Pedihnya Bawang Merah itu

Bikin pedih nih…

bawang merah

Saya punya keponakan yang aneh sekali. Dia tidak mau disuruh membantu ibunya memasak hanya gara-gara satu hal: memotong bawang merah. Pokoknya perintah yang lain akan dituruti kecuali satu hal itu tadi, memotong-motong bawang merah. Saya tahu memotong bawang merah memang menyakitkan. Mata bisa pedih, lebih pedih daripada terkena debu jalanan. Lagipula proses hilangnya akan cukup lama meskipun mata sudah dibilas air bersih. Kalau ditimbang-timbang, pedihnya mata karena bawang merah mungkin sama dengan terkena gas air mata tingkat rendah.

Makanya, saya tidak menyalahkan sang keponakan kenapa dia tidak suka membantu ibunya memasak.

LifeHacker punya kiat untuk mencegah mata perih karena bawang merah. Bagaimana caranya? Agak rumit memang:

Using a knife, cut a cone out of the bottom of the onion (where the roots come out). The diameter of this cone should be about a third of the diameter of the onion, and about 1/3 deep. Take this piece and throw it away (don’t put it down the disposal!). This piece contains the part/gland that makes baby Jesus and everyone else in the room cry when you’re chopping it up. Once you’ve gotten that piece out, chop off the top, peel, and slice the onion.

Been doing it for years, and it works like a charm. You know your cone is too small if it doesn’t work, because you’ve cut into that teargas grenade.

Ah, cukup rumit dan belum tentu akan berhasil. Apalagi kalau yang tidak tahu bahasa Inggris. Kekekekekekkk…

Saya sendiri punya cara yang jitu, mudah dan pasti berhasil agar selama memotong bawang merah mata kita tidak pedih. Sebelum memotong bawang merah, sediakan kipas angin dulu. Nah, putarlah kipas angin itu ke arah bawang merah yang sedang dipotong-potong. Dijamin “gas” yang keluar dari bawang merah itu akan menyebar dengan cepat. “Gas” itulah sebenarnya yang menyebabkan mata pedih saat kita memotong bawang merah. Tentu saja jangan arahkan kipas angin itu ke wajah kita. Arahkan kipas angin itu ke arah menjauhi wajah. Mau coba?

Benar-benar tips yang aneh, ya…

9 thoughts on “Pedihnya Bawang Merah itu

  1. Mau nyoba… tapi kok gak pernah disuruh motong bawang merah (gak pernah disuruh masak malah).

    Eh kalo motongnya sambil pake kacamata renang kayaknya bisa juga tuh ya… :p

  2. prnh ada yg bilang, motong bawang sambilan makan permen karet bisa membantu. Maksudnya supya mata menjadi tidak berair. tapi aye sendiri blon pernah coba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s