Kabar AA Gym Menikah Lagi itu

Seandainya orang terkenal memiliki blog..

AA Gym

Akhir-akhir ini banyak orang yang bertanya-tanya tentang kebenaran informasi pernikahan dai kondang asal Bandung, AA Gym. Tidak ada yang tahu pasti mengenai benar tidaknya dai itu menikahi seorang janda tiga bulan yang lalu.

Hari ini, saya melihat headline Pos Kota memberitakannya dengan menuliskan judul besar: AA Gym Nikahi Mantan Model. Banyak orang yang saya lihat tersenyum-senyum membaca koran yang disodorkan pengasong di perempatan jalan. Entah apa arti senyum mereka itu. Ya, inilah berita tentang orang terkenal yang belum bisa dipastikan benar tidaknya.

Saya tidak ingin berbicara lebih lanjut mengenai kabar ini. Itu urusan pribadi orang lain. Saya justru membayangkan seandainya orang-orang terkenal di Indonesia memiliki blog yang bisa diupate dengan mudah. Jika ada kabar miring yang beredar, orang terkenal yang memiliki blog bisa dengan mudah meluruskan berita itu.

Blog adalah cara yang termudah untuk menyebarluaskan informasi. Bahkan, dibanding jalur informasi lain seperti radio, televisi dan koran, blog lebih bersifat personal, instant, murah dan seketika. Di manapun orang berada, asal ada koneksi internet, bisa mengupdate blog itu untuk menyampaikan informasi.

Sayangnya masih banyak orang terkenal yang belum memiliki blog pribadi. Jadi, jangan heran jika kita setiap hari disuguhi gosip, kabar miring, isu, kabar burung yang tidak jelas juntrungnya.

Mengapa ini terjadi? Sebabnya adalah karena orang terkenal itu banyak yang menutup diri, tidak membuka informasi dengan jelas ke masyarakat umum. Padahal, banyak orang tekenal yang menjadi idola, tokoh panutan dan teladan bagi orang lain. Kabar miring yang dibiarkan meluas akan mencederai reputasi, bukan?

Saatnya orang terkenal sebaiknya punya blog.

Foto: TokohIndonesia.com

214 thoughts on “Kabar AA Gym Menikah Lagi itu

  1. Bukan cuma orang terkenal aja yg kudu ngeblog, pejabat juga terutama anggota DPR, YZ misalnya. Videonya kan bisa dipasang diblog, bukan cuma beredar dari milis ke milis.

  2. barakallaahu laka wa baraka alaika wa jama’a bainakumaa fii khayr.

    Alhamdulillah..
    semoga Aa’ Gym diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam membina rumah tangga dengan 2 istri.
    Allahu Akbar

  3. hukum Islam membolehkan beristri sampai 4 orang dengan memenuhi syarat, seperti:dapat berbuat adil dll.Kalau benar,Moga aa gym dapat melaksanakan sunnah nabi ini dg sebaik-baiknya

  4. Selamat saja lah buat Aa, musah-mudahan bisa bersikap ADIL terhadap ke 2 istrinya. Salut buat teteh yang telah bersabar hati merelakan Aa untuk menikah lagi. Insya Allah ganjarannya nanti SORGA ALLAH. Amin

  5. Yth. Aa Gym
    Di tempat.

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Aa Gym, anda bukanlah idola saya, tapi anda adalah seorang panutan dan teladan, panutan saya, panutan banyak umat muslim dan non muslim di Indonesia ini, bahkan mungkin di luar negri. Berita mengenai pernikahan anda membuat banyak orang shock, termasuk saya.

    Aa Gym, anda memang bukan Rasulullah yang tidak pernah berbuat salah, dan anda memang hanya manusia biasa. Tapi setidaknya, sebagai orang yang sudah sangat mendalami ilmu agama, selalu memberikan nasihat yang baik, petuah petuah yang indah untuk di dengar, apa yang telah anda lakukan sehubungan dengan pernikahan kedua anda ini memperlihatkan.. bahwa anda ternyata tidak siap dengan ketenaran.. Anda tergelincir.

    Ketenaran dan uang ternyata membutakan mata anda. Sehingga anda rela memutar balikkan image masyarakat terhadap anda selama ini.

    Seorang suami yang baik, yang setia, yang mencitai anak dan istrinya, teladan bagi masyarakat. Semua itu tidak ada lagi sekarang. Anda tidak lebih dari seorang laki laki yang tidak sanggup menahan nafsu birahi. Dengan berdalih “Diperbolehkan oleh Islam” anda menikah lagi. Tapi saya percaya pernikahan itu hanya untuk menutupi nafsu birahi anda semata.

    Aa Gym, memang di dalam Islam laki laki diijinkan beristri sampai 4 orang, dengan catatan laki-lakinya sanggup bersikap adil. Anda seorang ahli agama. Harusnya anda lebih mengerti daripada kami orang awam. Bukankah anda sangat memahami, bahwa adil yang dimaksud di dalam Al Quran tidak hanya dari segi materi. Tapi anda juga harus adil membagi cinta, kasih saying dan perasaan anda.
    Ingat Aa Gym, anda hanyalah manusia biasa, sanggupkah anda dengan adil membagi cinta dan perasaan anda terhadap teh Ninih dan istri baru anda dengan begitu adil-nya?
    Adil seperti yang dimaksud oleh Allah dalam Al Quran?
    Subhanallah, saya berani bertaruh, hanya Rasulullah lah satu satunya manusia yang bisa.
    Seandainya keadilan seperti yang dimaksudkan dalam Al Quran tidak bisa anda laksanakan, saya berdoa dan meminta pada Allah SWT, semoga dosa anda berlipat lipat, karena anda adalah seorang ulama.

    Aa Gym, anda membuat masyarakat bergossip dan bergunjing. Anda menjadi pembicaraan di mana-mana. Lalu anda kemanakan nasihat nasihat baik yang selama ini anda kumandangkan? Karena ANDA MEMBUAT KAMI BERGUNJING.

    Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya kecewa dengan anda.

    Kalau kemudian banyak laki laki mengikuti jejak anda dengan alasan “mencontoh ulama besar Abdullah Gymnastiar”, dan akan banyak istri-istri yang terzholimi, saya berdoa pada Allah SWT, semoga dosa para lelaki tersebut, ditimpakan pada anda. Karena anda yang membuat mereka menyakiti istrinya.

    Dengan tulus saya berdoa, semoga teh Ninih diberi kekuatan iman dan ketabahan hati menerima kezholiman anda. Sehingga ujian ini akan menjadi lumbung pahala buat dia.

    Wassalam,
    Gesti Adnan – Denpasar, Bali

  6. #20. Kenapa anda yang sewot ya…? Setiap keputusan, pasti ada latar belakangnya. Termasuk juga apa yang AA Gym lakukan. Kalau istri pertama dan keduanya juga nggak sewot, kenapa pula kita harus sewot?? Anda yakin istri pertamanya teraniaya?? Bagaimana kalau justru istrinya yang mendesak untuk menikah lagi…?

    Wallahualam

  7. Poligami itu boleh.., selingkuh itu tidak boleh. Berdo’a untuk kebaikan itu boleh dan untuk keburukan orang lain itu tidak boleh. Kecewa itu boleh, memusuhi karena kecewa itu yang tidak boleh.

    Semoga AA bisa berbuat adil dan tetap bisa menjadi contoh yang baik dan panutan bagi orang yang membutuhkannya.

    Berpoligami atau tidak yang penting manusia tetap punya iman dan yakin adanya Tuhan.

    Mau di kemanakan wanita-wanita yang belom bersuami tetapi ingin punya suami dan sudah saatnya punya suami?

    Hati wanita yang bersuami “pada umumnya” menolak jika suaminya menikah lagi..
    Hati wanita yang layak punya suami selalu berharap ada laki-laki yang mau melamarnya..

    Apakah wanita yag berharap punya suami dibiarkan sampai mati bersama kebujangannya ? Padahal seseorang yang menikah merupakan sunnah nabi dan mendapat pahala dari Tuhan dengan nilai separo iman.

    Kenapa laki-laki yang merasa mampu untuk menikahi wanita tsb meskipun untuk istri yang kedua tidak mau menikahinya untuk memberikan kesempatan wanita agar mengikuti sunnah nabi..??

    Egoisnya laki-laki itu..
    Tidak memberi kesempatan wanita untuk bisa merasakan indahnya bersuami.. dan menjalanka sunnah nabi..

  8. aak gym yang mulia yang “Perkasa”. Syetan selalu menggoda manusia gagal dari depan dari belakang, gagal dari belakang dari sampaing, gagal dari samping dari atas dan lain sebagainya. Ingatlah Nabi sendiri tidak pernah Poligami semasa isteri pertama beliau masih setia mendampinginya. Beliau Siti Khadijah Al Kubro dengan setia gigih dan penuh pengorbanan mendampingi nabi dalam berjuang, tidak hanya harta benda yang diberikan tapi menyerahkan diri sepenuhnya kepada kepada nabi dhohiron wabatinan.
    Soo kenapa engkau aa gym berani menduakan isterimu yang setia mendampingi dan “menjadikan” engkau terkenal seperti sekarang ini. te4ga bener engkau.
    Aku gak tahu ini awal atau akhir sebuah ketenaran…?
    wallahu ‘a

  9. Keputusan AA menikah yang kedua memberikan
    kesempatan orang yang tidak suka dengan AA selama ini dan terpendam untuk melontarkan kata-kata yang menyesatkan dan menunjukkan kebencian yang sudah lama terpendam.

    Perbedaannya semakin dalam orang dalam hal ilmu agama atau tidak, tidak terletak pada jumlah istri yang satu atau lebih.
    Tetapi semakin dalam agamanya semakin hati-hati untuk memutuskan dan semakin dalam alasannya.

    Semoga AA bisa berbuat adil, tidak salah ambil keputusan dan tidak tergelincir..

  10. AA Gym hanyalah manusia biasa.
    Keputusannya buat menikah lagi pasti suatu hal yang sudah dipertimbangkan terbukti juga mendapat restu dari TehNinih, semoga Allah melipatgandakan amalan keikhlasan TehNinih! Amien.

    Saya mengenal Rini istri kedua AA secara pribadi. Juga mengenal secara baik orang tua & keluarga besarnya yang berasal dari kalangan terpelajar & cukup berada. Rini wanita yang baik, cantik, pintar & bila AA memilihnya menjadi istri keduanya, sangat LAYAK & MASUK AKAL.

    Semoga Aa Gym, TehNinih & Rini diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi apapun pro kontra yang berlangsung di masyarakat.

    Saya saat ini tinggal di LasVegas,NV,USA tapi tetap mengikuti berita yang berkembang. Turut mendo’akan semoga polemik ini tidak berkepanjangan & AA Gym tetap tegar memimpin umat bernyanyi :
    JAGALAH HATI
    JANGAN KAU KOTORI
    JAGALAH HATI
    CAHAYA ILAHI !

    Salam,
    Amalia Hakim
    W.Rochelle Ave #208
    LasVegas,NV,USA

  11. Ass Wr. Wb.

    Semua hanya Allah yang tahu ada apa di balik semua ini, hikmah yang besar untuk Teh Ninih, dan ujian kesabaran untuk beliau. Tapi juga ujian kenikmatan untuk AA Gym.
    Semoga kita yang masih punya iman dan akal sehat bisa berpikir…bahwa memang tidak pernah didunia ini ada manusia yang sempurna…

    Wassalam…

  12. Assalamu’alaikum,

    Subhanallah … banyak hikmah yang saya ambil dari berita ini.
    – Bahwa kita harus tetap lebih meMaha besarkan Allah dari apapun.
    – Bahwa perlu kekuatan yang luar biasa untuk mkengatakan KEBENARAN Ilahiayah.
    – Bahwa mengidolakan dan menjadikan panutan di luar Qur’an dan Hadist akan menyeret kepada kekecewaan yang Besar.

    Hanya Allah yang tahu rahasia semua ini. Astaghfirullah …

    Anam

  13. Ass AA Gym…..
    Saya benar2 kaget dengan berita yang beredar sangat luas dan sangat cepat tentang pernikahan aa, tapi saya yakin aa tidak begitu kan????? Selaku wanita saya tahu apa yang dirasakan teteh jika memang itu benar2 terjadi.
    Salut buat teteh, sing sabar nya teh…..ingat masa2 susah dulu atuh a waktu masih susah ma teteh….semoga Allah berikan jalan yang terbaik untuk semua.Amin……………..

  14. aa adalah orang yang tahu akan hukum2 Allah dan saya setuju sebab itu adalah jalan terbaik untuk aa.n aa pun stelah melakukan tahapan2 yang memang harus lakukan kenapa pada bingung itulah kesempurnaan aa. god blease.

  15. Ass. Duuuuuuhhhhhh… Aa… ga nyangka ya….
    Mudah2an Allah selalu memberikan Teh Ninih kesabaran untuk menjalaninya… padahal dulu Aa pernah bilang… “teh ninih memberikan izin Aa untuk berpoligami, tapi justru dengan izin teteh itu Aa jadi tambah sayang…” Ternyata itu cuma janji maniz yang Aa tidak tepati.. malah benar2 melakukan poligami…. Pasti banyak yang kecewa ya… Mudah2an Aa bisa adil… (tapi setahu saya cuma Allah SWT yg hanya bisa berlaku adil..).. Mungkin Allah punya maksud lain dibalik semua ini..Wassalam..

  16. saya sebenernya males crita, tapi mungkin ini bisa bermanfaat terutama bagi para suami.

    Sepulang dari luar kota, istri saya ngomel melulu setelah denger berita di TV tadi malam. Eh ditambah lagi baca The Jakarta Post tadi pagi, untunglah gak ketemu ulasannya di Kompas meskipun udah dicari-carinya. Saya pun sempat diomelin gara-gara gak ikut-ikutan ngomel. Lha gak ikut-ikutan ngomel aja, ngomelnya udah 2 hari, gimana kalo saya ikut-ikutan ngomel??
    Alhamdulillah wa syukurillah, malam ini sudah lumayan reda.

  17. Insya Allah tidak ada yang salah dalam hal ini. Kami hanyalah orang awam yang tidak sepenuhnya memahami latar belakang Aa mengambil keputusan ini. Beberapa dari kami dengan cepat memberi respon negatif, bergunjing dan menuduh Aa secara serampangan. Ini adalah hal yang wajar dan sampai kapan pun pro-kontra masalah poligami tidak akan pernah berakhir. Semoga Aa selalu diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk berlaku adil kepada kedua isteri dan keluarga Aa.

  18. kalo sudah sama ikhlas nggak apakhan? toh jumlah wanita lebih banyak dari pd pria, jadi niatnya aja kali ya yang perlu di tata ama harus adil aja.

  19. Benar manusia itu susah berbuat adil, tapi jangan lupa, kita juga salah kalau belum apa apa sudah berprasangka buruk terhadap AA Gym, soal bergunjing kok anda yang bergunjing AA Gym yang disalahkan? Saya tidak melihat ada yang salah dengan apa yang beliau lakukan. Biarkanlah Allah yang menilai. Kita mustinya justru mendoakan semoga beliau dilindungi dari perbuatan salah dan bisa tetap membimbing umat.

  20. Kaya`nya susah untuk berlaku adil, hari saja 7 hari dalam satu minggu, mungkin Aa perlu tidur satu hari dalam seminggu di Mesjid. Belum lagi berlaku adil dalam bidang lainnya ….. apa bisa?
    Aa … Aa cari masalah aja. JANGAN TIRU RASUL gak akan sanggup Aa kan manusia biasa

  21. Mengkritisi seseorang boleh saja, tapi sudahkah kita mengkritisi diri sendiri ? Sudahkah kita jujur pada diri sendiri, saat mengkritisi Aa Gym, apakah kita murni mengkritisinya untuk kebaikan ataukah ditumpangi perasaan lain ?

  22. sebelum komentari orang lain, periksa diri sendiri.
    saya lebih pro monogami tinimbamg poligami..
    tetapi poligami pun lebih baik tinimbang saya yang suka kelon ndak jelas…

  23. Aa….saya sbg perempuan juga agak merasa kecewa dengan keputusan yang dibuat,karena selama ini aa gencar2nya memberi ceramah pada masyarakat tentang akan kebaikan,tapi sekarang secara langsung aa sudah memberikan contoh pada kaum laki2 bahwa poligami itu baik dan contohlah………dan..wanita yang aa nikahipun wanita cantik,apakah itu tidak kerena birahi laki2,ataukah aa meminta lagi sama teteh untuk punya anak,sementara teteh sudah tdk sangup secara fisik,karena saya dengar komentar teteh di TV aa menikah kerena ada perempuan yang ingin masuk angin,apa maksud darikomentar teteh tsb……….

  24. wah2.. aa.. sungguh saya tidak menyangka klo aa yang selama ini jadi panutan saya ternyata tidak beda dengan haji Qomar dan sang master bang haji Rhoma irama………
    ya sudah semoga aa bahagia dan ini yang terakhir kalinya insya allah….. amin

  25. #40 – saya kira mas puji hanya memanfaatkan momen ini untuk menghimbau agar para tokoh publik dapat mempunyai blog. Ini akan bermanfaat untuk semua orang karena jadi dapat menghindari fitnah – yang pada kasus ini sudah sempat jadi berseliweran karena tidak ada channel “langsung” ke Aa Gym; semua orang mendapatkan berita ini dari pihak kedua (media massa) atau dari gosip.

    Idenya bagus sekali saya kira.

  26. #46 – Mas Harry, inti tulisan saya memang ajakan untuk membuat blog. Saya tidak mau terjerumus pada pro dan kontra poligami. Tapi mengapa komentar yang masuk justru lebih banyak fokus ke pro dan kontra, ya? Saya heran dengan fenomena ini.

  27. Kalau memang niat AA Gym untuk menikah lagi karena Agama, kenapa AA tidak menikahi janda – janda korban gempa di Aceh, di Jogja,dan korban bencana di tanah air, janda 2x yang butuh pertolongan dan perlindungan karena kehilangan suami, seperti Nabi Muhamad menikahi janda korban peperangan suaminya mati terbunuh dan dia perlu dinafkahi, tetapi AA menikahi janda cantik dan masih mampu….. mau punya istri berapa aja itu memang hak azazi manusia…. tapi… yang saya tahu tidak ada manusia manapun yang dapat menandingi Nabi Muhamad…..

    Salut buat teh Ninih yang di anugrahi ketabahan dan kesabaran sebagai wanita muslimah dan istri solehah….

  28. #46, #47
    Tulisan mas Pujiono memang baik, yang membuatnya menjadi pro-kontra adalah komentar-komentar yang masuk. Komentar yang satu menanggapi yang lain sehingga kelihatannya justru menghilangkan esensi / fokus utama yang menjadi isi posting, yaitu berupa pentingnya blog sebagai alternatif sumber berita.

    Vavai

  29. tadi niatnya pengin kasih komentar seh…
    malas ah…udah kebanyakan…
    Semoga AA dan keluarga diberikan ketabahan atas komentar2 yg bernada negatif
    Amin..

  30. AA Gym…anda mengecewakan kami….
    anda sebagai panutan…hanya ingat ama kentang saja…tidak ingat terhadap hati anak anak anda……
    apakah hati anak anak sama dengan hati istri pertama anda ikhlas ….
    sulit…sungguh anda tidak menyayangi hati anak-anak.
    Yakin mereka butuh kebersamaan kedua orang tua yang sakinah dan bahagia.
    ternyata………anda bisa bicara tapi tidak bisa memberi contoh. SAYA BENCI ANDA………………SEORANG BAPAK HANYA BISA BUAT ANAK TAPI TIDAK BISA MENJAGA ANAK.

  31. aa gym memang benar tokoh panutan kaum lelaki kita mesti mencontohkan kelakuannya ,cari uang yang banyak ,menjadi muslim yang taat,terakhir jangan lupa heee…heee ka….wiiiiiin laaagiii.pokoknya aa gym idolaku.

  32. Segala keputusan telah melalui pertimbangan yang matang, mengapa orang lain yang sewot, mengapa orang lain yang marah, mengapa orang lain yang shock, mengapa-mengapa. Ada dua kemungkinan, jika laki-laki yang marah, mungkin dia kepingin tapi tidak bisa, jika dia perempuan dia mungkin iri kenapa tidak saya saja yang diper istri A A

  33. Subhanalloh…

    Ada da’i yang menikah lagi…
    ada video adegan ranjang anggota DPR…
    ada yang mau cerai…

    ada-ada saja… pendapat orang
    yang jelas nurani bisa menilai

    aku pilih menikah lagi.. jika mampu..
    daripada selingkuh.. divideo-in lagi..

  34. KEPADA AA GYM SETELAH ANDA MENIKAH LAGI SAYA TIDAK AKAN PERNAH LAGI MENDENGARKAN CERAMAH ANDA KARENA SAYA MUAK BENCI DENGAN SIKAP ANDA YANG LEBIH MENGUTAMAKAN NAFSU LAKI2 ANDA (ANDA TIDAK LAIN DAN BUKAN SELAIN GATAL).KALAU KETEMU ANDA 1 SAJA YANG PENGEN SAYA PERBUAT MELUDAHI MUKA ANDA. ANDA SAMA SAJA DENGAN YZ SAMA2 TIDAK PUAS DENGAN 1 PEREMPUAN YANG TELAH MEMBERI ANDA 7 ANAK. JANGAN SAMAKAN DIRI ANDA DENGAN NABI, KALAU NIAT ANDA TULUS NIKAHLAH DENGAN SEMUA JANDA2 JELEK DAN MISKIN.
    BUAT TEH NINI JANGAN BERPURA2 TESENYUM KARENA BIAR ANDA INGAT KHADIJAH TIDAK PERNAH DIMADU… INGATLAH ITU

  35. SAYA SANGAT SETUJU DENGAN GESTI.
    MEMANG PEREMPUAN PENYEBAB ADAM KELUAR DARI SURGA.
    ANDA JUGA AA GYM KARENA WANITA LAH ANDA JATUH.KEIMANAN ANDA JATUH KARENA WANITA. ANDA BERPAYUNG DIBAWAH ISLAM YANG MEMPERBOLEHKAN (MASIH KURANG 3 LAGIKAN). TOLONG AGAR EMAIL GESTI DAN SAYA DISAMPAIKAN KEPADA AA GYM

  36. Hati manusia tidak ada yg tahu kecuali Allah, Rasulullah pun tidak tahu, sehingga darimana ada yang bisa memaki bahwa Aa’ Gym pasti memperturutkan nafsu? Pasti tdk adil dll?

    Jika semua yg memiliki istri lebih dari satu adalah orang sesat, bagaimana dengan para sahabat yang banyak diantaranya dijamin surga oleh Rasulullah? Banyak dari mereka beristri lebih dari satu.

    Menikah lebih dari satu dibolehkan! Sudah tdk usah didiskusikan untung rugi dll-nya. Bagi orang beriman jika telah diputuskan oleh Allah dan Rasul-Nya suatu urusan, bagi hanya ada satu pilihan, “Kami dengar dan kami taat”. Tidakkah kalian takut, apa akibat membenci hal-hal yang dihalalkan Allah?

    Sebegitu membara jugakah kebencian kalian kpd hal-hal yang diharamkan Allah? Seperti melihat kecantikan wanita yg bukan muhrim, bersentuhan, bersalaman, berbicara curhat dll (ya, suara wanita juga aurat bagi laki2). Hal-hal yang jelas-jelas berdosa (ingat mata, telinga, hati, tangan ada zinanya, dan akhirnya dibenarkan oleh kemaluan).

    Saya takut, jika kebencian terus dibiarkan nanti merambat kemana-mana, misalnya tidak suka membagi warisan secara Islam (karena katanya perempuan jg diperlakukan tdk adil), bersikap lembut terhadap orang kafir (takut melanggar HAM, kesempatan bisnis, takut pd atasan dll) jika terjadi konflik masalah penerapan hal-hal yg jelas-jelas wajib, padahal dalam kondisi spt itu tidak ada alternatif selain sikap yang keras. Dalam kondisi spt ini wanita dibenarkan utk diam, tetapi laki-laki, sptnya selemah-lemahnya iman akan jatuh padanya. Ingat, seorang pemuda di zaman Rasul pernah tewas karena membela seorang muslimah yang terbuka auratnya karena diganggu pemuda2 Yahudi. Menghadapi lebih dari satu orang bersenjata tajam dia tdk takut sedikitpun juga utk maju membela kehormatan umat.

