Jackpot itu

Menang jackpot dua kali. Mungkinkah?

Ini kisah yang tercecer dari dibelinya YouTube, situs sharing video itu, oleh Google senilai 1.65 milyar dollar. Ternyata, ada satu orang yang sangat beruntung tatkala raksasa internet ini membeli YouTube. Namanya adalah Jawed Karim. Dialah pendiri YouTube bersama Chad Hurley dan Steven Chen. Karim adalah anak muda yang sangat kreatif. Umurnya baru 27 tahun. Dia lahir tahun 1979. Namun, bukan berarti Karim adalah anak kemarin sore.

Meskipun jarang mendapat ekspose media, ternyata Karim memberikan sumbangan yang besar bagi lahirnya YouTube. Dan, siapa yang menyangka pula bahwa Karim adalah juga orang PayPal? Ya, situs yang memberikan layanan perantara pembayaran via internet ini sekarang adalah milik raksasa internet yang lain, Ebay. Dulu, Google juga sebenarnya mengincar PayPal juga. Namun, ternyata yang lebih agresif adalah Ebay yang berhasil membelinya pada 2002 lalu.

Nah, artinya, Karim menang jackpot dua kali. Dua kali dia bergabung dengan perusahaan kecil. Dua kali pula perusahaan ini kemudian dibeli oleh raksasa internet. Tapi, sekarang Karim masih kuliah juga…

Uh, enaknya menang jackpot dua kali, ya…

Baca: NYTimes.com (Screenshot)

10 thoughts on “Jackpot itu

  1. jackpot berbau keberuntungan . saya rasa itu bukan keberuntungan tapi hasil yang wajar untuk inovasi yang dilakukannya .

  2. Katanya kalo kita bikin domain mirip microsoft juga bakalan dibeli mereka. Bahkan pernah ada, selain dibeli juga direkrut atau disekolahkan Microsoft.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s