Indonesia Raya Tiga Stanza itu

Kedengarannya lebih relevan, ya…

indonesia
Akhir-akhir ini banyak diperbincangkan keberadaan lirik Lagu Indonesia Raya yang terdiri dari 3 stanza. Saya heran, kenapa kok ramai dikomentari, ya? Seingat saya, dulu ketika masih SD, saya punya sebuah buku musik yang berisi aneka lagu wajib nasional. Tentu saja Lagu Indonesia Raya juga salah satu yang tercantum di situ. Nah, saya masih ingat betul bahwa ciptaan WR Supratman yang ada di situ terdiri dari 3 stanza, lebih panjang daripada yang selalu diperdengarkan di televisi dan radio. Kenapa sekarang ramai?

Inilah Lirik Lagu Indonesia Raya Asli Tiga Stanza

Indonesia Raya

Stanza 1:

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Disanalah Akoe Berdiri ’Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe

Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 2:

Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja
Disanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja
Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoenja
Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia

Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja
Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 3:

Indonesia Tanah Jang Seotji Tanah Kita Jang Sakti
Disanalah Akoe Berdiri ’Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi

S’lamatlah Ra’jatnja S’lamatlah Poetranja
Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja
Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.

Kalau menurut saya pribadi sih nampaknya 2 stanza yang jarang diperdengarkan ini cocok dan relevan dengan kondisi bangsa Indonesia sekarang. Ya, saat batas wilayah republik ini dicaplok Malaysia, saat tetangga kita mengimpor pasir secara besar-besaran untuk memperluas wilayahnya, saat RMS muncul di hadapan presiden, saat bendera Bintang Kejora dikibarkan penari di Papua, saat kesebelasan Indonesia gagal melangkah ke babak berikutnya di Piala Asia, saat korupsi merajalela, saat bencana menerjang di mana-mana, ….

Anda setuju?

Kalau ada yang masih belum mendengarkan Lagu Indonesia Raya tiga stanza, silakan lihat videonya yang sudah ada di YouTube sejak 19 Desember 2006.

21 thoughts on “Indonesia Raya Tiga Stanza itu

  1. hayo priyadi mo ngomong apa lu… abang gue punya cem-ceman baru. pasti lu sedang kebakaran jenggot khan… :))

  2. aku se7 ma mas, emang 2 stanza itu cocok banget ma kondisi negara. Aku jadi punya pikiran, jangan2 negara ini emang gondok, karena lagu yang mustinya 3 stanza di pesingkat jadi 1 stanza, aku pikir lagu ind raya yang sekarang perlu di perbaharui dengan 2 stanza yang lainnya, karena menurutku, lagu itu fuul of hope, full of pray, penuh dengan doa dan harapan untuk indonesia, bukannya hari gini banyak orang yang ga milkir lagi tentang nasib bangsanya, yang di pikir malah nasib individu sendiri…Dengan adanya lagu 3stanza itu, amemperlihatkan bahwa indoesia menghargai karya dan sejarah masa lalu, juga menunjukkan tanggung jawab kita sebagai putra yang “‘njaga iboe pertiwi” bukan hanya jadi “pandoe iboekoe..”. terimakasih buat WR Soepratman yang udah nyiptain karya ini, dengan -aku pikir- semangat dan harapan yang besar. Semoga doa Bpk Soepratman yang mewakili nama bangsa seluruhnya yang ada di dlm lagu ini, akan dapat kita wujudkan bersama. Jaya terus Indonesia….!!!!! {wah, semangt nasionlaisku jadi terbakar banget nih, mas! Thnx ya…I love u, Indonesia…}

    • Ikatan Keluarga Ahli Waris WR.Soepratman Komponis”Indonesia Raya”
      d/a.Jl.Mulia no.25 RT.011/008 Jatinegara Jakarta Timur
      08567229926/021.91359196 (Budi.WR.Soepratman)

  3. hai roy…

    kalo ada yg pingin tau lagu versi 3 stanza ini…

    http://rapidshare.com/files/47617403/Indonesia_Raya.avi.html
  4. pertama kali ada wacana seperti itu saya juga heran seperti mas,.Saya juga sudah tahu sedari saya SD dulu,..
    Mungkin orang2 pada gak pernah baca buku lagu2 perjuangan kali ya..ato mungkin juga(moga saja gak)mereka gak apal ma lagu2 kebangsaan,.Naudzubillah.

  5. klo udah ditetapin lagu kebangsaan sekarang ya udah jangan dipermasalahkan dong yang penting kita udah merdeka,MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. hi….aku jadi inget masa sd dulu karna waktu aku kelas satu sd sempat nyanyi lagu indonesia raya 3 stanza tapi gak tau kenapa waktu kelas 6 sd udah 2 stanza aja. tapi kita semua gak protes atau apa……

  7. duuh..saya sbg generasi muda banget merasa bersyukur sekali.Seblomnya saya gak pernah denger sama sekali.Biarpun ada tapi kalo gak dipublis lagi kan ga bakal buming.Itu perlu.Dulu saya nyanyi yg 1 stanza bosen kok syairnya tu diulang2 mulu.Ternyata saya tahu pendahulu kita bener2 orang jenius yang tahu cara menggugah nurani bangsanya dan tahu benar nasib bangsanya melintasi waktu dimana dia hidup.

  8. Lagu INDONESIA RAYA 3 stanza itu sudah ada di buku lagu2 perjuangan. Saya pertama kali baca waktu kelas 5 SD, sekitar tahun 1988. Bukunya tebal, ukuran 1/2 A4, bentuk landscape. Gak heran Pak Des Alwi bilang Roy Suryo kesiangan. he he he.

  9. Waduh,waduh gitu ya ternyata.Teks aslinya terdiri 3 stanza, skr “dikorupsi” jd 1 stanza. Jadi gak heranlah, kalo skr lg banyak korupsi-kolusi-nepotisme “meraja-ratu” di negeri ini.
    Lha wong Lagu Kebangsaannya aja lho “dikorupsi”. Naa…terus kapan sempurnanya negeri ini kalo kebanyakan “dikorupsi”? Iya kalo celana jeans panjang, “dikorupsi” jadi celana jeans 3/4,masih terlihat necis. Tapi ini kaitannya dengan bangsa Sodara-sodara! bukan celana jeans!

  10. Pingback: EDP Suck Blog » Blog Archive » Balada om oy

Leave a Reply