    Jika kita mau teliti, wanita banyak diuji dengan perasaan dengan karena memang itulah keunggulan wanita. Pria banyak diuji dengan kekuatan dan keberanian karena itulah keunggulan laki-laki. Surga ada dibawah bayangan pedang ditujukan pada laki-laki. Mengatakan kebenaran dihadapan penguasa yang zalim yg jelas2 punya kekuasan mencelakakan diri anda itupun ditujukan pada laki-laki.

  37. Sepakat mas B.Ohorella…!!
    Jaman sekarang sudah kebalik-balik, syariat Allah diinjak-injak,dicaci maki, yang dilarang Allah dipuja-puja setinggi langit dan yang parahnya hal tersebut dilakukan oleh orang Islam sendiri tanpa mempelajari maksud Allah tersebut.
    Kebenaran dalam Islam adalah mutlak..!!
    Percuma saya beragama Islam jika ragu akan ayat-ayatnya barang satu ayatpun

  38. Assalamu’alaikum

    In my opiny, saya sebagai perempuan berusaha meneropong kasus ini dengan kaca mata kedewasaan. Saya sudah menuliskan surat cinta untuk ibu-ibu perindu surga. Berikut kutipannya : “Dalam segala hal, andaikan saja kita bisa memilih, maka kita menginginkan yang terbaik dan satu-satunya, tanpa ada bandingannya. Tidak ada yang kedua, ketiga atau keempat. Jika hanya menuruti ego, maka siapapun akan memilih hal itu. Namun, ketika kita mengaku Islam dan memilih Islam sebagai jalan hidup, maka tidak ada tawar-menawar dalam hal ini. Bukan berarti harus menjalani, namun kita meyakini bahwa poligami adalah syariah Allah, yang didalamnya ada hikmahnya. Keterbatasan kita sebagai manusialah yang kadang tidak dapat mengambil hikmah darinya.” Untuk lengkapnya, silakan kunjungi http://hamasahputri.multiply.com.

  39. Bagian komentarnya malah jadi bagian tumpahan uneg-2 :D Kaga nyambung sama yang nulis blog ini. Ya sudahlah… saya juga nggak nyambung ;))

  40. Stujuuuu sama orang-orang bken bikin blog…. iyalah… daripada pusing dengerin orang yang pro dan kontra mending denger dari yang diomonginnya langsung….. kalopun emang ada yang gak jelas kan bisa ditanya langsung…. kenapa sihhh gak berprasangka baik aja… bahwa orang itu jujur toh kalopun dia gak jujur nuraninya dia gak akan tenang… hehehe….
    soal aa gym… ya… everyone has their own reason…. kita gak bisa ngejudge begitu saja…..mudah2an aja ada kebaikan di balik itu semua….

  41. Saya setuju AA Gym menikah lagi jika itu atas permintaan istri pertamanya, bukan karena keinginan AA Gym sendiri. Sebab, membahagiakan istri tentu sangat berpahala. Caranya, salah satunya dengan memenuhi permintaanya.
    Pertanyaannya…adalah…………..apakahAA Gym menikah lagi karena permintaan istri pertamanya………? Kalau ya, its Oke. Kalau tidak, bersiaplah menuai badai.

  42. aa kok nikah lagi sih? terus terang saya shock mendengar kabar ini… tolong deh kalau ada jumpa pres terangkan pada kita, apa yang memotivasi aa’ untuk nikah lagi. apa teh ninih kurang cantik atuh? atao…

  43. Ass Wr. Wb :
    Saya tidak mau menjastifikasi, hanya mengingatkan kapada kita, bila kita ingin menerima islam, terimalah secara Kaffah. Cerai dan nikah lagi (beristri lagi) menurut islam halal, tapi sebaik nya dihindari, bila tidak bisa dihindari sebaik nya jalanilah dengan keputusan yang tepat dan dengan hati yang sadar. keputusan berpulang kepada kita sebagai pengambil keputusan, mengenai komentar Pro dan kontra pernikahan Gymnastian wajar, karena dia adalah figur. Allah menurunkan peraturan melalui Al’Quran sudah dengan pertimbangan dan tidak ada keraguan atas isi nya, tinggal bagaimana kita bisa mensikapi semua yang terkandung di dalam nya. Kita tau Babi, anjing, dan binatang bertaring lain nya Haram untuk dimakan kaum muslimin dan muslimah ?? tapi allah memberikan solusi, makan lah bila itu akan mengakibatkan kalian kelaparan dan tidak ada makanan lain. jadi keputusan Gymnastiar menikah lagi menurut saya adalah pilihan yang tepat untuk dia, tapi belum tentu untuk saya, anda atau lain nya. keputusan berpulang kepada kita. yang penting sudah siapkah kita menanti maut yang akan merengut kita kapan saja ? sudah cukupkah amalan kita ??. kesimpulan : Gymnastiar jelas lebih tau dan pintar tentang islam dibanding kita (saya), tapi di mata Allah belum tentu saya lebih buruk dari Gymnastiar, hanya kita dan Allah yang tau “sebagai bahan telaahan”
    Wass Wr. Wb.

  44. ah kenapa pada bingung sich, jika emang aa’ gym mo nikah lagi tu kan urusan dia. yang penting kan gak ngeganggu urusan orang. makanya jangan terlalu mengkultuskan orang bahwa orang itu akan selalu sepikiran dengan kita. ur mind is nothing but will everything if u use it well. seperti ungkapan descartes cogito ergosum atau ungkapan avisenna bahwa akal adalah sumber hukum tertinggi. so aa’ gym hanya referesni kebenaran bukan kebenaran itu sendiri karena kebenaran yang pasti itu terlahir dari alam pikiran kita. aku berpikir maka aku ada.

  45. Maria Eva : “Ya, Pak Yahya meminta saya untuk dinikahi, tapi saya tidak mau. Saya tidak mau menjadi ISTRI KEDUA”

    Menolak sesuatu yang dihalalkan oleh Allah tetapi melakukan sesuatu yang diharamkan oleh Allah. Ironis ngga seh…

  46. Aa Gym, punya hak atas dirinya sendiri, walau beliau adalah ulama, reference bagi sebahagian umat. tp umat jg gak boleh egois, mengharapkan yang sesuai isi kepala nya sendiri….

    seandainya Rasul SAW juga hidup di zaman sekarang, pasti beliau SAW juga akan dicerca habis2an…

    manusia memang umumnya munafik…

  47. Bagi yang KECEWA atas sikap AA GIM ntuk menikahi perempuan dengan niat baik, sama aja anda anda semua kecewa atas sunnah ROSUL
    yang gue tanyain sekarang APA ANDA semua lebih SENANG dengan PERSELINGKUHAN gaya ANGGOTA DPR kita
    jujur aja gue ngedukung sikap AA GIM dari pada kaya si”YAHYA” yang lebih senang berSELINGKUH RIA dari pada menikahi perempuan lain selain ISRI nya

  48. Assala mualikum wr.wb
    Buat eceuk “NINIH” semoha diberikan ketabahan INILAH kehendak dari YANG MAHA KUASA siapapun manusia di dunia (orang awam kek,ulama kek,da’i kek,presiden kek bahkan NABI dan para ROSUL sekalipun )takkan mampu merubahnya
    Buat mbak “RINI” tolong ya …!!
    mulai sejak anda ( mbak & AA GIM ) mengucap ijab kabul, anda adalah salah seorang istri AA GIM

    Kami semua turut mendo’akan semoga ini jalan terbaik buat AA GIM,Eceu NINIH dan Mbak RINI
    semoga kalian semua bisa rukun dan tentram enn yang sabar ya kontropersi pasti ada, pro & kontra pasti terjadi semoha kita semua diberkahi kesabaran dan kesadaran akan BESAR nya KUASA ALLAH SUBAHANA WA TA”ALA.

    Walaikum salam w.w

    Akhiri yudha bagaskara maulana tanjung

  49. Sebenarnya saya menganggap berita mengenai pernikahan kedua Aa Gym adalah hal lumrah dan biasa, toh tak ada salahnya ketika seorang lelaki memutuskan – dengan segala pertimbangan – untuk menikah lagi, selama dia mampu dari segi fisik, waktu dan finansial, dan paling utama, merasa mampu berbuat adil buat pasangannya, Why NOT? Dan terlebih ini adalah kepentingan yang sangat INDIVIDUAL, dan bukan suatu persinggungan langsung dengan kepentingan PUBLIK.

    Memang, Abdullah Gymnastiar adalah ulama dan menjadi panutan banyak orang, yang setiap hari bersinggungan dengan umatnya, sehingga bukan hanya perkataan beliau yang didengar, tapi perilaku beliau pun akan menjadi sorotan jamaahnya. Bahkan tanpa beliau inginkan, oleh media sosoknya dijadikan ikon selebritas yang kemudian menjadi penghias tabloid gosip dan infotainment. Olehnya itu, banyak yang secara tanpa sadar beranggapan dan menginginkan sebuah sosok KESEMPURNAAN pada diri Aa Gym. Tidak ada yang salah menurut saya, KESEMPURNAAN merupakan puncak tertinggi dari pencapaian spiritual hamba Allah SWT, dan wajar kalau semua hambaNya menginginkan maqam tertinggi itu. Dan pendapat saya pribadi, keputusan menikah Aa Gym ada hubungannya dengan loncatan maqam spiritual yang hendak beliau jalankan. Dan bukan sekedar persoalan nafsu semata-mata, sebagaimana yang diungkapkan oleh banyak orang yang sinis menanggapi berita ini.

    Namun, yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah definisi dan ukuran KESEMPURNAAN dari seorang jamaah/umat untuk menilai pemimpin/ulama nya? Apakah ukuran itu bebas dari ego dan pendapat pribadi mereka? Mengapa semua orang menganggap steoreotip terhadap perilaku POLIGAMI? Poligami ada dalam hukum Islam. Bahkan juga dibenarkan oleh agama lain; Hindu, Yahudi, Kristen. Silahkan klik ke wikipedia (bahasa Indonesia, dan english).

    Dan kalau tidak mau menganggap diri munafik dan sok suci, poligami jauh lebih mulia dan gentlemen daripada nikah siri, perselingkuhan, perzinaan, ‘jajan’ di lokalisasi dan yang lainnya. Tapi terlepas dari semua itu, sekali lagi saya tekankan; PENDAPAT PRIBADI yang muncul dari kekhawatiran terhadap BAIK dan BURUK hendaknya disingkirkan. Jangan kemudian melakukan generalisasi terhadap semua orang, apalagi kemudian membatasi kepentingan INDIVIDUAL nya untuk meingkatkan kedekatan kepada sang Maha KUASA.

    Saya punya mimpi, seandainya sang Uswatun Hasanah, Rasulullah Muhammad al-Mustafa Abi al-Qasim SAWW hadir ditengah-tengah kita saat ini, dan dengan demikian juga mempraktekkan poligami beliau dengan istri-istrinya, apakah masyarakat akan ‘rela dan ikhlas’ menerima beliau SAWW sebagai junjungan dan rujukan dalam beragama? Nah….

    so, jangan munafik dan egois donk…

  50. Teh Ninih walaupun dari bibir teteh keluar ucapan yang begitu ikhlas atas keputusan suamimu AA yang kawin lagi tapi sebenarnya hati teteh tertekan sekali.
    Kalau mau jujur, tidak ada satu wanitapun di dunia ini yang dengan sukarela dimadu.
    Kalau tokh rela itu hanya sebatas dibibir saja untuk menyenangkan sang suami agar tetap mendapat kasih sayang dari padanya.

    Teh Ninih, ingatlah akan nasihat yang telah diberikan suamimu sewaktu meminta persetujuanmu untuk kawin lagi, yaitu kesabaran adalah jalan menuju sorga.
    Semoga teteh diberi kesabaran dan mendapatkan sorga sebagaimana suamimu telah dapatkan saat ini.

  51. BUAH PEPAYE BUAH KEDONDONG
    PALING ENAK MAKAN BARENG KUE SATU

    MANGKENYE KITE HARUS BERUPAYE DONG!
    BIAR SUAMI PUNYA ISTRI CUMA SATU

  52. Barakallahu Aa Gym. Menyukakan Allah dengan menyenangkan hamba Allah (kaum wanita) walau makhluk murkah mendapat ridho Allah. Hari ini jumlah wanita Indonesia 10 berbanding 1. Pemerintah telah mengambil jalan keluar dengan menghantar TKW ke seluruh dunia dengan alasan memberi lapangan pekerjaan kepada masyarakat Indonesia, nyatanya kebanyakan mereka menjadi pelacur2, memuaskan nafsu birahi orang2 kafir di luar negeri.Ironisnya, devisa terbesar Indonesia untuk menghidupi rakyat berasal dari pantat2 wanita Indonesia. Apakah itu tidak berkompromi untuk menentang Allah yang menyuruh wanita ~Hai wanita, tetaplah kamu dalam rumah2mu, dirikanlah solat,keluarkan zakat (dan menjaga maruah). Wanita di luar negeri 2 tahun tidak ketemu suami, banyak tak solat dan baca Qur”an, pulang ke negerinya, dapatkah menjadi wanita yg melahirkan generasi yang taqwa dan intelek buat bangun bangsa yang besar? Memang baik sekali teladan AA Gym dalam rangka menyelamatkan wanita2 di masa depan. Saya saran supaya AA Gym bersedia untuk kawin yang ketiga. Insya Allah Amin.

  53. Awal nya saya sempat juga jenuh dengan tausiah Gymnastiar yang menurut saya selalu saja hanya menyentuh hal hal dasar, sehingga saya sempat bosan juga mendengarkan ceramah / tausiah Gymnastiar. selang berapa waktu saya sempat berharap pada saat nya nanti Gymnastiar akan memberikan tausiah yang lebih bersifat implementasi dari pada hanya informasi semata seperti yang ia lakukan selam ini, tapi saya belum tau apa bentuk nya untuk menguji implementasi keiman / ke islaman seseorang, dan sampai lah saat nya beliaw mencontohkan bagaimana proses poligami itu berjalan. Nah nah,….ini lah Gymnastiar melakukan suatu contoh yang realistik dan perlu kita cermati dengan sungguh sungguh (Big Improvement & Quantum Leap). dengan adanya komentar yang sangat negative tentang Gymnastiar, setelah perkawianan yang ke dua nya, saya mulai bisa menilai sejauh mana kualitas ke islaman masyarakat Indonesia. ternyata mereka hanya bisa menerima tentang islam itu bila semua nya menyenangkan hati mereka, tapi bila mereka merasakan akan adanya ancaman untuk mereka tentang implementasi Islam, mereka berusahan untuk mencari cari dalil untuk membenarkan ketidaksukaan mereka,…oh,… sunggu tragis ya,…..Coba deh kita lihat dari segi positive nya ber poligami itu,: apakah bila suaminya menyayangi ke dua nya dan bisa mendamaikan kedua istri nya, bukan kah itu sebuah anugrah ?? dan bisa diciptrakan silatrurahmi antara kedua nya dan berikut anak nak nya ?? bisa saling tolong menolong, bisa saling bertadarus bersama ?? dan hal hal positive lain nya, sungguh luar biasa nikmat nya. saya, kalau pun ada kesempatan untuk berpoligami, belum tentu hal ini saya pilih, karena saya merasa belum sanggup menjadi imam yang baik untuk kedua nya, tapi untuk orang sekaliber Gymnastiar, saya yakin ia sanggup, dan bisa meniru bagaimana rasullallah menjalankan poligami nya. ini sekedar pemantapan untuk kita saja, semoga bisa menjadi instrospeksi untuk kita semua, jadi kesimpulan nya, janganlah kita kita ini(terutama yang mem favorite kan Gymnastir) yang nota bene nya selama ini selalu membanggakan beliaw, tiba tiba menghujat habis habisan, sepertinya dia itu sudah melakukan dosa besar (padahal halal loh), coba kita lihat diri kita, apa engga malu sama kerudung kita, malu kepada keislaman kita, malu kepada keluarga kita ??? ayo mari kita insrospeksi bersama, kita(terutama saya) masih banyak kekurangan, apa tidak lebih baik kita membicarakan kebaikan seseorang dari pada menghujat yang akan menghasilkan dosa.
    AMIN. Achmad

  54. Orang besar jika berbuat hal-hal tidak wajar walaupun belum termasuk salah sudah akan dianggap salah oleh masyarakat, Sedangkan orang kecil biar sudah salah tetap tidak akan menimbulkan kontroversi besar.

    Dari sini dapat dilihat kalo AA Gym, memang orang besar dan memang harus bisa menerima diperlakukan masyarakat seperti ini, disanjung/dicela.

    Jika AA Gym ingin berniat menjadi seperti rosulloh kenapa hal seperti ini yang didahulukan, Apakah beliau lupa dengan kajian dalam al-quran yang selalu beliau baca di surat An-Nisa. dan apakah tidak ingat bahwa rosulloh memang sama-sama dengan kebanyakan orang sebagai manusia biasa secara fisik, tapi beliau adalah manusia yang luar biasa jauh dari ukuran manusia kebanyakan dalam segala hal yang dimiliki manusia.

    Dengan tindakan ini sebagai seorang ulama apakah tidak merasa seperti merendahkan nabi dengan secara tidak langsung menyatakan bisa berbuat adil sebagai mana yang nabi lakukan dengan tindakan poligami.

    jika ini dilakukan orang awam bisa aja dimaklumi mungkin ngajinya kurang.. lha ini oleh aa gym yang katanya sudah sangat ngerti islam.

    Tanya kenapa….AA’

  55. Bro,…..menurut saya Gymnastiar sudah melakukan yang luar biasa, dia melakukan sesuatu yang sudah pasti sulit dilakukan orang awan seperti kita, dan dia bisa menunjukan kaliber nya dia, bahwa dia bisa menghadapi cercaan / makian / hujatan dan ini bisa kita lihat dari reaksi Gymnastiar dalam menghadapi nya. apakan tokoh tokoh kita ataw selebriti kita ada yang yang sanggup meakukan seprti ini ?? gymnastiar berani ambil resiko terjelek, karena menurut saya orang seterkenal dia dan sebagai panutan pasti akan sangat hati2 dalam bertindak, dan menurut saya juga dia sudah pasti memperhitungkan segala resiko nya, dalam hal ini dia akan memberi contoh kepada semua umat muslim dam muslimah di Indonesia bagaimana dia dan Ninin serta Rini menghadapi cobaan ini semua dengan sabar dan iklas, jadi kalo mereka saja bisa, tidak ada alasan lagi bahwa poligami itu hanya bisa dilakukan oleh Rasulallah dsn para sahabat ntya orang biasa seperti Gymnastiar pun bisa, jadi kesimpulan nya alQuran itu bukan hanya untuk Rasulallah, tapi untuk kita semua umat muslim, jadi semua apa yang ada di dalam nya bisa di implementasikan oleh kita semua, jadi tidak ada alasan bahwa hal hal tertentu hanya rasulallah saja yang dapat menghadapi, tapi manusia biasa juga bisa, tapi ini berpulang kepada Gymnastiar, bisa engga dia menghadapi. kalo bisa, kenapa kita engga ?? (untuk hal lain nya juga loh, bukan poligami aja).

  56. Saya mendengar Aa menikah lagi, sempat kecewa, karena akan membuat masyarakat semakin mantap kawin lebih dari 1x, karena Aa adalah tokoh Agama buat Negara Indonesia yang sangat diidolakan. Alasan apapun isteri 2 pasti mengundang pro dan kontra. Jadilah suri teladan yang baik sampai seumur hidup

  57. AJAIB
    ketika seorang hendak berbuat kebaikan akan ada semiliyar orang yg mencemooh, semakin banyak kalian menghujat dan menggunjing maka semakin besarlah pahala orang yg di gunjingkan, sesungguhnya jadikan semua ini ladang pahala bagi kita semua. jika pernikahan itu diniatkan untuk ibadah, maka bertambahlah pahal AA dan segala keluarganya, jika berita pernikahan itu menyenangkan hati maka besarlah pahala yg mendengarkan berita itu. kenapa kita tidak berfikir bahwa apa yg dilakukan AA itu adalah semata2 ibadah, bukan dosa.
    banyak yg membandingkan hal ini ketika jaman Rasulullah, Rasul menikah lebih dari satu, dan ketahuilah pada saat itu para wanita solehah banyak yg menawarkan diri untuk di persunting rasul, AA bukan rasul namun berusaha mengikuti rasul, cinta yg terbagi jelas melukai salah seorang dari yg diduakan, namun sungguh itu jg adalah ladang pahala bagi siapa saja, yg tetap istiqomah (konsisten) menghadapi segalanya adalah yg menang. klo berharap smua keadaan baik dan mulus saja, maka kita bukanlah manusia sebenarnya, hakikat manusia itu adalah penuh dosa dan rasa ketidakmampuan. berfikirlah yg baik karna Alloh memberikan kita akal fikiran untuk berfikir yg baik2, dan dapat di pertanggung jawabkan pada Alloh kelak.

  58. Yang saya tau (dengan keterbatasan ilmu) Allah SWT sudah mengatur masalah poligami ini, setuju atau tidaknya pendapat seseorang, kelompok bahkan semua penghuni bumi ini, tetap tidak akan mengubah status hukum itu.
    Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wajamaa bainakuma fii khoiir…

  59. Ah saudaraku semua salah kalian kenapa kalian kok menjadikan saya panutan dan mengkultuskan saya, jadi aja kalian kecewa.. saya mah manusia biasa yang kebetulan pandai bicara dan salahnya kalian terpengaruh..jadi gimana saya aja mau ngapa2in juga.. betul..!

  60. Tadinya saya teh seneng banget dengerin
    ceramah Aa tentang bagaimana cara “Menyikapi Suami yang Selingkuh atau ingin menikah lagi”.

    Dengan bijak Aa memberikan nasehat nasehat dan solusi kepada para Ibu.

    Berapa juta orang yang kecewa dengan keputusan Aa untuk menikah lagi.

    Aa dah terkenal se Indonesia, harta berlimpah, tahta berada, tapi sayang sekali ya..jatuh karena wanita.

    Tidak akan ada lagi yang menyanjung tapi menghujat.

  61. Ada 2 hal yang tidak akan selesai jika dibahas, lewat seminar, work shop, pelatihan (what ever) & lewat obrolan harian, yaitu masalah alam ghaib (per-jin-an & masalah poligami). So… let’s stop talking about Aa second’s marriage. Sudahlah… bukan dosa, koq. And apapun niatan Aa nikah lagi, langsung kita serahkan saja ke Yang Maha Menilai. Kesian tau… Mendingan, ngomongin masalah jin aja… Klo yang ini pasti seru, karena tidak ada yang tersakiti hatinya. Ok… who’s with me?

  62. Poligami emang pernah dilakukan nabi. saya pribadi tidak menolak ajaran ini. Cuman kenapa sih, AA Gym baru ketahuan 3 bulan nikah kedua, kok ga ada woro-woro sebelumnya? Bukankah nabi juga menyarankan dan melakukan pemberitaan atas pernikahannya? Kenapa sih harus ada orang2 berpolemik/berprasangka/berkomentar dulu baru ada penjelasan?

  63. subbhanallah jika akalku bergerak mungkinkah ini suatu keajaiban Allah dalam menegakkkan firmannya yang selama ini dianggap buruk bagi kalangan masyarakat, ataukah tanda-tanda kiamat karena seorang ulama yang menjadi panutan tlah dianggap berkhianat pada istri? “jujur saya yah aku adalah seorang yang banyak menggunakan nasihat Aa Gym dalam kehidupan sehari-hari, kini aku yang kuliah di fakultas matematika menjadi banyak pertanyaan dari teman dirumah dan kuliah tentang poligami dari seorang yang kuidolakan, Aa yang sangat saya hormati saya mungkin orang yang awam dalam hal agama, karena itu dengan kerendahan hati aku sangat memohon, beri kami kategasan agar tak ada lagi fitnah, berilah bukti bahwa inilah bentuk poligami yang sesungguhnya dan tidak atas nafsu. untuk teteh, demi Allah aku sering mendengar wanita syurga di zaman Rasulullah tapi baru kali ini aku melihat sendiri wanita syurga, mudah2an aku mampu menjadi sepertimu, teh, bolehkan main ke darut lagi.

