Splog Bernama Quality Indonesian Blogger itu

Saya sangat membenci semua jenis spam. Mulai dari email yang nyelonong mencoba masuk ke inbox, komen di blog yang nggak ada hubungannya dengan konten, sms yang masuk ke handphone tanpa persetujuan. Semua jenis spam itu benar-benar saya benci.

Hari ini blog saya ini menerima paling tidak enam trackback dari sebuah agregator bernama Quality Indonesian Blogger yang berlamat di http://indonesia.gobloglah.com Setelah saya teliti, ternyata blog ini menggunakan plugin WP-Autoblog untuk menyedot konten dari beberapa blogger Indonesia. Ini jelas sebuah pekerjaan yang sangat tidak sopan. Siapa yang ada di balik blogger penyedot konten itu? Dari hasil penyelidikan WHOIS didapat nama:

Denny Halim
Tel. +62.2170762053
fax: +62.2162304353
email: web@mypolaris.com
Polaris
HarcoMAS Mangga Dua lt 3 no 37
Jakarta Utara
DKI, ID 10730

Saya belum pernah mengirimkan feed kepada orang bernama Denny Halim itu. Mereka menggunakan feed itu dengan tidak sopan. Banyak sekali konten yang disedot oleh blog ini. Parahnya lagi, Denny Halim memasang adsense pada konten yang dicurinya dari beberapa blogger.

Blogger yang kontennya disedot dan kemudian dipasangi adsense di blog itu adalah:

Itpin
Firman Firdaus
Aris Priyantoro
Risiyanto
Maseko
Alex Budiyanto
Wahyu
Ikhlasul Amal
Muhammad Rifai Andargini
Romi Satria Wahono
Harry Sufehmi
David Sudjiman
Priyadi
Yulian Firdaus
Paman Tyo
Suryana
Oskar Syahbana

Itu daftar yang sekilas saya dapatkan dari melihat postingan di blog itu. Kemungkinan ada blogger lain yang belum masuk daftar di atas namun kontennya telah disedot.

Lewat posting ini saya mohon saudara Denny Halim menghentikan aktivitasnya melakukan penyedotan konten tanpa izin. Anda bisa saja terus melakukan penyedotan tanpa menghiraukan posting ini. Tapi, saya yakin komunitas blogger Indonesia akan mengecam Anda.

Jika aktivitas illegal seperti ini tidak dihentikan, maka saya minta kepada komunitas blogger Indonesia tidak melakukan bisnis apapun dengan perusahaan yang bernama Polaris Network.

Sebaiknya, diapakan ya blogger seperti ini?

Update: Kasus ini saya anggap selesai setelah Sdr. Denny Halim mencabut feed saya dari blog agregatornya yang menggunakan WP-Autoblog. Komentar tetap saya buka bagi siapapun yang ingin mengungkapkan pendapatnya.

43 thoughts on “Splog Bernama Quality Indonesian Blogger itu

  1. maaf pak Pujiono,
    blog tsb. tujuannya utamanya adalah bahan bacaan saya.
    saya dulunya sering baca planet terasi dan beberapa ‘planet’ laennya.
    tetapi banyak fitur yg saya rasa kurang, jadi saya bikinin aggregator pake wp

    dan, di situ jelas sekali ditulis bahwa content di-aggregated dari sumber laen dan tidak pernah saya mengaku sebagai content dari saya.

    karena tidak disukai,
    – blog pak Pujiono saya hapus dari aggregator
    – adsense removed.
    – kalo yg laen ada yg tdk senang blog-nya di-aggregated, silakan kasihtau biar saya remove

    untuk trackback, wp-autoblog setau saya tidak melakukan trackback ping.
    kalo wp-autoblog melakukan trackback ping, maka tidak hanya 6 posting saja yg di ping, pasti semuanya.

    cmiiw, satu2nya kemungkinan ada trackback karena ada yg klik link dari blog tsb.

  2. Sdr. Denny Halim,

    Terima kasih atas respon Anda yang cepat. Saya tidak tahu masalah teknis apakah WP-Autoblog melakukan ping atau trackback ke weblog saya. Yang pasti, pada beberapa posting saya ada trackback dari blog Anda. Memang, semuanya sudah saya hapus.

    Terima kasih atas penghapusan blog saya dari agregator Anda. Meskipun demikian, saya tidak mempunyai maksud untuk menghapus entry ini dari blog saya. Paling tidak ini menjadi pelajaran kita semua tentang etika blogging.

    Thanks.

