WP di Dreamhost itu

Pengalaman pertama dengan Dreamhost. Mabok themes!

Saya paling nyaman menggunakan blog engine WordPress. Pertama-tama tentu saja karena proses instalasinya yang mudah. Ya, ini karena saya bukanlah orang yang tahu bahasa programming dan html. Dulu, jaman pertama kali mengenal blog, saya bisa memasang WordPress meskipun dengan tanya sana-sini, buka manual berkali-kali dan error sesekali. Maklumlah… Prosesnya lebih mudah lagi ketika saya menggunakan layanan WHPlus. Mereka menyediakan one-click instalation untuk banyak aplikasi, salah satunya adalah WordPress.

Sebentar lagi WHPlus akan saya tinggalkan. Saya akan menggunakan Dreamhost. Ternyata Dreamhost tidak mempunyai fasilitas Fantastico menginstal WordPress. Sebenarnya tidak masalah sih karena saya bisa menginstalnya secara manual. Untunglah ternyata ada pengganti Fantastio. Namanya, ehmmmm, shmantastico. Terkesan sebagai nama yang tidak serius. Tapi, okelah. Setelah mengisi nama database dan passwordnya, kita tinggal selangkah lagi untuk menyelesaikan proses instalasi. Nah, di sinilah bedanya. Kalau kita menggunakan Fantastico, semua proses diselesaikan oleh aplikasi itu. Di Dreamhost kita sendirilah yang menyelesaikan proses instalasi. Hmmmm.. nggak terlalu beda jauh lah. Masih oke kok.

Eit… ada lagi yang beda. Setelah proses instalasi selesai, cobalah masuk ke tab Presentation di Dashboard WP. Ternyata di situ sudah nangkring 50 themes WP. Weleh..weleh…weleh. Mabok beneran!

13 thoughts on “WP di Dreamhost itu

  1. ben, fantastico dan shmantastico membantu orang yang nggak tahu php, mysql dan html untuk membangun blog sendiri. moga-2 setelah mereka tahu ada fantastico dan shmantastico ini mereka mau punya domain, hosting dan setup blog sendiri. mudah sih memang. sayangnya nggak ada seninya, ya, ben…

  2. @ andriansyah
    promocode bisa dicari di internt. bahkan banyak diiklankan lewat adwords google. pake saja keyword “dreamhost promo code”. cari yang nilainya 97 dollar. kalo kurang dari 97, jangan dipake.

    @deny
    ya, pake cc. pake check juga bisa.

  3. saya sendiri nggak begitu paham dengan bahasa teknis blog..pertama buat di blogspot, cuma koq nggak bisa dibuat label katogori dari tulisan saya ( sementara world press bisa )..mau pindah blog juga sayang..

  4. Terlalu menuruti this-webhosting-fantastico atau this-webhosting-sucks menurut saya tidak akan ada habisnya. Setiap produk atau layanan punya dua sisi tersebut. Memang beberapa bulan lalu DH sempat jatuh-ambruk beberapa kali dan hampir tidak dapat diampuni untuk sebuah tempat “hosting” komersial. Tapi belakangan ini mereka sudah cukup bagus memulihkan keadaan termasuk memberi penjelasan di sisi “kehumasan”.

    Maaf, ini bukan karena saya bertempat hosting di sana, lho… ;-)

    Untuk tema WP hasil instalasi otomatis di DH, jika dianggap terlalu banyak tinggal hapus saja di /wp-content/themes. Tapi ya… ukuran berkas tema WP juga tidak terlalu besar. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s