Tiga Wajah Asia itu

Sukar membedakan wajah orang-orang Korea, China dan Jepang.

Korea, China dan Jepang. Ya, tiga bangsa di Asia ini mempunyai kemiripan yang sulit untuk dibedakan. Mereka sama-sama berkulit kuning. Tidak heran jika Asia disebut sebagai benua kuning, khan? Ketiga bangsa itu juga sama-sama bermata sipit. Mereka tidak akan tahu kalau Anda telah pergi saat mereka sedang tertawa. Gara-garanya, mata sipit mereka semakin tertutup saat tertawa. Hehehe…

Oh, ya, rambut mereka juga pasti hitam. Tidak ada bangsa China, Korea atau Jepang yang berambut pirang. Kecuali, tentu saja, jika mereka pergi ke salon dan rambut mereka dicat warna-warni.

Karena ada begitu banyaknya kemiripan ras tiga bangsa itu, saya kesulitan untuk membedakannya. Ada yang bilang bahwa tidak ada orang Korea yang berambut keriting kecuali rambut mereka dikeriting di salon. Ada juga yang bilang orang Jepang lebih sipit dibanding orang China dan Korea. Wah, ternyata ciri-ciri itu juga relatif sifatnya. Tetap saja saya kesulitan membeda-bedakannya.

Lho, kenapa ingin membeda-bedakan? Tidak ada maksud terselubung di balik keinginan itu kecuali ingin lebih mengharga perbedaan. Itu saja. Bukankah perbedaan itu rahmat? Nah, semakin kita mengerti perbedaan orang lain, semoga kita semakin bisa mengharga orang lain pula.

Bukan begitu sodara-sodara?

Eh, kalau Anda ingin ikutan kuis tebak gambar wajah China, Korea atau Jepang, login saja ke AllLookSame.com. Saya cuma bisa menebak 4 yang benar dari 18 tebakan yang ditampilkan. Artinya, saya belum mengenal perbedaan mereka, dong.

Ada yang tahu tips untuk membedakan ketiga bangsa Asia itu?

28 thoughts on “Tiga Wajah Asia itu

  1. dulu aku juga begitu,
    tapi kalo udah sering ketemu keliatan bedanya kok mas…. :D

    cewek jepang lebih menarik dibanding 2 lainnya!
    bwahahahaha… :D

    ups! lagi puasa.. ;)

  2. halah iya ya, susah bener mbedainnya (bener 3..hiks)
    tp menurut gw orang korea plg cakep (merhatiin di miniseri or film) urutannya gini (dr yg paling jelek==>cakep)
    – jepank (dandanannya aneh, yg trcantik cuman Rika (sopo aslinya) yg di Tokyo luv Story)
    – china (cowoknya trkesan banci (aplg angkatannya meteor garden…hueexx) ceweknya byk yg cakep makanya byk yg ke hollywood)
    – korea (cakep & bajunya keren2)
    didats kena virus garajuku girls ya;;)

  3. secara umum, matanya emang sama2 sipit tp bentuk lengkungannya beda. selain itu, bentuk rahang juga pada umumnya beda.

    dari 18 aku salah tiga nih, tapi it said, I may have a talent to distinguish them. so believe me, hahaha….

  4. Katanya sih dari sudut mata bagian dalam dan bagian luar…

    Aku cuma benar enam.. hik hik hik..
    Padahal biasanya aku bisa menebak kalau di sinetron2 TV (tanpa harus lihat huruf atau mendengar bahasa atau nama2 mereka), atau situsnya sengaja memilih wajah-wajah yang agak mirip2 yah?

  5. kalau dari face.. sangat sulit membedakan..Cara yang paling gampang adalah dari logat bicara mereka. Jelas keliatan mana yg chinese, korean atau japanese.

  6. Saya termasuk normal … bisa menjawab 10 dari 18 pertanyaan. Menurut sy sih paling gampang membedakan orang Korea daripada Jepang dan Cina.
    Tapi orang Cina yg WNI sama orang Cina WNA ketauan banget deh bedanya. Apalagi kalo dah ngomong … hehehe … mukanya Cina tapi Jawanya medhok banget

  7. terserah yang mana aja, nanti klo udah di ranjang juga lupa orang korea, jepang, ato cina…. yang penting tarikannya mang….ups sorry, uda selese kan bulan puasanya…..