    SP

  3. wah, saya tidak akan meminta siapapun menghapus posting blog mereka. karna memang bukan hak saya.

    cuman klarifikasi saja.
    sekali lagi, imho, itu bukan blog. itu aggregator. sama seperti ‘planet’ yg banyak bertebaran di seantero jagat web.

    bedanya, hanya saja mesin-nya pake wp.
    supaya, ada arsip blog yg lama2 dan saya bisa gampang search posting yg lama semuanya disatu tempat.

  4. Bener, mendingan laporin ke adsense rame-rame minta di blok. Gara-gara kan dia emang nyolong konten kita (duoh emang gw quality Indonesian blogger yah hehehe).

    Kalau ngelaporinnya rame-rame pasti bakalan digubris juga sama Adsense departmentnya Google, mereka sangat sensitif dengan hal-hal kayak gini.

  5. Salah satu blog saya, http://theasiatech.com, juga dimasukkin ke aggregator tersebut. Malah, track-backnya saya approved (karena comment di blog ini memang dimoderasi). Artinya apa? Bagi saya sih gak ada masalah siapapun yang mau mengaggregat blog-blog saya — minta izin atau tidak. Inilah “rimba blogosfer”. Paling tidak, bagi saya, posting-posting saya akan lebih terbaca secara luas. Dipasangi Adsense? Kalau posting saya bisa mendatangkan profit buat orang lain, ya Alhamdulillah. Peace!

  6. @Denny: Pingnya aja dimatikan. Mengganggu bangedt, dan sekilas memang jadi mirip spam. Trus … make sure bahwa jika sebuah content dikoreksi, maka copy-nya di agregator juga terupdate. Trus … kenapa sih namanya “Indonesia Gobloglah”

  7. setau saya, wordpress akan melakukan auto ping trackback, hanya dengan menuliskan URL lengkap (dengan http://)
    jika link tersebut mempunya kemapuan auto detect ping, maka otomatis jadi trackback.
    apalagi jika sesama pengguna WP
    (cmiiw)

  8. menurut wikipedia:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Splog

    Splogs are blogs where the articles are fake, and are only created for search engine spamming.

    dan yg paling utama splog (imho) splog mencuri konten dan mengaku sebagai content original milik dia.

    bedanya dengan aggregator:
    aggregator dengan jelas menyebutkan sumber blog yg di-aggregated. tidak mengaku content sebagai milik pribadi.

    trus, disini kalo ada yg profit dari search engine ranking adalah blog yg di-aggregated. karena setiap posting ada link ke posting blog aslinya. bukan link ke situs pribadi saya.

    @Koen,
    kalo posting wp langsung emang otomatis ping trackback.
    tapi (setau saya) wp-autoblog tidak melakukan ini. ini terbukti saya bikin aggregator blog saya sendiri htttp://denny.gobloglah.com
    dan blog saya di denny.wordpress.com tidak menyebutkan adanya trackback dari denny.gobloglah.com

    jadi, trackback hanya terjadi kalo link dari aggregator di-klik dan blog yg di-aggregated mendeteksi incoming link tsb.

    trus, blog yg diupdate, tidak otomatis diupdate oleh aggregator.

    hal ini bisa dikonfirmasi ke pencipta wp-autoblog.
    mungkin bisa minta fitur tsb ke author-nya, karena saya kurang mengerti programming.

    btw. gobloglah.com bagusnya di eja go-blog-lah
    :))

  9. Bagaimana dengan reader personal yang mengambil feed dari berbagai blog dan planet, apakah musti minta ijin dulu? Terus terang saya menggunakan fasilitas google reader dan planet terasi masuk dalam list feed yang diambil.

    Regards

  10. imho, cuman sedikit beda persepsi.

    bagi beberapa orang, aggregator dan feed reader gak banyak bedanya.

    banyak orang suka membaca feed di aggregator.
    ada juga yg suka aggregate semua bacaan dia di feed reader…
    :)

    apalagi bagi banyak orang awam yg gak ngerti feed reader / aggregator. yg penting bisa akses bacaan favoritnya dengan cepat dan mudah.
    dan kebetulan blog mas Puji salah satu bacaan favorit saya…

  11. aku ndak ngerti apa itu feed / aggregator. Kalau agregat itu biasanya sepakbola yang menang agregat 3-2 akhirnya lolos ke final. :)

    Jalansutera urutan ke-7 di link blog saya. Pertama bersinggungan dgn blogsfer ini Blog pertama yg saya baca sebelum kang ndoro dan tukang gombal.

    btw, njenengan sama kang ndoro ada hubungan khusus apa sih…(*garuk kepala*)

  12. feed itu ya umpan. agregator itu ya alat utk menjadikan satu atau mengumpulkan.

    saya dan ndorokakung itu satu pabrik. bedanya dia di bagian produksi. saya yang jual apa yg dibikin ndorokakung. gettooo…

  13. nanya lagi ding…
    artikel trackback / pingback yg bahasa indonesia dimana? lagi pengin blajar nih..

