MT Versi 4 itu

MT versi 4 yang terakhir diluncurkan nih. Ada yang mau instalin buat saya?

MT

Dulu, ketika pertama kali ngeblog, saya menggunakan Blogger-nya Google. Dulu sih bukan punyanya Google. Waktu itu Blogger masih perusahaan kecilnya Evan Williams. Cape’ karena perkembangannya lambat, saya beralih ke PMachine versi gratis. Saat itu saya sudah mencoba menyewa server. Ini pun akhirnya saya tinggalkan karena perkembangan PM versi gratis juga luambatttt banged. Rick Ellis, sang developer PM, nampaknya lebih memperhatikan Expression Engine, versi profesionalnya PM.

Beruntunglah saat itu WordPress mulai muncul. Kemudahan instalasi, banyaknya plugin, banyaknya themes membuat saya nyaman menggunakan WP. Belum lagi penggunanya yang seabreg-abreg membuat saya semakin mudah untuk bertanya-tanya. Maklumlah, saya orang yang tidak paham bahasa PHP dan HTML. Sampai sekarang saya masih setia menggunakan WP dan tampaknya tidak akan berpaling lagi ke blog engine yang lain.

Tapi… hari ini SixApart meluncurkan MovableType versi 4 yang terakhir. Hmmm,.. sebenarnya pengin juga sih ngrasain bagaimana ngeblog pake MT. Tapi dari dulu mencoba install blog engine ini kok rasanya sulit banged. Mungkin MT memang tidak cocok dengan saya. Atau saya yang tidak cocok dengan MT. Halah, mbulettt. Mungkin MT memang diciptakan khusus untuk orang-orang yang suka ngoprek PHP dan CGI.

Ada nggak ya kira-kira orang yang mau instalin MT di server saya. Habis itu saya akan belajar. Kemungkinan besar sih nggak akan berhasil karena saya terlalu WP oriented. Hihihi…

11 thoughts on “MT Versi 4 itu

  1. #3
    Dulu saya berlangganan hosting yang ada fasilitas fantastico. Tapi, seingat saya, tidak ada fitur instal MT. WP sih memang ada.

    Sekarang saya pake dreamhost. Tidak ada fantastico di sini.

  2. Di versi terbaru ini, installasi sangat gampang kok mas, sama seperti blog engine lainnya.

    Jika dibandingkan dengan yang MT 3.x, yang MT 4 malah lebih mudah, tapi prosesnya mirip kok. Kalau install MT 3.x, panduan bisa dilihat di http://wiki.mt.web.id/Panduan_Instalasi_Movable_Type

    Kalau di MT 4, berdasar panduan itu, langsung saja buka file mt.cgi nya, nanti akan ada installation wizard-nya.

    Untuk panduan MT 4 (yang dalam bahasa indoensia), sedang dibikin, karena banyak banget perubahannya. Nanti saya import panduan yang di komputer lokal deh. Yang pasti.. gampang kok…

  3. #5
    Hi thomas…
    Thanks atas infonya. Tadi saya juga sempat menilik cara install MT4 yang baru. Kemungkinan besar sih saya bisa. Tapi sayangnya saya belum sempat utk mencoba. Lagi pula dari tadi gagal utk download MT4 nih.

  4. sebenarnya saya tertarik sama MT, untuk saya pribadi ada kesan profesional kalo pake MT *secara bang Enda pake MT :P* tapi intinya pengen nyoba aja sih…hehehe… tapi support dari 3rd party masih kalah sama WP yah?

Leave a Reply

