Desain Jelek Myspace itu

Meskipun desainnya jelek, Myspace tetap populer. Pilih mana: fasilitas untuk membangun konten yang lengkap atau desain bagus?

Tahu situs MySpace, khan? Beberapa kali saya mengunjungi situs yang menawarkan layanan interactive, jaringan sosial, profil pribadi, blog, group, layanan penyimpanan foto, penyimpanan musik, dan video. Kurang apa, coba? Lengkap banget, khan?

Menurut Alexa Internet, MySpace adalah situs berbahasa Inggris keempat terpopuler sekaligus situs keenam terpopuler di dunia dan situs terpopuler ketiga di Amrik. Bahkan, karena saking sibuknya, Google pun kesengsem dan berani membayar US$900juta untuk menyediakan fasilitas mesin pencari dan memasang iklan di situs MySpace.com. Jumlah yang tidak sedikit, bukan?

Tapi, saya kok nggak sreg dengan desain situs milik News Corp. yang punya anggota sebanyak 160 juta itu. Kenapa? Rasanya kok ada yang aneh, ya.. Desainnya kaku, kotak-kotak, jelek dan tidak nyaman dipandang mata. Mungkin ini disebabkan karena keawaman di bidang desain web. Saya enggak tahu bagaimana komentar suhu CSS seperti Didats dan Deny melihat halaman MySpace.

Tapi, kenapa situs itu populer sekali? Mana yang lebih penting sebenarnya: fasilitas untuk membangun konten atau desain yang keren? Wah, nggak ngerti…

11 thoughts on “Desain Jelek Myspace itu

  1. mungkin karena dari dulu myspace sudah banyak sekali digunakan terutama oleh kalangan anak muda, jadi teman2nya yang mau keep in contact dengan orang2 ini pun ikutan myspace. dan seterusnya.. dan seterusnya … meski nggak sedikit yang maenan myspace cuma buat luculucuan doang.

    apalagi nggak sedikit musisi indie/major yang punya account resmi di situ.

    tapi kenapa ya nggak ada usaha ngeganti tampilan kek gitu. friendster aja udah berapa kali rombak tampilan sejak dulu mulai booming.

  2. hmmm … do you really think google design is good? keknya biasa aja deh, yahoo .. lycos, lebih bagus designnya .. tapi kenapa banyak memilih google?

    beberapa orang memang kesengsem sama yang namanya desain indah menawan hati, bahkan bisa sampai mati-matian membela ide desain dan kesukaan desainnya. Tapi desain bukan segalanya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s