Open Submission di Merdeka itu

Saya termasuk blogger yang beruntung. Kenapa? Karena saya bisa bergabung di dua agregator sekaligus, yaitu Planet Terasi dan Merdeka. Dua-duanya punya anggota yang aktif, punya blogger yang mumpuni.

Dulu, saya bergabung dengan ke Planet Terasi dengan cara mengirimkan email ke administratornya, Ronny Haryanto. Untunglah dia orangnya baik hati sehingga tanpa menunggu lama, lema blog saya sudah nongol di agregator itu. Thanks, Ron.

Kemudian muncul Merdeka. Gimana cara saya bergabung? Berbeda dengan di Planet Terasi yang (mungkin) belum pernah melakukan ‘open submission’, Merdeka waktu itu mengadakan pendaftaran blogger-blogger yang ingin bergabung. Saya waktu itu sempat mendaftarkan. Sampai lamaaaaa sekali pendaftaran ini tidak menghasilkan munculnya lema saya di agregator itu. Ternyata, adminnya sibuk. Hihihi…

Nah, sekarang, konon, Merdeka akan segera membuka pendaftaran baru. Ya, istilah kerennya ‘open submission’ itu. Mengenai waktu, syarat dan ketentuannya, silakan rajin-rajin saja tengok situs itu, atau tengok situs ini. Siapa tahu ada orang yang berkompeten komen di sini. Pasti nanti ada penjelasannya.

Eh, apa untungnya gabung ke agregator? Ya, paling tidak jumlah pembaca blogmu akan bertambah, moga-moga pagerank juga naik, nambah temen, dan nggak jadi blogger males yang gak pernah ngurusin blognya. Kek siapa? Hihihi… jadi maluw…

8 thoughts on “Open Submission di Merdeka itu

  1. Kalo langganan feed-nya Merdeka mah udah dari jaman dulu banget.. Pengennya bisa melihat perkembangan Indonesia di mata blogger, lha tapi ternyata banyak blogger yang malah nggak tinggal di Indonesia. Piye thoh?

Leave a Reply

