CAPTCHA itu

CAPTCHA kadang nyebelin, tapi berguna kok.

Hari ini ada satu orang yang protes setelah saya memasang Spam Karma di blog ini. “Halah, ngapain pake CAPTCHA segala,” begitu kurang lebih dia berkata.

Saya hanya menjawab singkat,”Untuk mengenyahkan spam.”

Ya, memang untuk mengirimkan komentar di blog ini sekarang Anda diwajibkan memasukkan CAPTCHA atawa “Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart“. Rangkaian huruf dan angka ini dengan mudah dapat dibaca oleh manusia normal. Tapi, komputer tidak bisa membacanya sehingga komentar yang dibuat oleh mesin atau script tidak akan bisa menembusnya. Alhasil, diharapkan jumlah spam yang masuk akan bisa diminimalisir.

Jadi, meulai sekarang ketika Anda selesai mengetikkan komen dan memencet tombol “submit query” , masih ada satu lagi tombol yang harus Anda pencet. Sebelumnya Anda harus memasukkan rangkaian angka dan huruf yang disebut CAPTCHA tadi itu. Sederhana kok, nggak ribet.

Nggak ada yang protes lagi, khan?

18 thoughts on “CAPTCHA itu

  1. Saya jadi ingat, dulu ada yang posting soal sebalnya si blogger pada orang yang memasang captcha.

    Salah satu yang menyebalkan, katanya adalah pada blog yang meminta komentator memasukkan angka penjumlahan yang terlalu konyol (1+3 = ? contohnya).

    Atau jangan-2 blogger tersebut sebel sama 100 ribu spam yang menawarkan C14L15 dan Viagra, hehehe…

    BTW, persis yang disampaikan mas Pri mas. Saya akses blog ini via SE K-618i dengan setting tanpa gambar, tiap comment reject melulu, hehehe..

  2. Gak ada yah browser yang bisa diprogram kapan gambar bisa ditampilkan?

    if (captcha)
    catpcha.showImages();

    trus kalau browser text atau browser buat orang buta (ada kah? mestinya ada.. )

    if (captcha)
    catpcha.playSounds();

    Hihihihihi

  3. Untuk blog seperti punya sampeyan, apapun demi menangkis spam, rasanya jadi perlu. Cuma, saya ga tahu apa gara² itu juga, saya jadi susah masukin komentar di sini.

  4. @vavai:
    bukannya salah satu cara untuk “captcha” yang baik sehingga bisa “dinikmati” juga dengan browser text-based adalah dengan menggunakan pertanyaan seperti:
    – 1 + 3 = ? (pertanyaan aritmetik sederhana, bisa acak juga)
    – is fire cold/hot? (pertanyaan “logis” sederhana)
    sebenarnya saya juga pernah pakai yang lebih sederhana yaitu menyediakan input text yang diberi name misalnya URL atau email, tapi isinya harus kosong, lumayan efektif kok
    katanya (referensi lupa :p ) asal “unik”, tangkisan spam bisa sangat efektif, beberapa teknik captcha image sudah ada yang bisa di-break, tapi kalau metode “two-page” (saya baru mau comment, jadi belum coba) seperti ini mungkin akan sangat efektif juga

  5. Ah ga usah dihilangkan, mas Puji. Toh akhirnya saya bisa komen lagi tho :D. Lagipula kalo besok² susah lagi, saya kan masih bisa komen via email aja.

    *win-win solution*

  6. #raizamn,

    Masalahnya, yang tulis posting itu adalah yang memasang captcha ini sekarang, hihihi… Maksudku itu sekedar nginget-in mas Puji aza, :-P

  7. bagemana sih cara metode captcha ini bekerja? kok dia bisa nge hambat spam sih? dari mananya c mas????

  8. @14. MARIO
    hampir bisa dipastikan spam yang bertubi-tubi itu dikirim menggunakan scipt khusus, menggunakan komputer (mesin). nah jika ada CAPTCHA yang digenerate secara random, maka script/komputer/mesin itu nggak bisa baca CAPTCHA. padahal, sebuah komen baru valid jika CAPTCHA yang dimasukkan benar. jika salah atau tidak memasukkan CAPTCHA, maka komentar itu tidak valid. jika tidak valid maka digolongkan sebagai spam. begitu.

  9. Good…pi Bos mau tanya, gimana ywh cara masang captcha di joomla 1.3 or 1.0?????
    bisa bantu…………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s