  64. Illustrasi wawancara Gymnastiar,……?????

    Aa_online : Assalamualaikum ?
    f_rachmanto : Waalaikumsalaam ?
    f_rachmanto : Aa .. lama gak online nih, ? kemana aja ?
    Aa_online : Ah ? Aa mah disini aja, Kang Oji kumaha damang?
    f_rachmanto : Baik A, kumaha bulan madu? :-)
    Aa_online : Ah, eta deuy, eta deuy ? hehehe ?
    f_rachmanto : Sori A, habis kaget nih Aa nikah lagi
    Aa_online : Aduh kenapa atuh musti kaget segala. Kan berpoligami teh diijinkan Allah.
    f_rachmanto : Diijinkan lho A, bukan diwajibkan
    Aa_online : Betul. Hukumnya sunnah.
    f_rachmanto : Kenapa sih A, nikah lagi?
    Aa_online : Aduuh ini lagi pertanyaanya ? Kumaha nya ngajawabnya?
    f_rachmanto : Apa ada yg kurang dari Teteh?
    Aa_online : Wah, insyaAllah bukan karena itu, Teteh itu wanita yang sangat luar biasa.
    f_rachmanto : Jadi kenapa?
    Aa_online : Begini, pernikahan Aa yang kedua ini latar belakangnya ya sama saja dengan alasan orang lain
    menikah. Kang Oji dulu kenapa menikah?
    f_rachmanto : Mmmm ? Karena saya dan istri saling cinta, dan pengen hidup bareng membangun keluarga yang
    sakinah?
    Aa_online : Begitu juga Aa dengan pernikahan kedua ini.
    f_rachmanto : Tapi Aa kan bisa menyakiti hati Teteh.
    Apalagi anak-anak Aa. Anak mana sih yang rela Ayahnya nikah lagi.
    Aa_online : Yah, saya juga katakan ini bukan keputusan mudah. Saya mohon maaf sama Teteh dan anak-anak saya,
    jika keputusan ini tidak enak buat mereka. Namun saya juga berharap ini bisa jadi hikmah bagi mereka untuk
    melatih keikhlasan mereka. Dan alhamdulillah Teteh dan anak-anak dapat menerima ?
    f_rachmanto : Maaf nih A, kok tega menyakiti hati orang yang kita cintai?
    Aa_online : Sudah tentu saya tidak tega, tapi ?
    f_rachmanto : Kalau tidak tega kenapa tetap dilaksanakan?
    Aa_online : Begini, karena ada tujuan yang menurut Aa insyaAllah baik. Dan Aa yakin keluarga Aa akan dapat
    ikhlas menerima keputusan Aa.
    f_rachmanto : Maaf A, apakah ini untuk kepuasan seks?
    Aa_online : Semua pernikahan bukan nya selalu ada aspek seks? Namun seks tentu bukan satu2 nya aspek dan
    bukan yang paling utama.
    Aa_online : Salah satu hikmah pernikahan adalah untuk mencegah manusia dari kerusakan akibat perilaku seks
    seperti binatang. Kang Oji bisa lihat perilaku saudara-saudara kita dewasa ini yang lama-lama menganggap seks diluar nikah bukan hal terlarang. Ini harus diluruskan ?
    f_rachmanto : Dengan poligami?
    f_rachmanto : Bukan kah nanti jadi nya poligami iya, zina jalan terus ?
    Aa_online : Yah kalo masalah zina mah, kalo moral orangnya sudah mengizinkan zina ya bagaimana ya? Tapi
    ada pandangan juga nih. Barangkali masyarakat kita sekarang juga yang mengkondisikan perzinahan.
    f_rachmanto : Maksud Aa?
    Aa_online : Yah, masyarakat sekarang kan semakin permisif terhadap hubungan laki-laki dan perempuan,
    semakin menganggap lembaga keluarga tidak penting, menganggap lembaga pernikahan tidak penting. Sementara
    namanya dorongan hubungan seks adalah sesuatu yang alamiah dan pasti terjadi. Paham maksud Aa?
    f_rachmanto : Rada ngantuk sih A, tapi paham lah.
    f_rachmanto : Ya jujur aja sih, kalau sekarang kita denger sepasang laki-laki perempuan tinggal bersama
    tanpa menikah dianggap semakin biasa.
    Aa_online : Padahal dulu enggak
    f_rachmanto : Ya ? dulu nya itu tabu.
    Aa_online : Demikian pula poligami
    f_rachmanto : Halahh ? belok nya jago bener :-)
    Aa_online : Hehehe bukan begitu. Ini kenyataan. Coba kita perhatikan dalam sejarah. Orang jaman dulu
    mempraktekkan poligami. Bahkan kalau tingkatannya raja atau bangsawan, istrinya bisa ratusan ?
    f_rachmanto : Dulu dianggap biasa, sekarang dianggap tabu.
    Aa_online : Betul
    f_rachmanto : Itukan dulu Aa
    Aa_online : Betul, maksud Aa cuma ingin kasih gambaran bahwa pandangan masyarakat bisa berubah.
    f_rachmanto : Tapi Aa, kenapa kita selalu melupakan konteks “adil” dalam ketentuan berpoligami.
    f_rachmanto : Maksud saya, kalau istri pertama sampai merasa tidak ridha saja kan sudah tidak adil. Saya
    pernah baca sih, ada beberapa istri yang dari awal ikhlas suami nya menikah lagi, bahkan membantu
    mencarikan istri baru. Tapi kan angkanya sangat sedikit. Artinya, poligami baru bisa dilaksanakan
    dalam kondisi yang hampir mustahil.
    Aa_online : Tapi mungkin
    f_rachmanto : Ya ?
    Aa_online : Apa tidak mungkin ada istri yang ikhlas suaminya menikah lagi karena sesuatu hal, katakan yang
    sifatnya darurat?
    f_rachmanto : Ya mungkin saja, tapi kecil
    Aa_online : Tetap saja mungkin.
    Aa_online : Dan hukum agama dimaksudkan untuk memberi jalan keluar bagi hal yang mungkin tadi.
    f_rachmanto : OK Aa, saya tidak pernah mempertanyakan legalitas berpoligami. Tertulis dalam teks dengan
    sangat jelas itu diperbolehkan.
    f_rachmanto : Tapi bukankah sesuatu yang boleh belum tentu baik.
    Aa_online : Misalnya ?
    f_rachmanto : Misalnya saya membeli mobil mewah sementara saudara-saudara saya ada yang putus sekolah
    karena kurang biaya, terjepit hutang, atau bahkan kelaparan ..
    f_rachmanto : Beli mobil pake uang saya sendiri, halal, ya boleh dong. Tapi tidak baik saya lakukan
    karena akan menyakiti hati saudara-saudara saya ?
    Aa_online : Membeli mobil tadi “tidak baik” ukuran nya apa? Dibandingkan dengan apa?
    f_rachmanto : Dibanding dengan misalnya menyedekahkan uang saya tadi ?
    Aa_online : Setuju. Nah, kalau dibanding dengan menggunakan uang tadi untuk berjudi di kasino?
    f_rachmanto : Ya lebih baik beli mobil.
    Aa_online : Sangat relatif ya?
    f_rachmanto : Hmm ? ya.
    Aa_online : Jadi itu semua akan sangat subyektif, dan sangat tergantung konteks. Tidak bisa dihakimi secara
    hitam-putih begitu saja. Dari satu kasus dengan kasus lain akan berbeda.
    Aa_online : Poligami itu seperti pintu darurat di sebuah pesawat. Boleh digunakan, kalau memang keadaan
    mengharuskan. Tapi juga jangan digunakan kalau pesawatnya baik-baik saja. Jadi harus tahu ilmunya.
    f_rachmanto : Hehehe ? memang pernikahan Aa sama Teteh tidak baik2 saja ..
    Aa_online : Tuh kan ? kalo ini mah jadi ngegosip
    f_rachmanto : Iya sori Aa, becanda. Thanks penjelasannya.
    f_rachmanto : BTW ini lagi online di Daarut Tauhid A?
    Aa_online : Daarut Tauhid?
    f_rachmanto : Lho? Ini Aa Gym kan?
    Aa_online : Aduh Ji! Ini saya mah Aa Gino, temen kerja kamu dulu ?
    f_rachmanto : Astaghafirullah ? kirain dari tadi tuh Aa Gym ?
    (fr)

    Serius banget bacanya….. ..he….. he……he. ….
    Have a nice day guys…….. …..

    Wassalam,

  65. Dalam mengangambil istri lebih dari 1 orang, jangan terlalu mudah menggunakan alasan karena Islam membolehkan, atau mengikuti sunah Nabi.
    Islam membolehkan karena pada masa awal Agama Islam, keadaan sosial masyarakat memang penuh dengan ketidakadilan, terutama bagi wanita. Sehingga Pria Muslim boleh mengambil istri hingga 4, dengan syarat yang ketat. Soal ini, saya yakin hampir setiap muslim sudah mengerti.
    Sedangkan soal sunah Nabi, perlu dipelajari sejarah hidup Nabi.
    Nabi menikah dengan Siti Khadijah, seorang janda yang sudah berumur 40 tahun. Sedangkan Nabi Muhammad SAW masih lajang dan baru berumur 25 tahun.
    Nabi dan Siti Khadijah mengarungi bahtera rumah tangga selama 28 tahun. Yaitu sampai Siti Khadijah meninggal dunia.
    Setelah Siti Khadijah meninggal dunia, Nabi Muhammad juga masih menduda selama 3 tahun. Baru ketika berumur 56 tahun, Nabi menikah lagi dan melakukan poligami. Itu dilakukan dengan pertimbangan yang sangat komprehensif, termasuk untuk perjuangan Islam itu sendiri. Wanita2 yang beliau nikahi pun bukan wanita yang masih muda dan menarik, kecuali Aisyah.
    Nabi Muhammad SAW wafat pada usia 63 tahun. Artinya, selama 56 tahun, Nabi hidup bermonogami. termasuk mengarungi bahtera rumah tangga selama 28 tahun dengan Siti Khadijah. Sedangkan poligami yang dilakukan Nabi Muhammad hanya berlangsung selama 7 tahun saja.
    Jadi jangan terlalu mudah melalukan poligami dengan mengemukakan alasan “mengikuti sunah Nabi”.

  66. Assalamu’alaikum Wr. Wb,

    Alhamdulillah dari semua komentar, masih ada yang bijaksana menyampaikannya.
    Untuk Gesti Adnan, Nina dan Icha (mohon maaf kalau tidak berkenan) dan yang lainnya.
    Jangan ada terbawa emosi dan bisikan syaitan sehingga anda menjadi gelap mata dan menyumpahi orang lain. Kita tidak tahu bagaimana kedudukan orang tersebut, hanya Allah lah yang tahu. Yang pasti yang Aa Gym lakukan jauh lebih terhormat ketimbang dengan apa yang dilakukan oleh Yahya Zaini dan para bapak-bapak pejabat dan juga remaja2 yang kawin karena MBA.
    Justu karena tidak munafik maka Aa Gym menikah untuk yang kedua kali. Teh Nini saja iklas, kenapa kalian kok sewot. Mohon maaf jika anda merasa digurui, tapi kalau anda tidak punya ilmunya alangkah lebih baik jangan sembarang bicara yang bisa menyebarkan fitnah belaka dan juga menyesatkan orang lain.
    Apa yang Aa Gym lakukan adalah untuk menjaga harkat dan martabat wanita.
    Apakah anda lebih setuju dengan perselingkuhan, seks bebas yang membudaya saat ini. Astagfirullahalajim.
    Untuk Aa Gym dan Teh Nini beserta Teh Rini,
    Saya doakan kalian rukun selalu dan bisa membangun keluarga yang sakinah mawardah warahmah. Moga2 diberi kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi cercaan yang dilontarkan oleh orang-orang yang tidak berilmu.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb,

  67. Saya kecewa sama aa, kenapa sich aa menyalahgunakan kebaikan hati teh Ninih, aa memang ga berbuat dosa, tapi menyakiti hati seorang perempuan sebaik teh Ninih.

  68. Yang jadi pikiran tuh ini tiba2 lgs kejadian, gk ada ujan gk ada angin tau2 muncul beritanya. Gak tau apa yang ada di pikiran AA saat itu. Kecewa? Jelas tentunya gk semua orang lgs setuju sama hal beginian. Wew pamornya isa turun nih.

  69. karena kita hidup dalam masyarakat yang berbudaya tidak semau gue, pernikahan tak cukup dengan landasan agama dan hukum negara saja. Juga ada syarat kepantasan. Pantas atau tidak, misalnya, menikah lagi selagi punya balita dan anak gadis yang beranjak dewasa?

    Kok AA Gym tahu sholat malamny Rini baik?

    Kok AA Gym bilang anaknya semangat lagi. Benarkah? Chelsea Clinton saja selalu pingsan setiap kali mendengar bapaknya, si Clinton, diberitakan kasusnya dengan si Lewinsky.

    Bagaimana dia bisa menjamin anak-anaknya tidak terluka batinnya? Dia ‘kan cuma manusia.

    Jangan hanya menuruti nafsu. Kalau bukan karena nafsu, ada banyak janda miskin, tapi tak cantik, yang perlu dinafkahi.

  70. sebenarnya saya berharap AA Gym sebagai orang Islam mudayang moderat memberi contoh atau bukti agar Islam tak dihujat karena poligami. “Ini lho, aku Islam dan muda tapi tak berpoligami”.

    akhirnya, orang akan bilang, ah, ternyata sama saja.

  71. suatu ketika sayidina Ali minta ijin pada Nabi untuk menikah lagi. Nabi melarang Ali untuk berpoligami dan ketika itu Allah tidak menegur beliau. Ini menurut hadist Bukhori Muslim. Bagaimana ini? Kenapa ini tak pernah dipakai sebagai dalih?

  72. yth aa gim
    di tempat

    sunah nabi tentang pernikanhan tu bukan harus menikah dengan gadis kaya seperti aa gim, nabi menikah bukan semata-mata hawa nafsu tapi karna ingin mengangkat derat wanita2 budak atau kasian dengan janda2 yg ditinggal mati suaminya karena perang membela islam, saya kurang stuju kalau aa gim menikah dengan gadis yg lebih kaya dan lebih cantik dari istri pertamanya. kalau emang mo memulyakan wanita nikahilah wanita2 yg ga laku, nikahilah wanita miskin, nikahilah wanita2 yatim piatu, nikahilah wanita2 cacat. kalo aa gim mo menikah dengan wanita2 tsb diatas itu baru aa gim menikah bukan karna hawa nafsu semata. nabi muhamad menikah wanita kaya itupun sampai istrinya meninggal, menikah lagi bukan karna nafsu semata tapi karna ingin mengangat derajat wanita

  73. aa gym masih mending daripada si Yahya Z. nikah dulu, baru greng, tapi aku kecewa banget, sekarang tak ada lagi yang bisa jadi teladan, Zaenudin MZ turun politik, aa gim nikah lagi, Anggota dewan cabul. pusing deh kayaya ni dunia makin deket aja ke kiamat, ya Allah selamatkanlah kami dari gemerlap dunia yang penuh dengan kesesatan ini.

    YM : aingper@yahoo.co.id

  74. Bagaimana bila ada janda muda dan mau dimadu sedangkan istri tua menyetujui, dan lagi anak2 justru senang karena ada pengasuh baru yang menambah semaraknya kehidupannya, tambah lagi antara janda muda itu terjalin persahabatan yang sangat harmonis. Apakah keadaan seperti ini tidak harus diselesaikan dengan Poligami sebagaimana ada dalam ayat Al Quran.

    Saya kira poligami tidak harus dihujat, akan tetapi sebelum melakukan poligami perlu adanya penataran atau ujian bagi para anggota poligami tersebut yaitu : Suami, Istri tua, Istri Muda dan semua anak2 secara proporsional, dihadapan sebuah majelis yang dibentu untuk itu. Dan baru setelah itu mereka diberi izin untuk melakukan pernikahan yang sah baik dari sisi agama maupun negara ( Jadi gak asal kawin ) tapi menikah yang penuh dengan dasar intelektualitas dan religius.

  75. KALO MENURUTKU MELIHAT KEJADIAN INI SESUAI LEVEL MASING2, KALO AWAM AGAMA PASTI POLIGAMI ITU MENYAKITKAN HATI TERUTAMA BAGI ISTRI TAPI KALO DILIHAT DARI LEVEL YANG UDAH NGERTI AGAMA JUSTRU INI LADANG UNTUK MENDAPAT RIDHO ALLAH SWT, MISAL:
    – ISTRI DIDORONG UNTUK LEBIH CINTA KPD ALLAH DARIPADA SUAMI
    – DENGAN BANYAKNYA MASALAH DALAM MENJALANKAN POLIGAMI INI JADI ILMU SEHINGGA MEMBUAT KELUARGA YANG MAU BELAJAR DAN AMBIL HIKMAH MAKIN DEWASA DAN ARIF, KELUARGANYA SEMAKIN MATANG
    – BELAJAR MEMPRAKTEKKAN KESABARAN BAGI SUAMI, ISTRI, ANAK2 INGAT ALLAH SWT BERSAMA ORANG YANG SABAR DAN SORGA BALASANNYA
    – KELUARGA SAKINAH DENGAN SATU ISTRI ITU BIASA KELUARGA SAMARA (SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH) DENGAN BANYAK ISTRI ITU LUAR BIASA, HEBAT EUY !!

  76. saya benar2 sangat kecewa
    selama ini aa suka sekali menasehati org2 macam orang suci
    eh rupanya sama ja seperti lelaki belang lainnya yg ga tahan nafsu duniawi…
    ga guna omongan itu smuanya..,sampah!!
    sekarang jadi bumerang bagi anda,makan tu kotbah
    selama ini d tv slalu mesra sama teh nini,perhatian
    tapi ini lah yg sebenarnya di balik smua drama itu
    anda sangat busuk
    smoga ALLAH membalas mu
    saya benci kemunafikan

  77. aa kunaon aa, tapi jangan menyerah allah masih bersama aa saya percaya aa menikah lagi bukan karena nafsu.
    saya tunggu gym fc melawan persib u23

  78. Nih masukan kita, walau telat, mudah-mudahan bermanfaat, salut untuk aa gym.

    CINTA, POLIGAMI DAN SYARIAT

    CINTA

    Cinta ternyata memiliki berbagai dimensi, tapi ada 2 yang paling utama, yaitu:
    1. Cinta Memiliki, atau bisa disebut cinta terhadap barang. Atau cinta meminta, menuntut.
    Cinta ini adalah aku cinta kamu (barang) dalam artian, saya mencintai (memiliki) kamu untuk saya seorang, tidak boleh ada yamg mengambil, artinya sekarang milik saya, Dengan kata lain lebih ke ego kepemilikan, Saya cinta kamu, saya memiliki kamu, kamu milik saya, dan saya harap kamu juga mau mengikuti apa yang saya mau (sesuai dengan kemauan saya), dengan kata lain kamu juga harus mencintai saya seperti saya mencintai kamu. Sebab bila tidak maka saya akan marah, sakit hati, karena kamu tidak berkelakuan atau membalas seperti yang saya inginkan., cinta ini akan menyebabkan yang dicintai justru merasa tidak bahagia, karena ia harus bertindak seperti apa yang dimauin sipemberi cinta (sipemilik), dan bila barang (orang) yang dicintai itu melakukan sesuatu diluar keinginan sipemilik atau pergi akan menyebabkan sesuatu yang buruk seperti marah, patah hati, sakit hati dll.

    2. Cinta secara sifat, atau bisa disebut cinta yang memberi.
    Cinta ini adalah cinta yang berusaha untuk memberi yang terbaik terhadap yang dicintai, sehingga diharapkan yang diberi akan membalas dengan memberi yang terbaik juga kepada sipemberi. Sehingga tujuan cinta ini jelas untuk membahagiakan yang dicintai tanpa pamrih dan ikhlas untuk memberikan yang terbaik terhadap yang dicintai, walaupun ia harus berkorban demi memberi kepada yang dicintainya. Dengan cinta ini orang yang dicintai tidak merasa seperti barang yang dimiliki seseorang, sehingga ia bisa melakukan hal yang ia rasa juga bisa membahagiakan sipemberi cinta tanpa merasa terikat. Dan karena pemberian itu didasarkan pada keikhlasan maka ketika sipenerima cinta berbuat sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita, atau pergi kita tidak sampai marah, patah hati, atau sakit hati, karena kita sudah biasa ikhlas dalam memberi dan tidak mengharapkan balasan yang sesuai dengan keinginan kita seperti cinta memiliki diatas, karena kita tahu kita tidak ada hak memiliki, kita hanya punya hak mencintai, karena semua adalah milik Allah SWT, bukan kita, sehingga kalau yang dicintai pergi kita tidak merasa kehilangan yang kita miliki.

    Dari kedua cinta diatas, ada satu hal atau elemen yang tidak boleh atau malah tidak bisa dikesampingkan, yakni adanya Allah SWT Karena kita memiliki agama Islam.

    Agar sebagai makhluk yang beragama kita memiliki cinta yang sempurna dan membahagiakan didunia ini kita harus mengurut pemberian cinta kita yakni, sbb:

    1. Allah SWT
    2. Orang tua
    3. Pasangan
    4. Anak
    5. Harta termasuk jabatan, kekuasan dll

    Dengan urutan seperti ini maka bila kita kehilangan semuanya kita masih tetap memiliki satu yang tetap kita cintai dan tetap mencintai kita yakni Allah SWT, sehingga kita mampu bertahan terhadap goncangan apapun karena kita tahu kita masih memiliki Allah SWT yang tetap mencintai kita.

    Cinta kita Kepada Allah SWT harus cinta yang memberi, karena bila cinta kita karena cinta memiliki maka bila Allah SWT memberikan yang tidak sesuai dengan kemauan kita, kita akan marah, sakit hati, dan mungkin patah hati dan menjauhi Allah SWT. Tapi bila kita biasa dengan cinta yang memberi tanpa pamrih dan ikhlas, maka kita akan tetap mencintai Allah SWT walaupun IA belum memenuhi keinginan maupun kemauan kita.

    Dari hal diatas ada satu hal yang bisa kita ( saya ) simpulkan secara pribadi, yakni syariat berpoligami itu juga telah kita lakukan sehari-hari, yakni kita memiliki beberapa entitas yang kita harus membagi cinta kita, yakni terhadap ke lima entitas diatas, jadi jika kita ingin bahagia, kita harus bisa membagi cinta kita dan tidak merasa disakiti bila salah satunya tidak mengikuti keinginan kita. Atau bisa juga kita harus berkorban dengan memberi terhadap salah satu dari yang diatas terhadap yang lainnya dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

    POLIGAMI

    Banyak Syariat islam yang kita ketahui, dari perbankan hingga perkawinan.
    Dari sekian banyak syariat ada satu syariat yang kita lupa atau pura-pura melupakan, karena syariat ini sering kita tutupi dengan syariat yang lain, dengan kedok menghargai maupun menghormati wanita, padahal syariat ini justru menaikkan harkat wanita bila dilakukan dengan benar oleh yang mampu. Syariat itu adalah poligami yang ditutupi oleh syariat monogami.
    Hal itu yang ingin diangkat Aa gym dengan melakukannya dan tidak hanya menyebutkannya saja. Dengan cara ini diharapkan kaum muslimin bisa sadar bahwa poligami itu adalah syariat juga dan bila ada yang mengharamkannya ataupun menentangnya maka itu artinya ia telah menentang syariat islam, atau aturan agama yang dia anut, sama dengan ia menentang aturan syariat bahwa bunga bank itu haram, dimana sayangnya saat ini banyak yang mengaku beragama islam tetapi tetap memakan bunga bank.