    Cara menemukan YM! rekan2 blogger piye toh??

  14. #20. Denny Halim.
    Coba permalink di setiap aggregated-post itu diarahin ke post aslinya.
    Kalo tetep dengan permalink sendiri (indonesia.gobloglah.com/…) maka dia dinggap sebagai post orisinil gobloglah.

    Karena secara teknis dia post orisinil gobloglah, maka bot search engine akan menggapnya post milik gobloglah.

    Juga, karena secara teknis dia post orisinil gobloglah, maka sifat pingback/trackback akan menurun dari setting WordPress-nya.
    Pluginnya ga salah, WordPress-nya yang “salah”.

    Dulu ada orang indonesia yang bikin aggregate persis seperti ini, langsung diprotes kiri-kanan secara yang diaggregate para seleb macam Alex King dan Daring Fireball :)

  15. waduh, ini forum kelas berat,.saya kebetulan nggak tahu mengenai agregator/ feed. maklum bloger baru, hanya links teman saya , saya masukan di bloglines setelah tentu saja saya masukan feednya di bloglines,..apakah itu pelanggaran ?

  16. @Denny: Pingnya masih hidup. Coba ke menu Option, Discussion, dan matikan ping atau semacamnya dari halaman itu.
    @Puji: Sorry, numpang lewat :D

  17. denny halim nanggung lah kalo cuma ngumpulin per blog, kenapa gak sekalian ngumpulin ‘planet’ nya? bikin deh ‘galaxy’, promosiin galaxy-nya, pasang adsense, banner iklan, donasi, dsb yg menghasilkan duit, trus kumpulin duitnya buat panti asuhan, tenang aja gak bakalan dipenjara koq. :D

  18. #32. ya saya setuju dengan Andry. Bukankah itu yang sudah dilakukan oleh Merdeka.id.id, khan? Tapi saya ragu apakah WP-Autoblog mempunyai fitur seperti ini atau tidak.

    #35. sebenarnya yang membuat saya keberatan dari Denny Halim adalah adanya Adsense di halaman blog agregatornya. Memang ini sudah dicabut dan saya menghargainya.

    Pemasangan Adsense di halaman yang katanya dibuat utk kepentingan pribadi adalah sebuah paradoksal. Siapa yang akan klik Adsense itu kalau yang akses cuma diri sendiri? Kalau iklannya diklik sendiri, bukankah itu melanggar TOS Google Adsense. Untunglah Denny Halim sudah menyadarinya. Kasus selesai. Peace.

  19. #36, #32, sepertinya wp-autoblog gak ada fitur seperti itu. coba request aja fiturnya ditambah untuk versi berikutnya.

    #34 @Koen, ping gak diaktifkan kok.
    seperti pernah saya bilang, kemungkinan bisa terjadi ping mungkin ada yg klik link dari situ.

  20. #34 dan #38
    WP-Autoblog memang melakukan ping setiap kali sebuah entry dikirim. Itu sudah ditulis oleh Elliot Back, pencipta plugin ini, di blognya. Dia bilang “Pings are now sent out for each post.” Dan ini khan lucu. Tulisan yang sama milik blog sendiri diping ke diri sendiri lewat blog orang lain. Hihihihi… Peace

  21. wah telad euy, kasus dah selesai :(, tapi gw pengen sedikit komentar kalo menurut gw sih sah-sah aja kali yah ngambil konten asalkan kaga ngilangin sumber aslinya, trus emangnya kalo masang addsense ada etika-etikanya yah ? *maaf euy rada kuper masalah addsense*

  22. kalo baca2 thread di webnya elliottback, kalo saya gak salah mengerti,
    ping yg dimaksud adalah ping ke web semacam technorati/weblogs/dsb.
    bukan ping ke trackback blog asal.

    dan kalo benar trackback ping dikirim untuk setiap posting, maka mas Puji tidak akan menerima 6 trackback saja tetapi semua posting blog mas Puji dan semua posting blog yg diaggregate akan mendapat trackback.

    kenyataannya, ini tidak terjadi.
    dari ratusan posting dari belasan blog yg diaggregaed, hanya beberapa saja yg menerima trackback ping.

  23. mau tanya? apakah google adsense itu benar? atau penipuan, karena salah sedikit aja disuspended, padahal cuma salah masukin kode pin untuk uang yang akan dikirim. mohon pemberitahuannya

  24. sy juga pake autoblog dan kadang juga copy paste manual. jika ada blogger yg trganggu krn blog ny sy copas krn mungkin sy klupaan cantumin sumbernya. hrp email sy ja biar clear. trims :yudhy

Leave a Reply