  8. menurut q,org korea khususnya cowok2 ny ganteng2 semua .walaupun blm mandi ha….ha…ha…kalo bisa,kirimin satu donk????n klo jepang,cow nya agak aneh dandanannya.bajunya jga norak abizzz…but,otaknya top cer abizzzz…

  9. Sebenarnya ada cara mudah untuk membedakan ketiga masyarakat asal tiga negara yang kamu maksud itu. Pertama dari bahasanya (kayaknya kalo orang2 seumur kita dah bisa ngebedain gimana bahasanya orang jepang, cina, dan korea). Biasanya orang jepang itu banyak huruf “k” di dalam setiap katanya. Kalo orang cina kebanyakan huruf “c” atau “s”. Nah kalo orang korea kebanyakan kata “yo” atau “imnida”
    Hal tersebut didapat setelah selama bertahun2 ini menonton film dari ketiga negara itu… :D

    Nah, kata temen nih, membedakan mereka juga bisa dari matanya.
    Kalo orang Cina matanya sipit ke atas.
    Kalo orang jepang matanya sipit ke samping.
    Nah kalo orang korea matanya sipit ke bawah.

    Nggak percaya…nonton film dari ketiga negara itu dan bedakan dari matanya…
    Dijamin bakal bingung (lho??)
    Nggak deng…
    Lihat aja ndiri, nanti kalian juga bisa bedain kok…

  10. aku aja yang punya darah keturunan ( jawa, china en jepang ) bingung mbedain saya dengan orang china, jepang, korea…
    aku wong endi yo?

  11. Gampang aja kok! Orang korea paling cakep diantara org cina dan jpang,baik itu cwe atopun cwo. Klo orgny jlek bgt,brarti dia org jepang. Kalo orgnya agak2 jelek, dia org cina. Kalo orgny ckep ato ckep bgt,dia org korea

  12. caar bedainya gampang kok..
    org china dlm berpakaian lbh berani,cinderung seksi dlm berpakaian klo msh muda
    klo jepang norak ma aneh tp oke
    klo korea ga jelas soalnya kdg gaya jepang kadang ga ya china

  13. kalau menurut aku orang jepang itu lebih keren daripada yang lain, seperti hideto takarai, yasuhito endo , ayumi hamasaki, namie amuro dll, dan menurut aku orang jepang itu orang italia stau eropanya asia jadi cool.

  14. aku campuran korea,batak n sunda,cara ngebedainnya gampang orng korea hidung mancung mata bulat tdk terlalu sipit,mulut lebar rambut lurus trus ada bintik2 merah n wajah panjang,kalo cina hidung tdk terlalu mancung,wajah lebar,mata sipit,tdk terlalu tinggi,sdngkan jepang wajah mirip korea,tbuh pendek,mata besar,kulit tdk terlalu putih,hidung mancung..

  15. waah..waah..pda ngmongin perbedaannya toh,,emang c qlw korea pling oke tampilannya cz kturunan dr siberia c,,..tp walopun tuh 3 negara beda,,tetep aja masih satu rumpun..wong sama” berasal da china pun.hheu

  16. kalo yang aaku tau sih dari matanya,,
    mata orang korea agak nonjol dan bagian ujung matanya cekung kebawah.

    klo orang jepang ujung matanya lebih keatas

    kalo orang cina bagian ujungnya cenderung lurus kepinggir..

    ini cuma analisis ku aja… masih belum sah kebenarannya haahaa

  17. hmm…. banyak yang bilang orang korea di film2 itu cakep-cakep cakepan . itu karena mereka rata-rata sudah banyak melakukan operasi plastik. kalau muka aslinya masih cakepan jepang
    sehafal ku sih ciri-ciri muka orang korea asli itu
    – mata sipit ke bawah
    – tulang pipinya terlihat terlalu ke atas
    – dan mukanya persegi.
    orang jepang
    – matanya agak besar
    – mukanya di antara persegi dan bulat
    orang cina
    – mata sipit, kadang di lihat ke samping kadang ke atas
    – warna kuning kulitnya lebih jelas di banding jepang dan korea
    :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s