    Poligami juga bersumber pada adanya cinta serta berkaitan dengan cinta.
    Dilihat dari sisi wanita terlihat bahwa bila cintanya adalah cinta memiliki maka poligami jelas akan langsung membuat ia marah, kecewa, sakit hati dll, karena yang dicintai tidak melakukan apa yang harus dilakukan sesuai dengan keinginan sipemilik yang memberi cinta.

    Akan tetapi bila wanita itu memiliki cinta yang memberi, maka ia akan dengan ikhlas dan tawakal menjalaninya, karena ia sudah biasa memberi dengan ikhlas dan tanpa pamrih demi membahagiakan pasangannya, dan tidak mengharapkan apapun dari orang yang dicintainya itu, juga ia sudah biasa membagi cintanya dengan kelima entity diatas.

    Dengan cinta seperti itu ia tidak akan merasa sakit hati karena banyak yang tetap mencintainya dan yang dia cintai. Dan bila dilakukan dengan benar, dengan keikhlasan tanpa pamrih, maka pasangan jelas akan semakin lebih mencintainya karena ia merasa telah diberikan sesuatu yang sangat berharga, sehingga ia akan berusaha juga untuk memberikan sesuatu yang lebih berharga juga.

    Memang idealnya siwanita yang mencarikan atau diajak berdiskusi mengenai hal ini sehingga siwanita tahu bahwa orang lain ini, juga memiliki cinta yang juga memberi dan bukan cinta yang memiliki, tidak saja pada pasangannya tetapi juga pada siwanita, sehingga diperoleh satu lagi cinta yang juga memberi dengan ikhlas dan tanpa pamrih sehingga semakin banyak entitas yang saling mencintai dengan cinta yang memberi.
    Apalagi bila hal ini juga dikaitkan dengan agama maka akan terasa lengkap antara cinta, syariat dan kebahagiaan dari semua sisi.

    SYARIAT

    Satu hal yang tidak bisa kita lupakan adalah, kita hidup didunia yang memiliki aturan, agama yang memiliki syariat, Negara dengan undang-undangnya dan kodrat masing-masing. Salah satu yang terpenting didalam islam, wanita adalah dilahirkan dengan kodrat sebagai wanita yang dibentuk dari tulang rusuk Nabi Adam AS, dengan aturan-aturan agama islam, dan bila ia tidak setuju dengan hal itu, seperti kenapa hanya pria yang boleh berpoligami, ia jelas bukan saja tidak mengerti agama islam akan tetapi ia juga tidak bisa beragam islam, karena aturan syariat itu jelas dan tidak bisa diubah sesuka hati, seperti apakah sesuatu itu halal atau haram.
    Ia bisa memilih ia keluar dari agamanya atau ia tetap beragama islam tapi melakukan dosa setiap hari karena mengingkari dan malah menghujat sesuatu yang merupakan syariat islam hanya karena adanya emansipasi wanita hasil bentukan dunia barat setiap hari.

    Dari semua pemikiran diatas satu hal yang tak kalah penting yakni keterbukaan, termasuk didalam cinta dan poligami, karena dengan adanya keterbukaan semua mengetahui apa yang terjadi dan bisa mengantisipasinya dengan baik. Karena kalau sembunyi-sembunyi itu disebut selingkuh, dan walaupun oleh orang dengan cinta yang memberi hal itu masih bisa diatasi tapi akan menimbulkan citra negatif orang yang tidak jujur (pembohong) yang mana jelas itu adalah salah satu sifat yang dibenci Allah SWT dan orang seperti itu berhak untuk kita jauhi, karena wajib hukumnya kita menjauhkan diri kita dari yang dilarang maupun hal dan orang yang akan mempengaruhi kita terhadap yang dilarang itu..

    Kesimpulannya, bila kita ingin bahagia dalam hidup ini, pilihlah cinta yang memberi, karena cinta seperti itulah yang diinginkan Allah SWT, dan jalankanlah semua syariat agama islam tanpa dipengaruhi budaya barat, dan milikilah sifat ikhlas dan tanpa pamrih, insyaallah, kita akan bisa hidup aman, tenteram dan bahagia karena tidak terbebani oleh hawa nafsu amarah, merasa dikhianati, sakit hati dan semua penyakit hati lainnya, karena kita memandang semuanya dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Jangan kita ikuti nafsu amarah bila kita dihadapkan pada hal yang tidak sesuai dengan kemauan kita, karena hal itu hanya akan menyebabkan timbulnya penyakit hati yang menjauhkan kita dari agama dan Allah SWT. Jadi jauhilah cinta memiliki, pakailah cinta yang memberi.sehingga poligamipun akan terasa indah, wallahualam bisawab.

  79. Assalammu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
    (semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan ada selalu untuk semua rekan dan saudara seiman)

    Bismilahhirrahmanirrahim. wallahhu Alam apa rencana Allah selanjutnya untuk menunjukan kepada kita sejauh mana kita telah berbuat kesalahan, tiada manusia nya yang luput dari kesalahan melainkan baginda Rasul sajalah. Rekan dan saudaraku seiman, AA Gym menikah untuk kedua kalinya ternyata menimbulkan banyak polemik dan gunjingan antar kita yang membenarkan dan menyalahkan, saya bukan siapa siapa dan ga memihak siapa siapa hanya saja saya seorang muslim yang taklid dengan Al-qur’an dan Sunnah Rasul hanya kepada Al-qur’an dan Sunnah lah kita berpegang. jika dari sudut pandang Niat dan perbuatan, kita tidak bisa menyalahkan atau membenarkan apa yang dilakukan AA dengan menikah kedua kalinya, tetapi sebagai umat Islam mari kita kembalikan semuanya kepada Allah dan Rasulnya dengan berpegang kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah, apa yang aa lakukan tidak ada unsur kesalahan. justru dengan menghujat dan menghakimi lah kita melakukan kesalahan yang tidak langsung. jika kita benar pun tetap dosa untuk kita dan bagaimana kalo ternyata kita salah apalah mau dikata, bagaimana caranya kita meminta maaf kepada aa, sedangkan tidak akan dihisab manusia di akhirat nanti melainkan telah dilunasinya hutang piutang kepada sesama manusia dan dan meluruskan perkataan. Innalillahi melihat ini semua nyata lah bahwa kiamat sudah dekat. apa kah tidak sadar, jika kita mengaku ISLAM tetapi kenapa kita menjauhi Al-Qur’an. wallahu alam kita tinggal menunggu waktu terompet dibunyikan. karena sesungguhnya kita bukanlah termasuk orang beriman jika menjauhi Al-Qur’an dan orang yang tidak beriman akan dihadapkan baginya binasa dengan sepahit pahitnya kebinasaan. hati hati dengan penyakit hati apakah sanggup bagimu berdebat dengan ALLAH di akhirat tentang kebenaran dan halalnya polygamy, apakah sanggup lidah lidah kita menentang semua kebenaran ALLAH di hadapan-NYA apakah sanggup kita lantang mengatakan bahwa Al-Qur’an itu salah. jika tidak sanggup maka hati hati dengan segala ucapan karena setiap ucapan ada yang mencatat dengan seksama. introsfeksi diri agar mengetahui hakikat kita sebenarnya. dari mana dan mau kemana kita hidup didunia ini. ingat ingatlah bahwa kita sedang diuji, ingat ingatlah bahwa umat islam dalam keadaan lemah dan terpuruk. semoga kita tergolong sebagai ummat yang menyelamatkan agama ALLAH bukan ummat yang membawa kehancuran agama ALLAH. amin ya ALLAH ya rabbal a’lamin.

    regard
    Toni mustopa
    toni.m@te-comm.com
    http://www.te-comm.com

  80. Apakah AA ada niat buat kawin yang ketiga kali?
    Toch itu adalah sunnah Rassul!
    Sikat teruuuus AA, mumpung masih bisa, mumpung
    dompet masih tebel.

  81. Poligami sah Menurut Hukum Islam, trus apa lagi yang Mo Diributin, kita ini tidak bisa menerima kebenaran maunya bersilat lidah saja,

  82. Teman saya sudah beristri dan punya anak bercerita, lebih baik saya selinggkuh sama selingkuhan saya diam diam karena takut keluarganya hancur dari pada nikah (berpoligami). itulah potret masyarakat kita kalau yang tidak bener di tutup tutupin………
    Tapi Kalau ada yg berbuat jelas jelas jelas benar kok malah di hujat, …. pusing lihat masyarakat dan pemerintah kita ini… sampai sampai pemerintah ikut campur…. urusan agama…

  83. Assalamu’alaikum..
    Wah…. aku udah dua kali dikecewain oleh ulama besar yang pertama KH Zainudin MZ yang katanya milik umat tidak mau masuk dalam salah satu golongan dan hanya memberi ceramah agama sesuai yang diajarkan Rasul. Tetapi begitu semaraknya demokrasi dibuka kerannya oleh presiden waktu itu Habibi, orang berlomba-lomba berpollitik ria dengan banyaknya muncul partai baru, tokoh karbitan bermunculan dan Zainuddin terbawa arus ikut dalam berpolitik ria dengan membentuk suatu partai, nah dari situ masyarakat mulai meninggalkannya.
    Dan berikutnya Aa Gym yang memulai dakwahnya dengan metode “Manajemen Qalbu” mulai disuka masyarakat, sebab dengan kondisi masyarakat yang susah dapat disirami dengan pengajian tersebut, sehingga Aa Gym menjadi publik figur, menjadikan panutan umat. Tapi sekarang masyarakat mulai bertanya-tanya dengan kejadian dia berpoligami. Banyak kata-kata miring dengan kejadian ini sehingga menimbulkan pergunjingan, dan masyarakatpun mulai meragukan moralnya, memang dalam ajaran Islam berpoligami itu diperbolehkan dengan beberapa persyaratan. Sebagai dai besar atau dia telah menjadi publik figur perbuatannya itu harus dipertimbangkan atas dasar statusnya itu, bukan bukan berdasarkan kebutuhan pribadinya (hawa nafsunya dan egoisnya) atau alasan lainnya, dan INGAT, YANG MEMBUAT LAKI-LAKI MENJADI TERPUJI DAN TERHINA ADA 3 (TIGA) HAL:
    1. HARTA
    2. TAHTA
    3. WANITA

    KESIMPULAN
    Yang membuat dua ulama (belum bisa dibuktikan keulamaanya) menjadi sorotan (terhina) Zainuddin MZ karena TAHTA dan Aa Gyn karena WANITA.
    Oke sekian dulu, saya bukannya menghina tetapi inilah perasaan kecewa saya.

    Wassalam….

    Yohanes

  84. terima kasih La tivi telah memahami kecemasan para orang tua, untuk penghentian tayang smack down yang tidak mendidik. Smack down hanya menciptakan preman-preman kecil, membuat embrio kekerasan anak kelak kalau sudah dewasa.

  85. Sukanya ada, Gak sukanya ada

    Saya sebelnya karna gosipnya aa sudah 5 tahun kenal dan menjalin hubungan sama tuh cewek, berarti pacaran donk (meskipun bahasanya diperhalus)
    Itu tuh berarti nyakitin isti tuanya khan selingkuh hati paling tidak.
    Kayaknya semua kemesraan rumah tangga yang ditunjukkin omong kosong doang. Bener2 gak jaga perasaan istrinya.

    Emang aa gak tau apa kalo kalo syarat mau nikah lagi itu banyak…

    Tapi ya biarlah tuhan yang membalas, dia lebih tau segalanya.

  86. ass…
    saya adalah anak sekolah SMa,Aa gym serta teh nini adalah sumber inspirasi saya!berkat ceramah aa saya jadi bersemangat,rasa iri pada teman pun bisa saya atasi.Aa dalam hati saya ada sedikit kesedihan mendengar dan melihat berita tersebut,namun saya sadar aa juga hanyalah manusia biasa!walau Teh Nini mengikhlaskan namun hendaknya Aa bersikap adil!knapa kita pesimis sbg manusia?ada yg mengatakan yg adil hanyalah Allah,namun bukankah di AlQuran juga dikatakan manusia harus bersikap adil?jadi knapa tidak?walau saya sempat bingung mengapa aa memilih untuk poligami!padahal istri kedua ckup cantik dan berpenghasilan!namun alasan ini semua hanyalah aa,teh nini dan Allah yang tahu!
    untuk teh Nini,insyAllah surga menjadi tempat anda kelak!

    • Alhamdulillah… redha kehendakNya. Allah Maha Mengetahui, ada hikmah disebalik kejadian ini.. Semoga Teh Nini sabar. Segala kesabaran akan terbalas jua.. InsyAllah. Amiinn!

  87. assalamualaikum wr.wb,
    baru pertama buka blog ini aku jadi sewot nih dengerin komentar komentar miring tentang AA Gym. Kenapa sih harus berburuk sangka dengan apa yang dilakukan AA? Aku dulu penggemar AA, dan setelah tau dia menikah lagi pun, tidak menghalangi aku untuk menggemari ceramahnya. Kalo aku secara pribadi berpikir, sudah dinyatakan dengan jelas bahwa islam itu memperbolehkan poligami, kenapa pada sewot dengan AA yang melakukan poligami???? selama AA melakukannya dengan aturan yang dibenarkan oleh Islam, so what gitu lho!!!
    Ada juga yang menyangka AA hanya melakukan poligami karena tuntutan nafsu birahi….. astagfirullah… siapa sih yang tahu apa yang ada dalam hati seseorang, kok main tuduh sembarangan seperti itu. Aku pikir AA punya alasan tertentu yang bisa beliau pertanggungjawabkan nanti dihadapan Allah mengapa dia memilih untuk melakukan poligami. Dan KALAUPUN ternyata memang ada salah satu unsur yang mendorong AA untuk berpoligami itu karena alasan “sexual” kenapa yang lain marah??? Aku pikir lebih baik menikah daripada hidup bebas “sex bebas” yang nyata nyata dosa besar……….
    Janganlah berburuk sangka, sebab orang yang selalu berburuk sangka membuat hatinya tidak tenteram.

  88. Aa….. Aa….. sangat mengecewakan sekali….
    Saya…, wanita….., istri….., ibu dua orang anak…..,
    saya dapat merasakan perasaan teh nini yang paling dalam…. Mana ada di dunia manapun seorang wanita mau di Madu…. coba aja tanyakan pada Teh Rini…. Bohong !!! kalau saat menjadi istri pertama tidak pernah cemburu pada suaminya, memperbolehkan suaminya kawin lagi……
    Laki-laki…. hanya nafsu saja yang digunakan….. Mana ada laki-laki yang tidak bernafsu melihat seorang perempuan yang putih, cantik dan sexy……
    Padahal kalau kita balikkan lagi jika seorang wanita yang sudah menikah memliki seorang teman dekat laki-laki…. pasti laki-laki (suaminya) itu akan marah…, cemburu atau bahkan akan mengancam menceraikan….!!!! Bohong kalau bilang tidak…. berarti…. di dalam keluarga itu tidak ada cinta…, & kasih sayang.

  89. Pada tanggal 9 Desember 2006, Aa menghadiri resepsi pernikahan di Bandung. ternyata yang dibawa hany Teh Ninih….. kemana Teh Rini…… berarti itu sudah dapat dikatakan Aa…, TIDAK ADIL……!!!!!!

  90. saya lelaki yang punya istri lebih dari satu
    saya lelaki yang merasa mampu memberi keadilan
    saya lelaki yang ikut dan patuh pada ajaran rosul untk poligami
    saya juga senang bisa berada di atas tubuh wanita-wanita cantik setiap saat saya ingin dan kapanpun karena mereka istri-istri saya.
    tetapi itu semua… DULU
    sekarang saya hanya punya satu istri
    sekarang saya telah sanggup memanjemen syahwat saya
    saya bukan elalki munafik bahwa poligami memang nikmat dan enak tapi itu menambah dosa buat saya karena dihati kecil istri2 saya mereka merasa disakiti, mereka di kuasai persaan iri dan dengki. saya tidak mau itu terjadi dan membuat saya terjerumus dosa yang lebih dalam. akhirnya saya ceraikanmereka tapi saya tetap nafkahi mereka. karena saya sudah mampu memanjemen syahwat saya.
    untuk aa gym.. anda hanya masi dalam taraf MANJEMEN KALBU tapi manjemen SYAHWAT anda masih NOL BESAR… SECARA TIDAK LANGSUNG aa GYM ADALAH LELKI BERNAFSY BESAR DAN BERSEMBUNYI DALAM SUBAH RASUL. aa gym juga secara tidak langsung telah mensahkan SELINGKUH DAN ZINA tapi dalam konotasi yang lebih halus. SAYA SEBAGAI LELAKI MENGANGGAP AA GYM sebagai ORANG YANG MUNAFIK.

  91. Untuk semua,

    Jangan pernah mendustakan ayat Al-Qur’an walau satu ayat, termasuk ayat tentang polygami QS An-Nisa :3, sekali saja mendustakan berarti telah keluar dari Islam dan KAFIR.

    Untuk yang berburuk sangka, menghujat, menghina, mencemooh, mendiskreditkan Aa Gym, semoga anda semua siap mempertanggungjawabkannya dihadapan Allah SWT yang Maha Keras siksa-Nya, dan Maha menyiksa dengan siksaan pedih yang belum pernah dilakukan satu umat manusiapun didunia ini.

    Tetap istiqomah Aa Gym, cukuplahlah Allah sebagai penolongmu…Semoga Aa beserta keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.Amin

  92. Mosok POLIGAMI dibandingkan dengan PERSELINGKUHAN (kayak Eva dan Yahya Z) atau SEX BEBAS.
    Ya jelas akan kelihatan lebih baik polygami dong karena sudah dibungkus dengan urat.. eh surat.
    Kalau mau bandingin itu dengan bentuk kehidupan keluarga/perkawinan yang lainnya misalkan dengan keluarga yang SAKINAH.
    Polygami awalnya telah terjadi kebohongan (bahkan perselingkuhan) oleh sang suami dan terus menerus akan terjadi penderitaan bathin istri pertama, serta ketidak adilan dalam keluarga baik terhadap para istri maupun para anak karena tidak ada satupun manusia di bumi yg bisa berbuat adil.
    Jadi poligami bukan sebuah keluarga yang sakinah.
    Poligami lebih banyak mengejar kenikmatan dunia daripada urusan akherat.

  93. ass.SAYA TDK MW BERKOMENTAR BANYAK.SAYA HANYA INGIN MENYARANKAN,PROKONTRA BOLEH SAJA HANYA JANGAN SAMPAI ANDA MENCELA-CELA SAMPAI MENGATA-NGATAI AA.KITA JUGA SBG UMAT ISLAM JGN SMP TERPECAH-PECAH HANYA KARNA MASALAH KECL/BSR.INGAT MUSLIM/AH HARUS BERSATU UNTUK MELAWAN ARUS GLOBALISASI YG MENGANCAM KITA…G USAH NGURUSI MASALAH RUMAH TANGGA ORG LAIN URUS MSLH ANDA SENDIRI..APA YG D LAKUKAN AA PASTI SUDAH D PIKIR MATANG2,BUKTINYA TEH NINIH G MINTA CERAI DARI AA KAN?

  94. buat AA Gym saya hanya kecewa bahwa agama Islam dibawa2 untuk menghalalkan nafsu syahwat anda….kalo bener ngikutin sunah nabi…..nikahilah janda2 korban bencana di indonesia…..jangan pilih2 janda cantik dong…ente bisa aja….satu kata….MUNAFIK..

  95. Wah seru banget ya komentar orang-orang….heiii wake up dong everybody… masih ada banyak masalah di dunia ini selain masalah ini….. perasaan tukang sapu di kantorku istrinya dua gakada yang ribut… cuma dia sendiri karena kebingungan gimana ngasih makan dua istrinya n anak2nya…
    So… udahan yuuk ngebahas ini mendingan yang laen. Kan every monkey has their own business hihihi…..

  96. Aa Gym, saya tak kaget ketika mendengar gosip anda kawin lagi. Saya kecut ketika anda mengakuinya. Saya muak mendengar alasan anda bahwa perkawinan kedua itu untuk menghindari zina. Daripada teman tapi mesum, katamu. Astaga. Sudah sebegitu mesumkah anda jika berteman dengan perempuan?

    Beristri lebih dari satu tentu tidak dilarang, seperti kau sebut-sebut kepada banyak wartawan. Agama Islam membolehkan dengan syarat yang ketat. Anda tentu merasa bisa memenuhi syarat itu sehingga memutuskan berpoligami, tiga bulan lalu. Tapi guru-guru ngaji saya di dusun, yang tentu tak sepopuler anda, menceritakan bukan dengan alasan takut zina Rasulullah menikahi perempuan lebih dari dua. Rasulullah menikahi perempuan yang suaminya gugur di medan perang dalam menyebarkan ajaran Islam. Ia hidup di zaman perang yang mengancam nyawa dan keselamatan. Lagipula dia berpoligami setelah Siti Khadijah, istri pertamanya, meninggal. Yang saya tahu, begitulah alasan Nabi memperistri banyak perempuan. Anda hidup di Indonesia yang mulai damai. Bahkan anda hidup di Bandung, sebuah kota yang menjadi tujuan wisata akhir pekan. Yang jadi soal adalah bukan dilarang atau tidaknya poligami oleh ajaran agama. Tindakan anda legal di mata hukum apapun. Tapi tidak di mata “hukum” sosial. Anda seorang ustad yang tiap hari berkotbah tentang nilai-nilai moral di televisi, di masjid, menulis di koran, radio, bahkan lewat telepon seluler. Anda merangsek begitu jauh ke dalam hidup setiap orang. Banyak orang, dengan begitu, menjadikan anda sebagai panutan. Inilah soalnya. Anda mungkin cuma manusia biasa yang bisa salah. Tentu saja. Anda bukan nabi. Tapi perbuatan anda itu sudah dipikirkan benar bahkan sejak lima tahun lalu. Anda tentu sadar sepenuhnya melakukan poligami. Ada banyak orang, memang, yang juga tak puas dengan satu istri. Tapi mereka tak saya kenal. Mereka tak berkotbah tentang nilai-nilai luhur dan amal soleh.

    Dulu, saya pernah juga ikut latah menjadi pelanggan SMS tausyiahmu. Lima kali dalam sehari saya membaca omong kosong tentang kebajikan, sampai saya menghentikannya ketika profil anda dimuat berseri-seri di media massa. Saya berhenti setelah membaca laporan wartawan /Time/ yang menyebut anda Holyman, orang suci, yang berpose dengan motor gede dan gantole. Ganteng benar anda dengan semua kemewahan itu. Nabi Muhammad, orang yang paling anda kagumi dan kisah bajiknya sering kaukutip dalam ceramahmu, hanya punya sandal dari jerami yang ia jahit sendiri jika sobek.

    Anda tak salah menikmati semua kerja dengan kekayaan itu. Tapi menjadi tak relevan ketika dipamer-pamerkan untuk semua orang. Bukankah memamerkan itu satu perbuatan kecil dari riya? Maka saya berhenti berlangganan tausyiahmu. Saya merasa tak ada gunanya membaca pesan moral dari orang yang suka berpamer-pamer harta. Sesekali saya masih ikut menonton kotbahmu di televisi, bersama anak dan istri saya–ketika tak punya pilihan acara televisi saat libur–seraya berdoa semoga orang lain mengikuti apa yang kau anjurkan. Di televisi, anda berpose mesra dengan istri pertama. Saya kian muak dengan sandiwara itu.

    Istri anda mungkin sudah bisa ikhlas setelah mendengar semua argumen anda dengan tameng semua ayat dan hadits juga janji sorga. Tapi, bagaimana perasaan orang lain yang menjadi korban poligami ayah dan suami mereka? Inikah hikmah yang ingin kaudapat? Anda harusnya tahu, dengan pro-kontra yang beredar di jamaahmu yang sedih dan kecewa di Bandung itu saja, hikmah itu sudah pupus. Anda ingin belajar adil dan ikhlas dengan poligami. Tak adakah cara lain belajar tentang dua hal itu dan menunjukkannya kepada orang lain? Anda ingin mengubah pandangan orang yang tak setuju. Tak bolehkah orang tak setuju? Poligami adalah pilihan, bukan tuntunan.

