Blogger panutan itu

Siapa blogger panutanmu?

Risiyanto menyelipkan sebuah file text di servernya. Ini bukan sebuah file besar, cuma beberapa kilobite saja. Tapi isinya cukup menggelelitik. Di situ Risiyanto mengungkapkan bahwa Benny Chandra adalah bapak bagi blognya. Mungkin maksudnya adalah bahwa Benny telah menjadi panutan bagi Risiyanto dalam aktivitas ngeblognya. Benny benar-benar menjadi teladan bagi Risiyanto mulai dari kenalan dengan yang namanya blog, pemilihan nama domain, blog engine yang dipakai dulu. Pokoknya, Bennylah yang menuntun Risiyanto membangun blog. Wah, hebat, ya…

Nah, siapa blogger panutan saya?

Bagi saya, Lorelle van Fossen-lah orangnya. Mengapa dia saya sebut sebagai panutan dalam ngeblog? Well, setiap entry yang ditulis oleh Lorelle sangat terinci. Dia orang yang sangat teliti dalam membuat kalimat. Bahasa Inggrisnya mudah dimengerti oleh saya. Link-nya lengkap, terstruktur, rapi.

Lorelle bagi saya memang panutan, tapi bukan berarti saya ingin seperti dia. Lorelle menjadi panutan bagi saya ketika saya bingung dengan themes dan plugin WordPress. Dia menjadi salah satu blogger yang pasti bisa memberikan jawaban atas kebingungan saya. Dialah dewi (karena dia cewek) penolong saya di bidang blog. Tips-tipsnya dalam ngeblog sungguh bagus dan memang bisa diikuti. Dia nampaknya tidak keminter. Semua panduan yang ditulisnya bisa membuat saya merasa lebih tahu setelah membaca. Lorelle memang benar-benar panutan.

Meski rata-rata tulisan Lorelle sangat panjang, tapi dia tidak cuma melakukan copy paste dari berbagai blog dan situs berita yang menjadi sumber tulisannya. Ada komentar pribadi dari Lorelle di sana. Ada sentuhan pribadi yang menjadi cirinya. Inilah blogger idola saya. Opini pribadinya inilah yang sering menjadi panduan bagi saya ketika ngeblog. Lorelle juga jarang sekali menyertakan gambar dalam postingannya. Kemungkinan besar adalah karena dia seorang fotografer yang sangat menghargai karya cipta. Jika foto atau gambar itu bukan miliknya, dia tidak akan mencantumkannya di blognya. Ini beda dengan saya yang sering “mencuri” gambar dari situs lain. Ugh….

Dua blog Lorelle yang paling sering saya kunjungi adalah Lorelle on WordPress dan entry-entry dari Lorelle di Blog Herald. Keduanya sama-sama renyah, enak dibaca. Kedua-duanya sama-sama informatif, lengkap. Saya suka semua. Situsnya yang bernama CameraOnTheRoad.com jarang saya baca. Hmmm… saya kurang suka dengan fotografi.

Lorelle tidak mungkin tahu bahwa saya mengidolakan dia. Kenapa? Karena dia tidak tahu bahasa Indonesia yang saya gunakan ini. Paling-paling dia hanya mengerti bahwa ada satu orang blogger yang ngelink ke blognya. Padahal, ada begitu banyak blogger lain yang juga ngelink ke dia. Sebuah link dari saya ke situsnya pastilah cuma jentikan kecil di rimba blogosfer yang riuh rendah ini.

Akhirnya, pertanyaan yang juga dilontarkan oleh Risiyanto saya lemparkan juga ke Anda: siapa blog panutan bagimu?

15 thoughts on “Blogger panutan itu

  1. Kalo saya jujur belajar dari sampeyan, apa itu disebut panutan, ga tahu juga.

    Btw, siapa tahu Lorelle berusaha menerjemahkan posting sampeyan, berharap aja gitu :D

  2. Pingback: Orangescale.NET

  3. blog mas enda content.nya juga menarik, blog ini juga informatif koq. mostly rata2 blog indonesia masih variatif, tapi dah banyak yangv bagus koq. terus menulis rekan2 ..

    – atrix –

  4. jalan sutera. blogger panutan qu anda. karena qu baru tau buanget blogger, denger orang2 pada punya blogger ya udah qu coba2 buat juga. tolong ajarin qu ya.. karena kamu adalah sebuag jalan untuk menuju blogger qu cihuyyy, huyyy….

Leave a Reply

