AsiaBloggingNetwork itu

AsiaBlogging.com keren banget, ya?

ABN

Hey, surprise…! Hari ini sebuah jejaring blog dari Indonesia muncul di blogosfer. Namanya keren banget: Asia Blogging Network atau ABN. Inilah jaringan blog terbesar yang ada di Indonesia sekarang ini. Berbeda dengan Planet Terasi dan Merdeka yang hanya semata-mata agregator, ABN adalah jaringan penulis blog ternama dari Indonesia. Bayangkan saja, hampir semua niche topic ada di ABN, mulai dari blog bisnis, blog kota, blog film, blog kesehatan…. dan sampai blog sepakbola pun ada. Wuih… pokoknya kalau mau baca blog tentang apapun, silakan langsung meluncur ke ABN saja deh. Ada 70 (atau 30?) channel blog yang tersedia. Inilah one-stop-blog network terbesar di Indonesia.

ABN dikomandani oleh Budi Putra, seorang blogger profesional pertama dari negeri ini. Budi sudah terkenal sebagai blogger yang mumpuni. Blognya banyak, mentargetkan berbagai niche topic dalam bidang telekomunikasi dan teknologi yang memang sudah lama ditekuninya. Dia juga salah seorang managing editor di blog tentang hp bernama SlashPhone. Hebring, khan?

Kemudian di sana ada juga Thomas Arie Setiawan yang jago dalam koding PHP. Lihatlah desain situs mereka yang baru saja diluncurkan: khas Thomas, rapi, warnanya enak dipandang, loadingnya cepat.

Kemudian di ABN juga ada Harry Sufehmi yang tampaknya punya stamina yang bagus dalam soal tulis menulis mengenai Indonesia. Siapa sih yang tidak tahu bahwa blognya menteri perumahan rakyat republik ini juga ada karena jasa blogger yang satu ini. Perannya di ABN pasti akan sangat penting nantinya.

Di ABN juga ada pakarnya hosting, dialah Rendy Maulana dengan Qwords-nya. Wah, untuk masalah server dan lain sebagainya ternyata ABN juga sudah memiliki jagonya meskipun ABN tidak ngehost di servernya.

Yang tidak boleh dilupakan juga adalah Ikhlasul Amal. Dia adalah blogger yang punya kecintaan yang sangat mendalam kepada Bahasa Indonesia. Lihat saja blognya, betapa rapinya penggunaan bahasa Indonesia dalam setiap lema yang ditulisnya. Perhatiannya kepada teknologi bagi perusahaan kecil juga pasti akan sangat berguna bagi ABN.

Masih adakah yang belum disebutkan? Masih, yaitu Kuncoro Wastuwibowo, seorang master dalam bidang telekomunikasi dari Coventry University di Inggris sono. Lengkaplah sudah tim ABN dengan masuknya pakar telekomunikasi yang sekarang juga bekerja di PT Telkom ini.

Tidak cukup itu saja ternyata. ABN juga mengundang para penulis terkenal untuk mengisi blog mereka. Tercatat ada nama Wimar Witoelar yang sudah masuk dalam barisan yang akan memperkuat ABN. Selain Wimar, juga ada Andreas Harsono, Budi Sutomo, Deriz S. Syarief, Graifhan Ramadhani, Jennie S. Bev, Ong Hock Chuan, Sayyid Madany Syani. Wuih… kerennnnn.

Sekilas saya sudah masuk ke dalam beberapa blog bagaimana kesan saya?