    Keputusan anda berpoligami itu, Aa Gym, makin menyempurnakan runtuhnya kepercayaan saya kepada semua pengkotbah agama. Saya kian tak percaya apa yang diomongkan para pengkotbah yang merampas hak saya menikmati tontonan bagus di televisi. Menjadi ulama itu sulit, tapi kenapa begitu mudah orang berkotbah hanya dengan mengutip satu dua ayat plus lawakan yang sering terasa garing, lalu menjadi kaya dengan itu. Saya lebih senang menonton pertunjukan Oprah Winfrey, atau Extravaganza, atau Srimulat. Mereka tak berusaha memberi pesan muluk, tapi saya terhibur. Kita sudah jenuh dengan retorika. Anda tampil menambahnya, seolah-olah memberi resep dalam hidup sehari-hari yang sumpek. Saya terkesima, mula-mula. Kotbahmu mengena. Anda, sepertinya, tak mencari kekayaan bermodal pengetahuan ayat dan hadist. Anda sudah kaya sebelum jadi ustad, meskipun saya tak tahu berapa rupiah anda dibayar satu kali tampil di mimbar.

    Anda benar, tak mudah memang menjalankan 3M yang sering anda ulang-ulang: mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai sekarang juga. Saya pernah mencoba dan tak bisa. Kini anda sendiri gagal menjalankannya. Anda tak bisa memulai dari diri sendiri karena anda sendiri tak menganjurkan orang lain berpoligami. Anda juga lupa bahwa kesenangan duniawi kerap mengerangkeng akal sehat dan menyilapkan ingatan terhadap zaman hidup susah, ketika nasib ada di bawah, seperti katamu.

    Aa Gym, seperti katamu lagi, memang gampang merumuskan sebuah kebajikan tapi berat menjalankannya. Anda bukti paling sempurna untuk itu. Anda sering menganjurkan agar jangan menyakiti orang lain, jika tak ingin disakiti orang lain. Ketika anda meminta izin menikah lagi, istri anda terguncang dan meriang. Anak-anak marah dan kecewa. Perempuan mana sih yang mau cinta suaminya terbagi-bagi? Tindakan anda makin mengukuhkan kesimpulan para pengkritik Nabi Muhammad yang dituding menyebarkan ajaran tak memberi tempat pada perasaan perempuan. Tindakan anda itu mengguncang saya sebagai ayah dan suami. Saya khawatir anak saya mencerna salah tindakan anda itu.

    O, ya, saya juga dipanggil Aa di rumah. Dua adik saya memanggil begitu, istri saya mengikuti. Ketenaran anda ikut mempopulerkan panggilan khas di keluarga-keluarga orang Sunda. Saya malu menyandang panggilan itu kini. Saya doakan semoga berat badan anda pulih dan tak berjerawat lagi.

  97. Pro-kontra soal Gymnastiar menikah lagi tidak akan pernah selesai. Sebabnya, baik yang pro mau pun yang kontra, semua bersandar pada Kitab Suci Umat Islam, Al Quran, Surat An-nisa, Ayat-3.
    Bagi yang pro poligami alasannya : Laki2 boleh mempunyai istri sampai 4. Dengan syarat bisa berlaku adil.
    Bagi yang kontra poligami alasannya : Berlaku adil adalah hal yang hampir mustahil.
    Jadi inti permasalahannya adalah bagaimana mendifinisikan berlaku adil sehingga bisa berlaku universal, sehingga baik yang pro mau pun yang kontra bisa menerima. Dan itu bukan perkara mudah.
    Dengan kasus poligami Gymnastiar ini, umat Islam di Indonesia sangat dirugikan, sebab selain menjadi polemik, masyarakat Islam Indonesia yang selama ini mengidolakan Gymnastiar, sebagian besar mulai menjauh. Itu adalah konsekwensi seorang panutan. Dia akan dituntut bersikap dan bertindak hampir2 tanpa cela.
    Amerika adalah negara yang kehidupan sex masyarakatnya jauh lebih bebas dibanding Indonesia. Tapi ketika Presiden Clinton terjerat kasus sex bersama Monica Lewinsky, sontak rakyat Amerika beramai-ramai menguhujat Clinton.
    Apalagi Gymnastiar yang dikenal sebagai penceramah Agama Islam di Negara yang secara formal sangat religius seperti Indonesia (sebab Ketuhanan Yang Maha Esa ditempatkan No.1 dalam Idiologi Pancasila).
    Untuk itu saya punya “saran gila tapi tidak ngawur” kepada Alfarini (Istri kedua Gym) untuk meminta cerai secara baik2 kepada Gym, demi tegak kokohnya kembali syiar Islam yang dilakukan Gymnastiar yang mulai dijauhi sebagian pengagumnya.
    Seandainya Rini mau melakukan hal ini, dia akan ditulis dalam catatan tinta emas sebagai seorang muslimah yang mau berkorban demi tegaknya kembali syiar Islam.
    Saya percaya, sebagai muslimah yang baik, Rini yang cantik, cerdas, dan soleh. meskipun berpredikat janda dengan 3 orang anak, tidak akan kesulitan untuk menemukan pemuda soleh yang mau menjadi suami dan menyayangi dia dan anak2nya.
    Ya, Allah SWT……… berikan kemudahan bagi hamba2mu agar polemik ini segera berakhir. Amien…………..

  98. ass.aq mw komentar ma MAHAVEER.KM KOQ GITU SIH,EMANG MENDOAKAN ORG LAEN TU JELEK?!,BENER SIH QT MENDOAKN ORTU MSNG2,TP APA SALAH KALO DOAIN ORG LAIN.KM G PERNAH DI AJARIN TINGKAH LAKU SESUAI DG AGAMAKAH? KM TU YG ADA2 AJA. AQ DOAKN MG KM SELALU D BERI PETUNJUK DAN HIDAYAH OLEH ALLAH SWT(KLO KM IMUSLIM)AMIIIIIN.BWT NANA N ADHE U’RE SO SWEET

  99. Manusia adalah makhluk yg memiliki akal
    Akal ada sebagai bukti kasih sayang Allah kpd manusia
    Supaya manusia dapat membenarkan akan ada-Nya
    Supaya manusia dapat membenarkan akan kebesaran-Nya
    Supaya manusia dapat membenarkan akan keagungan-Nya
    Pada akhirnya tunduk pada perintah&larangan-Nya

    Manusia adalah makhluk yg tidak sempurna
    sering melakukan kesalahan
    sering melakukan kekhilafan
    Ketidakberimanan membuatnya lupa pd sang pencipta
    Ketidakberimanan membuatnya ingkar pd sang pencipta

    akal digunakan mencipta hal2 yg terlarang
    digunakan utk menghancurkan kebaikan
    digunakan utk melakukan segalanya!!
    bahkan menciptakan Tuhan!!!

    bersedihlah manusia2 ini,Allah menjajikan neraka jahanam pada mereka!

    Allah mengutus Nabi Muhammad sebagai pembawa kebenaran
    Allah menurunkan Al Qur’an sebagai petunjuk kebenaran
    Manusia diciptakan dg akal supaya dapat memilih yg benar&yg salah
    berdasarkan pada Al Qur’an & sunnah Rosul

    Namun Ketidakberimanan menjadikan manusia sepihak
    Akal Mengaburkan yg benar&yg salah
    Akal memilih yg benar maupun yg salah
    Yang benar dibenarkan,yg salah pun dibenarkan,yg benar disalahkan
    Al Qur’an & sunnah rosul dirubah2,diartikan sesuai dg keinginan akal
    hal2 yg sesuai dg akal digunakan tetapi hal2 yg bertentangan dg akal dilanggar,bahkan dirubah supaya sesuai dg akal.

    Ya Allah lindungilah akal kami dari hal2 yg sepeti ini
    Semoga Engkau selalu menunjukkan jalan yg lurus&benar kepada kami
    Agar kami dapat selamat dunia & akherat

    Saya tidak rela bila poligami dilarang…
    bukan karena saya penganut aliran poligami. Bukan karena saya ingin punya banyak istri. Tapi karena saya sangat nggak ikhlas bila ada manusia yg ingin merubah2 Al Qur”an & sunnah rosul!!!
    Sunnah Rosul kok dilarang!!!orang yg ingin mengikutin sunnah Rosul kok dicegah!!!Orang yg mengikuti sunnah Rosul kok dibilang jelek!!!La kita ini umat islam apa umat nasrani?jangan2 umat yahudi?Tapi kok pada sholat????Benar kata Rosul….Dunia sebentar lagi akan kiamat!

    Kepada Aa Gym,semoga Allah selalu bersama kita,selalu melindungi kita,selalu menunjukkan jalan yg lurus&benar,supaya kita selamat dunia & akherat.

    Untuk teh nene ikhas-kan segala urusan dunia kepada Allah, segala hal yg terjadi Allah punya maksud & Allah punya tujuan yg pasti baik utk umat-Nya. Mungkin saat ini kita tidak tahu & tidak mengerti,karena kita masih buta. Tapi suatu saat pasti kita akan menemukan bahwa maksud & tujuan Allah adalah hal terbaik yg kita jalani. Karena Allah adalah Maha Segalanya.

  100. Selamat malam dunia
    Kutinggalkan kau malam ini
    penuh luka & berlumur dosa
    Meski tak semua

    Ingin ku menolong dirimu
    lepaskan laramu
    hilangkan marahmu
    nyanyikan kedamaian

    meski Tuhan-pun tau
    aku membencimu
    bosan denganmu
    yg lenyapkan asa-ku

    apa daya aku tak sempurna
    aku hanya biasa
    tak bisa kumemberi lebih
    hanya upaya & doa
    yg tdklah seberapa

    Grogol (1.12 14-12-2006)

  101. Surabaya 14 Desember 2006
    Kepada,
    Yth. Kh. Abdullah Gymnastir
    di
    Kediaman
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bapak AA Gym yang terhormat, anda adalah salah satu tokoh atau Mubaligh yang sangat kami hormati, sebagai orang muslim yang baik dan sebagai orang yang `Arif dalam hal agama tentunya anda telah mempertimbangkan segala sesuatu akan apa yang anda lakukan dan anda rencanakan. dalam masalah ini saya ingin menyakan karena Allah kepada anda secara pribadi , APAKAH SEMUA YANG DIBERITAKAN DALAM MEDIA ITU BENAR?
    jika jawaban anda adalah benar maka tolong berikan jawaban anda beserta referensi dari dalil-dalil shahih bukharei muslim tentang hal poligami. jika jawaban anda tidak maka anda adalah orang yang beruntung karena anda termasuk hamba yang dicintai oleh Allah SWT.
    Wassalamualaikum.Wr.Wb
    Hormat saya,

    Hairul Fuad

  102. Persoalannya bukan masalah poligaminya tetapi selama ini di unggulkan menjadi panutan di tengah Ummat berani mengatakan benar bila benar dan salah bila salah tapi ternyanta ucapan belum sesuai dengan tindakan dan perbuatan jadi ulama tidaklah pantas di jadikan contoh sebagai juru selamat ada tonji bohongnya adatonji munafiknya jadi siapa lagi yang mau di jadikan contoh saat ini karena semuaanya pendusta pembohong kita jalan sendiri-sendiri ajalah di makassar hampir semua kiyai cuma satu istrinya entalah kalau kiyainya moderen karena kebanyakan sekarang bersembunyi di balik nama tapi kenyataannya itu adalagi namanya Ust.Nur Kahar katnya dari Ternate eeeh taunya juga sudah poligami di jawa baru nabawa pulang kampung secara diam-diam jadi siapa itu yng kasih nikahi dia tonji kapang karena nataumi semua ayat2 na kasisambung-sambung Rendah mantongi hargadirinya orang jawa sedikiut selingkuh sedikit serong apamintu karaeng tenggelammako dee tanah jawa sesuai dengan Secasjarh mitos bahwa suatu saat jawa akn teggelam dan terbagi 2 karena sudah banyak panutan jadio pembohong sory naaa Aa.Gym dll.

  103. Dgn hormat,

    Saya kagum sekali dengan kehebatan kontol Bpk AA Gym berbagi dengan dua wanita. Kalau bisa tambah wanita terus dan lakukan sosialisasi bahwa memasukkan kontol ke memek banyak wanita ok2 aja. Tingkatkan terus kehebatan Bpk.

  104. hati hati bicara…..

    wong aa gim dan keluarganya bahagia bahagia aja yang lain banyak yang sewot ngomong kayak bahasa binatang

    yang rugi kalian… ang dosa kalian….

    mana coba yang bego
    orang yang bahagia eeh yang caci maki dapat dosa

  105. Ya Allah ya Tuhanku yang maha pemberi ampunan, berilah kami ampunan seluas-luasnya atas mulut-mulut kami yang kotor, menghujat dan menghina saudara kami yang lain.
    Ya Allah ya Tuhanku yang maha mengetahui, berilah kami pengetahuan agar kami tidak berprasangka dan berburuk sangka atas kejadian yang terjadi.
    Ya Allah ya Tuhanku yang maha mendengar, dengarkanlah saudara-saudara kami yang teraniaya.
    Ya Allah yang Tuhanku, bimbinglah kami ke jalan sunnah rasulMU.
    Amin.

  106. maaf sebelumnya karna sy hanya ingin menanyakan bahwa bagaimana dengan tentang kabar yang tersiar bahwa Aa Gym nikah lagi…

    saya hanya bisa mengucapkan selamat…semoga bisa menjadi keluarga yang SAKINAH,,MAWADDAH,,WARAHMAH…

    amien…..

  107. Saya amat kagum pd AA Gim,,,,,,,,
    Sebagai dai yg udah terkenal berani mengambil kputusan yg bgitu besar.
    mungkin semua orang akan mengira AA Gim menikah-
    lgi berdasarkan nafsu,,,,,,,,,,,,,,
    tapi menurut saya tidak begitu,
    Semua itu adalah kehendakNya yg akan membawa
    hikmah dlm perjuangan AA, karena pada dasarnya manusia itu kan tidak berwujud, karena,,,,,
    sifat Wujud,Terdahulu,Kekal,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    itu kan hanya milikNya……….

  108. kutip dari gesti:
    Aa Gym, memang di dalam Islam laki laki diijinkan beristri sampai 4 orang, dengan catatan laki-lakinya sanggup bersikap adil. Anda seorang ahli agama. Harusnya anda lebih mengerti daripada kami orang awam. Bukankah anda sangat memahami, bahwa adil yang dimaksud di dalam Al Quran tidak hanya dari segi materi. Tapi anda juga harus adil membagi cinta, kasih saying dan perasaan anda.

    —————————————
    @ gesti, justru itulah tanda Beliau lebih tahu tentang agama ini dari pada kita yang awam. Belau tahu kalau syarat adil itu hanya pada hal2 yang bersifat materi. karna mustahil sekali kita bersikap adil dalam hal2 yg bersifat immateri. dan ketika kita berusaha seperti itu -adil dalam hal immateri-, akhirnya kita terjatuh kedalam memberat2kan diri sendiri. Raulullah pun memohon kepada Allah agar diampuni dari hal2 yang beliau tidak mampu, termasuk masalah perasaan dan cinta.

    so, sebagai umta Islam, seharusnya terlebih dahulu kita menyakini, bahwa apa2 yang diperbolehkan atau Allah larang itu pasti ada hikmah dibalik itu. karna Allah yang menciptakan kita lah yang tentunya lebih tahu maslahat/yang terbaik buat hamba2Nya.

    kuncinya iman didada :), jika itu sudah ada maka kita akan mudah menjalakna apa yang DIperintahNya dan apa yang diLarangNa. :)

    memang, secara sekilas poligami itu terkesan menyakiti perasaan wanita, tapi sebenarnya, menyenangkan wanita juga loh. akhirnya banyak wanita yang bisa merasakan kasihsayang, perlindungan, dukungan, cinta dsb dari seorang suami :) — yang mungkint andinya harapan utk menikah aja ga ada, bisa karna prawan tua lah, janda lah dsb—-.

    dan jangan kuatir, ada konsekwensi berat kok bagi seorang suami yang berpoligami ketika dia tidak bisa bersikap adil terhadap istri2nya.

    wassalaamu’alaikum… semoga bermanfaat

  109. sayamah, tdk mau ikut2tan menghina orng takut dosa ! yang penting komentar saya! saya sangat menghargai bila ada orang yang mau menjalankan perintah Alloh !

  110. aA….mau kawin lagi kek…!
    ……mau zina kek!
    ……mau selingkuh kek!
    ……mau homo kek!
    ……mau poligami kek!
    ……kena aids kek!
    ……sakit kelamin kek!
    ……jadi kakek kek!
    ……tekek…kekkk??????????
    ngomong? aA bukan idola gue… kalau mau cari idola mending sama ulama/kyiai yg miskin di jamin tak aneh2 kelakuanya , soalnya makin miskin hidupnya makin banyak ibadahnya tahan nafsu dan mementingkan hari ahkirat.seperti ustad ditempat gue…udah miskin ditingal istri duluan , pokoknya kasihan!!!!sekarang sudah tua renta ,anehnya ada bau wangi keluar dari keringatnya walau tanpa minyak wangi,mungkin karna ibadah2nya selama ini.

  111. DUKUNG AA’
    hehe…. kok aa gym yang dipusingin.
    kenapa bukan YAHYA ZAINI ya….
    wah emang udah BLUNDER nih generasi Indonesia.

    PEZINA DIANGGAP WAJAR.
    yang boleh dianggap DZALIM.
    mana yang bener tuh

  112. yahya zaini dulunya juga nikah siri sama m.e hallal dari segi zina, poligami juga? poligami yg tanpa setahu istri;
    bukankah aA awalnya gitu…ketahuan media baru geger deh dan buka mulut.
    mereka kebanyakan poligami buat kedok untuk selingkuh,intinya sama mau sek dari lain wanita,kok…pakai agama dibawa-bawa.
    itulah akibatnya nikah liar poligami yg dibenci kita2.kok…banyak orang percaya mulut amber pelacur m.e dia suka mereka-membalikkan fakta.

  113. oooooo…jadi sama2 poligami intinya.
    kok…dibilang selingkuh sih?ama orang.
    apa gara2 gambarnya sudah terlancur beredar jadi tak punya pembelaan jadilah;;;;orang cap selingkuh?
    dipikir-pikir dia juga hallal dong?dan sah dalam hukum agama.
    jadi yz vs m.e bukanya selingkuh tapi termasuk poligami juga…macam aA GYM punya istri simpenan .

  114. yg mesum rekaman gambarnya sembarang diedarkan!!!
    tapi hubungan badan mereka juga ikut sunah nabi alias lagi ibadah!!!
    enaknya….ibadah gauli istri muda.
    coba kalau aA gambar hotnya sama rini beredar mungkin dikira seligkuh padahal mereka sudah nikah siri alias sah dalam hukum agama ,hallal.
    macam kasus yz,me orang tak tahuanya seligkuh padahal mereka sama2 ikut sunah rosul.

  115. Kok soal poligami yg disalahin selalu lelaki seh? Poligami terjadi karena cewe juga khan, salah sendiri ada cewe yang mau jadi istri kedua, ketiga, keempat. Bahkan kalo Islam mengijinkan lelaki punya istri sampe sepuluh, pasti ada aja cewe yg mau jadi istri ke-10!

    Toh Islam tidak mewajibkan poligami, juga tidak mengharuskan istri tua mau dipoligami. Kalo gak ikhlas, halal hukumnya untuk minta cerai, seperti kasus Dewi Yull. Perempuan yg merengek-rengek minta dilindungi hukum agar gak dimadu, itu mah perempuan cengeng. Kalo sudah dicampakkan suami, yaaa jangan merengek-rengek! Jadi cewe musti punya HARGA DIRI dong!

    Dan perempuan2 muda yg cantik dan semok kyk si Alfarini Eridani ini, harusnya punya hati nurani. Udah jelas si Teh Ninih bilang klenger, hampir pingsan, musti istighfar berjkali-kali, kok yaa si Rini lanjut aja, pake bawa-bawa Allah lagi, malu2in Islam aja, dasar kegatelan, udah 2 tahun gak di*ntotin cowo. Kyk gak ada cowo single aja.

    Cewek2 jangan protes kyk gini; kalo lelaki dipoliandri gimana, mau gak? Ya enggaklah, laki2 tidak akan mau dimadu dan tidak akan mau jadi lelaki kedua, apalagi jadi lelaki ketiga, keempat, amit2!

    Sementara perempuan kok yaa mau aja. Poligami itu sepenuhnya urusan perempuan, karena kalo perempuan gak mau jadi istri kedua, ketiga, keempat, toh tidak akan terjadi poligami, dan Hukum Islam juga tidak membenarkan pemaksaan bagi wanita yg tidak ikhlas berbagi. Hukum Islam sudah SANGAT melindungi cewe, gak usah diutak-atik lagi.

    Adanya poligami sepenuhnya urusan perempuan, tawar-menawar antar perempuan. Kalo ada perempuan mata duitan dan bersedia jadi istri keempat pengusaha kaya, masak lelaki yg salah? Cewe matre ke laut aja!!!

  116. Masalah si AA Gym nikah lagi kok dianggap negatip,padahal sudah pada aturan yang benar, tetapi masalah pejabat yang punya istri angkatnya dimana-mana jempe aja, adem ayem, dasar…… para pemegang kebijakan teh sungguh tidak bijak……., lama-lama akan ada undang-undang yang mesyahkan perselinkuhan… euy!!!!

  117. Ass…!!
    saya ingin mengomentari soal poligami.
    Demi Alloh…suatu apapun yang datangnya dari ayat-ayat Alloh SWT (Al Qur’an), kita harus meyakininya sepenuh hati. Jika tidak, berarti kita patut menanyakan kembali akan keyakinan kita kepada Alloh. perkara kita bisa melaksanakan poligami atau tidak poligami itu nomor sekian, yang penting kita yakin akan ayat suruhan itu yang memang ada dalam Al Qur’an. Maka jika kita menghina akan adanya poligami, berarti sama dengan kita menghina Alloh SWT & Nabi Muhammad SAW. Maka semuanya ucapkan “ASTAGFIRULLOH” sebelum Alloh menurunkan azab kepada kita semua.
    Dan perlu diketahui juga, Dibalik pertengkaran masalah poligami. Kita (Umat Islam) sedang diadu domba oleh orang-orang Kafir,Yahudi&Nasrani. mereka berani membayar infotainment 25 juta per sekali tayang untuk hanya semata-mata untuk menjatuhkan figur aa gym dan menghancurkan umat islam. Maka sadarlah sahabat-sahabatku..!!! bukan mata kita yang buta, tapi mata hati kita yang buta. Allohuakbar….

  118. ingat sahabatku!!! jika kamu menghina sesuatu yang datangnya dari aya-ayat suci Al Qur’an. maka kamu kafir…kamu wajib SYAHADAH lagi jika ingin tetap sebagai orang Islam.

  119. Heran deh ni orang-orang katanya percaya kalau perkara jodoh, rizki dan kematian datangnya dari Allah. Tapi Aa Gym nikah lagi aja komentarnya macam-macam … nafsu birahilah, manusia biasalah. Apa hubungannya kalau anda percaya jodoh itu di tangan Allah?.

    Aku aja yang sudah mengantongi surat izin menikah lagi tetap aja gak dapat-dapat istri kedua, ketiga dan keempat. Padahal yang daftar dah banyak ;). Hayo … salah siapa?.

    Aku sih yakin bener kalau jodoh itu hanya urusan Allah. Kita boleh berencana selebihnya hanya Dia yang Maha Menentukan.

    Jadi jangan ngomel terus … menikah lagi gak perlu sama nenek-nenek koq. Dan gak perlu mesti meninggal dulu istri pertamanya. Intinya, Islam membolehkannya, titik. Suka atau tidak, hukum itu ada dan legal di mata Allah.

    Nah kalau ingin keutamaan maka ikutilah cara Nabi SAW.

