang Malaysia agak “pissed off” dengan orang Indonesia :)

  17. haii???,orang2 INDON pengecut bisanya bisik2 saja ayo kalok berani langsung perang lawan RAMBO2 KUALALUMPUR.kalian miskin takpunya senjataya.

  18. Helo? Yg bkr hutan tuh org2 malaysia juga ya plis! Emg dasar negara munafik. Sedangkan kita negara bodoh. So who’s to blame?

  19. Pingback: Budayawan Muda

  20. Pingback: Budayawan Muda

  21. #34
    kalo nggak minta maaf, pasti diganyang sih. bagaimanapun mereka segan dengan kita. kita adalah raksasa. raksasa yang malas… hahahaha..

  22. marah kita untuk apa….maki maki dia kita …dapat apa….., ayolah bangun kita…jiwanya, badannya untuk INDONESIA RAYA. Mari kita berkarya …..sebisanya yang penting ndak nyopet. Tak usalah kita salahin mereka, pemimpin bangsa kita krena kitalah yang pilih mereka….klo ndak cocok besok tak usalah kita pilih. malasyia begitu karena mrk menggap kita
    bodoh……mari kita buktikan tidak….
    miskin…..mari kita buktikan tidak….
    arogan…..mari kita buktikan tidak….
    apalagi yang jelek2 MARI KITA BUKTIKAN TIDAK…

  23. Indonesia bisa “Ganyang malaysia” tapi malaysia tidak mungkin bisa “Ganyang Indonesia” karena perbendaharaan kata dalam bahasa malaysia sangat rendah dibandingkan dengan bahasa Indonesia.

  24. Kalau mau ngancurin malaysia sangat mudah, caranya setiap satu orang Indonesia (TKI) bawa bensin satu liter dan bakar malaysia, selesai.

  25. Indonesia bisa “Ganyang malaysia” tapi malaysia tidak mungkin bisa “Ganyang Indonesia” karena perbendaharaan kata dalam bahasa malaysia sangat rendah dibandingkan dengan bahasa Indonesia.
    Coba saja bikin lagu dalam bahasa malaysia dan nyanyikan dalam irama pop, rock, jazz pasti kedengarannya sangat aneh dan lucu.

  26. daripada kita komentar tentang Malaysia, mari kita bangun negara Indonesia tercinta, dan tolong untuk semua yang masih perduli dengan negara Indonesia, di add di friendster pada : gerakan_cintatanahair .Ok…Indonesia merdeka..!!!

  27. Pingback: JalanSutera.com » Malaysia Memang Makin Menyebalkan

Comments are closed.