  • Desain blog-blog ABN sudah tidak bisa disangsikan lagi, ciamik, rapi jali, keren. Congrats untuk Thomas yang sudah menunjukkan kepiawaiannya di bidang desain.
  • Konten yang orisinal masih dibutuhkan oleh ABN. Sekedar copy paste berita web atau pers release tanpa komentar pribadi dari sang blogger seperti yang terjadi di blog World Soccer dan ICT Indonesia kiranya tidak akan terjadi lagi, khan? Bukankah orang suka terhadap blog karena orisinalitasnya? Saya yakin ini karena ABN dikejar deadline launching saja dan tidak akan kita lihat terjadinya copy paste tanpa komentar tambahan dari blogger lagi. Setuju?
  • Hey, ternyata saya juga suka logo AsiaBlogging yang tampil di halaman depan itu? Tapi, kemana perginya logo itu di tiap blog, ya? Kok ngilang… Gimana, Thom?
  • ABN membutuhkan orang-orang yang mempunyai stamina yang tinggi dalam menulis. Dengan puluhan jumlah blog yang ada sekarang kiranya lebih banyak lagi penulis yang dibutuhkan untuk mengisi blog yang sudah dan akan dibuat. Ada beberapa blogger selebritis yang belum masuk dalam ABN, misalnya Priyadi, Enda, Ndoro Kakung, Mas Antyo. Hey, kemana saja nih para seleb?
  • DI ABN sudah berkumpul para pakar: pakar blog, pakar desain, dan pakar telekomunikasi, tapi mana pakar yang bisa menjual konten di ABN kepada pengiklan? Perlu juga tuh keliatannya..

Selamat atas launching ABN, semoga sukses selalu dan semakin mengisi blogosfer Indonesia dengan warna yang indah.

22 thoughts on “AsiaBloggingNetwork itu

  1. “ABN dikomandani oleh Budi Putra, seorang blogger profesional pertama dari negeri ini”

    Mas budi sendiri mengakui bahwa beliau bukanlah Blogger profesional Indonesia pertama tuh :)
    CMIIW

  2. halah… namanya blogger selebritis gitu loch… seharusnya orang seperti sampeyan itu memang masuk ke dalam jaringan yang lebih luas. knp? spy keselebritisannya lebih kental lagi. gitu, ndoro…

  3. Mas Puji, terimakasih atas supportnya. Pada intinya saya ingin mengajak semua teman-teman Blogger Indonesia, tetapi tentu harus bertahap-tahap dulu.

    Ide pembentukan AsiaBlogging adalah bagaimana kita para Blogger Indonesia bisa semakin diperhitungkan di dunia, paling tidak di Asia. Ini memang tidak gampang, tetapi juga bukan mustahil untuk mencapainya.

    Masukannya sangat saya hargai. Terimakasih.

  4. Terima kasih, Mas! :)

    Tulisan ini langsung tertangkap di radar pengacu blog saya. Betul, masih banyak kelengkapan yang harus dibenahi dan insya Allah masukan seperti di atas akan terus diperhatikan.

  5. Pingback: #direktif

  6. Pingback: Orangescale.NET

  7. waduh… iya… ketinggalan satu orang yang mempunyai peran penting di ABN. dialah Firman Firdaus, seoarang editor profesional dan penulis dengan pengalaman luas di berbagai penerbitan dan perusahaan media.

    maaf mas, cuma keselip saja kok. nanti saya update, deh.

    selamat bekerja, mas. semoga lewat ABN mas firman bisa menyebarkan ilmu jurnalisme. jangan lupa juga nulis tentang bagaimana cara menulis cerpen, ya…

  8. Langsung saja meluncur ke ABN dan hubungi mereka. Pasti mereka akan menjawabnya dengan segera.

    Hoi… ABN, ada yang mau ngeblog nih… Hehehe… Moga-moga ada yang denger…

  9. Pingback: How To Start A Blog

  10. Asia Blogging Network ……blog yg mumpuni n lengkap …yang kurang lengkap tgl lengkapin n tambah terus ,,,hidup blogger Indonesia !!!!!!!!

  11. Asia Blogging Network..blogging yang digawangi blogger mumpuni……lengkap dehhhh yang belum lengkap tgl tambah terusss……Maju terus Blogger iNDONESIA…………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s