    Anyway, menikah lagi boleh!. Asal syar’iyyah.

  120. Bung Legi bertanya tentang poliandri dan poligami. Seolah-olah keduanya sama saja padahal sangat berbeda.

    Analogi Poligami:
    Tuangkan isi sebuah teko ke dalam 4 buah cangkir. Tanyakan, isinya apa? Kalau teko itu berisi susu maka cangkir-cangkir itu pasti susu. Kalau teh, juga pasti teh.

    Analogi Poliandri:
    Tuangkan isi dari beberapa teko yang bermacam-macam ke dalam satu cangkir. Tanyakan, isinya jadi apa? Mungkin susu rasa teh, ditambah jeruk nipis, ditambah ginseng, ditambah kopi, ditambah racun, dan lain-lain.

    Gak jelas kan rasanya seperti apa? Bahkan mungkin anda akan lemparkan isi cangkir tersebut sama tetangga anda ;).

    Itulah intinya, sekalipun ada test DNA tapi sifat hukum Islam adalah universal. Dan Islam sangat mengutamakan/menghormati nasab.

    Poligami boleh karena nasabnya tetap terpelihara dengan baik.

    Poliandri tidak boleh karena nasabnya jadi tidak jelas. Lihat siapa artis kita yang sudah melakukannya? Sampai sekarang siapa bapak biologis dari anaknya dia sembunyikan karena bingung anak siapa sebenarnya dia?.

    Bagaimana dengan wanita mandul yang poliandri kalau begitu? Ya kalau wanita itu suka menghinakan dirinya silahkan saja poliandri. Hakikatnya adalah tetap bahwa satu cangkir diisi dengan bermacam-macam rasa.

    Mau?

  121. Pingback: Zocor.

  122. Buat semuanya (terutama yg WANITA)

    Kalau g suka terhadap suatu hal(mis : POLIGAMI), jangan dihadapi dengan extrim (sampai MENGHARAMKANNYA).
    Karena MENGHARAMKAN sesuatu yg boleh/HALAL (baca:MUBAH) itu TIDAK JAUH BEDA dengan MENGHALALKAN sesuatu yg HARAM.
    Jadi mohon kita semua bisa menghadapi segala sesuatu dengan LEBIH BIJAK.
    otre?

  123. Poligami atas nama Alloh dan nafsu, membuat para kyai, ulama dan tokoh muslim lainnya menjadi cabul. Padahal jelas sekali poligami merendahkan derajat wanita. Membunuh juga atas nama agama. Kekerasan atas nama agama. Kenapa menjadi begini?

    Waktu jaman Majapahit, orang Jawa (Gajah Mada, dll) membuat nusantara makmur dan jaya. Orang jawa berkebudayaan tinggi, kreatif dan toleran.

    Setelah Islam masuk di Jawa, negara kita hancur korban dari penajahan Belanda, Jepang, dsb. Korban dari korupsi, kekerasan/teror, malapetaka. Dan korban dari imperialisme Arab (Indonesia adalah negara pemasok jemaah haji yang terbesar di dunia). Bangsa Arab ini memang hebat sekali karena telah berhasil menemukan cara untuk memasukkan devisa untuk mereka sendiri. Sedangkan situasi ekonomi negara kita dalam keadaan yang sangat parah. Imperialisme Arab ini memang sangat kejam. Turun-temurun sampai anak-cucu, tidak tahu sampai kapan, nusantara diharuskan membayar “pajak” kepada Imperialisme Arab ini dengan alasan: kewajiban menjalankan rukun Islam.

    Padahal, sebelum Islam (agama impor) masuk ke Jawa, orang Jawa sudah memiliki agama universal yaitu agama Kejawen.

    Bagaimana caranya supaya orang Jawa kembali bisa memakmurkan negara kita yang tercinta ini?

  124. PERLAKUAN KASAR DIBENARKAN OLEH AL-QUR’AN

    Kang Sufehmi, bacalah kutipan surah an-Nisa ayat 34: “…Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur dan pukullah mereka…”

    Ini jelas sekali bahwa, di lingkungan muslim, wanita adalah korban dari kekerasan fisik, penghinaan, pelecehan seksual. Semuanya itu dihalalkan oleh Al-Qur’an.

  125. Ada yang bertanya: Apakah Islam agama teroris?
    Jawaban saya adalah: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

    Tetapi, di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

    Al-Qur’an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10 atau 25? Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense dan absurde seperti ini di Al-Qur’an. Karena semua yang di Al-Qur’an dianggap sebagai kebenaran mutlak, maka orang muslim hanya menurutinya saja secara taken for granted.

    Banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur’an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Jadi umat muslim terjebak.

  126. buat aa’gym smg allah swt selalu menuntun kita di jalan kebenaran, anda menikah 2 x karena anda tau hukum, manfaat & resiko nya…

    buat B.aLi : jngn asal berucap, apa yg anda ngerti tentang aL_qur’an..?
    pelajari & mengerti dulu baru komentar….!!!

  127. Wah..Bang Ali orangnya rajin yach… :)
    Bisa menyambangi banyak blog untuk postingan yang sama.
    Cuman pesan saya sama Bang Ali: Kebencian itu bak kangker yang akan menggerogoti diri sendiri.
    Karena itu saya sarankan untuk tidak memeliharanya.

    Kecuali itu emang ladang pencaharian anda ;)

  128. Yaa….Pa daya meskipun Aa Gym itu ulama besar dan
    menjadi panutan umatnya,apa mau dikata beliau bukanlah seorang Nabi….jadi tlong jangan terus2an menggunjingkannya…kita do’akan saja biar Aa bisa adil menurut ukuran manusia, dan teh ninih diberi ketabahan,ketawaqalan dan keiklasan…

    Oke..Bro..!!!

  129. Di Forum Religiositas Agama, saya menemukan artikel yang menarik sekali. Ini situsnya: http://hatinurani21.wordpress.com/

    MENGAPA KEBUDAYAAN JAWA MENGALAMI KEMUNDURAN YANG SIGNIFIKAN?

    Pengantar

    Manusia Jawa adalah mayoritas di Indonesia. Nasib bangsa Indonesia sangat tergantung kepada kemampuan penalaran, skill, dan manajemen manusia Jawa (MJ). Sayang sekali s/d saat ini, MJ mengalami krisis kebudayaan; hal ini disebabkan Kebudayaan Jawa (KJ) dibiarkan merana, tidak terawat, dan tidak dikembangkan oleh pihak2 yang berkompeten (TERUTAMA OLEH POLITISI). Bahkan KJ terkesan dibiarkan mati merana digerilya oleh kebudayaan asing (terutama dari timur tengah/Arab). Mochtar Lubis dalam bukunya: Manusia Indonesia Baru, juga mengkritisi watak2 negatip manusia Jawa seperti munafik, feodal, malas, tidak suka bertanggung jawab, suka gengsi dan prestis, dan tidak suka bisnis (lebih aman jadi pegawai).
    Kemunduran kebudayaan Jawa tidak lepas dari dosa regim Orde Baru. Strategi regim Soeharto untuk melepaskan diri dari tuannya (USA dkk.) dan tekanan kaum reformis melalui politisasi agama Islam menjadikan Indonesia mengarah ke ideologi Timur Tengah (Arab). Indonesia saat ini (2007) adalah kembali menjadi ajang pertempuran antara: Barat lawan Timur Tengah, antara kaum sekuler dan kaum Islam, antara modernitas dan kekolotan agama. (mohon dibaca artikel yang lain dulu, sebaiknya sesuai no. urut)

    Boleh diibaratkan bahwa manusia Jawa terusmenerus mengalami penjajahan, misalnya penjajahan oleh:
    – Bs. Belanda selama 300 tahunan
    – Bs. Jepang selama hampir 3 tahunan
    – Regim Soeharto/ORBA selama hampir 32 tahun (Londo Ireng).
    – Negara Adidaya/perusahaan multi nasioanal selama ORBA s/d saat ini.
    – Sekarang dan dimasa dekat, bila tidak hati2, diramalkan bahwa Indonesia akan menjadi negara boneka Timur Tengah/Arab Saudi (melalui kendaraan utama politisasi agama).

    Kemunduran kebudayaan manusia Jawa sangat terasa sekali, karena suku Jawa adalah mayoritas di Indonesia, maka kemundurannya mengakibatkan kemunduran negara Indonesia, sebagai contoh kemunduran adalah terpaan berbagai krisis yang tak pernah selesai dialami oleh bangsa Indonesia. Politisasi uang dan agama mengakibatkan percepatan krisis kebudayaan Jawa, seperti analisa dibawah ini.
    Gerilya Kebudayaan
    Negara2 TIMTENG/ARAB harus berjuang sekuat tenaga dengan cara apapun untuk mendapat devisa selain dari kekayaan minyak (petro dollar), hal ini mengingat tambang minyak di Timur Tengah (TIMTENG/Arab) adalah terbatas umurnya; diperkirakan oleh para ahli bahwa umur tambang minyak sekitar 15 tahun lagi, disamping itu, penemuan energi alternatip akan dapat membuat minyak turun harganya. Begitu negara Timur Tengah mendapat angin dari regim Orde Baru, Indonesia lalu bagaikan diterpa badai gurun Sahara yang panas! Pemanfaatan agama (politisasi agama) oleh negara asing (negara2 Arab) untuk mendominasi dan menipiskan kebudayaan setempat (Indonesia) mendapatkan angin bagus, ini berlangsung dengan begitu kuat dan begitu vulgarnya. Gerilya kebudayaan asing lewat politisasi agama begitu gencarnya, terutama lewat media televisi, majalah, buku dan radio. Gerilya kebudayaan melalui TV ini sungguh secara halus-nylamur-tak kentara, orang awam pasti sulit mencernanya! Berikut ini adalah gerilya kebudayaan yang sedang berlangsung:
    – Dalam sinetron, hal-hal yang berbau mistik, dukun, santet dan yang negatip sering dikonotasikan dengan manusia yang mengenakan pakaian adat Jawa seperti surjan, batik, blangkon kebaya dan keris; kemudian hal-hal yang berkenaan dengan kebaikan dan kesucian dihubungkan dengan pakaian keagamaan dari Timur Tengah/Arab. Kebudayaan yang Jawa dikalahkan oleh yang Timur Tengah.
    – Artis2 film dan sinetron digarap duluan mengingat mereka adalah banyak menjadi idola masyarakat muda (yang nalarnya kurang jalan). Para artis, yang blo’oon politik ini, bagaikan di masukan ke salon rias Timur Tengah/Arab, untuk kemudian ditampilkan di layar televisi, koran, dan majalah demi membentuk mind set (seting pikiran) yang berkiblat ke Arab.
    – Bahasa Jawa beserta ungkapannya yang sangat luas, luhur, dalam, dan fleksibel juga digerilya. Dimulai dengan salam pertemuan yang memakai assalam…dan wassalam…. Dulu kita bangga dengan ungkapan: Tut wuri handayani, menang tanpo ngasorake, gotong royong, dsb.; sekarang kita dibiasakan oleh para gerilyawan kebudayaan dengan istilah2 asing dari Arab, misalnya: amal maruh nahi mungkar, saleh dan soleha, dst. Untuk memperkuat gerilya, dikonotasikan bahwa bhs. Arab itu membuat manusia dekat dengan surga! Sungguh cerdik dan licik.
    – Kebaya, modolan dan surjan diganti dengan jilbab, celana congkrang, dan jenggot ala orang Arab. Nama2 Jawa dengan Ki dan Nyi (misal Ki Hajar …) mulai dihilangkan, nama ke Arab2an dipopulerkan. Dalam wayang kulit, juga dilakukan gerilya kebudayaan: senjata pamungkas raja Pandawa yaitu Puntadewa menjadi disebut Kalimat Syahadat (jimat Kalimo Sodo), padahal wayang kulit berasal dari agama Hindu (banyak dewa-dewinya yang tidak Islami), jadi bukan Islam; bukankah ini sangat memalukan? Gending2 Jawa yang indah, gending2 dolanan anak2 yang bagus semisal: jamuran, cublak2 suweng, soyang2, dst., sedikit demi sedikit digerilya dan digeser dengan musik qasidahan dari Arab. Dibeberapa tempat (Padang, Aceh, Jawa Barat) usaha menetapkan hukum syariah Islam terus digulirkan, dimulai dengan kewajiban berjilbab! Kemudian, mereka lebih dalam lagi mulai mengusik ke bhinekaan Indonesia, dengan berbagai larangan dan usikan bangunan2 ibadah dan sekolah non Islam.
    – Gerilya lewat pendidikan juga gencar, perguruan berbasis Taman Siswa yang nasionalis, pluralis dan menjujung tinggi kebudayaan Jawa secara lambat namun pasti juga digerilya, mereka ini digeser oleh madrasah2/pesantren2. Padahal Taman Siswa adalah asli produk perjuangan dan merupakan kebanggaan manusia Jawa. UU Sisdiknas juga merupakan gerilya yang luar biasa berhasilnya. Sekolah swasta berciri keagamaan non Islam dipaksa menyediakan guru beragama Islam, sehingga ciri mereka lenyap.
    – Demikian pula dengan perbankan, mereka ingin eksklusif dengan bank syariah, dengan menghindari kata bunga/rente/riba; istilah ke Arab2an pun diada-adakan, walau nampak kurang logis! Seperti USA memakai IMF, dan orang Yahudi menguasai finansial, maka manusia Arab ingin mendominasi Indonesia memakai strategi halal-haramnya pinjaman, misalnya lewat bank syariah.
    – Keberhasilan perempuan dalam menduduki jabatan tinggi di pegawai negeri (eselon 1 s/d 3) dikonotasikan/dipotretkan dengan penampilan berjilbab dan naik mobil yang baik. Para pejabat eselon ini lalu memberikan pengarahan untuk arabisasi pakaian dinas di kantor masing2.
    – Di hampir pelosok P. Jawa kita dapat menyaksikan bangunan2 masjid yang megah, dana pembangunan dari Arab luar biasa besarnya. Bahkan organisasi preman bentukan militer di jaman ORBA, yaitu Pemuda Pancasila, pun mendapatkan grojogan dana dari Timur Tengah untuk membangun pesantren2 di Kalimantan, luar biasa!
    – Fatwa MUI pada bulan Agustus 2005 tentang larangan2 yang tidak berdasar nalar dan tidak menjaga keharmonisan masyarakat sungguh menyakitkan manusia Jawa yang suka damai dan harmoni. Bila ulama hanya menjadi sekedar alat politik, maka panglima agama adalah ulama politikus yang mementingkan uang, kekuasaan dan jabatan saja; efek keputusan tidak mereka hiraukan. Sejarah ORBA membuktikan bahwa MUI dan ICMI adalah alat regim ORBA yang sangat canggih. Saat ini, MUI boleh dikata telah menjadi alat negara asing (Arab) untuk menguasai
    – Dimasa lalu, banyak orang cerdas mengatakan bahwa Wali Songo adalah bagaikan MUI sekarang ini, dakwah mereka penuh gerilya kebudayaan dan politik. Manusia Majapahit digerilya, sehingga terdesak ke Bromo (suku Tengger) dan pulau Bali. Mengingat negara baru memerangi KKN, mestinya fatwa MUI adalah tentang KKN (yang relevan), misal pejabat tinggi negara yang PNS yang mempunyai tabungan diatas 3 milyar rupiah diharuskan mengembalikan uang haram itu (sebab hasil KKN), namun karena memang ditujukan untuk membelokan pemberantasan KKN, yang terjadi justru sebaliknya, fatwanya justru yang aneh2 dan merusak keharmonisan kebhinekaan Indonesia!
    – Buku2 yang sulit diterima nalar, dan secara ngawur dan membabi buta ditulis hanya untuk melawan dominasi ilmuwan Barat saat ini membanjiri pasaran di Indonesia. Rupanya ilmuwan Timur Tengah ingin melawan ilmuwan Barat, semua teori Barat yang rasional-empiris dilawan dengan teori Timur Tengah yang berbasis intuisi-agamis (berbasis Al-Quran), misal teori kebutuhan Maslow yang sangat populer dilawankan teori kebutuhan spiritual Nabi Ibrahim, teori EQ ditandingi dengan ESQ, dst. Masyarakat Indonesia harus selalu siap dan waspada dalam memilih buku yang ingin dibacanya.
    – Dengan halus, licik tapi mengena, mass media, terutama TV dan radio, telah digunakan untuk membunuh karakater (character assasination) budaya Jawa dan meninggikan karakter budaya Arab (lewat agama)! Para gerilyawan juga menyelipkan filosofis yang amat sangat cerdik, yaitu: kebudayaan Arab itu bagian dari kebudayaan pribumi, kebudayaan Barat (dan Cina) itu kebudayaan asing; jadi harus ditentang karena tidak sesuai! Padahal kebudayaan Arab adalah sangat asing!
    – Gerilya yang cerdik dan rapi sekali adalah melalui peraturan negara seperti undang-undang, misalnya hukum Syariah yang mulai diterapkan di sementara daerah, U.U. SISDIKNAS, dan rencana UU Anti Pornografi dan Pornoaksi (yang sangat bertentangan dengan Bhineka Tunggal Ika dan sangat menjahati/menjaili kaum wanita dan pekerja seni). Menurut Gus Dur, RUU APP telah melanggar Undang-Undang Dasar 1945 karena tidak memberikan tempat terhadap perbedaan. Padahal, UUD 1945 telah memberi ruang seluas-luasnya bagi keragaman di Indonesia. RUU APP juga mengancam demokrasi bangsa yang mensyaratkan kedaulatan hukum dan perlakuan sama terhadap setiap warga negara di depan hukum. Gus Dur menolak RUU APP dan meminta pemerintah mengoptimalkan penegakan undang-undang lain yang telah mengakomodir pornografi dan pornoaksi. “Telah terjadi formalisasi dan arabisasi saat ini. Kalau sikap Nahdlatul Ulama sangat jelas bahwa untuk menjalankan syariat Islam tidak perlu negara Islam,” ungkapnya. (Kompas, 3 Maret 2006).

    – Puncak gerilya kebudayaan adalah tidak diberikannya tempat untuk kepercayaan asli, misalnya Kejawen, dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan urusan pernikahan/perceraian bagi kaum kepercayaan asli ditiadakan. Kejawen, harta warisan nenek moyang, yang kaya akan nilai: pluralisme, humanisme, harmoni, religius, anti kekerasan dan nasionalisme, ternyata tidak hanya digerilya, melainkan akan dibunuh dan dimatikan secara perlahan! Sungguh sangat disayangkan! Urusan perkawinan dan kematian untuk MJ penganut Kejawen dipersulit sedemikian rupa, urusan ini harus dikembalikan ke agama masing2! Sementara itu aliran setingkat Kejawen yang disebut Kong Hu Chu yang berasal dari RRC justru disyahkan keberadaannya. Sungguh sangat sadis para gerilyawan kebudayaan ini!
    – Gerilya kebudayaan juga telah mempengaruhi perilaku manusia Jawa, orang Jawa yang dahulu dikenal lemah-lembut, andap asor, cerdas, dan harmoni; namun sekarang sudah terbalik: suka kerusuhan dan kekerasan, suka menentang harmoni. Bayangkan saja, kota Solo yang dulu terkenal putri nya yang lemah lembut (putri Solo, lakune koyo macan luwe) digerilya menjadi kota yang suka kekerasan, ulama Arab (Basyir) mendirikan pesantren Ngruki untuk mencuci otak anak2 muda. Akhir2 ini kota Solo kesulitan mendatangkan turis manca negara, karena kota Solo sudah diidentikan dengan kekerasan sektarian. Untuk diketahui, di Pakistan, banyak madrasah disinyalir dijadikan tempat brain washing dan baiat. Banyak intelektual muda kita di universitas2 yang kena baiat (sumpah secara agama Islam, setelah di brain wahing) untuk mendirikan NII (negara Islam Indonesia) dengan cara menghalalkan segala cara. Berapa banyak madrasah/pesantren di Indonesia yang dijadikan tempat2 cuci otak anti pluralisme dan anti harmoni? Banyak! Berapa jam pelajaran dihabiskan untuk belajar agama (ngaji) dan bahasa Arab? Banyak, diperkirakan sampai hampir 50% nya! Tentu saja ini akan sangat mempengaruhi turunnya perilaku dan turunnya kualitas SDM bgs. Indonesia secara keseluruhan! Maraknya kerusuhan dan kekerasan di Indonesia bagaikan berbanding langsung dengan maraknya madrasah dan pesantren2. Berbagai fatwa MUI yang menjungkirbalikan harmoni dan gotong royong manusia Jawa gencar dilancarkan!

    – Sejarah membuktikan bagaimana kerajaan Majapahit, yang luarbiasa jaya, juga terdesak melalui gerilya kebudayaan Arab sehingga manusianya terpojok ke Gn. Bromo (suku Tengger) dan P. Bali (suku Bali). Mereka tetap menjaga kepercayaannya yaitu Hindu. Peranan wali Songo saat itu sebagai alat politis (mirip MUI dan ICMI saat ini) adalah besar sekali! Semenjak saat itu kemunduran kebudayaan Jawa sungguh luar biasa!
    Tanda-tanda Kemunduran Budaya Jawa
    Kemunduran kebudayaan manusia Jawa sangat terasa sekali, karena suku Jawa adalah mayoritas di Indonesia, maka kemundurannya mengakibatkan kemunduran negara Indonesia, sebagai contoh kemunduran adalah:
    – Orang2 hitam dari Afrika (yang budayanya dianggap lebih tertinggal) ternyata dengan mudah mempedayakan masyarakat kita dengan manipulasi penggandaan uang dan jual-beli narkoba.
    – Orang Barat mempedayakan kita dengan kurs nilai mata uang. Dengan $ 1 = k.l Rp. 10000, ini sama saja penjajahan baru. Mereka dapat bahan mentah hasil alam dari Indonesia murah sekali, setelah diproses di L.N menjadi barang hitech, maka harganya jadi selangit. Nilai tambah pemrosesan/produksi barang mentah menjadi barang jadi diambil mereka (disamping membuka lapangan kerja). Indonesia terus dengan mudah dikibulin dan dinina bobokan untuk menjadi negara peng export dan sekaligus pengimport terbesar didunia, sungguh suatu kebodohan yang maha luar biasa.
    – Orang Jepang terus membuat kita tidak pernah bisa bikin mobil sendiri, walau industri Jepang sudah lebih 30 tahun ada di Indonesia. Semestinya bangsa ini mampu mendikte Jepang dan negara lain untuk mendirikan pabrik di Indonesia, misalnya pabrik: Honda di Sumatra, Suzuki di Jawa, Yamaha di Sulawesi, dst. Ternyata kita sekedar menjadi bangsa konsumen dan perakit.
    – Orang Timur Tengah/Arab dengan mudah menggerilya kebudayaan kita seperti cerita diatas; disamping itu, Indonesia adalah termasuk pemasok devisa haji terbesar! Kemudian, dengan hanya Asahari, Abu Bakar Baasyir dan Habib Riziq (FPI), cukup beberapa gelintir manusia saja, Indonesia sudah dapat dibuat kalang kabut oleh negara asing! Sungguh keterlaluan dan memalukan!
    – Kalau dulu banyak mahasiswa Malaysia studi ke Indonesia, sekarang posisinya terbalik: banyak mahasiswa Indonesia belajar ke Malaysia (bahkan ke S’pore, Thailand, Pilipina, dst.). Konyol bukan?
    – Banyak manusia Jawa yang ingin kaya secara instant, misalnya mengikuti berbagai arisan/multi level marketing seperti pohon emas, dst., yang tidak masuk akal!
    – Dalam beragamapun terkesan jauh dari nalar, bijak dan jauh dari cerdas, terkesan hanya ikut2an saja. Beragama tidak harus menjiplak kebudayaan asal agama, dan tidak perlu mengorbankan budaya lokal.
    – Sampai dengan saat ini, Indonesia tidak dapat melepaskan diri dari berbagai krisis (krisis multi dimensi), kemiskinan dan pengangguran justru semakin meningkat, padahal negara tetangga yang sama2 mengalami krisis sudah kembali sehat walafiat! Peran manusia Jawa berserta kebudayaannya, sebagai mayoritas, sangat dominan dalam berbagai krisis yang dialami bangsa ini.

