Webware itu

Masa depan dunia aplikasi ada di web. Anda setuju?

Belum lama ini CNet meluncurkan sebuah situs yang baru. Namanya Webware.com. Filosofi situs ini, seperti yang tercantum di bawah judul halamannya, adalah “Say No to boxed software! The future of applications is online delivery and access. Software is passé. Webware is the new way to get things done.”

Dengan demikian orang-orang di Webware percaya bahwa nantinya semua hal yang selama ini kita lakukan dengan menggunakan aplikasi yang kita instal di komputer kita nantinya akan berubah. Semuanya akan dilakukan secara online dengan menggunakan browser, begitu kurang lebih saya menerjemahkannya.

Ya, sedikit banyak saya menyetujui filosofi ini. Sekarang tiap hari saya amat sangat tergantung kepada aplikasi buatan Microsoft: Word dan Excel. Kedua software itu harus dibeli dan kemudian diinstal dikomputer. Tanpa kedua aplikasi itu mustahil bagi saya untuk bekerja.

Tapi, perlahan-lahan saya juga mulai belajar Google Docs dan Google Spreadsheets yang bisa diakses lewat mesin perambah. Tidak ada aplikasi yang perlu saya beli untuk menggunakan layanan ini. Pun tidak ada aplikasi yang harus saya instal. Memang, ini layanan baru dan masih banyak kekurangannya dibandingkan Word dan Excel-nya Tuan Bill Gates. Tapi saya yakin semakin hari pasti Google akan menyempurnakannya.

Itu baru satu contoh kecil bahwa masa depan dunia aplikasi terletak pada mesin perambah. Masih banyak contoh yang lain, misalnya saja email berbasis web, instant messaging berbasis web, editing gambar online, presentasi online, dan lain sebagainya. Semuanya itu masih belum sempurna. Kapan semua itu bisa diwujudkan? Teknologi dan waktulah yang akan menentukan. Mari kita lihat dan tunggu bersama.

5 thoughts on “Webware itu

  1. makanya, sekarang pemerintah sedang berencana membuat Palapa Ring, jaringan fiber optik nasional yang baru akan selesai pada tahun 2011… hahahahaha….

    paling tidak, tarif speedy sudah turun lah…

  2. Saya lebih setuju: masa depan dunia aplikasi ada di web browser (pake kata browser).

    Banyak aplikasi non-web yang saya temui sudah punya fasilitas BUI (Browser User Interface). Contohnya, dulu untuk memprogram sentral telpon (PBX) pake terminal, trus aplikasi GUI (Graphical User Interface) berupa windows, saat ini pake aplikasi BUI yang tak lain adalah web browser. Hanya saja saat ini kebanyakan sistem yang kompleks masih compatible dengan IE belum sampai any web browser.

  3. arah ke masa webware itu udah makin terasa..saya kira dalam satu dua tahun duniah perambah + embel2 gratis bakal semakin dominan. Yg jelas jauh lebih cepat dibanding palapa ring terwujud..:-)

Leave a Reply

