Ambruknya Jembatan di Minneapolis itu

Sampai kapan jembatan Tomang bisa bertahan?

Video di bawah ini sudah disiarkan berulang-ulang oleh televisi kita..

Saya jadi terbayang-bayang jembatan Tomang dari arah Kebon Jeruk, dan juga dari arah Grogol. Kedua jembatan itu tiap hari dilewati ratusan, mungkin ribuan, truk bermuatan penuh. Sampai kapan jembatan itu mampu menyangga beban berat? Juga jembatan dari bandara: wuih tinggi banget.

Jembatan Minneapolis itu sudah berumur 40 tahun. Semoga jembatan Tomang bisa bertahan lama. Atau ada baiknya sekarang dicek keselamatannya. Siapa tahu…

12 thoughts on “Ambruknya Jembatan di Minneapolis itu

  1. kalaupun dicek, dan terbukti mau ambruk, mau diapakan kah? :P

    ini nih, bapak kost yang somse… ga mo nengok2 anak kostnya… hihihi… ya biarpun anak kostnya bawel juga sih… :P

  2. kok pake repot sih kudu pakai dipriksa priksa segala, nyonto Amrik gitu lho, ambruk dulu, baru dipriksa.

    Tapi jembatan kita kan bikinan Koreya tho? Sapa tahu lebih top dari bikinan ngAmrik. Tapi saya peker peker ya sama saja, toh di Koreya juga Hanbo bikin gedung shoping senter ambruk juga mati banyak. Jadi ya podo ae, ambruk dulu baru dipriksa. Hemat duit, lumayan buat korupsi dan makan makan pas peresmiyan.

  3. saya yang dilahirkan dan dibesarkan di kota Palembang justru sangat khawatir dengan kondisi Jembatan Ampera. Padahal, umur jembatan itu kira-kira sudah di atas 30 tahun.

    Jembatan itu salah satu denyut nadi transportasi penghubung antara daerah ilir dengan ulu. Jembatan itu pun di bangun pada saat pemerintahan presiden Soekarno. Dulu, jembatan ini menjadi kebanggaan masyarakat kota Palembang dan juga Indonesia pada umumnya.

    Yah, saya sepakat jebatan yang sudah tua seperti Jembatan Ampera di Palembang perlu dicek ‘kesehatannya’. Jangan-jangan juga sakit. hehe..

    salam,
    eriek

  4. Bikinan Korea tapi beton dari Indonesia dan pekerjanya juga lokal Bro.. Terus masa ongkos buat beli beton dan besi kualitas prima gak dipotong dikit… kan budayanya begitu..

    Korea juga bukan pembangun yang top kayaknya. Ingat gak mall yang collapse total di Seoul? 400an orang mati… itu bikinan korea Bro. Kalau mau yang benar bagus harus dari Jepang, Jerman, Perancis… Baru kuat dan aman.

  5. indonesia pernah lah ya bangun jembatan.. itu ngebangun jalan tol dari priok sampe cawang kan pake pondasi cakar ayam, yang copyrightnya orang sini punya..

    btw, daerah rawan di jkt skrg itu kalo naik tol dari arah ancol ke grogol. Begitu masuk ke simpul (pertemuan) jalan tol yg dari sukarno hatta, ada yg perhatian nggak kalo mobil nggak boleh lewat bagian kiri dan kanan jalan. Jadi mobil kalo lewat harus melalu penyempitan jalan. Selalu ditutup sampe skrg. Katanya itu udah daerah rawan pula.

  6. Belanda mungkin biangnya bikin bangunan kali ya..
    Liat aja bangunan2 tua di Semarang bikinan belanda sampe skrg masih keukeuh..dan itu jadi modal Semarang menjual kotanya melalui “Semarang Pesona Asia”,.

    Makanya anak2 teknik sipil/arsitektur belajar yang rajin yah…

  7. gue sih berdoa mudah2an para pelaku yg berkaitan dengan pembanguan di Indo ini sadar setelah menyaksikan ambruknya jembatan di negaranya Uda Sam itu. Di negara super canggih aja bisa ambruk..Di Indonesia? tergantung! Kalau mentalitas korupsi (termasuk mengkorup adukan semen) masih dipelihara, yaahh tunggu saja gilirannya… duhh…

  8. Gw tinggal di Pekanbaru. Kita juga punya jembatan di atas sungai siak. Dibangun taon 1975 ama arsitek Aussie. Kabarnya dah mengkhawatirkan.

    Abis truk dan kawan2 jg suka lewat sana. Wlo bbrp taon terakhir dah dikasih portal utk ngebatasi truk2 itu ttp aja rasa khawatir itu muncul.

    Duh arsitek Aussie bagus gak ya? :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s