    Penutup

    Beragama tidak harus menjiplak kebudayaan asal agama. Gus Dur mensinyalir telah terjadi arabisasi kebudayaan. Kepentingan negara asing untuk menguasai bumi dan alam Indonesia yang kaya raya dan indah sekali sungguh riil dan kuat sekali, kalau negara modern memakai teknologi tinggi dan jasa keuangan, sedangkan negara lain memakai politisasi agama beserta kebudayaannya. Indonesia saat ini (2007) adalah sedang menjadi ajang pertempuran antara dua ideologi besar dunia: Barat lawan Timur Tengah, antara kaum sekuler dan kaum Islam, antara modernitas dan kekolotan agama. CLASH OF CIVILIZATION antar dua ideologi besar di dunia ini, yang sudah diramalkan oleh sejarahwan kelas dunia – Samuel Hutington dan Francis Fukuyama.

    Tanpa harus menirukan/menjiplak kebudayaan Arab, Indonesia diperkirakan dapat menjadi pusat Islam (center of excellence) yang modern bagi dunia. Seperti pusat agama Kristen modern, yang tidak lagi di Israel, melainkan di Itali dan Amerika. Beragama tanpa nalar disertai menjiplak budaya asal agama tersebut secara membabi buta hanya akan mengakibatkan kemunduran budaya lokal sendiri! Maka bijaksana, kritis, dan cerdik sangat diperlukan dalam beragama.

  130. aa saya mau tanya saya punya bapak nikah lagi, tapi sampai sekarang tdk prnh memberi nafkah lahir batin menjengukpun tak pernah hampir 6 th saya sudah berusaha menemui bapak 4 X tapi sampai sekarang tidak ada perubahannya saya dua bersaudara kakak saya kls 3 SMP saya sek Kls 6 SD Al-Azhar Saya dan kakak saya pernah mengikuti santri kilat di Darut Tohid yang saya mau tanyakan kepada Aa dosakah bila nanti saya besar tidak mengaku dia sebagai bapak karena saya dari usia 5 th bapak saya itu tidak membiayai lahir batin. jadi apakah tindakan yang saya ambil itu benar? hukumnya apa?

  131. aa saya mau tanya saya punya bapak nikah lagi, tapi sampai sekarang tdk prnh memberi nafkah lahir batin menjengukpun tak pernah hampir 6 th saya sudah berusaha menemui bapak 4 X tapi Bukan sampai sekarang tidak ada perubahannya saya dua bersaudara kakak saya kls 3 SMP saya sek Kls 6 SD Al-Azhar Saya dan kakak saya pernah mengikuti santri kilat di Daarrut Tauhidd
    yang saya mau tanyakan kepada Aa dosakah bila nanti saya besar tidak mengaku dia sebagai bapak karena saya dari usia 5 th bapak saya itu tidak membiayai lahir batin. jadi apakah tindakan yang saya ambil itu benar? hukumnya apa?

  132. ass
    ya, orang kadang menilai dari luarnya saja, apa saja yang kita lakukan tampak dari luar selelu saja dinilai…jarang yang bisa menilai orang dari dalamnya,
    apalagi tawakal daan taat-nya…
    untuk aa gym…tetep idola saya…..
    selamat berdakwah menegakkan ISLAM…
    saling mendoakan ya…amin
    wass

  133. @Devi cantique,

    Bapakmu nikah lagi karena dia mau menjadi muslim yang baik. Dia akan menjadi muslim yang sempurna kalau dia nanti mempunyai istri 4 (menurut Al-Qur’an).

    Tapi, Devi cantique yang sebagai anak, sikap anda tidak mengakui dia sebagai Bapak bisa dimengerti karena sikap Bapakmu adalah sikap yang sangat tercela. Gara-gara ajaran agama yang tidak sesuai lagi dengan norma-norma masyarakat modern, anda menjadi korban. Anda kehilangan Bapakmu. Anda tidak lagi merasakan bahwa bapakmu adalah orang tua yang manusiawi. Bapakmu menjadi sesat.

  134. Artikel ini menarik sekali. Ini situsnya

    AGAMA LANGIT DAN AGAMA BUMI

    Ada berbagai cara menggolongkan agama-agama dunia. Ernst Trults seorang teolog Kristen menggolongkan agama-agama secara vertikal: pada lapisan paling bawah adalah agama-agama suku, pada lapisan kedua adalah agama hukum seperti agama Yahudi dan Islam; pada lapisan ketiga, paling atas adalah agama-agama pembebasan, yaitu Hindu, Buddha dan karena Ernst Trults adalah seorang Kristen, maka agama Kristen adalah puncak dari agama-agama pembebasan ini.

    Ram Swarup, seorang intelektual Hindu dalam bukunya; “Hindu View of Christianity and Islam” menggolongkan agama menjadi agama-agama kenabian (Yahudi, Kristen dan Islam) dan agama-agama spiritualitas Yoga (Hindu dan Buddha) dan mengatakan bahwa agama-agama kenabian bersifat legal dan dogmatik dan dangkal secara spiritual, penuh klaim kebenaran dan yang membawa konflik sepanjang sejarah. Sebaliknya agama-agama Spiritualitas Yoga kaya dan dalam secara spiritualitas dan membawa kedamaian.

    Ada yang menggolongkan agama-agama berdasarkan wilayah dimana agama-agama itu lahir, seperti agama Semitik atau rumpun Yahudi sekarang disebut juga Abrahamik (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama-agama Timur (Hindu, Buddha, Jain, Sikh, Tao, Kong Hu Cu, Sinto).

    Ada pula yang menggolongkan agama sebagai agama langit (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama bumi (Hindu, Buddha, dll.) Penggolongan ini paling disukai oleh orang-orang Kristen dan Islam, karena secara implisit mengandung makna tinggi rendah, yang satu datang dari langit, agama wahyu, buatan Tuhan, yang lain lahir di bumi, buatan manusia. Penggolongan ini akan dibahas secara singkat di bawah ini.

    Agama bumi dan agama langit.

    Dr. H.M. Rasjidi, dalam bab Ketiga bukunya “Empat Kuliyah Agama Islam Untuk Perguruan tinggi” membagi agama-agama ke dalam dua kategori besar, yaitu agama-agama alamiah dan agama-agama samawi. Agama alamiah adalah agama budaya, agama buatan manusia. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Hindu dan Budha. Mengenai agama Hindu Rasjidi mengutip seorang teolog Kristen, Dr. Harun Hadiwiyono, Rektor Sekolah Tinggi Theologia “Duta Wacana” di Yogyakarta sebagai berikut:

    “Sebenarnya agama Hindu itu bukan agama dalam arti yang biasa. Agama Hindu sebenarnya adalah satu bidang keagamaan dan kebudayaan, yang meliputi jaman sejak kira-kira 1500 S.M hingga jaman sekarang. Dalam perjalanannya sepanjang abad-abad itu, agama Hindu berkembang sambil berobah dan terbagi-bagi, sehingga agama ini memiliki ciri yang bermacam-macam, yang oleh penganutnya kadang-kadang diutamakan, tetapi kadang-kadang tidak diindahkan sama sekali. Berhubung karena itu maka Govinda Das mengatakan bahwa agama Hindu itu sesungguhnya adalah satu proses antropologis, yang hanya karena nasib baik yang ironis saja diberi nama agama.” 1)

    Samawi artinya langit. Agama samawi adalah agama yang berasal dari Tuhan (yang duduk di kursinya di langit ketujuh, Sky god, kata Gore Vidal). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Dalam bab Keempat dengan judul “Agama Islam adalah Agama Samawi Terakhir” Rasjidi dengan jelas menunjukkan atau menempatkan Islam sebagai puncak dari agama langit. Hal ini dapat dipahami karena Rasjidi bukan saja seorang guru besar tentang Islam, tetapi juga seorang Muslim yang saleh.

    Bahkan dengan doktrin mansukh, pembatalan, para teolog dan ahli fikih Islam mengklaim, Qur’an sebagai wahyu terakhir telah membatalkan kitab-kitab suci agama-agama sebelumnya (Torah dan Injil).

    Bila Tuhan yang diyakini oleh ketiga agama bersaudara ini adalah satu dan sama, pandangan para teolog Islam adalah logis. Tetapi disini timbul pertanyaan, apakah Tuhan menulis bukunya seperti seorang mahasiswa menulis thesis? Sedikit demi sedikit sesuai dengan informasi yang dikumpulkannya, melalui percobaan dan kesalahan, perbaikan, penambahan pengurangan, buku itu disusun dan disempurnakan secara perlahan-lahan?

    Tetapi ketiga agama ini tidak memuja Tuhan yang satu dan sama. Masing-masing Tuhan ketiga agama ini memiliki asal-usul yang berbeda dan karakter yang berbeda. Yahweh berasal dan ajudan dewa perang, yang kemungkinan berasal dari suku Midian, dan dijadikan satu-satunya Tuhan orang Israel oleh Musa. Jesus salah seorang dari Trinitas, adalah seorang pembaharu agama Yahudi yang diangkat menjadi Tuhan oleh para pendiri Kristen awal. Allah adalah dewa hujan yang setelah digabung dengan dewa-dewa lain orang Arab dijadikan satu-satunya tuhan orang Islam oleh Muhammad. Jadi Yahweh, Trinitas dan Allah adalah tuhan-tuhan yang dibuat manusia. 2) (Lihat Karen Amstrong: A History of God).

    Dan karakter dari masing-masing Tuhan itu sangat berbeda. Ketiganya memang Tuhan pencemburu, tetapi tingkat cemburu mereka berbeda. Yahweh adalah Tuhan pencemburu keras, gampang marah, dan suka menghukumi pengikutnya dengan kejam, tetapi juga suka ikut berperang bersama pengikutnya melawan orang-orang lain, seperti orang Mesir, Philistin dan Canaan. Jesus juga Tuhan pencemburu, tapi berpribadi lembut, ia memiliki banyak rasa kasih, tetapi juga mempunyai neraka yang kejam bagi orang-orang yang tidak percaya padanya. Allah lebih dekat karakternya dengan Yahweh, tetapi bila Yahweh tidak memiliki neraka yang kejam, Allah memilikinya. Di samping itu, bila Yahweh menganggap orang-orang Yahudi sebagai bangsa pilihannya, Allah menganggap orang-orang Yahudi adalah musuh yang paling dibencinya.

    Jadi jelaslah di langit-langit suci agama-agama rumpun Yahudi ini terdapat lima oknum Tuhan yang berbeda-beda, yaitu Yahweh, Trinitas (Roh Kudus, Allah Bapa dan Tuhan Anak atau Jesus) dan Allah Islam. Masing-masing dengan ribuan malaikat dan jinnya.

    Pengakuan terhadap Tuhan yang berbeda-beda tampaknya bisa menyelesaikan masalah soal pembatalan kitab-kitab atau agama-agama sebelumnya oleh agama-agama kemudian atau agama terakhir. Masing-masing Tuhan ini memang menurunkan wahyu yang berbeda, yang hanya berlaku bagi para pengikutnya saja. Satu ajaran atau satu kitab suci tidak perlu membatalkan kitab suci yang lain.

    Tetapi disini timbul masalah lagi. Bagaimana kedudukan bagian-bagian dari Perjanjian Lama yang diterima atau diambil oleh Perjanjian Baru? Bagaimana kedudukan bagian-bagian Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang terdapat di dalam Al-Qur’an? Apakah bagian-bagian itu dipinjam dari Tuhan yang satu oleh Tuhan yang lain, yang ada belakangan? Atau persamaan itu hanya kebetulan? Ataukah para penulis kitab-kitab yang belakangan meminjamnya dari penulis kitab-kitab terdahulu?

    Pembagian agama menjadi agama bumi dan agama langit, dari sudut pandang Hindu sebenarnya tidak menjadi masalah. Ini terkait dengan konsep ketuhanan dari masing-masing agama. Agama-agama Abrahamik atau Rumpun Yahudi (nama yang lebih tepat daripada “agama langit”) memandang Tuhan sebagai sosok berpribadi, seperti manusia, yang berdiam di langit (ke tujuh) duduk di atas kursinya, yang dipikul oleh para malaikat. Dari kursinya di langit itu Dia melakukan segala urusan, termasuk antara lain, tetapi tidak terbatas pada, mengatur terbit dan tenggelannya matahari, “menurunkan” wahyu dan lain sebagainya. Dari segi ini benarlah sebutan “agama langit” itu, karena ajarannya diturunkan oleh Tuhannya yang bermukim nun jauh di langit.

    Dalam pandangan agama Hindu, Tuhan bersifat panteistik, yang melingkupi ciptaan (imanen) dan sekaligus di luar ciptaannya (transenden). Menurut pandangan Hindu Tuhan tidak saja lebih besar dari ciptaannya, tetapi juga dekat dengan ciptaannya. Kalau Tuhan hanya ada di satu tempat di langit ketujuh, berarti Ia ada di satu noktah kecil di dalam ciptaannya. Oleh karena itu Dia tidak Mahabesar. Agak mirip dengan pengertian ini, di dalam agama Hindu, dikenal ajaran tentang Avatara, yaitu Tuhan yang menjelma menjadi mahluk, yang lahir dan hidup di bumi – seperti Rama dan Krishna – menyampaikan ajarannya di bumi langsung kepada manusia tanpa perantara.

    Dari segi ini, dikotomi agama langit dan agama bumi tidak ada masalah. Baru menjadi masalah ketika “truth claim” yang menyertai dikotomi ini. Bahwa agama langit lebih tinggi kedudukannya dari agama bumi; karena agama-agama langit sepenuhnya merupakan bikinan Tuhan, yang tentu saja lebih mulia, lebih benar dari agama-agama bumi yang hanya buatan manusia dan bahwa oleh karenanya kebenaran dan keselamatan hanya ada pada mereka. Sedangkan agama-agama lain di luar mereka adalah palsu dan sesat.

    Pandangan “supremasis” ini membawa serta sikap “triumpalis”, yaitu bahwa agama-agama yang memonopoli kebenaran Tuhan ini harus menjadikan setiap orang sebagai pengikutnya, menjadikan agamanya satu-satunya agama bagi seluruh umat manusia, dengan cara apapun. Di masa lalu “cara apapun” itu berarti kekerasan, perang, penaklukkan, penjarahan, pemerkosaan dan perbudakan atas nama agama.

    Masalah wahyu

    Apakah wahyu? Wahyu adalah kata-kata Tuhan yang disampaikan kepada umat manusia melalui perantara yang disebut nabi, rasul, prophet. Bagaimana proses penyampaian itu? Bisa disampaikan secara langsung, Tuhan langsung berbicara kepada para perantara itu, atau satu perantara lain, seorang malaikat menyampaikan kepada para nabi; atau melalui inspirasi kepada para penulis kitab suci. Demikian pendapat para pengikut agama-agama rumpun Yahudi.

    Benarkah kitab-kitab agama Yahudi, Kristen dan Islam, sepenuhnya merupakan wahyu Tuhan? Bila benar bahwa kitab-kitab ini sepenuhnya wahyu Tuhan, karena Tuhan Maha Tahu dan Maha Sempurna, maka kitab-kitab ini sepenuhnya sempurna bebas dari kesalahan sekecil apapun. Tetapi Studi kritis terhadap kitab-kitab suci agama-agama Abrahamik menemukan berbagai kesalahan, baik mengenai fakta yang diungkapkan, yang kemudian disebut ilmu pengetahun maupun tata bahasa. Berikut adalah beberapa contoh.

    Pertama, kesalahan mengenai fakta.

    Kitab-suci kitab-suci agama ini, menyatakan bumi ini datar seperti tikar, dan tidak stabil. Supaya bumi tidak goyang atau pergi ke sana kemari, Tuhan memasang tujuh gunung sebagai pasak. Kenyataannya bumi ini bulat seperti bola. Dan sekalipun ada banyak gunung, lebih dari tujuh, bumi tetap saja bergoyang, karena gempat.

    Kedua, kontradiksi-kontradiksi.

    Banyak terdapat kontradiksi-kontradiksi intra maupun antar kitab suci-kitab suci agama-agama ini. Satu contoh tentang anak Abraham yang dikorbankan sebagai bukti ketaatannya kepada Tuhan (Yahweh atau Allah). Bible mengatakan yang hendak dikorbankan adalah Isak, anak Abraham dengan Sarah, istrinya yang sesama Yahudi. Sedangkan Qur’an mengatakan bukan Isak, tetapi Ismail, anak Ibrahamin dengan Hagar, budak Ibrahim yang asal Mesir

    Contoh lain. Bible menganggap Jesus sebagai Tuhan (Putra), sedangkan Al-Qur’an menganggap Jesus (Isa) hanya sebagai nabi, dan bukan pula nabi terakhir yang menyempurnakan wahyu Tuhan.

    Ketiga, kesalahan struktur kalimat atau tata bahasa.

    Di dalam kitab-kitab suci ini terdapat doa-doa, kisah-kisah, berita-berita tentang kegiatan Tuhan, mirip seperti berita surat kabar, yang ditulis oleh seseorang (wartawan) atas seseorang yang lain (dari obyek berita, dalam hal ini Tuhan). Lalu ada kalimat yang merujuk Tuhan sebagai “Aku, Kami, Dia, atau nama-namanya sendiri, seperti Allah, Yahweh, dll”. Mengapa Tuhan menunjukkan diriNya dengan Dia, kata ganti ketiga? Kata-kata atau kalimat-kalimat pejoratif seperti Maha Adil, Maha Bijaksana, Maha Mengetahui ini pastilah dibuat oleh manusia, sebab mustahil rasanya Tuhan memuji-muji dirinya sendiri.

    Keempat, ajaran tentang kekerasan dan kebencian.

    Di dalam kitab-suci kitab-suci agama-agama langit ini banyak terdapat ajaran-ajaran tentang kebencian terhadap komunitas lain, baik karena kebangsaan maupun keyakinan. Di dalam Perjanjian Lama terdapat kebencian terhadap orang Mesir, Philistin, Canaan dll. Di dalam Perjanjian Baru terdapat ajaran kebencian terhadap orang Yahudi dan Roma. Di dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat kebencian terhadap orang-orang Yahudi, Kristen dan pemeluk agama-agama lain yang dicap kafir secara sepihak. Pertanyaan atas soal ini, betulkah Tuhan menurunkan wahyu kebencian terhadap sekelompok orang yang memujanya dengan cara berbeda-beda, yang mungkin sama baiknya atau bahkan lebih baik secara spiritual? Bukankah akhirnya ajaran-ajaran kebencian ini menjadi sumber kekerasan sepanjang massa?

    Bagaimana mungkin Tuhan yang Maha Bijaksana, Maha Pengasih dan Penyayang menurunkan wahyu kebencian dan kekerasan semacam itu? Di dalam agama Hindu kebencian dan kekerasan adalah sifat-sifat para raksasa, asura dan daitya (demon, devil, atau syaitan).

    Di samping hal-hal tersebut di atas, agama-agama rumpun Yahudi banyak meminjam dogma dari agama-agama lain, bahkan dari komunitas yang mereka sebut penyembah berhala atau kafir. Dogma utama mereka tentang eskatologi seperti hari kiamat, kebangkitan tubuh dan pengadilan terakhir dipinjam oleh agama Yahudi dari agama Zoroaster Persia, lalu diteruskan kepada agama Kristen dan Islam. Legenda tentang penciptaan Adam dipinjam dari leganda tentang penciptaan Promotheus dalam agama Yunani kuno. Bagaimana mungkin tuhan agama langit meminjam ajaran dari agama-agama atau tradisi buatan manusia?

    Swami Dayananda Saraswati (1824-1883), pendiri Arya Samaj, sebuah gerakan pembaruan Hindu, dalam bukunya Satyarth Prakash (Cahaya Kebenaran) membahas Al Kitab dan AI-Qur’an masing-masing di dalam bab XI II dan XIV, dan sampai kepada kesimpulan yang negatif mengenai kedua kitab suci ini. Bahwa kedua kitab suci ini mengandung hal-hal yang patut dikutuk karena mengajarkan kekerasan, ketahyulan dan kesalahan. Ia meningkatkan penderitaan ras manusia dengan membuat manusia menjadi binatang buas, dan mengganggu kedamaian dunia dengan mempropagandakan perang dan dengan menanam bibit perselisihan.

    Apa yang dilakukan oleh Swami Dayananda Saraswati adalah kounter kritik terhadap agama lain atas penghinaan terhadap Hindu yang dilakukan sejak berabad-abad sebelumnya oleh para teolog dan penyebar agama lainnya.

    Kesimpulan.

    Tidak ada kriteria yang disepakati bersama di dalam penggolongan agama-agama. Setiap orang membuat kriterianya sendiri secara semena-mena untuk tujuan meninggikan agamanya dan merendahkan agama orang lain. Hal ini sangat kentara di dalam agama-agama missi yang agresif seperti Kristen dan Islam dimana segala sesuatu dimaksudkan sebagai senjata psikologis bagi upaya-upaya konversi dan proselitasi mereka.

    Di samping itu tidak ada saksi dan bukti untuk memverifikasi dan memfalsifikasi apakah isi suatu kitab suci betul-betul wahyu dari Tuhan atau bukan? Yang dapat dikaji secara obyektif adalah isi atau ajaran yang dikandung kitab suci-kitab suci itu apakah ia sesuai dengan dan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, seperti cinta kasih, kesetiaan, ketabahan, rajin bekerja, kejujuran, kebaikan hati atau mengajarkan kebencian dan kekerasan?

    Penggolongan agama-agama menjadi agama langit dan agama bumi, jelas menunjukkan sikap arogansi, sikap merendahkan pihak lain, dan bahkan sikap kebencian yang akhirnya menimbulkan kekerasan bagi pihak yang dipandangnya sesat, menjijikan dan tidak bernilai. Di lain pihak penggolongan ini menimbulkan rasa tersinggung, kemarahan, dan akhirnya kebencian. Bila kebencian bertemu kebencian, hasilnya adalah kekerasan.

    Melihat berbagai cacat dari kitab suci-kitab suci mereka, khususnya ajarannya yang penuh kebencian dan kekerasan, maka isi kitab suci itu tidak datang dari Tuhan, tetapi dari manusia yang belum tercerahkan, apalagi Tuhan-Tuhan mereka adalah buatan manusia.

    Berdasarkan hal-hal tersebut di atas disarankan agar dikotomi agama langit dan agama bumi ini tidak dipergunakan di dalam baik buku pelajaran, wacana keagamaan maupun ilmiah. Dianjurkan agar dipergunakan istilah yang lebih netral, yaitu agama Abrahamik dan agama Timur.

    (Ngakan Putu Putra sebagaian bahan dari SATS ; “Semua Agama Tidak Sama” ).

    Catatan kaki:
    I). Prof . DR. H.M. Rasjidi : “Empat Kuliyah Agama Islam pada Perguruan Tinggi” penerbit Bulan Bintang, Jakarta, cetakan pertama, 1974. hal 10) H.M Rasjidi hal 53
    2). Lihat Karen Amstrong : A History of God
    3). Swami Dayananda Saraswati Satyarth Prakash (Light of Truth), hal 648.
    4). Ibid hal 720.

  135. Orang yang suka ngomongin orang lain sama dengan ia memakan bangkai saudaranya sendiri. Kenapa ya, gajah di pelupuk mata tidak kelihatan tapi semut di seberang lautan nampak. Yang suka ngomongin orang coba deh tanya diri anda, apakah anda lebih baik, lebih mulia di mata Allah dibandingkan dengan orang yang omongin, orang anda cela? Astaghfirullah….

  136. @ #186,

    Kita, orang nusantara, tidak bisa meniru perlakuan-perlakuan yang buas dan biadab ala Arab. Dogma-dogma yang ada di Al-Qur’an sudah tidak berlaku lagi.

