Tetangga-tetangga kita itu

Tetangga belagu gara-gara kita juga gak punya wibawa

Banyak yang bilang kita ini negara besar. Memang, kita mempunyai wilayah yang sangat luas. Dibandingkan dengan Singapura sih nggak ada apa-apanya. Dibandingkan dengan Malaysia juga kita masih menang dalam hal luas wilayah dan jumlah penduduk. Sama Australia yang sebenarnya juga adalah sebuah benua, kita juga menang kok. Sumber daya alam kita jelas lebih banyak dibandingkan dengan tetangga-tetangga kita itu.

Tapi, beberapa tahun terakhir ini tetangga-tetangga kita ini sok belagu. Singapura yang luasnya cuma seupil saja berani-beraninya menampung koruptor yang lari membawa uang dari Indonesia. Malaysia yang dulu sepi-sepi saja sekarang berulah juga. Sebagian wilayah kita ingin dicaplok. Ingat kasus Ambalat, khan? Australia juga bertingkah. Dengan lagak membela hak azazi manusia, dengan lagak Timor Leste atau Papua Barat, mereka berani menampung pengungsi yang cari-cari masalah. Bahkan kemarin Gubernur DKI juga nyaris dicokok oleh polisi Ostrali. Weleh-weleh….

Tampaknya negara kita sudah tidak dihormati lagi oleh tetangga-tetangga kiri kanan. Kenapa? Kemungkinan besar sih mereka melihat Indonesia tidak lagi punya wibawa. Ibaratnya kita ini anak yang bongsor, gemuk, tapi bego dan rakus. Koruptor kita juara, bencana kita juga juara. Bahkan kita khan juara dunia dalam perusakan hutan, khan? Nggak heran jika tetangga kita juga nggak respek sama kita. Ini memang salah kita, kok.

Jadi, baiknya gimana, ya?

4 thoughts on “Tetangga-tetangga kita itu

  1. Hihihi.. jangankan ama luar negri, rakyat kita sendiri aja gak respek ama para pemimpin negri ini.

    Btw, sobek2 aja itu ostrali haha…

  2. Baiknya ya kita sendiri yang mberesin negara ini.
    Tapi, soal memandang rendah negara lain, kalau kita semakmur dan berhasil seperti para tetangga itu, mungkin kita bakalan nginjek mereka juga.

  3. Kapan ya denger pemimpin kita berani ngomong…”Australia Banci!”, “Singapura penjilat…” sekali-kali perlu juga toh! Hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s