    Contoh soal poligami: umat muslim bilang wanita lebih banyak dari pada laki-laki. Hal ini sangat keliru. Di Cina, dengan politik anak tunggal, orang Cina memilih anak laki-laki, hamilan anak perempuan biasanya digugurkan. Akibatnya, saat ini cowok lebih banyak daripada cewek. Jadi Al-Qur’an tidak berlaku di Cina. Jadi “wahyu” Tuhan yang di Al-Qur’an itu hanya berlaku di Arab saja. Dinisi kebenaran wahyu ini bisa dipertanyakan.

    Contoh soal halal-haram makanan: umat muslim mengharamkan daging babi. Hal ini sangat keliru. Baru-baru ini telah ditemukan bahwa jantung dan paru-paru babi lebih mendekati jantung dan paru-paru manusia. Jantung atau paru-paru manusia yang sakit bisa diganti/dicangkok dengan jantung atau paru-paru babi. Ini adalah solusi yang ideal karena kelangkaan donor. Berarti Al-Qur’an tidak berlaku lagi disini. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Contoh ke-najis-an binatang anjing: anjing adalah najis buat umat muslim. Hal ini sangat keliru karena anjing saat ini sangat membantu manusia, seperti: pelacakan narkoba dipakai oleh polisi duana, membantu menyelamatkan orang-orang yang masih hidup yang tertimbun oleh runtuhan bangunan akibat gempa bumi, menyelamatkan pendaki gunung yang ditimbun oleh longsoran salju, teman hidup dan pengantar orang buta, membantu peternak domba untuk mengembala ratusan domba di gunung-gunung, membantu menemukan pelaku kejahatan kriminal, menyelamatkan pemilik anjing yang sendirian yang korban kecelakan di rumahnya sendiri (anjing terus-terusan menggonggong sehingga tetangga datang untuk menyelamatkan pemilik anjing tersebut), dan banyak lagi. Disini, Al-Qur’an sama sekali tidak berlaku. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan yang ada di Al-Qur’an. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Sebagai kesimpulan, kita harus menjawab pertanyaan ini: Apakah Islam agama universal? Melihat dogma-dogma yang ada di Al-Qur’an sudah tidak berlaku lagi, haruskan kita, orang nusantara, meniru perlakuan-perlakuan yang buas dan biadab ala Arab?

  137. ‘keputusan yang di ambil oleh Aa, pasti didasari oleh ilmu, karena semua pasti ada ilmunya, dan Aa sudah faham dengan ilmu berpoligami, makanya Aa ingin mengamalkan ilmu tersebut, karena jika tidak di amalkan nanti di akhirat ilmu itu akan menuntut kepada Aa, karena ilmu itu harus di amalkan…insyaAlloh apa yang Aa lakukan Aa masih ingat sama Alloh, betulkan A?

  138. AA GYM…
    Kalo sebelumnya tidak mengeluarkan ‘ucapan’ di depan majlis Ibu2 di salah satu TV swasta bahwa AA kurang mendukung poligami, mungkin apa yang AA jalankan sekarang tidak akan menjadi kontroversi. Sebenarnya yang dimasalahkan itu bukan poligaminya, tapi karena AA ternyata tidak bisa menjalankan sendiri apa yang pernah diucapkan AA. Atau dengan kata lain masih terpengaruh faham “Do as I say, not as I Do !”

  139. Jangan kita memakai nama agama untuk dapat pologami jadi jangan kita sebagai orang menafik mempergunakan agama untuk menyalur sek dengan pologami.

    AA Gyp karena nafsu terhadap seseorang dia kawin lagi dengan dali agama membenarkan untuk berpologami…ini namanya manusia munafik bung AA Gyp.
    Berarti betul-betul anda menyalurkan birahi sek anda dengan jalan agama memperbolehkan, berarti keagamaan anda nilainya rusak dengan berpologami untuk menyalurkan berahi sek kita pergunakan agama islam itu untuk mendapat apa yang kita kehendaki. Kasihan agama anda AA Gyp rusaklah nilai agama islam itu.

  140. Assalaamu’alaikum.
    Saya sangat setuju dengan poligami.
    Saya mempunyai seorang teman yang sudah mempunyai seorang istri + 2 anak. Dia mau tidur seranjang dengan gadis yang berumur 9 tahun. Gadis ini adalah anak dari seorang teman akrabnya. Teman saya ini mau mencontohi Nabi Muhammad SAW.
    Teman saya ini mengetahui bahwa gadis tsb bukan milik ayahnya, melainkan milik Alloh.
    Pertanyaan saya: Berhakkah si Ayah menolak permintaan teman saya ini? Apakah si ayah akan masuk neraka karena menolak ajaran Rasulullah?
    Terima kasih atas pertolongannya untuk menjawab pertanyaan ini.

  141. LAGI-LAGI OKNUM POLRI YANG DI FPI MELAKUKAN KEBRINGASAN

    Wah ! Lagi terjadi kekerasan a la jaman kegelapan.

    Seharusnya bukan FPI yang dilarang di Indonesia, malah Islam seharusnya dilarang di Nusantara karena idiologi ini hanya menyulut kebencian dan membuat keonaran, kerusuhan, anarki yang membuat masyarakat Indonesia resah.

  142. agama islam itu baik, hanya rata2 pemeluknya yang buruk, bangsat, bajingan, incest, pemerkosa, pembunuh, munafik, biadab, koruptor, tidak heran negara2 maju ingin menghukum pemeluknya

  143. ceuk saya oge naon ,,,sarua jelemamah rek ulama rek tukang beca rek copet teu bisa nahan nafsu lamun si jhony geus atahiyat teu bisa
    di bedakeun lalaki mah saruwa gelo!!! makanya jangan terlalu percaya sama kyai karena mereka juga sama manusia tukang ngabohong…dasar nugelo beuki awewe….masantrena di saritem meureun….!

  144. Poligami itu dihalalkan oleh Alquran.

    Membaca Playboy dan nonton film porno pun dihalalkan oleh FPI.

    Habieb Rizieq Shihab (pemimpin FPI) ternyata senang membaca majalah Playboy dan nonton VCD porno !
    Bagaimana dengan orang-orang MUI ??? Pastilah mereka malah lebih parah lagi dari Rizieq Shihab yang moralnya bobrok ini.

    Beginilah ulah dari orang-orang yang memekikkan nama Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang dangkal, artifisial, sekedar formalitas, dan yang pada dasarnya membuat umatnya bermoral bobrok.

  145. kenapa contoh yang baik kok malah di jelek-jelekin itu loh yang senang selingkuh, zina, gak ada apa-apanya? kenapa muak dengan AA? yang dilakukannya khan salah satu sunnah rasul juga khan?

    Percaya Islam Gak sih? atau hanya cari-cari kesalahan? cari-cari kejelekan?

  146. kenapa contoh yang baik kok malah di jelek-jelekin itu loh yang senang selingkuh, zina, gak ada apa-apanya? kenapa muak dengan AA? yang dilakukannya khan salah satu sunnah rasul juga khan?

    Percaya Islam Gak sih? atau hanya cari-cari kesalahan? cari-cari kejelekan?

    AA aku mendukungmu! Ku tetap ingin mendengar ceramahmu, begitu sejuk di dengar…………

  147. Buat Gesti:
    Komentar anda benar-benar menunjukkan bahwa anda memang orang awam dan bodoh. Lain kali kalo mau ngomong soal agama belajar dulu, jangn asal bicara. Demi Allah, melalui tulisan anda saya ,elihat bahwa banyak hal yang masih belum anda ketahui tentang selub beluk agama, khususnya perihal nikah, sunnah, dll. btw.. belajar dulu ya. Bahaya kalo salah.

  148. Ternyata Gesti masih agak mending. Yang kelewat parah adalah Hamid. Dia sudah bodoh (maaf kata “bodoh” ini sudah biasa dipakai untuk menyebut orang2 yang tidak punya ilmu tentang sesuatu, jadi bukan maksud berkata kasar). Lebih2 nyinggung Islam, maaf berapa lama anda sudah belajar Islam? kepada siapa anda belajar? seberapa besar kesungguhannya? berapa banyak pengorbanan yang sudah anda keluarkan untuk mengetahui hakikat ajaran dan keyakinannya.

  149. Kepada: wanita tidak mau dimadu.
    Anda bodoh juga buta terhadap fakta. Asal tau, banyak wanita muslimah yang bersedia dimadu. Mereka paham tentang sesuatu yang anda tidak tau apa-apa tentangnya. Makanya belajar!!!!!! Saya peringatkan…, jika anda adalah seorang kafir yang sengaja memanfaatkan blog ini untuk meluapkan kebencian anda kepada Islam, tunggulah!! para pembela Islam tidak akan tinggal diam. saya sepakat jika blog ini hanya dikunjungi oleh orang-orang berilmu dan punya niat baik, bukan orang-orang seperti anda dan yang serupa.

  150. Buat Mr.Nunusaku:
    Anda bodoh…, jangan banyak bicara.!! jepang gudangnya film porno, di sana susah cari wanita yang masih virgin, kecuali wanita usia TK dan beberapa tahun di atasnya. Moral kawula mudanya mayoritas bejat. Kehidupan yang tidak pake aturan Islam, khususnya aturan tentang pernikahan akan rusak. Soal bukti gak usah susah-susah cari, kalo anda masih di depan internet telusuri aj. bandingkan daerah/negara yang menggunakan islam sebagai aturannya denagn daerah/negara yang memake aturan sampah. Poligami adlah solusi, sekali lagi solusi. jiak anda tidak percaya, maka sekali lagi anda membuktikan kebodohan anda.

  151. Bism Allah ar Rahmaan ar Rahiim

    Awalnya saya hanya ingin membaca komentar tentang poligaminya Aa Gym, tapi saya tergelitik untuk memberi tanggapan atas beberapa komentar yang tadinya juga berpangkal dari Aa Gym tapi kemudian melebar ke masalah budaya, sejarah, dll. Saya tidak ingat siapa yang menulis komentar dengan nada mengagung-agungkan budaya Jawa plus menghujat agama Islam masih plus lagi mengata-ngatai budaya Arab itu budaya bejat. Yang jelas ia atau mereka berbahasa Indonesia (jadi kemungkinan berasal dari Indonesia) tapi tinggal di luar negeri. Mari saya kisahkan kehidupan 3 pribadi unik yang masing2 lahir dan besar di tengah masyarakat dari 3 belahan dunia yang berbeda tapi atas rahmat Allah Yang Maha Besar, disatukan dalam kedamaian oleh sebuah agama. ISLAM.

    Adalah seorang lelaki, lahir dan besar di salah satu negara di jazirah Arab. Sejak kecil hidupnya diisi dengan mengejar ilmu, seimbang antara ilmu agama (Islam tentunya) dan ilmu dunia. Sekarang ia seorang konsultan keuangan di salah satu grup perusahaan besar di Saudi. Sebelum ini, sepanjang karirnya, ia selalu menempati kedudukan tinggi di berbagai perusahaan terkemuka di Jazirah Arab. Sebagai putra asli Arab, yang lahir dan besar di Jazirah Arab, ia tentu paham betul bagaimana seluk beluk budaya Arab. Apa lantas ia jadi biadab seperti yang dituduhkan orang kepada bangsanya?
    Faktanya, ia tumbuh besar hingga dewasa menjadi lelaki yang sangat santun hasil didikan ibundanya yang nota bene Arab asli dari generasi nenek2 kita dulu, cerdas, lembut, tanpa kehilangan identitas kelelakiannya, dalam istilah Islam, berakhlak indah, hasil asahan tangan2 pendidik muslim yang terpercaya.
    Setelah menikah, ia mendidik keluarganya atas dasar ajaran agama Islam dan kedua anak laki2nya menjadi lelaki yang sama kualitasnya seperti ayahnya.

    Adalah seorang perempuan yang dibesarkan di salah satu negara adi daya. Cantik, cerdas, lulusan sebuah universitas terkemuka dengan predikat sangat memuaskan. Setelah lulus kuliah, terus menuntut ilmu dan berkarir di berbagai perusahaan farmasi terkemuka dengan kedudukan dan gaji yang nominalnya bikin lidah orang lain terjulur.
    Apakah budaya negara adi daya yang ada di sekitarnya lantas membuat ia jadi perempuan liar yang suka gonta ganti pacar atau melegalkan gaya hidup bebas atau konsumerisme? Salah besar. Faktanya sejak kecil hingga beranjak dewasa, ia adalah pribadi yang sederhana, tidak neko2 kata orang Jawa.
    Setelah menikah dengan seorang lelaki muslim, dengan suka rela ia memilih hijrah memeluk agama islam dan semakin rendah hati, semakin santun, semakin lembut jiwanya. Sekali lagi, berakhlak indah.

    Pribadi terakhir adalah seorang perempuan melayu. Lahir besar di Indonesia, di Jawa khususnya, di lingkungan yang masih sangat akrab dengan budaya Jawa, lulusan sebuah universitas terkemuka di ibu kota, dan bekerja sesuai profesinya yang oleh kebanyakan orang masih dianggap bergengsi.
    Karena ia lahir dan besar di lingkungan Jawa dan sejak kecil dituturi kisah-kisah dan ditembangi tembang2 Jawa oleh si Eyang Putri, perempuan ini tahu betul plus minus budaya Jawa. Ia juga pernah mengenyam kehidupan konsumerisme ala metropolitan. Adalah keinginannya untuk menjadi lebih baik melalui Islam yang kemudian membawanya memasuki dunia yang sama sekali berbeda dari dunianya dulu dan dengan sepenuh hati ia bersyukur bahwa kakinya melangkah ke dunianya yang baru.

    Lelaki di atas adalah suami dari kedua perempuan yang saya ceritakan tadi. Ketiga pribadi ini berasal dari 3 dunia dengan latar budaya yang sangat berbeda. Tapi mereka disatukan oleh sebuah keyakinan yang kuat terhadap keindahan ISLAM dan keagungan ALLAH.

    Menurut saya, yang bukan ahli filsafat atau pendakwah dengan sejuta dalil, bukan budaya Arab yang bobrok, akar budaya Arab sendiri sangat agung. Faktanya, ada jutaan penduduk Arab yang tidak bobrok sama sekali, bahkan sangat manusiawi, sangat santun. Bukan budaya Jawa yang lebih baik dibanding budaya lain, filsafat2nya memang sangat menyejukkan, tapi faktanya raja2 Jawa jaman dahulu beristri banyak dan bisa menggauli perempuan semaunya. Dalam falsafah Jawa, kedudukan perempuan adalah “garwa wingking”.Arti kasarnya, mitra di dapur. Tempatnya di belakang. Tidak punya hak untuk bicara atau berpendapat. Kalau memang budaya Jawa begitu menghormati perempuan, lantas mengapa Kartini menuntut emansipasi?

    Apa benar Islam meminggirkan kaum perempuan? Keliru besar. Istri2 Rasulullah SAW adalah perempuan2 berkelas dan berpendirian kuat yang pendapatnya sangat dihargai oleh Rasulullah SAW sendiri. Bahkan di awal kerasulan beliau, Rasulullah SAW sangat mengandalkan Sayidah Khadijah sebagai pendamping terpercaya. Tidak jarang Rasulullah meminta pendapat dari para istrinya dalam memimpin umat. Rasulullah bahkan mengajarkan kaum laki2 untuk menyejukkan hati istri2 mereka dengan berbagai cara mulai dari menjaga sikap dan tingkah laku baik di dalam maupun di luar rumah dan menjaga penampilan mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur. Apa benar Al-Qur’an memerintahkan kekerasan? Faktanya ada banyak ayat dan hadist tentang keutamaan kesantunan dan kerendahan hati dibanding kekerasan. Apa yang dipahami secara lahiriah sebagai kekerasan oleh kebanyakan orang dalam Islam saja sesungguhnya bertingkat-tingkat. Ada berbagai jenjang untuk setiap penyimpangan. Tidak melulu dengan menyakiti baik secara fisik maupun emosional.

    Segala sesuatu kembali kepada manusia itu sendiri. Dari latar belakang budaya apapun ia berasal, apapun agama yang dipeluknya, kalau pada dasarnya ia bermoral korup dan kemudian berlaku korup, maka kita tidak patut menuding budaya ini atau itu, atau agama ini atau itu sebagai kambing hitam. Yang menjadi pemicu adalah pemahaman yang keliru terhadap sebuah latar belakang, baik itu budaya maupun agama, sehingga melahirkan praktek2 yang menyimpang.

    Semoga Allah membimbing kita ke jalan yang benar. Amin.

  152. Islam tidak mengajarkan untuk saling menghujat, islam adalah rahmatan lil alamin, keliru bila menafsirkan islam yang setitik saja, dari lautan yang tiada terhitung. Kata-kata bodo pada orang lain, belum tentu sendirinya pintar, atau mungkin malah sebaliknya, akibat dari keakuan…ternyata masih ada juga orang bijak yang mau berkata baik. Memang betul kalau mau berkomentar tentang Islam, jangan memperlajari sepenggal saja, tapi harus mendalam… Salam

  153. BERAPAKAH TINGGI BADAN NABI MUHAMMAD SAW ?

    Buat teman-teman yang ahli matematika. Saya perlu bantuan dari kalian.

    Saya mau mengetahui tinggi badan Rossul SAW waktu berumur 54 tahun (waktu beliau menikahi Aysiah yang berumur 9 tahun). Rossul SAW lahir sekitar 1500 tahun yang lalu.

    Kita mengetahui bahwa semakin tahun, tubuh manusia semakin tinggi. Seorang anak yang menginjak umur dewasa selalu lebih tinggi tubuhnya dari ayahnya sekitar 5 sampai 10 cm. Sedangkan, perbadaan umur antara anak dan ayah adalah sekitar 25 – 30 tahun.

    Ambillah sebuah patokan yang minimal bahwa seorang anak selalu lebih tinggi dari ayahnya paling tidak 2 cm. Sedangkan perbedaan umur antara anak dan ayah, kita ambil patokan 30 tahun.

    Saat ini: Tinggi badan orang dewasa di daerah Timur Tengah (Arab), kita ambil patokan 180 cm.

    Kalau dilihat dari patokan-patokan di atas, berarti tubuh manusia bertambah tinggi minimal 2 cm setiap 30 tahun.

    Sedangkan kita mengetahui bahwa Rossul SAW lahir 1500 tahun yang lalu.

    Selisih ukuran badan Rossul SAW adalah (1500 dibagi 30 ), kemudian hasilnya dikalikan 2 cm. Hasilnya adalah 100 cm (lebih pendek dari sekarang).

    Kalau rata-rata orang dewasa di Timur Tengah mempunyai tubuh setinggi 180 cm, maka tinggi tubuh Rossul SAW pada saat itu adalah (180 cm dikurangi 100 cm) = 80 cm.

    Jadi Rossul SAW mempunyai tubuh setinggi 80 cm.

    Berarti kita yakin bahwa, pada saat itu (1500 tahun yang lalu), Rossul Nabi Muhammad SAW berukuran badan sangat pendek, yaitu sekitar 80 cm.

  154. BERAPAKAH TINGGI BADAN NABI MUHAMMAD SAW ?

    Buat teman-teman yang ahli matematika. Saya perlu bantuan dari kalian.

    Saya mau mengetahui tinggi badan Rossul SAW waktu berumur 54 tahun (waktu beliau menikahi Aysiah yang berumur 9 tahun). Rossul SAW lahir sekitar 1500 tahun yang lalu.

    Kita mengetahui bahwa semakin tahun, tubuh manusia semakin tinggi. Seorang anak yang menginjak umur dewasa selalu lebih tinggi tubuhnya dari ayahnya sekitar 5 sampai 10 cm. Sedangkan, perbadaan umur antara anak dan ayah adalah sekitar 25 – 30 tahun.

    Ambillah sebuah patokan yang minimal bahwa seorang anak selalu lebih tinggi dari ayahnya paling tidak 2 cm. Sedangkan perbedaan umur antara anak dan ayah, kita ambil patokan 30 tahun.

    Saat ini: Tinggi badan orang dewasa di daerah Timur Tengah (Arab), kita ambil patokan 180 cm.

    Kalau dilihat dari patokan-patokan di atas, berarti tubuh manusia bertambah tinggi minimal 2 cm setiap 30 tahun.

    Sedangkan kita mengetahui bahwa Rossul SAW lahir 1500 tahun yang lalu.

    Selisih ukuran badan Rossul SAW adalah (1500 dibagi 30 ), kemudian hasilnya dikalikan 2 cm. Hasilnya adalah 100 cm (lebih pendek dari sekarang).

    Kalau rata-rata orang dewasa di Timur Tengah mempunyai tubuh setinggi 180 cm, maka tinggi tubuh Rossul SAW pada saat itu adalah (180 cm dikurangi 100 cm) = 80 cm.

    Jadi Rossul SAW mempunyai tubuh setinggi 80 cm.

    Berarti kita yakin bahwa, pada saat itu (1500 tahun yang lalu), Rossul Nabi Muhammad SAW berukuran badan sangatlah pendek, yaitu sekitar 80 cm.

  155. hai…………
    aq ank sby…..
    aq bleh tanya gag……
    apakah ce yng berjilbab selalu perawan…mengingat baxk video bokep yang mengangkt tema ank berjilbab yang msh blum ckup umur…
    d sbuah kitab yng prnah aq peljrn…
    penyebab negara rusak ato ancur :
    1. melihat aurat
    2.mengambiul bukan miliknya
    3.tidak jujur.
    4.n laenx aq masih lpa.

    apakh negara qt trmasuk pndudukx bx yng nglakuin d atas n jdx bgini………
    yach aq mnta jwabannya ajha………
    yang bsa membuat rasa penasaran q ne tar oibati

  156. Saya juga ga rela agama Islam dan Rasulullah SAW dicemari oleh adanya issue2 mengenai poligami. Klo menurut saya hukum Islam tentang dibolehkannya poligami harus diyakini. Tapi saya pengen mengingatkan semuanya bahwa dalam menjalankan agama Islam, al-Qur’an, dan sunnah haruslah secara keseluruhan, jangan dipotong2 bagian yang menurut anda enak aja..

    Yang pertama kita harus ingat bahwa tujuan berumah tangga dalam islam adalah kebahagiaan dunia dan akhirat, sakinah, mawaddah,warohmah..bagaimana hal itu bisa dicapai dalam situasi seorang suami mendesak istri pertamanya untuk berpoligami sementara sang istri sebenernya ga mau dipoligami tapi dia terpaksa ngalah karena cintanya pada sang suami dan memikirkan anak2nya…

    Cobalah pandang poligami sebagai pilihan, pada kasus pihak istri setuju dan rela maka silahkan lah berpoligami…tapi janganlah klo istrinya ga mau kemudian dipaksakan sementara sang istri tidak bisa minta cerai karna mempertimbangkan berbagai hal..karna itu adalah hal yang sangat egois dan ada pihak yang teraniaya..hormatilah juga hak2 orang lain untuk berbahagia..

    Coba lah melihat secara keseluruhan jangan hanya mementingkan nafsu dan keinginan sendiri..

    Dan perlu juga diingat bahwa Rasulullah menjalani kehidupan pernikahannya dalam 2 fase…fase monogami bersama Khadijah yang sangat dicintainya..dan fase poligami…bukan hanya fase poligami..

    Khadijah..wanita yang menjadi salah satu jajaran orang yang paling awal mempercayai Nabi Muhammad SAW sebagai Rasulullah, dan yang banyak memberikan hartanya untuk perjuangan Rasulullah, dan yang senantiasa memberikan support serta dukungan kepada Rasulullah untuk berjuang di jalan Allah di saat sebagian besar orang mencemooh Rasulullah, tidak pernah dipoligami oleh Rasulullah….

    Jadi janganlah melihat kehidupan pernikahan Rasulullah hanya poligaminya saja..

  157. SELINGKUH, BAYAR PSK, TIDAK BOLEH ALIAS HARAM.
    MENIKAH DG 2 ISTRI, BOLEH. YG PENTING BUKAN BERSTATUS ISTRINYA ORANG.
    KENAPA ANDA RUWET?
    YG MAU SILAKAN,
    YG TDK MAU/BELUM MAMPU, YA TDK APA2,
    GITU AJA KOK REPOT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s